Tempat Wisata

√ Pantai Suwuk Kebumen 🏖 Rute dan harga tiket

Kabupaten Kebumen mempunyai potensi wisata yang luar biasa sehingga tidak heran jika banyak wisatawan yang memilih kawasan ini untuk berlibur. Salah satu destinasi yang sering dikunjungi wisatawan adalah Pantai Suwuk di Kebumen yang tak kalah eksotisnya dengan pantai-pantai di Bali.

Liburan ke pantai memang sangat menarik karena Anda bisa melakukan berbagai aktivitas seru bersama keluarga, teman bahkan pasangan. Selain itu, objek wisata yang Anda pilih memiliki pantai yang panjang sehingga menjadi tempat bermain yang menyenangkan.

Saat berlibur di pantai, Anda tidak hanya bisa bermain air saja, namun banyak juga aktivitas yang bisa dilakukan, salah satunya adalah bermain pasir pantai. Setiap pantai mempunyai keunikan tersendiri dari segi pasir pantainya, baik warna maupun teksturnya.

Pantai Suwuk terkenal dengan pasirnya yang berwarna abu-abu kecoklatan yang menyerupai gurun pasir. Tak heran jika banyak orang yang penasaran dan memilih kawasan ini sebagai destinasi wisata.

Pantai SuwukPantai Suwuk

Biaya masuk

Harga tiket masuk kawasan wisata ini terbilang masih terjangkau yakni Rp3.000 untuk dewasa dan Rp2.500 untuk anak di bawah 5 tahun. Selain itu, yang perlu Anda lakukan hanyalah membuat anggaran untuk membayar biaya parkir.

Biaya parkir sepeda motor Rp 3.000, mobil Rp 5.000, dan bus Rp 15.000. Jadi budget liburan ke pantai sangat terjangkau karena tiket masuk dan biaya parkirnya relatif murah.

Rute Menuju Pantai Suwuk

Nama pantai ini mirip dengan desa dimana pantai tersebut berada yaitu Desa Suwuk Kec. Puring, Kab. Pantai ini terletak sekitar 35 km barat daya kota Karanganyar dan 22 km selatan Gombong.

Pantai ini berjarak 50 km dari kota Kebumen dan dapat dikunjungi dalam waktu sekitar 90 menit.

Untuk menikmati liburan di pantai yang mempesona ini, Anda perlu mengetahui rute atau akses jalan menuju tempat tersebut. Dari Karanganyar memakan waktu sekitar 1 jam, dari Kota Gombong hanya membutuhkan waktu sekitar 45 menit.

Bagi anda yang berangkat dari arah timur bisa melalui jalur selatan dari Pulau Jawa, namun jika berangkat dari Yogyakarta bisa langsung menuju tempat wisata ini.

Hal menarik di Pantai Suwuk

  • Pemandangan seperti gurun

Salah satu keistimewaan dari pantai ini adalah pemandangan pantainya yang gurun pasir karena pasir pantainya tidak berwarna putih melainkan berwarna abu-abu. Gurun pasir yang luas ditemani tanaman pandan dan rerumputan di sekitar pantai.

Anda juga dapat melihat panorama pegunungan kapur di utara dan barat, namun pantai ini memiliki kemiringan 35 derajat sehingga cukup berbahaya karena terjal. Meski begitu, pemandangan eksotis ini tetap bisa Anda nikmati dari tepi pantai.

Pantai ini terbilang sangat luas sehingga banyak aktivitas yang bisa dilakukan di pantai ini, mulai dari wisata off-road, voli, berkuda hingga sekedar jalan-jalan santai sambil menikmati semilir angin yang sangat sejuk.

  • Menjelajahi Sungai Telomoyo

Daya tarik lain yang bisa Anda temukan di kawasan pantai ini adalah Sungai Telomoyo, dimana sangat jarang ditemukan sungai di destinasi pantai. Sungai yang mempesona ini mengalir ke Muara Suwuk, yang memisahkan pantai ini dengan Karang Bolong.

Itu sebabnya wisatawan bisa melihat Pantai Karang Bolong dari kejauhan sehingga bisa langsung mengunjungi dua destinasi wisata di Kebumen yang letaknya berdekatan. Hanya dengan Rp 25.000 Anda sudah bisa berkeliling sungai dengan menyewa perahu.

Dengan cara ini, Anda akan memiliki lebih banyak hal untuk dilakukan di Pantai Suwuk dan tidak boleh melewatkan berjalan-jalan di sekitar sungai yang menyegarkan dan indah ini.

  • Kunjungan ke gedung pesawat Boeing 737

Tempat wisata yang wajib Anda kunjungi di pantai ini adalah gedung pesawat Boeing 737. Meski bukan kecelakaan pesawat sungguhan, namun dengan adanya gedung ini Anda bisa beraktivitas lebih banyak hanya dengan Rp 5.000 saja.

Anda bisa menaiki pesawat dan melihat sekeliling bagian dalam pesawat sambil mengabadikan momen tersebut. Bangunan pesawat ini bisa menjadi spot foto yang menarik, apalagi jika Anda bisa mendapatkan posisi yang tepat untuk menghasilkan potret terbaik.

Setelah seharian penuh beraktivitas di pantai, Anda pasti akan merasa haus dan lapar. Jika Anda tidak sempat membawa bekal makanan dan minuman dari rumah, jangan khawatir karena di kawasan pantai atau khususnya di pinggir pantai terdapat wisata kuliner yang lengkap.

Ada berbagai jenis makanan yang bisa Anda santap: es krim kelapa hijau, pecel lontong dan masakan khas kebumen lainnya yang wajib Anda coba.

Bagi Anda yang sedang mencari destinasi wisata menarik di Kebumen, memilih Pantai Suwuk tidak ada salahnya. Jangan lupa untuk membuat rencana liburan secara detail agar liburan kali ini meninggalkan kesan yang tak terlupakan.

Ulasan pengunjung

Ainun Wastu Alif

15:38 03 September 21

salah satu pantai terindah di Kab.

paijo29

17:56 16 Agustus '21

Untuk waktu dekat, sebaiknya jangan datang ke sini dulu

RDV ARDI

10:37 13 Juni '21

Sayang tidak sebagus Suwuk sebelumnya

Dwi han

23:49 16 September 21

cukup terawat, semoga semakin baik

Jihan Fahira

11:41 03 Des 21

Banyak sekali sisa kayu di pantai ini, yang sangat disayangkan

Source: tempat.info

Related Articles

Back to top button