Tempat Wisata

10 Wisata Pantai Hits di Jayapura

Inilah daftar wisata pantai populer di Indonesia Jayapura, Papua. Destinasi wisata bahari terindah, eksotik dan populer yang wajib Anda kunjungi di hari libur dan akhir pekan.

Mendengar kata Kota Jayapura pasti sebagian besar orang teringat pada sektor industri atau perkebunan. Padahal Kota Jayapura juga memiliki sektor pariwisata yang mengesankan sehingga layak menjadi sektor unggulan. Salah satu sektor wisata yang mengesankan adalah wisata pantai yang menawarkan pesona yang menakjubkan.

Jika Anda berencana berwisata ke Jayapura, berikut rekomendasi tempat wisata pantai terindah dan populer yang menarik untuk dijelajahi demi liburan tak terlupakan.

1. Pantai Yakoba

Pantai Yakoba, JayapuraFoto: Google Maps/Vete Wayoi

Daya tarik pantai ini terlihat langsung dari lokasinya. Pantai Yakoba terletak di balik tebing dan perbukitan, sehingga tidak terlihat langsung dari jalan utama. Pantai dengan garis pantai sepanjang 80 meter ini sangat cocok bagi Anda yang menyukai wisata alam dengan ketenangan.

Daya tarik tersendiri dari Pantai Yakoba adalah letaknya yang langsung berada di tepi laut dan menyuguhkan pemandangan yang menakjubkan. Pasir putih, air jernih, dan pepohonan rindang melengkapi keindahannya. Namun perairan Pantai Yakoba mempunyai keunikan tersendiri. Bagaimana tidak, airnya berwarna biru kehijauan dan sangat jernih.

Banyak aktivitas yang bisa Anda nikmati di sini saat berlibur, seperti berenang, bermain pasir, dan memancing. Namun memancing di pantai ini sungguh berbeda yaitu dengan menggunakan tongkat. Jenis komunitas unik ini diperkenalkan kepada pengunjung pantai.

Harga tiket: Bebas; Map: Periksa lokasinya
Alamat: Argapura, Kec. Jayapura Selatan, Kota Jayapura, Papua.

2. Pantai berpasir 6 tempat

Pantai Pasir 6 Angkasa JayapuraFoto: Google Maps/Priyono

Pantai cantik mempesona yang terletak di ujung kota Jayapura ini menawarkan pemandangan alam yang mempesona dengan pepohonan yang berjajar rapi di sepanjang tepi pantai. Airnya yang berwarna biru kehijauan dan pasirnya yang putih menarik banyak wisatawan.

Meski akses menuju pantai ini menantang, namun fasilitas yang disediakan cukup memadai. Misalnya saja pendopo untuk shelter, toilet, tempat mencuci dan tempat parkir yang luas. Suasana tenang, pemandangan indah, dan udara sejuk membuat pantai berpasir 6 Angkasa menjadi pengalaman yang menakjubkan.

Di dekat pantai terdapat sungai air tawar yang mengalir langsung ke laut, tentu saja menggugah minat wisatawan untuk mengunjunginya. Snorkeling, menyelam, dan berenang menjadi aktivitas yang bisa Anda lakukan saat berlibur di Pantai Pasir 6 Angkasa. Namun jika Anda kurang pandai berenang, tidak disarankan berenang karena letaknya tepat di tepi laut.

Harga tiket: Rp10.000; Map: verifikasi lokasi
Alamat: Tanjung Ria, Kec. Jayapura Utara, Kota Jayapura, Papua.

3. Pantai Pangkalan G

Pantai Pangkalan G JayapuraFoto: Google Maps/Den Baguse Chris

Kaya akan nilai sejarah dan pemandangan menakjubkan, pantai ini menjelma menjadi destinasi wisata unggulan di kota Jayapura. Saat berkunjung di pagi hari, Anda akan disuguhi pemandangan matahari terbit. Memiliki daya tarik tersendiri, itulah sebabnya wisatawan berbondong-bondong datang ke Pantai Base G untuk berlibur.

Dibandingkan pantai lainnya, pantai Base G memiliki ombak yang lebih besar. Namun tak perlu khawatir karena pemerintah setempat telah memasang pemecah karang pada jarak 1 km dari bibir pantai untuk meredam besarnya ombak. Kegiatan yang tersedia berkisar dari berenang, menyelam, wisata perahu pantai, dan memancing.

