Tempat Wisata

10 pantai yang wajib dikunjungi di Papua

Inilah rekomendasi wisata pantai yang populer di Papua. Objek wisata bahari terindah, eksotik dan kekinian yang wajib anda kunjungi untuk liburan seru dan menyenangkan.

Di bagian timur Indonesia terletak Papua yang mempunyai sumber daya alam melimpah. Keindahan alam Pulau Papua memang akan membuat semua orang terpesona. Tak hanya Raja Ampat, wisata bahari Papua mampu menghilangkan segala penat dan sayang untuk dilewatkan. Berikut beberapa pantai terindah di Papua yang layak untuk dijelajahi saat berlibur.

1. Pantai Pasir Timbul

Pantai Pasir Timbul PapuaFoto: Google Maps/Bustomi Tomi

Dengan wilayah terluas, Raja Ampat menjadi salah satu tempat wisata di wilayah Papua. Tepat di Waigeo Anda akan menemukan sebuah pantai mempesona yang dikenal dengan nama Pantai Pasir Timbul. Sayang jika Anda melewatkan pantai dekat perbukitan hijau ini. Pokoknya kamu disuguhkan dengan air laut yang begitu jernih.

Bahkan dari atas permukaan pun Anda bisa melihat sekilas terumbu karang karena begitu jernihnya. Inilah yang menjadi daya tarik dari pantai indah ini. Memang tempatnya tidak besar, namun cocok bagi Anda yang hobi snorkeling. Setidaknya lebih dari 100 spesies ikan hidup di dekat pantai ini.

Beberapa jenis terumbu karang juga membuat pantai ini semakin menarik. Pantai ini juga sangat bagus untuk berburu foto Instagram. Pantai ini tidak selalu ada karena hanya muncul saat air laut surut. Terletak di tengah laut, pantai ini akan membuat liburan Anda tak terlupakan.

harga tiket: Rp50.000; Map: pemeriksaan lokasi
Alamat: J L Raja Ampat, Klasuur, Kec. Sorong, Kota Sorong, Papua Barat.

2. Pantai Harlem

Pantai Harlem, PapuaFoto: Google Maps/Arinsheva AhZhey

Pantai terindah selanjutnya yang bisa Anda kunjungi adalah Harlem Beach. Pantai di Jayapura memang pantas mendapat julukan “surga perumahan”. Untuk menikmati keindahan ini, Anda hanya perlu menaklukkan medannya. Anda dapat mencapai Pantai Harlem dengan kendaraan laut.

Pantai Harlem juga terkenal dengan pantainya yang berpasir putih, yang lebih mudah diakses jika Anda menyewa sopir. Perjalanan dari Dermaga Depapre sebenarnya tidak jauh, sekitar 15 menit menggunakan perahu. Begitu tiba, segala lelah dan jerih payahmu akan terbalas dengan keindahan yang dimilikinya.

Pasir putih seputih mutiara membentang di sepanjang pantai. Suasananya yang begitu menyenangkan dan tenang akan mengusir penat Anda. Terdapat deretan pepohonan di dekat pantai yang membuat udara begitu sejuk. Menariknya, tak jauh dari bibir pantai juga terdapat kolam air tawar.

Pantai Harlem patut mendapat predikat “pantai terindah” karena selama ini masyarakat setempat merawatnya dengan baik. Jika Anda ingin mengunjungi pantai ini, tentunya Anda harus mempersiapkan segala sesuatunya dengan baik. Meski butuh usaha, namun pesona yang ditawarkan tak akan membuat Anda menyesali kunjungannya.

harga tiket: Rp 20.000; Map: pemeriksaan lokasi
Alamat: Tablasupa, Kec. Depapre, Kota Jayapura, Papua.

3. Pantai Banos

Pantai Banos PapuaFoto: Twitter/MaxOne Hotel & Resort – Makassar

Pantai Banos terletak di Pulau Misool, lebih tepatnya di Pulau Banos, Raja Ampat. Pantai yang tenang ini adalah salah satu tujuan terpopuler untuk berenang atau berjalan kaki. Ada pula yang datang untuk berfoto, karena pantai ini punya banyak spot Instagram menawan yang tentunya belum banyak dikunjungi.

