Tempat Wisata

10 Tempat Wisata Pantai di Kalimantan Tengah yang Wajib Dikunjungi

Itulah rekomendasi wisata pantai yang populer di Kalimantan Tengah. Tempat wisata laut terindah, eksotis, dan terpanas yang ingin Anda jelajahi untuk liburan dan akhir pekan yang tak terlupakan.

Kalimantan Tengah menawarkan banyak tempat wisata yang menarik untuk dijelajahi. Kawasan pantai khususnya memiliki daya tarik tersendiri dan membuat Anda merasa puas setelah menjelajah. Perpaduan alam menjadi keistimewaan tersendiri dan menarik perhatian wisatawan. Ditambah lagi, suasana alamnya yang masih tenang membuat setiap orang yang datang merasa tenang.

Anda akan diajak merasakan keindahan alam bawah laut dengan berbagai spesies biota lautnya. Pantai mana yang akan membuat liburan Anda semakin tak terlupakan? Berikut ini adalah daftar wisata pantai Kalimantan Tengah terbaik untuk referensi Anda saat berlibur.

1. Pantai Tanjung Keluang

Pantai Tanjung KeluangFoto oleh Benny Fattah / Google Maps

Pantai ini masih termasuk dalam wilayah Taman Nasional Tanjung Keluang. Karena berada di cagar alam, kawasan ini dipatroli dengan baik oleh pemerintah. Selain itu, terdapat tempat bersarang bagi spesies penyu langka di dunia di sini. Tak heran jika lingkungannya sangat bersih dan ada peraturan untuk menjaga keamanan telur penyu.

Setibanya di lokasi Anda langsung disuguhi pantai berpasir putih dan deretan pohon pinus menghiasi pantai. Angin sepoi-sepoi yang sejuk membuat suasana semakin nyaman dan tenang. Jika beruntung, Anda bisa mengikuti kegiatan pelepasan penyu ke laut. Namun, agenda ini hanya dilakukan pada waktu-waktu tertentu saja.

harga tiket: Rp5.000; Map: pemeriksaan situs
Alamat: Kubu, Kec. Kumai, Kab. Kotawaringin Barat, Kalimantan Tengah.

2. Pantai Ujung Pandaran

Pantai UjungpandarFoto oleh Eldo Tri Rahmadani / Google Maps

Untuk menikmati keindahan pantai ini seutuhnya harus menempuh jarak sekitar 80 kilometer dari Kota Sampit. Selama perjalanan Anda akan melewati perkebunan kelapa dan perbukitan di kanan kirinya. Setelah kurang lebih 3 jam anda akan langsung sampai di Teluk Sampit dan selanjutnya anda akan bertemu dengan Pantai Ujung Pangandaran.

Karena lokasinya yang jauh dari kota, lingkungan sekitar masih terasa alami. Cocok untuk tempat bersantai karena suasananya tenang dan damai. Bentuk pantainya cukup landai karena dekat dengan Laut Utara, dengan pasir putih dan lembut. Sehingga Anda merasa nyaman saat berjalan di atas pasir pantai.

Keunikan dari wisata bahari ini adalah pesona biota laut yang terbentang hingga beberapa puluh kilometer. Anda bisa meyakinkan diri sendiri tentang keragaman dunia bawah laut saat snorkeling atau menyelam. Titik utama dari wisata ini adalah pemandangan matahari terbenam dengan pijaran cahaya yang indah.

harga tiket: Rp5.000; Map: verifikasi lokasi
Alamat: Ujung Pandaran, Kec. Teluk Sampit, Kab. Kotawaringin Timur, Kalimantan Tengah.

3. Pantai Sungai Umbang

Pantai di Sungai UmbangFoto oleh Acep Erwin Hermawan / Google Maps

Bagi Anda yang menginginkan liburan yang tenang dan santai, Pantai Sungai Umbang mungkin bisa menjadi pilihan yang tepat. Pantai ini cenderung sepi pengunjung, padahal potensi wisatanya besar. Oleh karena itu suasananya cukup tenang, nyaman, damai dan cocok sebagai tempat untuk menyendiri sejenak. Dipasangkan dengan angin sejuk yang menjernihkan pikiran untuk sementara.

Pantai berpasir putih kecoklatan berpadu dengan birunya air laut yang tenang. Ombaknya juga biasanya tidak terlalu besar, jadi Anda bisa berenang atau bermain air. Anda juga bisa merasakan keindahan sunset di kawasan ini dan jatuh cinta dengan pesonanya. Tren bouncy twilight menciptakan siluet yang sangat instagramable.