Anda tidak perlu khawatir dengan jarak yang harus ditempuh karena pantai ini dekat dengan pusat Kota Jayapura. Keindahan yang ditawarkan Pantai Base G antara lain pemandangan yang indah, pepohonan yang rindang, air yang jernih berwarna biru kehijauan, serta pasir putih yang membentang jauh.

Harga tiket: Rp5.000; Map: Periksa lokasinya
Alamat: Tanjung Ria, Kec. Jayapura Utara, Kota Jayapura, Papua.

4. Pantai Harlem

Pantai Harlem PapuaFoto: Google Maps/Arinsheva AhZhey

Terletak di Distrik Depapre Kabupaten Jayapura, pantai ini memiliki air yang sangat jernih dan bersih karena belum terjamah pembangunan besar-besaran. Jauh dari hiruk pikuk pusat kota, Harlem Beach adalah pilihan tepat bagi Anda jika ingin bersantai.

Atraksi yang ditawarkan langsung membuat siapapun ingin berkunjung ke Pantai Harlem karena pemandangan bawah lautnya yang sungguh mempesona. Pesona yang ditawarkan saja tidak cukup: pantai ini memiliki pasir putih dengan ombak yang tenang. Ada pula telaga dengan air tawar yang menyerupai kolam.

Di sekitar pantai Anda bisa melihat pepohonan khas seperti kelapa dan sagu yang memberikan keteduhan. Anda tidak perlu khawatir dengan fasilitas yang ada. Tersedia gubuk dan pendopo yang dapat berfungsi sebagai tempat berteduh atau beristirahat. Toilet dan tempat parkir juga tersedia.

Harga tiket: -; Map: Verifikasi lokasi
Alamat: Tablasupa, Kec. Depapre, Kota Jayapura, Papua.

5. Pantai Tablanusu

Pantai Tablanusu, JayapuraFoto: Google Maps/Daesy Nathasya

Mengunjungi destinasi wisata yang satu ini wajib hukumnya bagi Anda. Pantai Tablanusu menyuguhkan panorama hutan dan pegunungan yang membingkai laut biru. Meski jarak tempuh dari pusat kota Jayapura 2 hingga 3 jam, rasa lelah Anda otomatis hilang saat melihat pemandangan pantai yang memanjakan mata.

Salah satu keunikan Pantai Tablanusu adalah wisatawan bisa menikmati kesegaran air laut di kolam kecil sepanjang 7 meter yang tercipta secara alami. Kolam ini bahkan dipenuhi ikan-ikan unik. Pepohonan rindang yang menjulur hingga ke bibir pantai menjamin kesejukan suasana.

Meski pasirnya berwarna kecoklatan, namun tak mengurangi keindahan pantai yang disebut sebagai surga laut kecil di Jayapura ini. Anda bisa menikmati liburan dengan menikmati pemandangan, snorkeling, diving, berenang atau camping di pinggir pantai. Kebersihan dan kelestarian Pantai Harlem juga tetap terjaga dengan baik.

Harga tiket: Rp10.000; Map: Periksa lokasinya
Alamat: Waiya, Distrik Entiyebo. Depapre, Kota Jayapura, Papua.

6. Pantai Hamadi

Pantai Hamadi JayapuraFoto: Google Maps/Jha Net

Mengunjungi pantai dengan akses yang mudah menjadi salah satu kelebihan Pantai Hamadi. Kelebihan lainnya: Pantai ini tidak hanya menjadi objek wisata alam yang patut dikunjungi, namun juga memiliki nilai sejarah yang penting. Pantai Hamadi menyimpan sejarah Perang Dunia II di masa lalu.

Begitu Anda memasuki pantai ini, pepohonan hijau menyambut Anda. Pemandangan yang ditawarkan pun tak kalah menarik dibandingkan pantai-pantai lain di Jayapura. Hamparan pasir putihnya yang luas seolah memanjakan setiap wisatawan untuk berjemur. Hutan bakau di sekitar pantai juga menarik untuk dijelajahi.

Harga tiket: Rp10.000; Map: Periksa lokasinya
Alamat: Tobati, Kec. Jayapura Selatan, Kota Jayapura, Papua.

7. Dermaga Pantai 2

Pantai Dermaga Jayapura 2Foto: Google Maps/Seppy Dedy

Pantai Dok 2 berada di lokasi yang strategis dan mudah dijangkau. Itu selalu penuh dengan turis. Airnya yang jernih berwarna biru tua berpadu dengan pepohonan rindang membuat pantai ini menjadi destinasi wisata bahari yang wajib dikunjungi. Pada malam hari, pemandangan di Pantai Dok 2 sangat mempesona.

