Berita Wisata

10 Pantai Banten Eksotis Dan Mempesona, Cocok Untuk Liburan Akhir Pekan

Tempat wisata pantai yang direkomendasikan di Pantai Banten/Tanjung Lesung, foto: coastnesia.com

PARBOABOA, Banten – Apakah Anda berencana untuk pergi berlibur bersama keluarga akhir pekan ini? Pantai Banten bisa menjadi salah satu destinasi wisata yang menarik untuk dikunjungi.

Banten terkenal dengan wisata alamnya yang indah. Tak hanya pegunungan, bagi Anda yang ingin melihat pemandangan pantai, Banten bisa menjadi pilihan yang tepat.

Selain itu, ada banyak pilihan pantai yang bisa Anda sesuaikan dengan jarak tempuh dan tempat wisata sesuai selera Anda.

Apa saja daftar pantai yang direkomendasikan di Banten? Yuk, simak ulasannya di bawah ini!

1. Pantai Tanjung Lesung

Tahukah kamu mengapa pantai ini dikenal dengan nama “Tanjung Lesung”? Ternyata, pantai dan tanjungnya menjorok ke arah laut yang bentuknya seperti lesung.

Jika ingin mengunjungi pantai ini, lokasinya berjarak sekitar 108 km dari Jakarta. Anda bisa mencapai pantai ini melalui jalan tol Tangerang – Merak, keluar melalui jalan tol Cilegon, lalu ikuti jalur pantai Anyer menuju Tanjung Lesung.

Merupakan kawasan ekonomi khusus untuk pariwisata, saat ini Pantai Tanjung Lesung menjadi salah satu objek wisata yang dikembangkan oleh pemerintah.

Maka dari itu, jangan heran jika fasilitas di sini cukup lengkap, mulai dari penginapan, catering, penginapan, hingga aneka permainan air.

2. Pantai Sawarna

Jika Anda suka berselancar, Pantai Sawarna adalah tujuan pantai yang tepat di Banten karena ombaknya yang cukup besar.

Karakteristik ombak seperti ini juga harus menjadi perhatian Anda untuk lebih berhati-hati saat ingin berenang.

Selain ombaknya yang besar cocok untuk berselancar, pemandangan alam pantai yang terletak sekitar 150 km dari Rangkasbitung ini juga sangat indah.

Daerah ini dikelilingi oleh hutan, gua, dan tebing yang bisa Anda panjat. Jangan lupa berfoto di atas batu besar di pinggir pantai yang menjadi ikon Pantai Sawarna!

3. Pantai Carita

Dengan pasir putih dan air laut yang jernih, Pantai Carita menjadi salah satu destinasi favorit wisata pantai di Banten.

Anda bisa melakukan berbagai aktivitas seru seperti banana boat, snorkeling, dan diving.Jangan khawatir, Anda bisa menyewa peralatan bermain air di sekitar pantai.

Jika Anda merasa lelah, saatnya bersantai dan beristirahat di tepi pantai sambil menyaksikan pemandangan Gunung Krakatau dari jauh.

Selain pemandangan alam yang indah dan tempat yang terawat, Pantai Carita juga menawarkan penginapan yang cukup lengkap.

Anda dapat dengan mudah menemukan akomodasi dengan berbagai fasilitas di sini, mulai dari anggaran kecil sampai resor mewah. Untuk wisatawan dengan anggaran terbatas, Anda dapat menyewa rumah yang diubah menjadi homestay.

4. Pantai Karang Bolong

Objek wisata pantai di Banten ini memiliki pesona yang berbeda dengan pantai-pantai lain di kawasan Banten.

Pantai ini memiliki lubang raksasa yang mengundang rasa penasaran hingga memicu kekaguman di hati para wisatawan.

Lubang ini memiliki diameter sekitar 50 meter, keindahan lubang ini semakin eksotis dengan laut lepas sebagai pemandangan yang tiada duanya.

Pengunjung bisa naik ke lubang melalui tangga di sisi kanan lubang. Dari lubang tersebut, pengunjung bisa melihat laut dan pantai Carita.

5. Pantai Marbella

Daya tarik wisata Pantai Marbella merupakan pantai Banten yang memiliki panorama yang indah sehingga banyak dikunjungi wisatawan lokal maupun mancanegara.

Pantai Marbella dapat ditemukan jika pengunjung mengikuti garis pantai Sembolo yang berada di depan hotel Marbella.

Pantai Marbella secara geografis berada di wilayah Anyer, terletak di Desa Bandulu, Kecamatan Anyer, Kabupaten Serang, Provinsi Banten.

Jarak tempuhnya sekitar 148 kilometer dari pusat kota Jakarta dengan waktu tempuh sekitar 2 jam 48 menit menggunakan kendaraan roda empat.

