Tempat Wisata

15 Tempat Wisata Kupang Terbaru dan Masih Hits Dikunjungi

Seperti yang kita ketahui bersama, kawasan timur Indonesia merupakan kawasan dengan keindahan alam yang mempesona. Salah satunya di Kupang, ibu kota provinsi Nusa Tenggara Timur. Kota ini terletak di Pulau Timor yang berdekatan dengan Pulau Alor.

Sama halnya dengan daerah Lombok yang terkenal akan keindahan pantainya, Kupang juga memiliki banyak pantai yang sangat indah dengan keunikan yang berbeda-beda. Selain pantai, ada tempat wisata menarik lainnya di Kupang.

Ada beberapa tempat wisata alam berupa air terjun, keindahan pegunungan, dll. Bagi anda yang sedang merencanakan liburan ke Kupang, ulasan tempat wisata di Kupang berikut ini semoga bermanfaat.

1. Pantai Lasiana

Pantai LasiaFoto oleh Bayu Mee di Google Maps

Sebagai salah satu kota yang berbatasan langsung dengan laut, Kupang tentunya memiliki pantai-pantai yang indah, termasuk Pantai Lasiana. Pantai ini sangat dekat dengan pusat kota Kupang.

Tak hanya terkenal dengan keindahan pantai berpasir putih dan kejernihan air pantainya. Pantai Lasiana juga memiliki sejumlah pohon lontar purba, membuat pantai ini semakin mengingatkan dengan pantai California (AS).

harga tiket: Rp5.000; Map: verifikasi lokasi
Alamat: Lasiana, Kelapa Lima, Kec. Kupang Tengah, Cab.Kupang, Nusa Tenggara Timur.

2. Pantai berpasir yang panjang

Pantai berpasir yang panjangFoto oleh Ryan Mahartomo di Google Maps

Jika Anda berlibur ke Kupang, jangan lewatkan untuk mampir ke Pantai Pasir Panjang yang terkenal dengan keindahan sunsetnya. Selain itu, Anda bisa menikmati semilir angin pantai ditemani deburan ombak pantai yang menenangkan.

Semakin semarak di malam hari, semakin banyak penduduk di sekitar pantai yang melakukan aktivitas sore hari di tempat ini. Banyak yang bermain bola atau sekedar duduk santai di pasir pantai yang lembut sambil menikmati pesona langit jingga kota Kupang.

harga tiket: Rp5.000; Map: verifikasi lokasi
Alamat: Pasir Panjang, Kec. Kota Tua, Kota Kupang, Nusa Tenggara Timur.

3. Pantai Oesapa

Pantai Esapafoto dari peneliti di Twitter

Pantai Oesapa dikenal sebagai pantai yang banyak dikunjungi pengunjung terutama pada sore hari. Selain keindahan pantainya, Anda juga akan disuguhi dengan berbagai jajanan khas Kupang yang berjejer di sepanjang pantai.

Selain itu, terdapat kursi-kursi beraneka warna dan gazebo yang berjejer rapi di pinggir pantai. Ditambah dengan alunan musik pantai yang merdu membuat Pantai Oesapa wajib menjadi tempat berkumpulnya Anda bersama teman atau keluarga tersayang.

harga tiket: Bebas; Map: verifikasi lokasi
Alamat: Kecamatan Kelapa Lima, Kota Kupang, Nusa Tenggara Timur.

4. Pantai Manikin

pantai bonekaFoto oleh Prasetyo Nugrohadi di Google Maps

Pantai indah terdekat di Kupang adalah Pantai Manikin. Keunikan pantai ini terletak pada surutnya air pada sore hari. Saat air laut surut Anda bisa menikmati pemandangan lanskap karang yang luas dengan bongkahan batu akik kecil di sepanjang pantai.

Pesona lainnya terletak pada muara sungai air tawar yang langsung mengarah ke pantai ini, sehingga merasakan menyatunya air sungai tawar dengan asinnya air laut menjadi sensasi yang unik. Keindahan sunset di atas Kota Kupang dari Pantai Manikin semakin sempurna.

harga tiket: Rp3.000; Map: verifikasi lokasi
Alamat: Tarus, Kec. Kupang Tengah, Kota Kupang, Nusa Tenggara Timur.

5. Pantai Batu Nona

Pantai Batu NonaFoto oleh Pekra M. Pongrekun di Google Maps

Pantai dengan sunset yang sangat indah di Kupang adalah Pantai Batu Nona. Pantai ini bersih karena pohon-pohon palem bekerja bersama di sepanjang pantai yang mempesona. Nama “Batu Nona” untuk pantai ini bukan tanpa alasan.

