Tempat Wisata

12 Destinasi Terbaik di Banjarmasin dan Paling Hits Dikunjungi!

Wisata Banjarmasin – Banjarmasin adalah kota tujuan wisata di Kalimantan Selatan. Kota dengan luas 72 km2 ini merupakan salah satu kota dengan sejumlah kekhasan.

Bukan hanya karena Banjarmasin adalah ibu kota provinsi Kalimantan Selatan, kota ini juga merupakan pusat pemerintahan, pusat perdagangan bahkan pusat pariwisata bagi Kalimantan Selatan.

Banjarmasin juga merupakan salah satu kota terpadat di seluruh pulau Kalimantan. hanya itu? Belum, karena Banjarmasin punya banyak keunggulan lain yang dijamin akan memukau para pengunjungnya untuk lebih mengeksplorasi tempat wisata di Banjarmasin.

Salah satu keunikan kota Banjarmasin adalah lokasinya yang berada di dekat laut. Tapi bukan itu sebabnya kota ini disebut kota 1000 sungai.

Tentu saja, jangan berharap 1.000 sungai benar-benar mengalir melalui kota Banjarmasin, namun cukup banyak yang mengalir membelah kota Banjarmasin menjadi 25 pulau atau delta kecil, antara lain Pulau Tatas, Pulau Kelayan, Pulau Rantauan Keliling dan masih banyak lagi lainnya.

Nama-nama sungainya sendiri adalah Kali Martapura, Kali Sipandai, Kali Barito, Kali Pangeran, Kali Jagabaya, Kali Keramat, Kali Sigaling dan sungai lainnya yang berjumlah 24 sungai.

Jadi kalau di kota lain kendaraan bermotor merupakan moda transportasi utama, di Banjarmasin moda transportasi utama dan digunakan sehari-hari adalah perahu! Sangat bagus.

Destinasi Wisata Banjarmasin Paling Hits

Dan memang, traveling dan explore tempat wisata di Banjarmasin sangat seru dengan segala keunikannya. Bagi Anda yang berniat berlibur ke Kalimantan, lebih tepatnya ke Banjarmasin, berikut adalah 12 tempat wisata di Banjarmasin yang wajib dikunjungi:

1. Pasar Terapung Banjarmasin

Pasar Terapung Muara Kuin BanjarmasinPasar Terapung Muara Kuin Banjarmasin

Sesuai dengan julukannya sebagai kota seribu sungai, Banjarmasin memiliki wisata unik yang hampir tidak pernah terdengar di kota lain di Indonesia yaitu pasar terapung yang sangat tepat menjadi salah satu tempat wisata di Banjarmasin.

24 anak sungai yang mengalir di Banjarmasin tidak hanya membagi Banjarmasin menjadi 24 delta atau pulau kecil tetapi juga menjadikan perahu sebagai alat transportasi utama di kota ini. Oleh karena itu, tidak heran jika banyak sekali pasar terapung.

Pasar terapung paling terkenal di Banjarmasin terletak di muara Sungai Barito yang juga merupakan pasar terapung terbesar di Banjarmasin. Di pasar terapung ini pengunjung tidak hanya bisa menyaksikan keunikan aktivitas jual beli yang dilakukan seluruhnya di atas perahu.

2. Pulau Bunga

Tour ke pulau bunga BanjarmasinTour ke pulau bunga Banjarmasin

Jika Anda masih berada di tepi Sungai Barito setelah mengunjungi pasar terapung, Anda bisa melanjutkan jalan kaki menuju Pulau Kembang yang berada tepat di tengah sungai. Pulau yang masih asri ini merupakan habitat asli monyet dan burung-burung unik.

Perpaduan monyet, burung, dan pemandangan pulau Kembang yang begitu sejuk dengan pepohonannya yang besar menjadikan tempat ini cocok sebagai tujuan wisata di Banjarmasin.

3. Masjid Sultan Suriansyah

Wisata Religi ke Masjid Sultan Suriansyah

Masjid ini merupakan salah satu tempat wisata paling terkenal di Banjarmasin. Berwisata ke kota ini rasanya belum lengkap tanpa berkunjung ke Masjid Sultan Suriansyah. Masjid Sultan Suriansyah tidak hanya menjadi tempat wisata tetapi juga pusat kegiatan penting bagi umat Islam di Banjarmasin.

4. Masjid Sabilal Muhtadin

Wisata Religi Masjid Sabilal Muhtadin BanjarmasinWisata Religi Masjid Sabilal Muhtadin Banjarmasin

Jika Masjid Sultan Suriansyah merupakan masjid tertua, masjid terbesar di Banjarmasin adalah Masjid Sabilal Muhtadin. Dibangun pada tahun 1981, masjid ini mampu menampung hingga 15.000 pengunjung.

Kemegahan Masjid Sabilal Muhtadin semakin terlihat dengan hadirnya 5 menara tinggi yang tak henti memukau para pengunjung.

5. Taman Siring di Sungai Martapura

Taman Siring Sungai MartapuraTaman Siring Sungai Martapura

Lokasi taman ini tepat berada di pinggir Sungai Martapura, di Jalan Jenderal Kapten Tendean dan Jalan Kapten Sudirman.