Sebagai bagian dari destinasi wisata di Kabupaten Waringin Barat segala fasilitas sudah sangat memadai. Anda bisa menyiram dan mengganti pakaian di toilet yang ada, atau mengisi perut di beberapa warung di tepi pantai. Meski tidak banyak wahana, Anda tetap bisa menikmati panorama pantai yang menyenangkan.

harga tiket: -; Map: verifikasi lokasi
Alamat: JL.Humbang I, Sungai Bakau, Kec. Kumai, Kab. Kotawaringin Barat, Kalimantan Tengah.

4. Pantai Hujan Tanjung

Pantai Hujan TanjungFoto oleh Jumainah/Instagram

Sebagai salah satu pantai terindah di Indonesia, Pantai Tanjung Penghujang memiliki keunikan tersendiri. Pantai ini memiliki hamparan pasir putih kecoklatan yang lembut saat disentuh. Anda bisa melepas sepatu dan berjalan di atas hamparan pasir. Selain itu, deretan pepohonan hijau yang rimbun membuat suasana pantai semakin rindang.

Salah satu kelebihan dari wisata ini adalah panorama yang indah saat matahari terbenam. Bahkan ada tempat terpisah di mana Anda bisa menyaksikan matahari terbenam dari jauh, dan sering dijadikan latar foto. Anda juga bisa berenang atau snorkeling di pantai. Karena airnya cukup dangkal, terumbu karang dan biota laut lainnya mudah terlihat.

Sebuah pendopo sengaja dibangun di pinggir pantai, yang mengajak Anda untuk bersantai. Di sini kamu bisa menunggu sunset sambil menikmati bekal yang dibawa dari rumah. Saat Anda menikmati angin yang akan membubarkan pikiran yang bosan dan membuat hati Anda jauh lebih damai. Pada saat yang sama, ada beberapa fasilitas yang cocok untuk tempat wisata.

harga tiket: -; Map: pemeriksaan situs
Alamat: Teluk Bogam, Kec. Kumai, Cab Kotawaringin, Kalimantan Tengah.

5. Pantai Kubu

Pantai KubaFoto oleh Chandra Suprajiwo / Google Maps

Pantai Kubu merupakan tujuan wisata yang populer, sering dijadikan tempat menyendiri untuk sementara waktu. Meski jauh dari hiruk pikuk kota, lokasinya tetap mudah dijangkau. Bentuk pasir putihnya yang landai menjadi daya tarik tersendiri. Yang istimewa, ada bagian dasarnya yang berwarna coklat dan berair karena pantainya dekat dengan hutan gambut.

Pengelola Pantai Kubu telah menyiapkan berbagai atraksi air, termasuk banana boat. Wisatawan bisa menyewa perahu dan bermain bersama teman atau keluarga. Berbagai wisata kuliner yang menjual produk olahan seafood juga tersedia di sekitar pantai. Rata-rata seafood yang dijual masih segar dan bisa juga dibeli mentah-mentah.

Di luar kawasan kuliner, pengelola kini menyediakan toko souvenir dan beberapa penginapan. Sedikit lebih jauh dari pantai terdapat jalan kayu sepanjang 300 meter yang membelah pantai menuju laut. Ini adalah dermaga tempat Anda bisa mengambil foto terbaik, dengan hamparan pantai yang luas sebagai latar belakangnya.

harga tiket: Rp5.000; Map: pemeriksaan situs
Alamat: Kubu, Kec. Kumai, Kab. Kotawaringin Barat, Kalimantan Tengah.

6. Pantai Tanjung Nipah

Pantai Tanjung NipaFoto oleh Supriyanto / Google Maps

Ombak di pantai ini biasanya tidak terlalu besar, sehingga anak-anak bisa bermain air dengan aman. Namun tetap perlu diwaspadai, karena untuk berjaga-jaga jika air laut sedang pasang. Air lautnya sangat jernih sehingga Anda bisa melihat tepian terumbu karang. Pasir putihnya juga lembut, sehingga Anda dapat dengan mudah bermain pasir bersama buah hati Anda.

Di sepanjang pantai juga ditumbuhi pohon cemara yang tumbuh tinggi dan rimbun. Deretan pohon cemara membuat suasana pantai semakin teduh dan sering dijadikan tempat istirahat para wisatawan. Kami menyarankan Anda untuk menunggu sore hari agar Anda bisa melihat matahari terbenam yang mempesona.

harga tiket: Rp15.000; Map: pemeriksaan situs
Alamat: Sungai Raja, Kec. Jelai, Taksi Sukamara, Kalimantan Tengah.