Dahulu kala di pantai ini ada seorang gadis yang bunuh diri dengan cara menceburkan diri dari tebing ke laut. Belum lama berselang, muncul sebuah batu yang berbentuk seperti gadis ini. Itu sebabnya penduduk setempat menyebut pantai ini Pantai Batu Nona.

harga tiket: Rp15.000; Map: verifikasi lokasi
Alamat: Lasiana, Kec. Kelapa Lima, Kota Kupang, Nusa Tenggara Timur.

6. Pantai Tablolong

Pantai TablolongFoto oleh Hafiz Alif di Google Maps

Pantai Tablolong merupakan pantai yang indah, eksotis, bersih dan air lautnya yang biru. Selain itu, kondisi pantai ini masih tenang dan tentram, sehingga Anda bisa menikmati liburan yang istimewa di tempat ini.

Pantai ini terletak di jalur laut yang digunakan sebagai jalur migrasi ikan, sehingga banyak ditemukan ikan laut di tempat ini. Liburan memancing sangat cocok di Pantai Tablolong.

harga tiket: Rp2.000; Map: verifikasi lokasi
Alamat: Tablolong, Kec. Kupang Barat, Kab.Kupang, Nusa Tenggara Timur.

7. Pantai Neam

Pantai NeemFoto oleh Kepulauan Indonesia di Instagram

Lokasi pantai ini sedikit diketahui orang, bahkan warga Kupang pun masih belum mengetahui lokasi Pantai Neam. Hal ini dikarenakan lokasi pantai yang tersembunyi di balik hutan belantara dengan jalan yang berkelok-kelok.

Bagi yang ingin ke pantai ini terlebih dahulu harus berjuang keras selama kurang lebih 3 jam dari pusat kota Kupang. Tapi begitu Anda mencapai pantai, semua kesulitan terbayar dengan pesona surgawi Pantai Neam yang sungguh menakjubkan.

harga tiket: Rp5.000; Map: verifikasi lokasi
Alamat: Kacang, Kec. Buyusari, Cab.Kupang, Nusa Tenggara Timur.

8. Air Terjun Oenesu

air terjun OenesuFoto oleh Subhan Affandi di Google Maps

Kupang terkenal dengan udaranya yang panas, jadi mampir ke Air Terjun Oenesu adalah tempatnya. Lokasi air terjun ini hanya berjarak 30 menit dari kota Kupang. Ada empat tingkatan air terjun dengan lubang kaskade alami di antara tebing yang menjulang tinggi.

Selain kejernihan dan kesejukan air terjun, Anda juga bisa menikmati pepohonan yang rimbun dan hijau di sekelilingnya. Dan satu hal lagi: Anda juga bisa mandi tepat di bawah air terjun, yang akan membuat Anda semakin bahagia.

harga tiket: Rp2.000; Map: verifikasi lokasi
Alamat: Oenesu, Kec. Kupang Barat, Kab.Kupang, Nusa Tenggara Timur.

9. Pulau Monyet

pulau monyetFoto oleh Carine di Google Maps

Tempat wisata yang unik di Kupang adalah Pulau Monyet. Sekilas, Anda mungkin mengira pulau ini penuh dengan monyet. Nyatanya, tidak ada satu pun monyet di pulau ini. Nama “Ape” sebenarnya berasal dari “Kerang” yang mengalami penurunan bahasa menjadi “monyet”.

Pulau ini memiliki pesona pantai alami dan desa asli yang masih sangat klasik dan sederhana. Tempat ini jauh dari keramaian sehingga sangat cocok bagi anda yang ingin mencari ketenangan.

harga tiket: Bebas; Map: verifikasi lokasi
Alamat: Uiasa, Kec. Semau, Kab.Kupang, Nusa Tenggara Timur.

10. Taman Nostalgia

taman nostalgiaFoto Mahalakshmi El Trinity Nirvana di Google Maps

Jika dulunya tentang tempat wisata yang ditaburi oleh alam, selanjutnya hadir sebuah taman kota bernama Nostalgiepark. Taman ini memang menjadi tempat berkumpulnya warga Kupang saat menghabiskan sore hari.

