Tempat Wisata

15 Makanan Khas Malang Jawa Timur dan Souvenir Khas

Malang merupakan kota di Jawa Timur dengan predikat kota terbesar kedua setelah Surabaya. Secara geografis, Malang memiliki alam seperti kota Bandung di Jawa Barat.

Malang terkenal dengan potensi wisata alamnya yang luar biasa. Dengan karakteristik dataran tinggi, Malang juga memiliki udara yang sangat sejuk dan dingin.

Malang tidak hanya memiliki potensi wisata yang sangat menyenangkan, tetapi juga beragam makanan khas daerah. Berbagai jenis makanan olahan telah menjadi ikon kota Malang, tak heran jika Malang menjadi paket liburan yang lengkap.

Daftar makanan Malang

Tidak lengkap rasanya jika berkunjung ke tempat yang tidak sempat mencicipi makanan khas daerah tersebut. Oleh karena itu, kami akan memberikan daftar makanan khas Malang pada artikel berikut ini:

1. Orem—Orem

Hal pertama yang harus Anda coba saat berkunjung ke Malang adalah Orem – Orem. Malang dikenal sebagai kota penghasil tempe, dengan bahan-bahan sederhana ini terciptalah makanan khas yang disebut orem-orem.

Orem – Orem adalah masakan sup yang terbuat dari tempe goreng yang telah digoreng dan diiris tipis. Sebelum digoreng, tempe ini sudah mendapat bumbu khusus yang membuat rasanya lebih nikmat.

Dalam penyajiannya, orem – orem biasanya disertai dengan suwiran ayam, telur asin rebus, dan santan yang sangat kental. Dari segi rasa, kuah santannya sendiri hampir mirip dengan kuah lodeh nabati, namun kuah olahan untuk oremnya pedas.

2. Bakso Malang

Siapa yang tidak kenal dengan makanan khas Malang yang satu ini? Dipasarkan hampir di seluruh kota besar di Indonesia, sembako biasanya dijajakan keliling desa dengan gerobak dorong.

Biasanya ada banyak jenis makanan dalam sajiannya, seperti bakso, siomay kering, siomay basah, tahu putih, mie kuning, mie putih, bawang goreng, daun bawang, dan tauge. Diolah dengan bumbu rahasia, makanan ini memiliki cita rasa yang lezat dan telah menjadi ikon kota Malang itu sendiri.

Jika Anda menyukai rasa pedas, Anda bisa menambahkan sambal atau saus tambahan untuk mendapatkan rasa yang diinginkan.

3. Pasta cwie

Makanan khas Malang ini pertama-tama merupakan makanan dengan ciri khas China. Dengan berkembangnya zaman, makanan ini berubah nama menjadi mie pangsit.

Nama yang diberikan juga tidak terlepas dari sajiannya sendiri yang selalu disertai dengan siomay. Dalam penyajiannya, mie ini biasanya disajikan dengan pangsit, ayam cincang, daun bawang dan kuah bening yang sangat segar.

Dengan berbagai bumbu pilihan yang digunakan sebagai bumbu masakan ini memberikan rasa yang nikmat dan mampu membuat orang ketagihan. Yang paling enak, makanan ini disantap dengan rasa pedas.

4. Bakso Panggang

Bakso Bakar merupakan makanan khas Malang yang sedang naik daun. Melalui inovasi kuliner yang sangat cerdas, masyarakat Malang menciptakan makanan sederhana yang sangat diterima masyarakat.

Seperti halnya bakso bakar Pak Man, setiap hari tidak pernah sepi pengunjung yang siap mengantri untuk menikmati bakso bakar yang menjadi menu utama dan andalan toko ini.

Pada dasarnya bakso utuh yang belum dibakar sudah memiliki rasa yang sangat enak, dan ketika dibakar bakso mengeluarkan aroma dan rasa yang sangat menggoda.

5. Nasi Goreng Mawot

Secara tampilan, nasi goreng Mawot memiliki kemiripan dengan nasi goreng Magelang di Magelang. Yaitu nasi goreng dengan mie di piring.

Namun mi yang digunakan berbeda, mi yang digunakan pada Nasi Goreng Mawot ini berukuran lebih besar dari pada Nasi Goreng Magelang.

Meski memiliki kesamaan dalam bahan dan penyajian makanan, namun cita rasanya berbeda dengan bumbu dan menjadi ciri khas masakan Jawa Timur, yaitu asin dan pedas.

6. Salad Cingur

Rujak cingur merupakan makanan khas Jawa Timur yang sudah menyebar dan menjadi icon provinsi Jawa Timur itu sendiri. Makanan ini juga bisa Anda temukan di kota Malang jika Anda berkunjung ke sana.

Rujak cingur sendiri memiliki bahan utama cingur sapi atau moncong sapi yang diolah dan dibumbui sehingga memberikan rasa yang sangat nikmat.

Dalam penyajiannya, rujak cingur biasanya disajikan dengan lalapan, irisan tahu, irisan tempe, tauge, kacang panjang, dan kerupuk. Juga, jangan lupa untuk menyiramnya dengan saus petis yang kental dan sangat khas.

Baca Juga: 15 Makanan Khas Solo

7. Tahu Lontong Lontong

Makanan khas Malang ini bisa dikatakan sebagai makanan khas yang sangat melegenda. Makanan ini sudah ada sejak tahun 1935 yang saat itu belum mandiri.