Pantai indah di Papua ini memiliki pasir putih lembut dan air jernih. Beberapa terumbu karst yang juga ditumbuhi tanaman membuat pantai ini semakin eksotis. Beragam aktivitas menarik juga bisa Anda lakukan di pantai ini. Mulai dari bersantai di pinggir pantai, hingga mengunjungi alam bawah laut yang juga indah.

harga tiket: -; Map: pemeriksaan lokasi
Alamat: Lilinta, Kec. Misool Barat, Cab.Raja Ampat, Papua Barat.

4. Tempat Pantai Pulau

Pantai Pulau Venue PapuaFoto: Wisato.id

Jika Anda berada di Kabupaten Kaimana, dibutuhkan waktu 3 hingga 5 jam perjalanan ke Pantai Pulau Venue. Pantai ini sangat cocok bagi pecinta laut yang ingin menikmati indahnya pantai berpasir putih. Pantai yang satu ini memiliki pasir putih yang lembut dan air yang jernih menjadi perpaduan yang mempesona.

Selain itu, pantai ini juga menjadi tempat bertelurnya burung maleo, penyu belimbing, dan satwa endemik lainnya. Mengunjungi pantai ini, Anda bisa melakukan berbagai aktivitas menarik. Salah satunya memberi Anda gambaran sekilas tentang keajaiban bawah laut dengan terumbu karang yang menakjubkan. Belum lagi suasana pantai yang mengundang Anda untuk bersantai.

harga tiket: -; Map: pemeriksaan lokasi
Alamat: Pulau Tumbutumbu, Kecamatan Adijaya. Burway, Cab.Kaimana, Papua Barat.

5. Pantai Yen Beba

Pantai Yen Beba, PapuaFoto: Twitter/Kecepatan Mumet

Terletak di Manokwari, Pantai Yen Beba tidak pernah sepi pengunjung. Memang benar pantai ini mampu memukau seluruh pecinta laut karena keindahannya. Letaknya yang tidak terlalu jauh dari pusat kota menjadi salah satu alasan mengapa pantai ini banyak dikunjungi. Pantai berpasir putih ini juga diberkahi dengan air yang jernih.

Sesuai dengan namanya Yen Beba yang berarti pasir putih, daya tarik pantai ini terletak pada karakter pantainya. Anda bisa melakukan berbagai aktivitas, seperti bermain air atau berenang. Jangan lewatkan mengabadikan semua momen saat Anda berada di pantai ini. Terakhir di Pantai Yen Beba Anda bisa mencicipi kuliner yang ditawarkan dengan harga terjangkau.

harga tiket: -; Map: pemeriksaan lokasi
Alamat: Kabupaten Manokwari. Manokwari Barat, Cab.Manokwari, Papua Barat.

6. Pantai Batu Pica

Pantai Batu Papua PicaFoto: Twitter/pesona Indonesia

Biak yang juga masih bagian dari Papua punya keindahan yang sayang untuk dilewatkan. Pantai ini sering juga disebut dengan Pantai Batu Gong. Salah satu daya tariknya terletak pada indahnya bentuk karang yang terlihat seperti meja yang dibelah di tepi laut. Namun karang ini juga mampu memecah ombak di tepian Samudera Pasifik.

Saat gelombang pasang melanda, terjadi letusan setinggi hampir 15 m. Hal ini tentu saja menambah daftar daya tarik pantai yang satu ini. Didominasi karang tajam, pantai inilah yang membuatnya begitu eksotis. Jernihnya air juga turut menambah keindahan tersendiri di pantai ini.

harga tiket: Bebas; Map: pemeriksaan lokasi
Alamat: Sor, Biak Utara, Cab.Biak Numfor, Papua.

7. Teluk Triton

Teluk Triton, PapuaFoto: Google Maps/Kotekaz

Teluk Triton menjadi wisata laut berikutnya yang wajib dikunjungi ketika berada di Papua. Pantai ini tak kalah indahnya dengan Raja Ampat yang menjadi destinasi idaman banyak orang. Bahkan banyak yang menganggap panorama di Teluk Triton lebih indah dibandingkan di Raja Ampat.

Memang kawasan yang satu ini terbilang tersembunyi, namun keindahannya tidak bisa disembunyikan selamanya. Suasananya yang tenang sekaligus teduh membuat setiap orang yang masuk ke tempat ini akan betah berlama-lama. Teluk Triton merupakan surganya peneliti biota laut. Oleh karena itu, bisa dikatakan biota laut di teluk ini sangat beragam.

