Tempat Wisata

10 Pantai Terindah Di Belitung Yang Wajib Dikunjungi

10 Pantai Terindah Di Belitung Yang Wajib Dikunjungi

Apa itu wisata laut petunjuk? Periksa daftar pantai terindah di pulau itu petunjuk. Destinasi pantai populer dan panas yang mempesona untuk dikunjungi saat liburan.

Tidak ada habisnya berbicara tentang keindahan negara Sumatera dan salah satunya adalah pesonanya yang bisa dinikmati di Pulau Belitung. Orang menyebutnya sebagai tempat berkicau pesona alam yang tiada tara, karena Belitung memiliki sejumlah wisata bahari yang menawan dan ciri khas tersendiri.

Suguhan alam yang begitu indah dan berpadu dengan deburan ombak yang mempesona membuat semua orang akan jatuh cinta saat berkunjung ke Belitung, Kepulauan Bangka Belitung. Berikut adalah kumpulan wisata pantai terbaik yang bisa Anda pilih.

1. Pantai Tanjung Kelayang

Pantai Tanjung KelayangKredit foto: Google Maps sopie krai

Siapa yang tidak tahu guratan indah yang disuguhkan Pantai Tanjung Kelayang? Properti wisata primadona ini bahkan dinobatkan sebagai tuan rumah event kelas internasional bernama Sail Wakatobi Belitong. Dengan kata lain, kecantikannya terkenal di seluruh dunia.

Seperti pantai-pantai indah khas Belitung lainnya, pengunjung di sini dimanjakan dengan garis pantai yang dihiasi bebatuan jumbo. Bahkan, keberadaan bebatuan tersebut meninggalkan kesan tersendiri karena terlihat kontras dengan warna air laut yang terlihat jernih. Melihat luasnya lautan lepas saja akan langsung melunturkan rasa penat di pikiran.

Pesona alamnya membuat semua orang ketagihan, namun jangan lewatkan kesempatan untuk mengabadikan momen liburan sebagai bentuk kenang-kenangan. Berbagai spot foto kekinian juga banyak terdapat di sini, sehingga pengunjung dari luar daerah akan rugi jika melupakan aktivitas seru tersebut karena terlalu asyik menikmati sajian alam.

harga tiket: Rp5.000; Bahan pengikat: pemeriksaan situs
Alamat: JL Tanjung Kelayang, Kec. Sijuk, Kab.Belitung, Kepulauan Bangka Belitung.

2. Pantai Punai

Pantai PunaiKredit foto: Google Maps Gulistiani Fuzuli

Pantai-pantai di Belitung terkenal dengan tebing-tebing granitnya yang seakan menghiasi pesisir pantai, begitu pula dengan Pantai Punai. Sepintas tidak ada yang berbeda, namun Anda akan melihat bahwa ukuran bebatuan granit tersebut tidak begitu besar dibandingkan kawasan wisata laut lainnya.

Sedikit berbeda dengan tipikal pantai barat Belitung pada umumnya, hamparan pasir putih bersih diselingi bebatuan kecil di beberapa tempat saja. Meskipun demikian, kecantikannya berhasil menarik perhatian para penggemarnya berkat citra alamnya yang menawan.

Ukuran bebatuan yang tidak terlalu besar memungkinkan wisatawan untuk melihat keindahan alam di sekitarnya tanpa terhalang. Hamparan laut lepas berwarna biru kehijauan terlihat jelas di depan mata, seolah menggoda pengunjung untuk bermain-main di tepian pantai dan merasakan kesegaran airnya.

harga tiket: Rp5.000; Bahan pengikat: pemeriksaan situs
Alamat: Tanjung Kelumpang, Kec. Pesak Junction, Cab Belitung Timur, Kepulauan Bangka Belitung.

3. Pantai Batu Berlayar

Pantai Batu BerlayarSumber gambar: Twitter wisata Labiru

Jika Anda sedang mencari spot instagramable yang tidak akan pernah terlupakan, mengunjungi Pantai Batu Berlayar mungkin bisa menjadi pilihan yang tepat. Karena pantai yang satu ini menyuguhkan bebatuan granit berukuran besar yang tersebar di beberapa kawasan wisata. Dibandingkan kawasan wisata bahari lainnya, sebagian besar kawasan pesisir dihiasi bebatuan granit di setiap mata.

Ukuran batu karang yang beragam sering dijadikan oleh para wisatawan sebagai tempat duduk alami yang tidak pernah berpindah dari tempatnya. Bahkan, bebatuan ini dijadikan sebagai salah satu spot foto yang paling populer. Namun pastikan tetap waspada di setiap langkahnya, karena permukaan bebatuannya terasa licin karena sering diterjang ombak.