Makanan yang terdiri dari tahu, lontong, sayur, taoge dan telur ini kemudian disiram dengan saus kacang dan ditambahkan kecap manis untuk menambah cita rasa yang gurih ditambah dengan sambal untuk memberikan rasa pedas.

Dalam penyajiannya biasanya dilengkapi dengan irisan mentimun, tomat dan kerupuk.

8. Soto Geprak

Malang memiliki makanan khas yang hanya dijual pada malam hari, namun karena ramainya pengunjung, warung makan ini selalu habis terjual saat masih sore hari.

Soto Geprak khas Malang memiliki cita rasa yang sangat diminati oleh masyarakat Malang maupun luar kota. Dengan resep rahasia yang diturunkan dari generasi ke generasi, Soto Geprak selalu laris manis.

Bagi Anda yang ingin menikmati makanan ini, sangat disarankan untuk mengunjungi warung makan ini pada sore hari agar tidak keluar rumah.

9. Nasi Pecel Kawi

Malang juga memiliki makanan khas tradisional yang masih diminati hingga saat ini, menjadi buruan pecinta kuliner nusantara. Dengan bahan yang sangat sederhana namun dengan rasa yang sangat luar biasa.

Ya, nasi pecel, sepiring nasi plus sayur dengan sejumput sambal kacang, rasanya sangat enak. Tak jarang banyak wisatawan yang datang ke Malang hanya untuk mencoba nasi pecel khas Malang ini.

Dalam penyajiannya, nasi pecel sendiri biasanya disajikan dengan kerupuk kacang atau kerupuk puli, kerupuk yang terbuat dari nasi. Jika Anda makan bagian ini dalam hidangan lengkap, Anda akan melihat rasa yang sangat khas dari makanan ini.

10. Sate Landak

Mendengar namanya mungkin terdengar ekstrim bagi sebagian orang. Ya, karena daging hewan itu bisa dibilang liar.

Namun, dengan persiapan dan bumbu yang tepat, ada rasa yang layak untuk Anda cicipi. Tekstur dagingnya lembut dan tidak keras serta memiliki kandungan protein yang tinggi.

Dalam penyajiannya, makanan ini disajikan seperti sate pada umumnya, mis. B. dengan irisan timun, tomat, bawang bombay dan daun kol.

11. Rawon Nguling

Rawon Nguling merupakan makanan khas Malang yang bisa Anda temukan dengan mudah. Makanan ini sudah menjadi ikon Kota Malang dan Jawa Timur.

Makanan berbahan dasar daging sapi ini memiliki cita rasa yang nikmat dengan olahan bumbu rempah.

Sup yang ikonik dengan kuah yang pekat namun tidak kental, makanan ini memiliki cita rasa yang lezat.

12. Tempe Mendol

Tempe mendol merupakan makanan khas Malang dengan bahan dasar yang sangat sederhana yaitu tempe kedelai. Dinamakan Tempe Mendol karena bentuknya yang lonjong.

Makanan ini memiliki rasa yang gurih dan renyah dengan bumbu rempah sehingga diberikan dan diolah dengan tingkat kematangan yang pas.

Makanan ini bisa Anda temukan dengan mudah di warung makan yang ada di Malang khususnya warung nasi pecel lele.

13. Nasi Bakmoy

Nasi Bakmoy adalah nasi dengan isian berbeda dalam penyajiannya dan kuah dengan bumbu khas Malang.

Dalam penyajiannya, nasi bakmoy berisi potongan ayam, tahu, irisan mentimun, dan telur ayam rebus, serta disiram kuah cokelat yang kaya akan bumbu.

Rasa nasi bakmoy sangat enak dan cocok untuk disantap kapan saja dan di setiap kesempatan.

14. Nasi Jagung

Jika Anda berkunjung ke Malang Anda harus mencoba makanan khas yang satu ini. Makanan khas yang sangat melegenda dan ada pada zaman Belanda.

Dulu, nasi jagung hanya disajikan dengan lauk sederhana seperti ikan asin dan menjadi pengganti nasi yang harganya sangat mahal saat itu.

Dengan berkembangnya zaman, makanan ini berubah dengan inovasi kuliner yang memiliki daya jual. Dalam penyajiannya saat ini, nasi jagung dapat disajikan dengan berbagai lauk pauk yang menarik dan menarik, seperti: B. irisan telur dadar, ayam, tempe goreng sambal dan timun.

15. Tahu Campur

Tahu campur merupakan makanan khas Malang yang sering dijajakan pada malam hari. Biasanya ditawarkan oleh pedagang kaki lima yang berjualan di desa.

Makanan ini memiliki rasa yang unik dibandingkan dengan makanan yang memiliki bahan dasar yang sama dengan tahu. Tahu campur menggunakan kuah petis yang memiliki cita rasa yang sangat khas.

Dalam sajiannya, tahu campur berisi tauge, mie dan sawi, ada pula yang ditambah kerupuk dan disiram kuah petis yang sangat nikmat.

Malang memiliki potensi wisata yang luar biasa dan dapat menarik banyak wisatawan. Tak hanya itu, kuliner khas Malang juga menjadi pelengkap bagi wisatawan yang berkunjung ke Malang.

Makanan khas Malang wajib kamu coba jika berkesempatan mengunjungi kota ini. Lidah Anda dijamin akan dimanjakan dengan cita rasa khas Malang.

Demikian informasi yang dapat kami rangkum mengenai makanan khas Malang. Semoga bisa menjadi referensi kuliner saat anda berkunjung ke Malang.

Source: dolanyok.com

Related Articles

Back to top button