Di sinilah anak muda Banjarmasin biasa menghabiskan sore hari, baik itu berolahraga, bersantai bersama teman saat matahari terbenam atau bahkan ngemil di banyak penjual di sekitar Taman Siring Sungai Martapura.

6. Taman Maskot

Tur ke Taman MaskotTur ke Taman Maskot

Taman ini juga wajib menjadi destinasi wisata bagi Anda yang berkunjung ke Banjarmasin. Seperti namanya, Taman Mascot memiliki keunggulan dua maskot di depan pintu taman.

Ada patung besar maskot Banjarmasin, bekantan dan katsuari. Patung ini memiliki desain yang apik sehingga sering dijadikan backdrop foto. Selain patung maskot, Taman Mascot juga memiliki koleksi tumbuhan unik mulai dari kaktus hingga berbagai jenis bunga.

7. Museum Wasaka Banjarmasin

Wisata sejarah ke Museum Wasaka BanjarmasinWisata sejarah ke Museum Wasaka Banjarmasin

Nama Museum Wasaka sendiri merupakan singkatan dari Waja Sampai Kaputing, semboyan perjuangan Banjarmasin. Dan memang, Museum Wasaka menyimpan berbagai simbol dan benda yang melambangkan perjuangan kemerdekaan Banjarmasin.

Selain itu, ada teks proklamasi khusus tanggal 17 Mei 1949 yang berarti masuknya Kalimantan ke dalam wilayah Republik Indonesia.

8. Arung Jeram Bambu di Sungai Amandit

Arung Jeram Bambu di Sungai AmanditArung Jeram Bambu di Sungai Amandit

Berwisata di kota 1000 sungai tentunya tidak akan lengkap jika tidak melakukan aktivitas atau olahraga yang berhubungan dengan air, bukan? Arung jeram menyusuri hilir sungai di kota Banjarmasin merupakan salah satu kegiatan wisata yang sering dilakukan oleh wisatawan.

Salah satu yang paling unik adalah arung jeram menyusuri Sungai Amandit dengan bambu! Ya, alih-alih perahu, arung jeram di sungai ini dilakukan wisatawan dengan menggunakan sebatang bambu. Untuk memulai arung jeram, pengunjung dikenakan biaya hingga Rp 250.000.

9. Jembatan Barito

Wisata Jembatan BaritoWisata Jembatan Barito

Jembatan Barito, Banjarmasin sepertinya bukan lagi wisata ke luar negeri. Jembatan yang menghubungkan sisi barat dan timur Sungai Barito yang membelah kota Banjarmasin ini hampir selalu dipadati pengunjung.

Ikon wisata di Banjarmasin ini menyuguhkan pemandangan indah dengan lampu-lampu memukau di sepanjang Sungai Barito.

10. Pusat Kuliner ‘Mandiri’ Martapura

Pusat Kuliner Martapura RiversidePusat Kuliner Martapura Riverside

Selain Sungai Barito, Sungai Martapura juga merupakan salah satu sungai terbesar di Banjarmasin. Maka tak heran jika kedua sungai ini menjadi pusat aktivitas warga Banjarmasin.

Bagi Anda yang berkunjung ke Banjarmasin dengan tujuan wisata kuliner, tepian Sungai Martapura bisa menjadi pilihan.

Sentra kuliner “mandiri” telah dibangun di tepian sungai, asyik untuk wisata kuliner. Tepian Sungai Martapura tidak hanya tertata rapi dan tertata, tetapi juga menawarkan berbagai macam makanan khas Banjarmasin dan Kalimantan.

11. Pantai Perjodohan

Tempat Wisata Pantai Jodoh BanjarmasinTempat Wisata Pantai Jodoh Banjarmasin

Jika Anda sedang berwisata ke Taman Siring, tak ada salahnya mampir ke Pantai Jodoh. Banyak sekali anak muda yang bercinta di pantai ini sambil menikmati semilir angin sore dan pemandangan indah di Pantai Jodoh.

Disebut Pantai Jodoh karena spot di Taman Siring ini merupakan spot yang populer bagi anak muda untuk bertemu dan bercengkerama satu sama lain.

12. Menara Pandang Banjarmasin

Menara Pandang BanjarmasinMenara Pandang Banjarmasin

Menara Pandang di Banjarmasin terkenal bagi wisatawan yang ingin merasakan keindahan kota dari ketinggian.

Menara setinggi 21 meter ini justru menawarkan pemandangan kota Banjarmasin yang indah, apalagi di malam hari saat hampir seluruh kota dan bantaran sungai dihiasi kelap-kelip lampu. Cantik dan memesona!

Tiket masuk ke kawasan menara observasi di kota Banjarmasin ini gratis, cukup dengan membayar biaya parkir maka kita dapat melakukan perjalanan dari menara observasi ini dan menikmati keindahan kota Banjarmasin.

* * * * * *

Nampaknya bagi pecinta wisata dan olah raga air, kota Banjarmasin bisa menjadi referensi tujuan liburan anda. Namun bagi Anda yang lebih menyukai wisata sejarah, jangan takut! karena Banjarmasin juga menawarkan situs-situs peninggalan seperti yang telah dijelaskan di atas. Jadi sudah siap mengunjungi tempat wisata di Banjarmasin yang satu ini?

Juga jangan lewatkan: 35 Makanan Khas Kalimantan Selatan

Source: tempatwisataseru.com

Related Articles

Back to top button