Tempat Wisata

10 Wisata Pantai Tegal Terpopuler

Tertarik untuk liburan di pantai? Jangan lupa jelajahi pantai terindah di Tegal Jawa Tengah. Destinasi Wisata Laut Populer, Eksotis dan Terpopuler untuk Destinasi Liburan Seru dan Tak Terlupakan.

Tegal merupakan salah satu daerah di provinsi Jawa Tengah yang terkenal dengan Warteg. Selain Warteg, ternyata Tegal juga menawarkan berbagai wisata bahari yang eksotik dan menakjubkan. Dimana pantai sendiri merupakan salah satu wisata yang paling diminati oleh semua kalangan dan sangat cocok sebagai tujuan wisata bersama keluarga, sahabat maupun orang tersayang.

Jika Anda tertarik untuk berkunjung ke Tegal, berikut beberapa rekomendasi wisata pantai yang dijamin akan membuat liburan Anda semakin seru dan berkesan.

1. Pantai Purwahamba yang Indah

Wisata Pantai Purwahamba yang IndahSumber gambar: Google Maps Noveri Tahalea

Destinasi wisata pantai pertama yang wajib anda kunjungi saat liburan di Tegal adalah Pantai Purwahamba Indah. Pantai ini terletak di kawasan Purwahamba, Suradadi dan sebenarnya merupakan bagian dari Pantura atau Pantai Utara. Sering disebut Purin yang merupakan singkatan dari Purwahamba Indah, pantai ini memiliki ombak yang tenang sehingga banyak pengunjung yang datang ke sini untuk mencari ketenangan.

Meski tidak ada pasir putih bersih, panorama dari Pantai Purwahamba Indah sangat mempesona. Wisata bahari yang terletak di utara pulau Jawa ini ramai bahkan di sore hari. Karena suasana senja disini sangat indah, sangat cocok untuk kalian para pemburu sunset. Anda bisa mengambil berbagai foto menarik dengan latar belakang matahari terbenam di balik deburan ombak laut yang tenang.

harga tiket: Rp3.000; map: pemeriksaan situs
Alamat: J L. Pemuda No. 40, Purwahamba, Kec. Suradadi, Kota Tegal, Jawa Tengah.

2. Pantai Muarareja yang Indah

Wisata pantai yang indah di MuararejaKredit foto: Imam Mustaji https://www.google.com/maps/contrib/106492699551235277525

Pantai Muarareja Indah terletak di kawasan Brawijaya, Muarareja dan memiliki cukup banyak pohon pinus di sekitar pantai. Anda bisa bersantai di bawah pohon cemara, ditemani semilir angin laut. Banyak pengunjung yang datang ke sini untuk menikmati sunset di bawah pohon pinus. Dipasangkan dengan pasir hitam-coklat, membuat suasana pantai semakin eksotis.

Untuk menuju tempat wisata pantai ini, Anda hanya perlu berkendara sekitar 15 menit dari pusat kota. Dimana anda bisa masuk ke salah satu pintu pantai, karena Pantai Muarareja Indah memiliki dua pintu masuk utama. Yang pertama dari depan Kantor Camat Muarareja dan yang kedua dari arah barat melalui TPI atau Tempat Pelelangan Ikan Muarareja.

harga tiket: Rp5.000; map: pemeriksaan situs
Alamat: J L Brawijaya, Muarareja, Kec. Tegal Barat, Kota Tegal, Jawa Tengah.

3. Larangan Pantai

Larangan wisata pantaiSumber gambar: R Praba https://www.google.com/maps/contrib/106120466333229373765

Pantai Larangan terletak di kawasan Desa Larangan dan cukup tersembunyi dari dunia luar. Bahkan tidak ada petunjuk khusus mengenai lokasi wisata pantai yang satu ini, sehingga Anda perlu waspada dan tidak malu bertanya kepada warga sekitar. Karena tempatnya belum banyak dijamah, pantai ini masih sangat asri dan bersih. Di kawasan pantai Anda juga akan menemukan deretan pohon cemara yang tumbuh subur.

Begitu sampai di pantai, Anda akan disambut oleh angin sejuk. Ditambah lagi dengan ombaknya yang begitu tenang Anda bisa berenang atau sekedar berbasah-basah menikmati pesona pantainya. Pantai Larangan ini belum dikelola oleh pemerintah sehingga masih minim fasilitas. Jadi jangan lupa untuk mengunci kendaraan Anda dengan aman sebelum bermain di area pantai.

harga tiket: -; map: pemeriksaan situs
Alamat: J L. Bandeng, Munjung Agung, Kec. Kramat, Kota Tegal, Jawa Tengah.