Dinamakan pantai Marbella, karena letak pantai ini dekat dengan hotel Marbella. Pantai ini juga letaknya dekat dengan pantai Sambolo, sehingga wisatawan bisa mengunjungi kedua pantai ini dengan mengikuti garis pantai.

6. Pantai Sambolo

Objek wisata pantai sambolo merupakan tempat wisata pantai di banten dengan panorama pantai yang sangat eksotik di wilayah anyer.

Pasir putih, air laut yang jernih dan ombak yang tidak terlalu besar menjadi daya tarik tersendiri. Letaknya yang sangat strategis juga menjadikannya destinasi yang sangat digemari di akhir pekan, bahkan saat musim liburan.

Matahari terbenam di pantai Sambolo ini agak istimewa, karena letak pantainya yang bagus menghadap ke barat.

Ada beberapa bulan ketika matahari terbenam tepat di depan pantai, awan indah menemani proses matahari terbenam di sudut barat, menciptakan pemandangan yang luar biasa untuk diabadikan.

7. Pantai Ciputih

Seperti namanya, pantai di Banten ini memiliki pasir putih bersih. Pasir putih dan air laut biru menampilkan gradasi warna yang menawan. Pantai ini menyimpan banyak sekali keindahan yang sangat cocok untuk dijadikan sebagai tujuan berlibur.

Pantai ini terletak di Taman Nasional Ujung Kulon di kabupaten Kertamukti. Menuju Pantai Ciputih memang membutuhkan sedikit perjuangan, karena aksesnya cukup ekstrim.

Namun perjuangan akan terbayar lunas ketika sampai di tempat ini karena keindahannya yang menakjubkan.

Selain itu, akses masuk ke pantai ini gratis alias gratis dan bisa dikunjungi kapan saja karena buka 24 jam sehari.

8. Pantai Bagedur

Bagedur adalah resor Banten yang terletak di Malingping, Lebak. Pantai ini memiliki pesona alam yang menawan.

Hamparan pasir putih yang membentang di sepanjang pantai sangat cocok untuk bersantai di pantai. Hamparan pasir putih pantai Bagedur mencapai 15 km yang membuat pantai ini memiliki pemandangan pantai yang luar biasa. Hanya dengan membayar Rp 2.000, pengunjung sudah bisa menikmati pesona Pantai Bagedur.

Ada bebatuan yang diselimuti pepohonan hijau di beberapa tempat di bibir pantai. Pantai Bagedur masih sangat asri karena jarang dikunjungi manusia.

Selain itu, airnya yang jernih dan ombak yang tenang menjadikan tempat ini tempat yang tepat untuk bersantai. Maka dari itu tidak salah jika tempat ini menjadi tujuan utama para pemburu foto.

9. Pantai Tanjung Layar

Pantai unik ini terletak di Bayah, Kabupaten Banten. Daya tarik Tanjung Layar adalah adanya dua batu karang yang letaknya tidak jauh dari bibir pantai.

Air yang jernih dan pasir yang bersih menjadi perpaduan yang sempurna dengan kedua batu karang tersebut. Pemandangan ini menjadi spot favorit wisatawan untuk mengabadikan momen.

Pesona Tanjung Layar lainnya adalah saat matahari terbenam. Siluet jingga dan bongkahan karang akan menjadi pemandangan indah di sore hari.

Bagi pecinta sunset, momen ini tentunya tidak boleh dilewatkan. Untuk menikmatinya, pengunjung cukup membayar tiket masuk sebesar Rp 5.000.

10. Pantai Anyer

Destinasi pantai terakhir Banten adalah Pantai Anyer. Sebagai salah satu pantai terpopuler di Banten, pihak pengelola menyediakan fasilitas yang dapat memenuhi kebutuhan wisatawan.

Beberapa wahana air seperti diving, snorkling, towed buoy sampai jet ski Tersedia disini. Selain itu juga ada resor atau berbagai penginapan di sekitar pantai dengan pemandangan laut lepas.

Pantai yang terletak di Anyer, Sindanglaya ini menawarkan panorama pantai yang indah dan eksotik. Bebatuan karang, pasir lembut dan udara segar dapat memberikan energi positif bagi jiwa.

Tidak kalah dengan pantai lainnya, pantai ini juga menawarkan pemandangan matahari terbenam yang indah dengan pohon kelapa di tepi pantai. Untuk memasuki kawasan pantai ini dikenakan biaya sebesar Rp 5.000 per orang.

Nah berikut beberapa rekomendasi tempat wisata di Banten yang indah dan mempesona. Selamat berlibur!

Tag: #wisata banten #banten #wisata #tempat wisata #bantai banten #jawa barat

Baca juga

Source: news.google.com

Related Articles

Back to top button