Tempat Wisata

10 Gambar Oleh-Oleh Khas Daerah Pekanbaru Unik Dan Cantik 2023

Jika berbicara mengenai kota industri di Indonesia, Pekanbaru merupakan kota terbesar ketiga setelah Surabaya dan Karawang. Dapat dikatakan bahwa Pekanbaru merupakan kota yang sangat maju dan berkembang, tidak hanya dalam bidang industri namun juga dalam bidang pariwisata.

Akses menuju kota ini kini cukup mudah sehingga banyak pelancong dari berbagai kota bahkan negara tidak segan-segan mengunjungi Pekanbaru sebagai destinasi liburan.

Namun Pekanbaru tidak hanya kaya akan pariwisata, kuliner dan oleh-oleh khas Pekanbaru juga patut untuk dicoba.

Di bawah ini kami perkenalkan beberapa oleh-oleh khas Pekanbaru yang unik dan menarik yang bisa Anda bawa pulang. Jangan lewatkan!

1.Batik❤️

Foto dari tribunnews.com

Batik Pekanbaru terkenal dengan motifnya yang sangat istimewa. Dibandingkan dengan kerajinan batik dari daerah lain, tak kalah menariknya. Motif batik Pekanbaru biasanya menggambarkan tumbuhan seperti berbagai jenis bunga.

Tentunya oleh-oleh ini juga cocok dijadikan oleh-oleh khas Pekanbaru bukan? Dengan begitu koleksi batik Anda akan terus bertambah. Oleh-oleh ini bisa Anda beli di Galeri Batik Tabir Riau.

2. Kaos Tanda Tangan❤️

Foto dari twitter.com

Apa saja oleh-oleh praktis yang tidak mengeluarkan banyak biaya? Kami rasa kaos khas Pekanbaru adalah pilihan yang tepat. Tersedia beberapa kaos khas Pekanbaru dari beberapa brand lokal ternama, salah satunya adalah perisai BM 1912.

Tahukah kamu, kaos ini juga menjadi salah satu fashion yang digemari anak muda di Pekanbaru. Untuk mendapatkannya Anda hanya perlu membayar 75-100 ribu saja.

3. Perhiasan khas (gantungan kunci)❤️

Foto dari grosirsovenirpernikahan.wordpress.com

Selain kaos khas, oleh-oleh apa lagi yang bisa kamu bawa kemana-mana? Alternatifnya, Anda juga bisa menggunakan pernak pernik tradisional Pekanbaru. Karena bentuk dan ukurannya yang kecil, souvenir ini efektif melindungi koper dari kelebihan berat.

Apalagi jika sedang banyak orang yang ingin membelikan oleh-oleh untuk Anda, Anda tidak perlu khawatir karena harga pernak-pernik tersebut relatif murah. Jika Anda membeli dalam jumlah banyak, tidak akan menguras anggaran Anda.

4. Replika Perahu Lancang Kuning❤️

Foto dari melayuoblong.blogspot.com

Anda pasti sudah tahu apa saja kendaraan tradisional khas provinsi Riau bukan? Ya, Perahu Lancang Kuning. Kendaraan ini sering digunakan warga sekitar untuk menyeberangi sungai. Dan perahu ini hadir dalam bentuk replika lho?

Replika perahu ini bisa Anda beli sebagai oleh-oleh khas Pekanbaru. Bentuknya yang unik sangat cocok untuk dipajang di rumah.

5. Vas bunga etnik karya Riau❤️

Foto dari riaucraft.wordpress.com

Tahukah kamu, vas bunga khas Riau juga bisa dijadikan oleh-oleh. Vas bunga yang biasanya terbuat dari keramik atau anyaman bambu, berbeda dengan vas bunga asal Riau ini. Vas bunga ini terbuat dari kelopak mayang kelapa yang dipadukan dengan elemen kayu.

Karena bentuknya yang unik, vas bunga khas ini tidak boleh ditinggalkan begitu saja sebagai oleh-oleh. Vas bunga ini akan membuat rumah Anda semakin indah.

6. Tenun Songket Melayu❤️

Foto dari iauberbagi.blogspot.com

Selain batik, ternyata ada kain tenun songket Melayu di Pekanbaru. Barang ini sangat digemari sebagai oleh-oleh karena bahan dan motifnya yang sangat khas. Anda pasti tidak ingin tanpa kain ini bukan?

Jadi tunggu apa lagi? Segera kunjungi toko oleh-oleh yang ada di setiap sudut Pekanbaru dan belilah songket tenun khas Melayu ini.

7. Miniatur Kano Kampo❤️

Foto dari museum.kemdikbud.go.id

Selain Perahu Lancang Kuning, ada lagi kendaraan tradisional bernama Sampan Kampo. Untuk menyalurkan kreativitasnya, warga sekitar menyulap moda transportasi tersebut menjadi bentuk miniatur yang bisa dijadikan oleh-oleh khas Pekanbaru.

Miniatur kampo sampan ini cocok menjadi pilihan bagi Anda pecinta barang etnik. Dimana anda bisa ikut melestarikan budaya Pekanbaru.

8. Pemandangan Miniatur❤️

Foto dari Medanbisnisdaily.com

Selanjutnya terdapat miniatur beberapa landmark atau ikon kota Pekanbaru. Suvenir ini adalah salah satu yang paling populer di kalangan wisatawan.

Miniatur berbagai ikon di Pekanbaru bisa Anda pilih untuk dibawa pulang sebagai oleh-oleh atau koleksi pribadi, seperti landmark paling terkenal yaitu Tugu Tarian Rakyat.

9. Miniatur Rumah Tradisional❤️

Foto dari kkrumah.blogspot.com

Pilihan lain yang bisa Anda pilih adalah miniatur rumah tradisional. Riau merupakan salah satu provinsi yang memiliki beragam rumah adat. Terdapat beberapa rumah adat yang sangat terkenal yaitu Balai Salaso Jatu, Rumah Melayu Atap Limas Potong dan Umah Suku Sakai.

Ternyata beberapa rumah adat tersebut berbentuk miniatur. Jadi cocok banget buat dijadikan barang bawaan dari Pekanbaru. Anda bisa membelinya di beberapa pusat oleh-oleh kerajinan tangan yang ada di Pekanbaru. Harga yang ditawarkan pun cukup berbeda.

10. Kerajinan rotan❤️

Foto dari bertuahpos.com

Nah yang terakhir adalah kerajinan rotan. Masyarakat Pekanbaru sangat gemar membuat berbagai kerajinan tangan yang menarik. Salah satunya adalah kerajinan rotan ini. Bentuk yang dihasilkan pun cukup beragam.

Ini termasuk berbagai barang dan aksesoris keramik rumah tangga. Jadi sayang sekali jika Anda melewatkan oleh-oleh unik ini.

Setelah membaca artikel ini, apakah Anda tertarik untuk mencari oleh-oleh yang disebutkan di atas? Saya yakin Anda sudah tidak sabar untuk membelinya bukan? Saya harap Anda bertekad untuk tidak memborong semua oleh-oleh yang disebutkan di atas!

David, kini berusia 25 tahun, mulai tertarik menulis sejak masuk perguruan tinggi di Yogyakarta. Kini David bekerja di sebuah penerbit buku di Jogja. Di luar pekerjaan, David senang menghabiskan waktu produktif dengan menulis di TracePiknik.com dan SewaMobilJakarta.info

Source: jejakpiknik.com

Related Articles

Back to top button