Berita Wisata

11 Sirkuit di Kulon Progo untuk Berburu Pemandangan dari Ketinggian

Yogyakarta selalu memiliki tempat khusus untuk dijelajahi. Salah satunya di Kulon Progo yang memiliki banyak tempat wisata yang menawan penyembuhan atau mengejar pemandangan keren dari ketinggian. Tidak hanya bisa dikunjungi pada siang hari, tapi Anda juga bisa menikmati keindahannya lampu kota malam hari di beberapa tempat.

Apalagi deretan tempat itu sering dijadikan tempat camping lho. Masih tidak tahu di mana itu? Inilah deretan tempat wisata di Kulon Progo yang menawarkan pemandangan terbaik dari ketinggian!

1. Puncak Suroloyo

11 Tempat Wisata di Kulon Progo untuk Berburu Pemandangan dari KetinggianFoto Suroloyo (instagram.com/tengakarta)

Puncak Suroloyo berada di Pegunungan Menoreh yang berada di ketinggian 1019 mdpl.Untuk mencapai puncaknya, kamu harus menaiki lebih dari 200 anak tangga lho. Tak tanggung-tanggung, anak tangga tersebut berada pada tanjakan yang cukup ekstrim. Jadi kita harus hati-hati, oke?

Namun jangan khawatir, begitu sampai di puncak Anda akan disuguhkan pemandangan yang indah. Bahkan dari puncak Suroloyo kita bisa melihat Borobudur dan empat gunung di Jawa yaitu Merapi, Merbabu, Sumbing dan Lawu. Harga tiket wisata Kulon Progo ini hanya Rp 5.000.

Lokasi: Desa Gerbosari, Samigaluh, Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta

2. Canting Mas Puncak Dipowono

11 Tempat Wisata di Kulon Progo untuk Berburu Pemandangan dari KetinggianCanting Mas Puncak Dipowono (instagram.com/ajibambangsaputro)

Canting Mas Bukit Dipowono, merupakan tempat wisata yang sudah ada sejak lama. Bahkan, tempat ini menjadi favorit warga Jogja berkemah, kamu tahu. Karena memiliki pemandangan Waduk Sermo dan pegunungan Menoreh yang indah.

Kini Canting Mas semakin menarik karena hadirnya spot foto perahu kaca, selain itu fasilitasnya juga semakin lengkap. Sehingga cocok dijadikan tujuan wisata saat berkunjung ke Kulon Progo, Jogja. Untuk masuk ke sini, Anda hanya perlu membayar tiket sebesar Rp12.000.

Lokasi: Jalan Clereng Tamanan KM 6 Hargowilis, Kokap, Clapar 2, Kulon Progo.

3. Tebing Gunung Gajah

11 Tempat Wisata di Kulon Progo untuk Berburu Pemandangan dari KetinggianTebing Gunung Gajah (instagram.com/pinkanbeby34)

Tebing Gunung Gajah memuncak pada 900 meter di atas permukaan laut. Luasnya mencapai 2 hektar dengan pemandangan pegunungan Menoreh yang menawan di bawahnya. Tak hanya pemandangan dan udara segar yang akan memikat hati Anda. Tapi ada wahana ekstrim dan spot foto estetik seperti kunci cinta, sky bar dan menyukai yang bisa kamu coba saat ke sini lho.

Lokasi: Jalan Sermo-Girimulyo, Katerban, Donorejo, Kokap, Kulon Progo

Baca Juga: 6 Pesona Desa Wisata Widosari yang Diunggulkan di Kulon Progo

4. Puncak Kleco

11 Tempat Wisata di Kulon Progo untuk Berburu Pemandangan dari KetinggianPuncak Kleco Kulon Progo (gmaps.com/realgusday)

Bagi anda yang sedang mencari rute trekking Kulon Progo. Puncak Kleco adalah tempat yang tepat untuk dikunjungi. Jalur pendakian menuju puncak yang harus kamu tempuh disini sekitar 1 km lho. Jadi siapkan pikiran dan tubuh Anda untuk melewatinya, oke?

Saat sampai di puncak, terdapat gardu pandang, pos pengamatan, spot foto yang bisa Anda gunakan untuk bersantai atau berfoto. Tiket masuk ke Puncak Kleco harganya hanya Rp 5.000.

Lokasi: Dusun Duwet, Desa Purwoharjo, Kapanewon Samigaluh, Kabupaten Kulon Progo

5. Puncak Sedang

11 Tempat Wisata di Kulon Progo untuk Berburu Pemandangan dari KetinggianPuncak Tengah (gmaps.com/prasetyo)

Puncak Moyeng yang berada di ketinggian 372 mdpl ini masih belum banyak dikunjungi orang. Untuk mencapai puncak, Anda harus mendaki jalan setapak pemantauan yang cukup terjal.

Dari puncak Puncak Moyeng, Anda akan disuguhi pemandangan desa dan kota yang indah di bawahnya serta pegunungan yang mengelilingi kota Jogja seperti Merbabu, Merapi, Sumbing dan Lawu. Tiket masuk ke Puncak Moyeng selalu gratis, Anda hanya perlu membayar parkir.

Lokasi: Sekaro, Giripurwo, Girimulyo, Kulon Progo

6. Puncak Widosari

11 Tempat Wisata di Kulon Progo untuk Berburu Pemandangan dari KetinggianFoto Widosari (instagram.com/akurniatiek)

Puncak Widosari Kulon Progo sangat populer di kalangan wisatawan. Karena ada batu besar yang menjulang tepat di depan bukit ini. Pemandangan alam yang indah dan segarnya udara khas pegunungan menoreh menjadi daya tarik lain bagi wisatawan yang datang ke sini.

