Berita Wisata

10 ide liburan akhir tahun yang seru untuk bersantai

KOMPAS.com – Dalam waktu singkat, 2022 akan berakhir. Sudahkah Anda menyiapkan rencana liburan akhir tahun?

Musim liburan bisa jadi salah satu cara untuk menghilangkan stres dari rutinitas setahun belakangan. Selain itu, liburan akan memberikan semangat baru untuk tahun yang akan datang.

Baca juga: 8 Tips Perayaan Akhir Tahun dengan Harga Murah Meski High Season

Liburan juga tidak harus mahal, karena bisa dilakukan dengan melakukan hal-hal sederhana bersama teman dan keluarga.

Ide untuk perayaan akhir tahun

Kompas.com telah mengumpulkan ide liburan akhir tahun dari berbagai sumber Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf).

Baca Juga: Harga Kamar Hotel Naik 15 Persen Selama musim liburan

1. Wisata alam

Pepatah bahwa alam memberikan ketenangan jiwa memang benar adanya. Jika ingin melepas penat dari rutinitas setahun belakangan, wisata alam adalah pilihan yang tepat.

Ada banyak destinasi wisata alam di Indonesia. Mulai dari Bali, Gili Trawangan, Labuan Bajo, Mandalika, Gunung Bromo, Banyuwangi, Yogyakarta dan masih banyak lagi.

Anda akan menemukan pantai berpasir putih, sawah yang menghijau, air terjun yang menyegarkan, dan masih banyak lagi. Usai menikmati wisata alam, dijamin Anda akan kembali bergembira menyambut tahun baru.

Baca Juga: 7 Rekomendasi Destinasi Wisata Bali, Bikin Liburan Tahun Baru Tak Terlupakan

Panorama Pulau Padar. SHUTTERSTOCK/PRAWAT THANANITHAPORN Panorama Pulau Padar.

2. Wisata petualangan

Jika Anda menyukai kegiatan yang memompa adrenalin, cobalah wisata petualangan. Biar makin seru, coba ajak temanmu untuk berpetualang bersama.

Banyak pilihan aktivitas liburan yang menguji nyali Anda. Sebut saja, paralayang, Lompat bungee, eskalasi, selancar tubuhkayak, papan luncurdan banyak lagi.

Anda bisa bermain ski air di Uluwatu, Bali, atau terbang menembus langit biru sambil mencoba parasailing di Tanjung Benoa, Bali.

Pilihan lain untuk menguji adrenalin Anda adalah panjat tebing di Lembah Harau di Sumatera Barat atau menjelajahi gua di Yogyakarta.

Baca juga: Liburan di Banda Neira, Simak Panduan Transportasi Lengkapnya

3. Wisata budaya dan sejarah

Indonesia memiliki keragaman budaya. Setiap daerah memiliki bahasa, budaya, adat istiadat, dan tradisi masing-masing yang patut ditelusuri.

Jadi mengapa tidak memanfaatkan perayaan akhir tahun untuk membenamkan diri dalam budaya Indonesia? Ada beberapa museum, bangunan bersejarah, adat istiadat, tradisi dan atraksi lokal yang bisa dipilih untuk mengisi musim liburan.

Anda bisa mengunjungi Candi Borobudur di Magelang, Candi Prambanan di Sleman, Keraton Surakarta dan Museum Ullen Sentalu di Yogyakarta.

Kemudian desa adat Ratenggaro di Sumba, pura Uluwatu di Bali, Fort Rotterdam di Makassar dan situs purbakala Trowulan di Jawa Timur.

Baca juga: Asal Usul Candi Borobudur, Cagar Budaya yang Pernah Terbengkalai

Harga tiket masuk Borobudur saat ini dipatok Rp 50.000, sedangkan harga tiket masuk candi Borobudur atau tiket Borobudur untuk anak Rp 25.000.GAMBAR KOMPAS/FIKRIA HIDAYAT Untuk harga tiket masuk Borobudur saat ini dipatok Rp 50.000, sedangkan harga tiket masuk candi Borobudur atau tiket Borobudur untuk anak Rp 25.000.

4. Beli kerajinan tangan

Berbelanja tentu sangat menyenangkan bagi semua orang. Namun, agar tampil beda, cobalah membeli kerajinan lokal.

Ada banyak sentra kerajinan tangan yang tersebar di berbagai kota. Anda bisa menemukan berbagai oleh-oleh, pernak-pernik, kerajinan tangan, barang antik dan makanan khas daerah untuk dibawa pulang.

Baca juga: 6 Taman di Surabaya, Tempat Liburan Murah dan Meriah

5. wisata kesehatan

Ketentuan wisata kesehatan masih terdengar asing bagi sebagian orang. Namun, dengan semakin besarnya perhatian terhadap kesehatan mental, maka lahirlah aktivitas tersebut wisata kesehatan.

Jenis wisata ini mengacu pada kegiatan yang memberikan ketenangan jiwa guna mendukung kesehatan mental dan emosional.

Saat ini sudah banyak bermunculan destinasi wisata yang menawarkan itu wisata kesehatan. Misalnya yoga, meditasi, perawatan spa di Bali atau meditasi di candi-candi Yogyakarta.

Baca Juga: 11 Tempat Wisata Sentul yang Cocok untuk Liburan dan Foto Instagramable

ilustrasi yogaShutterstock Ilustrasi Yoga

Source: news.google.com

Related Articles

Back to top button