Daya tarik utama tidak hanya terletak pada banyaknya bebatuan granit yang menghiasi pantai saja, tetapi juga pada kejernihan air lautnya. Hamparan laut yang terlihat jernih menawarkan pengunjung kesempatan untuk melihat keindahan bawah laut tanpa harus menyelam terlebih dahulu.

harga tiket: Bebas; Bahan pengikat: pemeriksaan situs
Alamat: Berlayar di Pulau Batu, Kec. Sijuk, Kab.Belitung, Kepulauan Bangka Belitung.

4. Pantai Tanjung Pendam

Pantai Tanjung PendamKredit foto: Google Maps Franciscus Stefanno (Fanno)

Namanya dikenal jauh ke luar daerah, Pantai Tanjung Pendam sepertinya menjadi destinasi wisata terdekat saat berkunjung ke Belitung. Anak-anak muda Belitung pun senang bersantai di kawasan wisata ini, ditemani semilir angin dan menyaksikan langit berubah warna saat matahari menyapa mereka.

Nongkrong bersama teman bahkan lebih menyenangkan karena manajemen mendukungnya dengan berbagai kafe yang menawarkan suguhan lezat untuk disantap bersama. Semakin malam, kawasan wisata ini semakin ramai dikunjungi wisatawan dari berbagai daerah. Pesan saja secangkir kopi dan makanan ringan dan acara liburan terasa sempurna.

harga tiket: Bebas; Bahan pengikat: pemeriksaan situs
Alamat: Parit, Kec. Tanjung Pandan, Cab.Belitung, Kepulauan Bangka Belitung.

5.Tanjung Tinggi

Tanjung TinggiKredit foto: Google Maps旻秀ㄦ

Tanjung Tinggi adalah bagian dari rangkaian wisata bahari yang tidak boleh dilewatkan saat memasuki Belitung. Namanya semakin dikenal di seluruh tanah air karena pernah dijadikan lokasi syuting film layar lebar populer berjudul Laskar Pelangi. Sejak saat itu, keindahannya diakui oleh masyarakat Indonesia dan tidak pernah ditinggalkan pengunjung.

Bermain di bibir pantai yang indah, memancing, berenang santai hingga snorkeling hingga menjelajahi keindahan alam bawah laut adalah beberapa aktivitas menarik yang bisa dilakukan di sini. Ada banyak kegiatan seru yang bisa dilakukan untuk membuat pengunjung betah di sana dan bermalam mendirikan tenda di sekitar pantai.

Pengunjung berkesempatan merasakan kesejukan air laut yang begitu jernih mengingat ombaknya yang tidak terlalu besar. Sayangnya, Anda harus berhati-hati agar tidak tersengat, karena di kawasan ini sering dijumpai rombongan ubur-ubur yang sedang berenang santai di pinggir pantai.

harga tiket: Bebas; Bahan pengikat: pemeriksaan situs
Alamat: Keciput, Kec. Sijuk, Kab.Belitung, Kepulauan Bangka Belitung.

6.Tanjung Marang Bulo

Sumber Gambar: Google Maps Hanum Salviana

Tertarik untuk berburu sunset terbaik di Belitung? Anda harus segera menuju ke Tanjung Marang Bulo yang terletak di Pulau Seliu. Sedikit berbeda dengan pesona sunset pada umumnya, karena saat air laut sedang tinggi, bebatuan yang tersebar di beberapa tempat di pantai ini tampak terapung.

Sambil menunggu matahari tenggelam di bawah ufuk barat, tak ada salahnya melakukan berbagai aktivitas seru yang tak pernah membosankan. Berada di kawasan pesisir, jangan lewatkan kesempatan untuk menikmati kesegaran air laut atau sekedar menikmati semilir angin pantai yang khas di bawah pepohonan.

harga tiket: Bebas; Bahan pengikat: pemeriksaan situs
Alamat: Kecamatan Banlong, Kab. Belitung, Kepulauan Bangka Belitung.

7.Teluk Limau

Teluk KapurSumber Gambar: Google Maps Ancox Nian

Bagi Anda yang rindu bermain bersama teman di air laut yang segar, berkunjung ke Teluk Limau bisa menjadi alternatif terbaik. Ombaknya yang cenderung tenang dan terbawa perasaan yang menyenangkan membuat setiap orang segan untuk meninggalkan kawasan wisata sejak pertama kali datang.

Jika harus membandingkannya dengan kawasan wisata laut lainnya, teluk yang satu ini tidak terlalu besar atau luas. Karena pesonanya sendiri terletak pada pesona alamnya yang tidak bisa ditemukan di kawasan pantai lainnya. Sayangnya, kawasan wisata ini jarang dikunjungi mengingat pantai cantik ini berada di kawasan tersembunyi dengan akses yang kurang memadai.