4. Pantai Randusanga

Kisah Pantai Indah RandusangaKredit foto: Alton Super https://www.google.com/maps/contrib/106153448558950712682

Wisata laut selanjutnya yang tidak boleh dilewatkan adalah Pantai Randusanga yang terletak di kawasan Randusanga Wetan. Di sini pengunjung dimanjakan dengan berbagai fasilitas memadai yang disediakan pengelola. Mulai dari tempat parkir, tempat cuci piring, toilet, dll. Tentunya selain itu anda juga bisa menikmati keindahan pantai dan laut biru yang menakjubkan.

Pengunjung juga bisa menyewa perahu wisata untuk berkeliling laut dan menikmati suara ombak yang tenang. Karena ombaknya terbilang tenang, Anda juga bisa berenang atau sekadar bermain basah-basahan di bagian dekat pantai. Bahkan bagi Anda yang hobi memancing pun bisa menyalurkan hobi ini di muara Sungai Sigeleng.

harga tiket: Rp5.000; map: pemeriksaan situs
Alamat: Randusanga Wetan, Kec. Brebes, Cab.Brebes, Jawa Tengah.

5. Pantai alami yang indah

Alamat Pantai Alam IndahKredit Foto: Google Maps John Stefanus Chandra

Pantai Alam Indah merupakan salah satu wisata andalan di Tegal dimana objek wisata ini memiliki garis pantai sekitar 500 meter. Dengan panjangnya pantai, Anda bisa menikmati keindahan laut dengan lebih leluasa. Bahkan ada jalur khusus untuk pejalan kaki yang ingin menikmati keindahan pantai. Jadi Anda bisa berjalan menyusuri pantai di sepanjang jalur yang telah ditentukan dan menikmati pesona yang ada di sana.

Selain itu, ada beberapa fasilitas di pantai yang bisa Anda coba. Seperti water boom, kampung seni, tugu laut, panggung hiburan, gardu pandang untuk menikmati pemandangan, kapal ekskursi untuk menyusuri tepi pantai, dan berbagai warung di pinggir pantai. Di warung-warung tersebut, Anda bisa menikmati berbagai jenis seafood yang begitu menggugah selera dengan harga yang cukup terjangkau.

harga tiket: Rp5.000; map: pemeriksaan situs
Alamat: Mintaragen, Kec. Tegal Timur, Kota Tegal, Jawa Tengah.

6. Pantai Padaharja

Wisata di pantai PadaharjaKredit foto: Mohammad Dimas Maulana https://www.google.com/maps/contrib/106338459767610257693

Pantai Padaharja merupakan salah satu objek wisata pantai yang tidak boleh anda lewatkan selama liburan di Tegal. Pantai ini menawarkan panorama alam yang tidak kalah indahnya dengan pantai lainnya, kawasan yang masih sepi dari pengunjung menjadikan suasana pantai ini sangat damai. Selain itu pantai Padaharja juga sangat indah dan sejuk ditambah dengan hijaunya pepohonan yang tumbuh disekitarnya.

Di sini Anda akan merasakan suasana private yang sangat tenang, jauh dari hiruk pikuk kota. Tentu saja, Anda juga bisa berlatih berbagai aktivitas pantai di sini, seperti B. bermain pasir, berenang, bermain basah dan sebagainya. Menyaksikan sunset dari pantai juga merupakan ide cemerlang yang bisa Anda lakukan di sini. Apalagi jika Anda menikmati pemandangan indah bersama pasangan.

harga tiket: -; map: pemeriksaan situs
Alamat: Padaharja, Kec. Kramat, Kota Tegal, Jawa Tengah.

7. Pantai Pulau Kodok

Akomodasi hemat terdekat ke Pantai Pulau KatakSumber gambar: Khudzil Afwan https://maps.google.com/maps/contrib/110956955400046915689

Berada di kawasan Panggung, Tegal Timur, Pantai Pulau Kodok menjadi salah satu destinasi wisata keluarga terpopuler di Tegal. Pantas saja pantai ini disebut Pulau Kodok, karena menurut koordinator setempat, kawasan ini dulunya merupakan tambak ikan. Di tengah kolam menjulang bukit tanah yang cukup tinggi, di mana banyak katak dapat ditemukan.

