Berita Wisata

10 Tempat Wisata Horror Terkenal di Pulau Jawa yang Menyimpan Kisah Misteri Seram : Okezone Travel

PALING SEDIKIT Ada 10 tempat wisata yang dikenal horor di Pulau Jawa. Selain menyuguhkan keindahan dan keunikan, tempat ini juga memuat berbagai cerita mistis yang cocok untuk para penggemar horor.

Pulau Jawa memiliki banyak tempat wisata. Beberapa di antaranya terkenal mengandung hal-hal mistis. Lantas, tempat wisata mana saja yang terkenal horor di pulau Jawa? Baca penjelasannya.

1. Pantai Parangtritis di Yogyakarta

Parangtritis adalah salah satu pantai yang paling populer di Yogyakarta. Sejak awal, pantai ini penuh dengan cerita mistis tentang kemunculan sosok Nyi Roro Kidul. Sosok legendaris ini sering dikaitkan dengan cerita seram di masyarakat.

Padahal, saat berkunjung ke sini, wisatawan dilarang mengenakan pakaian berwarna hijau. Terlepas dari segalanya, matahari terbenam di pantai ini benar-benar mempesona.

Menggambar

Pantai Parangtritis

2. Taman Nasional Alas Purwo di Banyuwangi, Jawa Timur

Bila Anda ingin berwisata ke Bali melalui jalur darat, jangan lupa untuk mengunjungi tempat wisata Banyuwangi. Kawasan yang masih penuh dengan hal mistis ini memiliki tempat wisata yang terkenal yaitu Taman Nasional Alas Purwo.

Tempat wisata terkenal di wilayah Jawa Timur ini menyimpan banyak cerita mistis. Taman nasional ini dikatakan sebagai kerajaan jenius yang cukup besar. Masyarakat sekitar pasti sudah sering melihat sosok Genderuwo.

3. Nusa Barong di Jember, Jawa Timur

Selain itu di Jawa Timur sebelah barat Banyuwangi juga terdapat tempat wisata yang terkenal paling horor. Ya, di Kabupaten Jember ada sebuah pulau yang menyimpan banyak cerita mistis.

Nusa Barong atau yang juga dikenal dengan Pulau Ular merupakan kawasan cagar alam yang tidak berpenghuni sehingga saat malam tiba keteduhannya sungguh mencekam. Konon sudah banyak yang melihat ular besar di pulau ini.

Meski demikian, pulau ini memiliki keindahan alam yang luar biasa. Banyak hewan yang dapat ditemukan, seperti penyu hijau, biawak, monyet, dll.

4. Pantai Pelabuhan Ratu di Sukabumi, Jawa Barat

Pantai ini merupakan salah satu pantai paling mengerikan di Jawa Barat. Konon, di tengah laut Pantai Pelabuhan Ratu terdapat sebuah pintu magis menuju kerajaan mistis Ratu Pantai Selatan.

Sama halnya dengan Parangtritis, wisatawan tidak disarankan memakai baju hijau saat bermain di pantai. Selain itu, karena ombaknya yang tinggi, dilarang berenang.

5. Pantai Kenjeran Lama di Surabaya, Jawa Timur

Sedikit orang yang tahu, ternyata di Surabaya ada tempat wisata yang terkenal paling horor. Tempat wisata tersebut adalah Pantai Kenjeran Lama yang terletak di Jalan Raya Pantai Lama No. 12, Kenjeran, Bulak.

Konon, kawasan Pantai Lama sering disebut sebagai pusat Kerajaan Ular. Jika Anda suka berjalan-jalan, di ujung area ini terdapat Gudang Peluru yang membuat suasana semakin mencekam.

Namun, di tempat wisata ini, Jembatan Suroboyo dibangun dengan air mancur menari yang indah.

6. Air Terjun Grojogan Sewu di Tawangmangu, Karanganyar, Jawa Tengah

Tempat wisata di lereng Gunung Lawu ini merupakan salah satu tempat wisata yang cukup terkenal. Ya, Grojogan Sewu dikenal sebagai tempat bertemunya roh leluhur dan makhluk gaib yang hidup pada zaman dahulu.

Menggambar

Air Terjun Grojogan Sewu (Okezone.com/Bramantyo)

Tak hanya itu, konon keberadaan jembatan di kawasan air terjun ini juga konon menjadi penyebab berpisahnya sepasang kekasih saat berfoto atau kecelakaan.

Grojogan sendiri berarti air terjun, sedangkan sewu berarti seribu. Air terjun ini memiliki ketinggian 81 meter yang diakses dengan menuruni tangga.

7. Museum Brawijaya di Malang, Jawa Timur

Dari wisata alam, beralih ke wisata sejarah. Museum yang dibangun sejak tahun 1962 di Jalan Ijen nomor 25 A, Gading Kasri, Klojen, Malang ini juga dikenal sebagai tempat wisata paling seram.

Museum ini memiliki koleksi benda-benda hasil perjuangan bangsa Indonesia melawan Belanda pada masa agresi militer Belanda I dan II di Malang, Surabaya dan Bondowoso. Salah satunya adalah Death Car yang sering menampilkan penampakan seram berupa hantu perempuan dan suara-suara magis.

Rupanya, kereta maut ini pernah digunakan untuk mengangkut barang, namun disalahgunakan sebagai pengangkut manusia yang kelebihan muatan sehingga menyebabkan kecelakaan selama perjalanan.

8. Museum Pos Indonesia di Bandung, Jawa Barat

Itu selalu wisata sejarah yang terkenal paling horor. Tepatnya Museum Pos Indonesia yang didirikan pada tahun 1931 di nomor 73 Jalan Cilaki.

Kabarnya, beberapa pengunjung mengaku pernah melihat penampakan sosok perempuan di museum tersebut. Tak hanya itu, di dekat pintu masuk terdapat sosok laki-laki yang terlihat oleh pengunjung.

9. Lawang Sewu di Semarang, Jawa Tengah

Lawang Sewu atau Gerbang Seribu dalam bahasa Jawa adalah sebuah bangunan Belanda yang terletak di Jalan Pemuda, Semarang, Jawa Tengah. Bangunan bersejarah ini telah dibangun sejak tahun 1904 pada masa penjajahan Belanda.

Menggambar

Lawang Sewu (Okzone)

Konon tempat ini menjadi saksi bisu perlawanan Pasukan Pemuda Kereta Api (AMKA) untuk mendapatkan jalur kereta api. Almarhum AMKA dimakamkan di pelataran Gedung Lawang Sewu.

Sejauh ini, penduduk setempat mengaku pernah melihat mengkudu dan tentara Belanda di sana.

10. Stasiun Kereta Api Purwakarta di Purwakarta, Jawa Barat

Seperti namanya, stasiun ini berada di kabupaten Purwakarta, tepatnya di Jalan Kolonel Kornel Singawinata Nomor 1. Tempat ini merupakan stasiun biasa yang masih beroperasi.

Berbeda dengan stasiun pada umumnya, di tempat ini terdapat kuburan kereta api yang sering menjadi tujuan wisata.

Ternyata, di antara tumpukan mobil yang ada, ada beberapa mobil yang terlibat kecelakaan. Dilaporkan juga bahwa pada tahun 1988 beberapa pemuda tertabrak kereta api saat sedang mabuk-mabukan. Begitu banyak berita bahwa ada penampakan hantu tanpa kepala atau hanya suara tangisan di daerah tersebut.

Source: news.google.com

Related Articles

Back to top button