Berita Wisata

10 Pegunungan Pulau Jawa Yang Cocok Untuk Pendaki Pemula

Mendaki gunung adalah salah satu kegiatan yang paling populer di kalangan anak muda saat ini. Apalagi didukung oleh negara kita Indonesia yang memiliki banyak gunung yang tersebar di berbagai pulau utama Indonesia.

Meski populer, kehati-hatian dalam mendaki gunung harus menjadi hal yang utama karena mendaki gunung merupakan olahraga yang intens. Tak heran karena mendaki gunung membutuhkan kondisi fisik yang prima untuk mencapai puncak dengan selamat.

Bagi Sobat Hipwee yang akan terjun ke dunia pendakian gunung, ada baiknya mencoba terlebih dahulu gunung-gunung yang direkomendasikan di bawah ini karena ketinggiannya tidak lebih dari 3.000 meter di atas permukaan laut (mdpl). Dijamin akan memotivasi Anda untuk mencoba gunung yang lebih tinggi lagi.

1. Gunung Munara, Bogor (367 m dpl)

Gunung Munar

Gunung Munara | Foto dari Instagram @idhayhidayat

Berawal dari sebuah gunung yang terletak di provinsi Jawa Barat yaitu Gunung Munara. Lokasinya di kawasan Rumpin, Bogor memiliki ketinggian 367 meter di atas permukaan laut. Dengan ketinggian tersebut, gunung ini cocok menjadi pijakan pertama sebelum mendaki gunung yang lebih tinggi.

Gunung Munara sebenarnya lebih tepat disebut bukit. Untuk mendaki gunung ini, Anda hanya membutuhkan waktu 1-1,5 jam untuk mencapai puncak. Jadi Anda tidak perlu membawa alat berat seperti tenda, kompor, dll. jika Anda tidak berencana untuk bermalam di atas. Enaknya kesini untuk mengisi akhir pekan!

2. Gunung Nglanggeran, Yogyakarta (700 m dpl)

Gunung Nglanggeran

Gunung Nglanggeran | foto dari Instagram @gunungapipurba

Gunung Nglanggeran merupakan gunung yang terletak di Daerah Istimewa Yogyakarta, tepatnya di Desa Nglanggeran, Kecamatan Patuk, Kabupaten Gunung Kidul. Gunung tersebut merupakan gunung berapi purba yang terbentuk sekitar 60 hingga 70 juta tahun yang lalu.

Dengan ketinggian 700 mdpl, gunung ini sering didaki oleh pendaki pemula. Untuk mencapai puncak, pendaki harus melintasi jalanan dengan jalur bebatuan yang sempit. Namun jika berhasil sampai puncak, rasa lelah setelah pendakian akan terbayar dengan pemandangan yang indah.

3. Gunung Pancar, Bogor (800 m dpl)

Gunung Pankar

Gunung Pancar | Foto dari Instagram @gunungpancar

Kembali ke Gunung Bogor yang kali ini terletak di Kecamatan Babakan Madang Kabupaten Bogor. Gunung ini dihiasi dengan pohon pinus yang indah dan mengesankan. Ditambah dengan sejuknya udara Bogor menambah kesejukan gunung ini.

Dengan ketinggian 800 mdpl, Gunung Pancar menjadi destinasi wisata yang banyak dikunjungi masyarakat dari berbagai daerah. Selain hiking, ada juga pemandian air panas, wisata budaya, dan fasilitas olahraga. Lengkap, deh, pokoknya!

4. Gunung Bongkok, Purwakarta (975 m dpl)

gunung bergelombang

Gunung Bungkuk | Foto dari Instagram @gunung_bongkok

Gunung Bongkok terletak di Desa Cikandang, Kecamatan Purwakarta, Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat. Dengan ketinggian 975 mdpl, Gunung Bongkok bisa didaki hanya dalam waktu 1-1,5 jam saja.

Gunung Bongkok menjadi destinasi favorit para pendaki pemula karena pemandangannya yang indah dan eksotis. Tapi hati-hati karena di sekitar Gunung Bongkok masih banyak monyet yang berkeliaran. Untuk mendaki gunung ini, SoHip tidak perlu takut tersesat karena sudah ada penunjuk arah.