Karena itulah, kawasan pantai ini sebelumnya bernama Pantai Pulau Kodok. Pantai ini masih alami, memiliki suasana yang sejuk dan jauh dari hiruk pikuk kendaraan. Meski masih alami, Anda akan menemukan berbagai fasilitas yang memadai di destinasi ini. Diantaranya bak bilas, tempat duduk, permainan anak, camping, lapangan karaoke, serta beberapa stand pantai yang menawarkan berbagai makanan ringan dan minuman.

harga tiket: Rp10.000; map: pemeriksaan situs
Alamat: panggung, Kec. Tegal Timur, Kota Tegal, Jawa Tengah.

8. Pantai Dampyak

Wisata Pantai DampyakKredit foto: Azam Jauhari https://www.google.com/maps/contrib/100181116407833074021

Pantai ini juga sering disebut Pantai Dundayani atau Durung Diarani yang artinya belum diberi nama tertentu. Karena letaknya di kawasan Dampyak, pantai ini juga sering disebut Pantai Dampyak. Tempatnya masih tersembunyi dan belum banyak dijamah wisatawan. Namun siapa sangka ternyata Pantai Dampyak memiliki potensi wisata yang begitu indah.

Sesampainya di pantai Anda akan disambut oleh pohon bakau yang menghiasi setiap bibir pantai. Berbeda dengan pantai lainnya, Anda tidak akan menemukan pohon kelapa di sini. Dengan garis pantai yang tidak terlalu lebar dan dipenuhi pasir yang lembut, Anda akan menikmati menjelajahi Pantai Dampyak dengan bertelanjang kaki. Rasakan juga ombak yang menerjang pantai dan membuat pergelangan kaki Anda basah.

harga tiket: -; map: pemeriksaan situs
Alamat: Balongan, JL, Dampyak, Kec. Kramat, Kota Tegal, Jawa Tengah.

9. Pantai Marlin

Wisata Pantai MarlinKredit foto: Toni Firmansyah 2 https://www.google.com/maps/contrib/104916280602245284300

Pantai terdekat yang wajib Anda kunjungi di Tegal adalah Pantai Marlin. Terletak di kawasan Desa Peleman, pantai ini memiliki suasana yang alami dan sangat bermanfaat. Meski terkenal angker karena ada anak yang tenggelam di sini, Pantai Marlin tak pernah kehilangan pesonanya di mata wisatawan. Masih banyak pengunjung yang datang ke sini hanya untuk berjalan-jalan di sepanjang pantai.

harga tiket: -; map: pemeriksaan situs
Alamat: J L. Raya Pantura No.KM11, Pandan Laut, Sidoharjo, Kec. Suradadi, Kota Tegal, Jawa Tengah.

10. Pantai Batam Sari

Wisata Pantai Batam SariSumber gambar: Google Maps Komar Pandev

Terakhir ada Pantai Batam Sari yang terletak di kawasan Desa Panggung dan tentunya tidak boleh dilewatkan jika sedang berada di Tegal. Lokasi pantai ini cukup mudah untuk dikunjungi karena hanya berjarak sekitar satu kilometer dari jalur pantura. Sesampainya di lokasi pantai anda langsung disambut dengan pemandangan pantai yang indah. Hamparan pasir berwarna putih kecoklatan yang bercampur dengan birunya laut dijamin akan memanjakan mata Anda.

Selain itu, di sini Anda juga bisa mencicipi berbagai makanan khas Tegal yang ditawarkan beberapa warung di pinggir pantai. Salah satu hidangan utama yang wajib Anda nikmati adalah Soto Tauco yang dipadukan dengan Tempe Mendoan setengah matang. Sebagai pelengkap, penjual juga menawarkan Rock Sugar Pot Tea, teh manis khas Tegal yang siap menyegarkan tenggorokan.

harga tiket: Rp2.000; map: pemeriksaan situs
Alamat: Batam III, Panggung, Kec. Tegal Timur, Kota Tegal, Jawa Tengah.

Sayang jika melewatkan beberapa wisata pantai ini saat liburan di Tegal, karena Anda tidak hanya bisa menikmati wisata lautnya saja, tapi juga langsung menikmati sajian kuliner khas Tegal di warung pantai. Selain itu, sebagian wisata laut di Tegal masih sangat alami sehingga belum banyak dikunjungi wisatawan. Destinasi ini tentunya sangat cocok bagi Anda yang ingin mencari ketenangan.

Source: www.pesisir.net

Related Articles

Back to top button