Berita Wisata

10 Gunung Tertinggi di Indonesia, 1 Terasa Asing

Jakarta

Inilah 10 gunung tertinggi di Indonesia. Dan, traveler pasti merasakan ada yang asing di telinga.

Perlu dicatat bahwa daftar gunung tertinggi di Indonesia ini merupakan gabungan dari gunung berapi aktif dan tidak aktif. Jadi traveler harus paham sejauh ini.

Berikut 10 gunung tertinggi di Indonesia. Jika Anda ingin melihat orang asing, perhatikan point 5:

IKLAN

Gulir untuk melanjutkan konten

1.Puncak Jaya

Gunung tertinggi di Indonesia adalah Puncak Jaya atau dikenal dengan piramida Carstensz. Puncak Jaya merupakan bagian dari Pegunungan Sudirman di Papua dan merupakan salah satu dari Tujuh Puncak Dunia dengan ketinggian 4.884m.

Yang unik dari Puncak Jaya adalah Anda bisa melihat gletser tropis yang merupakan satu-satunya di dunia. Di mana lagi Anda bisa melihat salju di negara tropis seperti Indonesia?

2. Gunung Kerinci

Lalu ada Gunung Kerinci di Jambi yang juga masuk dalam jajaran gunung tertinggi di Indonesia dengan ketinggian 3.805 MDPL. Selain aktif, gunung ini juga sangat populer di kalangan pendaki berpengalaman.

Gunung Kerinci adalah gunung berapi Indonesia yang terletak di Jambi, Sumatera Selatan.Gunung Kerinci adalah gunung berapi Indonesia yang terletak di Jambi, Sumatera Selatan. Foto: (BBTNKS)

3. Gunung Rinjani

Pendaki mana yang tidak bermimpi mendaki punggung Rinjani di NTB? Terletak di Lombok, Gunung Rinjani merupakan salah satu gunung tertinggi di Indonesia dengan ketinggian 3.762m.

Gunung Semeru meletus pada Minggu (4/12/2022).  Bahkan lahar panas dari gunung tersebut mengalir menuju Desa Supit Urang, Pronojiwo, Lumajang.Gunung Semeru meletus pada Minggu (4/12/2022). Lahar panas dari gunung tersebut bahkan mengalir hingga ke Desa Supit Urang, Pronojiwo, Lumajang (Foto: Anadolu Agency via Getty Images/Anadolu Agency)

4. Gunung Semeru

PROBOLINGGO, INDONESIA - 23 JULI: Pemandangan umum Taman Nasional Bromo Tengger Semeru, menunjukkan Gunung Bromo, Gunung Semeru dan Gunung Batok, lokasi desa-desa Tengger tempat diadakannya festival Hindu Yadnya Kasada Tengger, di latar belakang , pada 23 Juli, 2013 di Probolinggo, Indonesia.  Festival tersebut merupakan festival utama masyarakat Tengger dan berlangsung selama kurang lebih satu bulan.  Pada hari keempat belas, orang Tengger melakukan perjalanan ke Gunung Bromo untuk memberikan persembahan beras, buah-buahan, sayuran, bunga, dan ternak kepada dewa gunung dengan melemparkannya ke kaldera gunung berapi.  Asal usul festival ini dimulai pada abad ke-15 ketika seorang putri bernama Roro Anteng mendirikan kerajaan Tengger bersama suaminya Joko Seger, dan pasangan tanpa anak itu meminta dewa gunung untuk membantu mereka memiliki anak.  Legenda mengatakan bahwa para dewa memberi mereka 24 anak tetapi dengan syarat tanggal 25 dibuang ke gunung berapi sebagai pengorbanan.  Anak ke-25, Kesuma, akhirnya dikorbankan dengan cara ini setelah penolakan awal, dan tradisi melempar kurban ke kaldera untuk menenangkan dewa gunung berlanjut hingga hari ini.  (Foto oleh Ulet Ifansasti/Getty Images)Gunung Semeru Foto: Getty Images/Ulet Ifansasti

Siapa yang tak kenal Semeru, gunung tertinggi di Pulau Jawa. Di Indonesia, Semeru merupakan gunung tertinggi keempat dengan ketinggian 3.676 m.

Gunung berapi ini juga terkenal dengan keberadaan Ranu Kumbolo yang kerap menjadi tempat perkemahan tepi danau. Selain film 5 cm tentunya.

5. Gunung Sanggar

Lombok tidak hanya memiliki Gunung Rinjani tetapi juga Gunung Sanggar. Meski tidak sepopuler Rinjani, gunung ini termasuk dalam 5 gunung tertinggi di Indonesia dengan ketinggian 3.564m.

Bicara soal keindahan saja, Gunung Sanggar memiliki pesona tatanan alam asri yang tak kalah dengan Rinjani.

Gunung Tertinggi di Indonesia Selanjutnya: Gunung Latimojong

Simak video “Area Tertutup Salju Puncak Jaya Wijaya Tetap 1% dan Diperkirakan Menghilang di Tahun 2025”
[Gambas:Video 20detik]

Source: news.google.com

Related Articles

Back to top button