Pasalnya pantulan lampu kota di pinggir jalan raya menjadikannya waktu terbaik untuk berwisata. Anda bisa berenang tanpa rasa takut karena pantai ini memiliki ombak yang tenang. Pantai Dok 2 menjadi daya tarik lainnya dan menawarkan bangku-bangku kecil kepada wisatawan untuk sekedar mampir atau menyaksikan matahari terbit dan terbenam.

Harga tiket: Rp10.000; Map: Periksa lokasinya
Alamat: J L. Soa Siu, Mandala, Kec. Jayapura Utara, Kota Jayapura, Papua.

8. Pantai lampu

Pantai Satu Lampu JayapuraFoto: Google Maps/Dyan P Rahayu

Karena terdapat mercusuar yang mengendalikan kapal-kapal yang datang dan berangkat di dekat pantai, maka pantai ini dinamakan Pantai Lampu Satu. Terdapat pemandangan di berbagai sisi pantai saat matahari kembali ke sarangnya. Bagian yang landai dan garis pantai yang panjang memberikan nuansa unik pada Pantai Lampu.

Pemandangan yang mempesona dan suasana sejuk menjadi alasan mengapa pantai dengan pesona matahari terbenamnya ini wajib menjadi pilihan wisata bahari Anda. Fasilitas yang tersedia masih minim, namun tidak mengurangi pesonanya. Sore hari bisa menjadi pilihan yang tepat untuk mengunjungi pantai Lampu Satu.

Harga tiket: Rp5.000; Map: verifikasi lokasi
Alamat: J L. Menara lampu, Samkai, Kec. Merauke, Kab. Merauke, Papua.

9. Pantai Sinokisi

Pantai Sinokisi JayapuraFoto: Google Maps/Azarya Patty

Pantai yang garis-garisnya berbentuk melengkung seperti lengkungan tanah ini memang belum terlalu dikenal banyak orang. Daya tarik yang ditawarkan pantai ini tidak kalah menariknya dengan pantai-pantai lainnya. Nilai istimewanya adalah pasir putihnya yang bersih dan halus, rimbunnya pepohonan, serta pemandangan pantai yang menyejukkan.

Belum ada stand makanan dan minuman di pantai ini. Namun, Anda juga bisa tetap mandiri dan merasakan perasaan berbeda. Meski terletak di antara perbukitan yang menjulang tinggi dan tanjung karang, pantai indah ini mudah dijangkau dengan perahu bermotor.

Harga tiket: Rp 20.000; Map: verifikasi lokasi
Alamat: Meukisi, Kec. Yokari, Kota Jayapura, Papua.

10. Pantai Amai

Pantai Amai PapuaFoto: Google Maps/Agustinus Prabowo

Pantai Amai terletak cukup jauh dari hiruk pikuk kota Jayapura. Hal inilah yang menyebabkan pantai ini banyak dikunjungi wisatawan karena ingin menikmati keindahan dalam suasana tenang. Meski ombak sedang tinggi dan bergulung-gulung, air di Pantai Amai tetap jernih dan indah.

Jika Anda berjiwa petualang, Pantai Amai adalah pilihan yang tepat. Setelah melewati tempat parkir, Anda harus mengambil jalan setapak yang mengarah ke hutan. Setelah itu anda akan bertemu dengan sungai dan selanjutnya anda akan melihat Pantai Amai. Kegiatan snorkeling, menyelam, dan selancar menjadi lebih nyaman karena tersedia persewaan peralatan di sini.

Memiliki keunikan tersendiri, seolah memanggil Anda untuk mengunjunginya. Keunikan tersebut dikarenakan Pantai Amai dengan pantainya yang berpasir putih luas juga berbatasan dengan pantai air tawar. Pondok-pondok yang menjadi bagian dari fasilitas di pantai ini dapat menemani aktivitas bersantai atau berjemur Anda.

Harga tiket: Rp 25.000; Map: Periksa lokasinya
Alamat: Tablasupa, Kec. Depapre, Kota Jayapura, Papua.

Itulah beberapa wisata pantai di Jayapura yang bisa menjadi referensi liburan Anda. Bukan rahasia lagi kalau wilayah timur Indonesia, khususnya Jayapura, mempunyai wisata alam yang memukau. Salah satunya adalah wisata pantai yang mempunyai segudang daya tarik dan daya tarik.

Source: www.pesisir.net

Related Articles

Back to top button