Lokasinya memang tersembunyi, jadi jangan heran jika fasilitas yang tersedia cukup terbatas. Demi memenuhi kebutuhan sehari-hari, tidak ada salahnya membawa bahan makanan sendiri dari rumah untuk dimakan setibanya di lokasi wisata. Piknik sederhana di pantai pun sangat menyenangkan jika Anda membawa kekasih Anda.

harga tiket: Rp10.000; Bahan pengikat: pemeriksaan situs
Alamat: Teluk Limau, Kec. Parittiga, Kab. Bangka Barat, Kepulauan Bangka-Belitung.

8. Desa nelayan Tanjung Binga

Desa nelayan Tanjung BingaSumber gambar: Google Maps Thomas Dorschner

Kampung Nelayan Tanjung Binga merupakan tempat wisata terbaik bagi mereka yang ingin menikmati sajian alam khas Belitung sambil melihat kehidupan nelayan setempat. Sebagian besar penduduk berprofesi sebagai nelayan, sehingga pengunjung dapat dengan mudah menemukan berbagai olahan masakan seafood untuk dicoba.

Bahkan tidak jauh dari pusat wisata Anda bisa menemukan restoran hingga resor mewah yang menyajikan berbagai kuliner lezat hasil tangkapan para nelayan. Tidak hanya menyajikan berbagai hidangan khas Belitung, pengunjung juga bisa menikmati sajian kulinernya sambil memandang indahnya hamparan laut lepas di depan mata.

harga tiket: Bebas; Bahan pengikat: pemeriksaan situs
Alamat: Desa Tanjung Binga, Kec. Sijuk, Kab.Belitung, Kepulauan Bangka Belitung.

9. Pulau Kepayang

Pulau KepayangSumber Gambar: Google Maps Wawan Setiawan

Belitung sendiri terdiri dari beberapa pulau kecil yang memiliki pesona tersendiri, dengan salah satu keindahannya terdapat di Pulau Kepayang. Setibanya di pulau ini, wisatawan akan disambut dengan pemandangan indah gugusan pantai yang menawan. Air lautnya bahkan terlihat cemerlang saat terkena sinar matahari.

Meski tergolong pulau kecil, namun jangan remehkan keindahan alam yang ditawarkannya. Di lahan seluas sekitar 14 hektar ini, wisatawan akan menemukan beberapa spot cantik yang sayang untuk dilewatkan. Jika Anda tertarik untuk mengeksplorasi keindahannya lebih dalam, silakan sewa perahu di Tanjung Kelayang untuk mengantar Anda ke pulau cantik ini.

harga tiket: Rp10.000; Bahan pengikat: pemeriksaan situs
Alamat: Keciput, Kec. Sijuk, Kab.Belitung, Kepulauan Bangka Belitung.

10. Pulau Burung

pulau burungKredit Foto: Google Maps Sammy James Narande

Pulau Burung melengkapi gugusan wisata laut di Belitung yang sayang untuk dilewatkan. Sekilas, sebenarnya kawasan wisata ini tidak seluas deretan lainnya. Namun daya tariknya terletak pada banyaknya bongkahan batu granit masif di sepanjang tepian pantai yang justru menimbulkan kesan unik.

Di antara banyaknya bebatuan yang ada, Anda akan menemukan satu yang bentuknya mirip kepala burung. Nama Pulau Burung berasal dari bentuk bebatuan granit yang unik. Mengingat keunikannya, pengunjung tak tahan untuk mengabadikannya dengan smartphone kesayangannya.

Memasuki kawasan wisata, Anda bisa melihat Laut Cina Selatan yang seolah menyatu dengan luasnya langit. Hanya dengan memandangnya dari pinggir pantai, ditemani sejuknya angin sepoi-sepoi, berhasil menghilangkan beban pikiran. Tentu banyak wisatawan yang rela datang dari jauh hanya untuk melihatnya dari dekat.

harga tiket: Bebas; Bahan pengikat: pemeriksaan situs
Alamat: Tanjung Binga, Kec. Sijuk, Kec. Belitung, Kepulauan Bangka Belitung.

Bukan rahasia lagi kalau Belitung adalah surganya berkumpulnya pantai-pantai cantik yang tiada duanya. Meski terdapat sejumlah wisata laut di daerah lain, namun pantai-pantai di Belitung memiliki ciri khas tersendiri. Hal ini menjadi alasan kuat mengapa hingga saat ini banyak wisatawan yang rela datang dari jauh hanya untuk melihatnya dari dekat.

Source: www.pesisir.net

Related Articles

Back to top button