Untuk sampai ke puncak, Anda harus menaiki sekitar 240 anak tangga. Tapi, jangan khawatir, saat Anda lelah dan lapar, Anda bisa mampir ke pit di atas.

Lokasi: Tritis, Samigaluh, Kulon Progo

Baca Juga: Puncak Widosari Kulon Progo: Lokasi, Harga Tiket, dan Tips Berkunjung

7. Mengunjungi Gunung Kuniran

11 Tempat Wisata di Kulon Progo untuk Berburu Pemandangan dari KetinggianWisata Gunung Kuniran (instagram.com/wisatagunungkuniran)

Kalau di Bantul ada Bukit Pinus, di Kulon Progo ada Gunung Kuniran yang jadi tempat yang cocok untuk bermalam. Karena tiap malam disini ada live music lho.

Selain itu, Gunung Kuniran juga memiliki tempat duduk yang nyaman untuk bersantai sambil mengagumi indahnya pemandangan lampu kota di malam hari. Selain itu, ada spot foto dan gardu pandang untuk selfie, belum lagi spot camping. Tiket masuknya Rp 5.000 hingga Rp 7.000.

Lokasi: Dusun Pandu, Hargorjo, Kokap, Kulon Progo

8. Bukit Ngisis Nglinggo

11 Tempat Wisata di Kulon Progo untuk Berburu Pemandangan dari KetinggianBukit Ngisis Nglinggo (instagram.com/fani_panols)

Tak kalah menarik dari tempat wisata di Kulon Progo lainnya, Bukit Ngisis Nglinggo merupakan tempat hunting foto yang cukup lengkap dari ketinggian Kulon Progo. Di dalamnya terdapat fasilitas penunjang seperti spot selfie dan pos pengamatan.

Bukit Ngisis Nglinggo sering menjadi tempat camping lho. Karena suasananya yang sejuk dan terdapat pemandangan kebun teh yang indah menyejukkan mata. Tiket masuk Bukit Ngisis Nglinggo juga terjangkau, hanya Rp2.000.

Lokasi: Nglinggo Barat, Pagerharjo, Samigaluh, Kulon Progo

9. Wisata Kalibiru

11 Tempat Wisata di Kulon Progo untuk Berburu Pemandangan dari KetinggianWisata Kalibiru (instagram.com/zahroh_murtati)

Yang paling populer di Kulon Progo adalah Wisata Kalibiru yang menjulang setinggi 450 mdpl. Pemandangannya tidak terlalu bagus karena berhadapan langsung dengan Waduk Sermo, Laut Selatan dan Kota Perairan. Nggak cuma puas menikmati keindahan alam, kamu juga bisa puas berfoto dengan beberapa spot foto yang ada di sana lho.

Selain itu ada flying fox yang dibuat pengelola untuk menambah daya tarik Wisata Kalibiru, tarifnya Rp 10.000 untuk satu orang. Sedangkan tiket masuk ke kawasan ini adalah Rp 35.000 termasuk 3 foto gratis.

  • Lokasi: Jalan Waduk Sermo, Kalibiru, Hargowilis, Kokap, Kulon Progo

Baca Juga: Bukit Ngisis, Kulon Progo: Lokasi, Tiket, dan Tips Berkunjung

10. Ayunan Surgawi Watu Jaran

11 Tempat Wisata di Kulon Progo untuk Berburu Pemandangan dari KetinggianAyunan Langit Watu Jaran (instagram.com/putriprasellya)

Jika Anda ingin mencoba hal-hal ekstrim yang tidak biasa, Anda harus mampir ke Ayunan Watu Jaran. Di tempat ini terdapat sebuah ayunan besar yang menjulang hingga ketinggian 100 meter. Saat menaiki ayunan ini Anda tidak perlu khawatir karena sangat aman dan selalu ada satpam yang berjaga.

Untuk merasakan ayunan di Watu Jaran, Anda perlu merogoh kocek sebesar Rp 20.000 untuk sekali wahana dan membayar tiket masuk sebesar Rp 10.000 per orang. Selain ayunan, ada photo booth dengan berbagai bentuk yang bisa kamu gunakan untuk berfoto, lho.

Lokasi: Sabrangkidul RT 10/5, Coco Leal, Purwosari, Girimulyo, Kulon Progo

11. Bukit Wisata Pulepayung

11 Tempat Wisata di Kulon Progo untuk Berburu Pemandangan dari KetinggianWisata Pule Payung (instagram.com/yenialvina_)

Terakhir ada Bukit Wisata Pule Payung yang menyuguhkan pemandangan indah Waduk Sermo dan Pegunungan Menoreh dari ketinggian. Di kawasan wisata ini juga terdapat wahana seperti sepeda terbang, ayunan flying fox yang cukup seru lho.

Selain mencoba wahana, Anda bisa bersantai dan menikmati keindahan alam khas Kulon Progo. Kalau lapar ada banyak warung makan yang buka di sini, kok.

Lokasi: Soropati RT 07/03, Clapar 2, Hargo Tirto, Kokap, Kulon Progo

Meski deretan tempat wisata di Kulon Progo tidak sepopuler di Bantul. Namun pemandangannya tidak kalah indah dan dijamin akan membuat Anda tertawa terbahak-bahak saat datang ke sini. Yuk, jelajahi semua tempat di atas!

Baca Juga: 7 Desa Wisata di Kulon Progo dengan Pesona Alam yang Menakjubkan

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform menulis. Semua karya tulis sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis.

Source: news.google.com

Related Articles

Back to top button