5. Gunung Andong, Magelang (1.726m dpl)

Gunung Andong

Gunung Andong | Foto dari Wikimedia Commons

Kami menuju ke Jawa Tengah dimana Gunung Andong berada di Grabag, Kabupaten Magelang. Gunung aktif ini berbentuk melingkar mengelilingi Kabupaten Magelang.

Gunung Andong memiliki 4 puncak yaitu Puncak Makam, Puncak Jiwa, Puncak Andong dan Puncak Alap-alap. Untuk memasuki Gunung Andong, pengunjung harus membayar tiket sebesar Rp20.000. Dengan ketinggian 1.726 mdpl, kamu bisa menikmati keindahan Magelang dari atas.

6. Gunung Kencana, Bogor (1803 m dpl)

Gunung Kencana

Gunung Kencana | Foto dari Instagram @gunungkencana

Bogor memang merupakan surga gunung yang harus didaki oleh pendaki pemula. Jika SoHip ingin memutuskan gunung mana yang akan didaki terlebih dahulu, Gunung Kencana bisa jadi pilihan.

Terletak di Sukamakmur, Jonggol, Jawa Barat, gunung ini tidak pernah sepi pendaki. Kursusnya cukup singkat tapi sulit, cocok untuk SoHip yang suka memaksakan keberaniannya. Namun hati-hati saat mendaki di musim hujan karena jalurnya terkenal licin.

7. Gunung Ungaran, Semarang (2.050 m dpl)

Gunung Ungaran

Gunung Ungaran | Foto dari Wikimedia Commons

Seperti namanya, gunung ini terletak di Ungaran, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah. Terdapat 4 jalur pendakian menuju gunung ini yaitu Jalan Base Camp Mawar, Jalan Candi Gedong Songo, Jalan Promasan dan Jalan Parantunan.

Gunung Ungaran memiliki tiga bahu yaitu Puncak Gendol, Puncak Gundul dan Puncak Ungaran. Dengan ketinggian 2.050 mdpl, Ungaran bisa menjadi pilihan bagi pendaki pemula.

8. Gunung Ijen, Banyuwangi (2.386 m dpl)

Gunung Ijen

Gunung Ijen | Foto dari Wikimedia Commons

Gunung Ijen merupakan salah satu gunung paling terkenal di Indonesia. Terletak di antara Kabupaten Banyuwangi dan Kabupaten Bondowoso, gunung ini banyak dikunjungi wisatawan.

Pernah meletus pada tahun 1999, gunung dengan ketinggian 2.386 mdpl ini terkenal memiliki kawah berwarna biru yang terletak di puncak gunung. Jika ingin mendaki Gunung Ijen bisa dimulai dari Banyuwangi atau Bondowoso.

9. Gunung Papandayan, Garut (2665m dpl)

Gunung Papandayan

Gunung Papandayan | Foto dari Wikimedia Commons

Bisa dibilang Gunung Papandayan merupakan destinasi favorit para pendaki pemula. Selain konturnya yang landai, Papandayan juga menyuguhkan pemandangan indah yang tiada duanya. Gunung ini memiliki kawah yang tidak jauh dari titik awal pendakian.

Di luar kawah, di puncak sebelum puncak terdapat hutan mati yang sangat eksotik. Disebut hutan mati karena di kawasan ini terdapat pepohonan yang hanya bercabang. Area ini sering dijadikan spot favorit untuk berfoto.

10. Gunung Cikuray, Garut (2.821 m dpl)

Gunung Cikurai

Gunung Cikuray | Foto oleh Gunawan Kartapranata dari Wikimedia Commons

Terakhir, gunung yang ramah untuk pendaki pemula adalah Gunung Cikuray. Gunung yang hampir berbentuk segitiga sempurna ini terletak di Dayeuhmanggung, Kabupaten Garut, Jawa Barat.

Dengan ketinggian 2.821 mdpl, gunung ini merupakan gunung tertinggi keempat di Jawa Barat setelah Gunung Ciremai, Gunung Pangrango, dan Gunung Gede. Jalur pendakian Gunung Cikuray cukup terjal, jadi berhati-hatilah.

Ini 10 rekomendasi gunung yang cocok untuk pendaki pemula yang bisa dijelajahi SoHip. Apakah SoHip pernah mendaki salah satu gunung di atas? Share ceritamu, ya!

Source: news.google.com

Related Articles

Back to top button