7. Pantai Citra

pantai gambarFoto oleh Wah Joe/Google Maps

Jika Anda berangkat dari Kota Sukamara, Anda perlu berkendara kurang dari 1 jam. Lokasinya yang tidak begitu jauh dari pusat kota membuat pengunjung selalu datang kembali. Apalagi di musim liburan, wisatawan bisa berlipat ganda. Tentu saja hal itu menyenangkan hati para penjual makanan dan minuman di sekitar pantai.

Tak hanya unggul dari segi jarak tempuh, pemandangan alam yang disajikan juga tak kalah eksotis. Tidak seperti pantai lainnya, Anda akan melihat pasir pantai berwarna coklat di sini. Beberapa perahu nelayan berjejer di pinggir pantai, dan biasanya ada nelayan yang menawarkan persewaan perahu. Tujuannya agar dapat beraktivitas di sekitar area pantai dengan santai.

harga tiket: -; Map: verifikasi lokasi
Alamat: Sungai Tabuk, Kec. Pantai Lunci, Cab Sukamara, Kalimantan Tengah.

8. Pantai Pasir Putih

Pantai pasir putihFoto oleh Yaskinul Anwar / Google Maps

Tempat wisata Kalimantan Tengah ini menawarkan keindahan yang tidak ada duanya. Pemandangan alamnya begitu mempesona, perpaduan air laut yang jernih dan pasir putih yang lembut. Karena ombaknya yang agak tenang, sering dijadikan spot snorkeling atau diving. Keindahan alam bawah laut juga tidak bisa diabaikan.

Pantai Pasir Putih dilengkapi dengan berbagai fasilitas yang sesuai. Dimulai dengan gazebo sebagai tempat istirahat dan diakhiri dengan warung yang menjajakan aneka makanan. Salah satu menu favoritnya tentu saja seafood, khususnya olahan kerang dan kepiting. Liburan kali ini dijamin tidak akan membosankan dan Anda akan mendapatkan kesempatan foto yang bagus.

harga tiket: Rp15.000; Map: pemeriksaan situs
Alamat: Pasir Mayang, Kec. Kuaro, Cab.Paser, Kalimantan Timur.

9. Pantai Keraya

Pantai KerayaFoto oleh Nita Syah/Google Maps

Kawasan Pantai Keraya memiliki daya tarik yang menarik perhatian wisatawan. Pihak pengelola wisata selalu menjaga kebersihan pantai agar wisatawan merasa nyaman dan betah berlama-lama. Pasir putih kecoklatan membentang di sepanjang pantai. Kemudian berpadu dengan warna air laut yang jernih.

Di puncaknya terdapat sebuah bukit yang keberadaannya sudah dilupakan, meski dari bukit ini Anda bisa melihat pantai secara keseluruhan. Bahkan ada spot foto di Pantai Keraya, dengan kombinasi langit dan laut sebagai latar belakangnya. Anda juga bisa merasakan sejuknya udara dari atas bukit, sehingga bisa mengeluarkan uap sejenak.

Ada juga beberapa warung makan yang wajib Anda coba. Disarankan untuk mencoba berbagai kuliner seafood yang masih segar hasil tangkapan nelayan. Anda dapat menikmati makanan sambil duduk di pantai. Pada saat yang sama, seseorang menunggu saat matahari terbenam, yang cukup ajaib.

harga tiket: -; Map: pemeriksaan situs
Alamat: Keraya, Kec. Kumai, Kab. Kotawaringin Barat, Kalimantan Tengah.

10. Pantai Sungai Raja

Pantai Sungai RajaFoto oleh Erlan Suherlan / Instagram

Pantai ini memiliki hamparan pasir putih yang panjang serta pohon pinus yang tinggi dan rindang. Ada juga jembatan panjang ke tengah laut yang bisa Anda lewati. Anda bisa lebih leluasa menikmati angin yang berhembus di atas jembatan ini bahkan merenungkan keindahan pantai secara keseluruhan.

Tidak banyak yang bisa dilakukan di pantai ini, namun cukup untuk mengisi rehat sejenak. Apalagi bagi Anda yang ingin melepas penat, Pantai Sungai Raja mungkin bisa menjadi pilihan terbaik Anda. Selain itu, fasilitasnya yang lengkap dan memadai memberikan kenyamanan bagi wisatawan.

harga tiket: -; Map: verifikasi lokasi
Alamat: Sungai Raja, Kec. Jelai, Taksi Sukamara, Kalimantan Tengah.

Kalimantan Tengah memiliki keanekaragaman bahari yang tak terduga dan pesona alam yang menakjubkan. Anda akan dibuat takjub dengan keindahan pantai dan perpaduan birunya laut yang tenang. Belum lagi udara sejuk yang mendominasi seluruh kawasan pantai membuat liburan terasa semakin jinak.

Source: www.pesisir.net

Related Articles

Back to top button