Ada buah khas di taman ini yaitu gong perdamaian yang berdiri di tengah taman dan berfungsi sebagai monumen perdamaian di Indonesia bagian timur. Jadi kalau ke Kupang jangan lupa mampir ke Taman Nostalgia.

harga tiket: Bebas; Map: verifikasi lokasi
Alamat: Oebufu, Kec. Oebobo, Kota Kupang, Nusa Tenggara Timur.

11. Gua Kristal

gua kristalFoto oleh Shyam di Google Maps

Sebuah oasis di tengah panasnya kota Kupang – itulah nama Gua Kristal. Sekilas goa ini menyerupai goa kecil biasa yang ditumbuhi semak belukar. Anda pasti akan terkejut saat memasuki Gua Kristal.

Di goa ini terdapat mata air super jernih seperti kristal. Anda bisa mencoba berenang di sepanjang mata air gua atau sekedar bersantai sambil mandi. Selain itu, goa ini masih sangat muda dan masih alami karena belum dikelola secara maksimal.

harga tiket: Rp10.000; Map: verifikasi lokasi
Alamat: Bolok, Kec. Kupang Barat, Kab.Kupang, Nusa Tenggara Timur.

12. Air Terjun Tesbatan

Air Terjun TesbatanFoto oleh Nurnaeni Rais di Google Maps

Tidak hanya Air Terjun Oenesu yang menawarkan keindahan alam, di Kupang juga terdapat air terjun yang menakjubkan bernama Air Terjun Tesbatan. Ada 3 air terjun yang bisa Anda nikmati di tempat ini.

Semua tingkatan air terjun ini memiliki air yang jernih dan segar dengan warna biru yang menenangkan. Setiap tingkatan air terjun ini juga menawarkan panorama yang berbeda, mulai dari pinggir jalan hingga bawah bukit.

harga tiket: Rp2.000; Map: verifikasi lokasi
Alamat: Tesbatan, Kec. Amarasi, Kab.Kupang, Nusa Tenggara Timur.

13. Taman Air Kupang

Taman air KupangFoto Ivan di Google Maps

Bagi Anda yang sedang mencari tempat wisata air untuk anak-anak dan keluarga, datanglah ke Kupang Waterpark. Taman air ini merupakan wisata air pertama di Kota Kupang dan mencakup 22 wahana air.

Wahana utamanya adalah Yellow Racing, permainan seluncuran air yang sangat seru. Taman air ini cocok untuk Anda yang ingin menyenangkan anak Anda dengan permainan air.

harga tiket: Rp30.000; Map: verifikasi lokasi
Alamat: Oebufu, Kec. Oebobo, Kota Kupang, Nusa Tenggara Timur.

14. Bukit Cinta

bukit cintaFoto oleh Mosa Hidayati di Google Maps

Selanjutnya ada tempat wisata bernama Bukit Cinta. Sebuah bukit berbatu tak jauh dari Bandara Kupang El Tari. Bukit ini unik karena berada di atas gua bekas era kolonial.

Terdapat area berumput hijau di atas bukit yang terlihat asri dan segar. Bukit ini merupakan spot foto populer dengan latar belakang pemandangan kota Kupang dari atas bukit. Datanglah pada sore hari untuk melihat pemandangan matahari terbenam yang lebih menakjubkan.

harga tiket: Bebas; Map: verifikasi lokasi
Alamat: JL.Prof.DR.Herman Johanes, Penfui, Kec. Kupang Tengah, Cab.Kupang, Nusa Tenggara Timur.

15. Taman Rekreasi Gua Monyet

Taman Rekreasi Gua MonyetFoto oleh Maulana Nur Ahmad Fadoli di Google Maps

Rekomendasi tempat wisata di Kupang yang terakhir adalah taman yang sejuk dan segar serta menawarkan tempat berteduh di tengah panasnya kota Kupang. Seperti namanya, Anda bisa melihat puluhan monyet yang hidup di taman ini.

Anda bisa mengobrol langsung dengan monyet-monyet ini karena monyet-monyet yang ada di taman ini pada umumnya ramah pengunjung. Ada juga gua Jepang yang tidak jauh dari taman ini.

harga tiket: Rp2.000; Map: verifikasi lokasi
Alamat: Kecamatan Kelapa Lima, Kota Kupang, Nusa Tenggara Timur.

Itulah tadi rekomendasi tempat wisata di Kupang yang menawarkan sejuta pesona keindahan dan kenyamanan berlibur. Berliburlah ke Kupang dan nikmati keindahannya bersama orang tersayang.

Source: www.itrip.id

Related Articles

Back to top button