Begitu menginjakkan kaki di Teluk Triton, Anda pasti langsung ketagihan. Dan Anda akan semakin takjub saat snorkeling dan melihat ke bawah laut. Anda dapat bertemu banyak spesies unik di Kaimana. Tak heran jika wisatawan mancanegara paling antusias mengunjungi wisata bahari ini.

Setiap sudut Teluk Triton mampu memikat hati siapa saja yang menikmatinya. Anda akan serasa dibawa ke masa prasejarah dimana tebing-tebing kokoh, air laut bersih, pasir putih dan pepohonan masih lestari. Pastikan Anda membawa kamera dengan memori yang cukup untuk menyimpan semua hasil jepretan yang Anda ambil.

harga tiket: Rp 20.000; Map: pemeriksaan lokasi
Alamat: Sarah, Kec. Kaimana, Cab.Kaimana, Papua Barat.

8. Pantai Bosnia

Pantai Bosnik PapuaFoto: Google Maps/Hendrian Fajar

Pantai Bosnik juga bisa disebut sebagai pantai terindah di Papua yang semakin memperlihatkan kekayaan laut Papua. Pemandangan eksotis dengan pasir putih dan air jernih. Pantai yang satu ini merupakan salah satu pantai yang ramai dikunjungi pengunjung, baik pengunjung lokal maupun mancanegara yang ingin melihat sekilas keindahannya.

Lokasinya yang tidak jauh dari pusat kota menjadikan pantai Bosnik populer untuk menginap di akhir pekan. Begitu memasuki pantai ini, Anda akan terpesona dengan pemandangannya. Anda juga bisa bermain pasir atau berjemur di pinggir pantai. Anda juga bisa menikmati segarnya kelapa muda untuk melepas dahaga.

Puas menikmati permukaannya, kini saatnya menikmati keindahan bawah laut. Terumbu karang yang masih asli dengan biota laut yang beragam akan membuat Anda takjub. Selain itu, fasilitas yang ditawarkan di pantai ini juga cukup membuat segala aktivitas liburan Anda semakin mudah dan menyenangkan.

harga tiket: Rp10.000; Map: pemeriksaan lokasi
Alamat: JL Raya Bosnik, Yenusi, Kec. Biak Timur, Cab.Biak Numfor, Papua.

9. Pantai Amai

Pantai Amai PapuaFoto: Google Maps/Agustinus Prabowo

Pantai ini sangat cocok bagi anda yang menyukai tantangan. Berada di kawasan terjal dan berbukit bukan berarti objek wisata bahari ini kurang diminati. Sebaliknya, pantai yang satu ini memang luar biasa indahnya. Terdapat perpaduan antara lawat dan air laut yang membuat pantai ini semakin indah.

harga tiket: Rp 25.000; Map: pemeriksaan lokasi
Alamat: Tablasupa, Kec. Depapre, Kota Jayapura, Papua.

10. Tanjung Kasuari

Tanjung Kasuari PapuaPhoo: Google Maps/She.application

Hanya karena Sorong merupakan kawasan pengeboran minyak bukan berarti tidak memiliki daya tarik yang luar biasa. Hal tersebut bisa Anda saksikan di Pantai Tanjung Kasuari yang indah, yang juga bisa Anda kunjungi. Hamparan pasir bersih yang luas dan pepohonan yang berjejer di sisinya memberikan suasana rindang dan sejuk di pantai ini. Airnya yang jernih dan lingkungan yang terawat akan membuat liburan Anda tak terlupakan.

harga tiket: Rp10.000; Map: pemeriksaan lokasi
Alamat: Tanjung Kasuari, Kec. Sorong Barat, Kota Sorong, Papua Barat.

Itulah beberapa pantai indah di Papua yang patut untuk dijelajahi. Ada yang memiliki pasir putih lembut dan air jernih. Alam Papua yang masih asri ternyata berhasil memukau semua orang. Tentunya berdasarkan rating tersebut Anda sudah bisa melihat pantai mana yang akan Anda kunjungi pertama kali?

Source: www.pesisir.net

Related Articles

Back to top button