Tempat Wisata

21 Wisata Kuliner di Semarang yang Enak dan Wajib Dicoba

Wisata kuliner akhir-akhir ini menjadi salah satu bentuk yang digemari. Semarang, salah satu kota pesisir terbesar di Indonesia dengan aktivitas komersial yang padat, memiliki beragam destinasi wisata yang sangat banyak dan lengkap, bahkan jika Anda “tidak suka” wisata kuliner. Perpaduan destinasi wisata di Semarang dengan wisata kuliner memberikan dampak yang lebih komprehensif.

beberapa makanan khas yang bisa dijadikan destinasi wisata kuliner di Kota Semarang. Varian wisata kuliner di kota semarang sangat banyak, karena pada dasarnya kota semarang terdiri dari etnis yang berbeda-beda. Setiap suku bangsa tentunya mempunyai selera masing-masing sehingga tak heran jika hal ini menjadi awal lahirnya berbagai destinasi wisata kuliner.

Selain beragamnya suku bangsa yang ada di Semarang, wisata kuliner di Semarang juga banyak, karena secara geografis kota Semarang bisa dikatakan lengkap. Wilayah utaranya berbatasan dengan laut, wilayah selatannya bergunung-gunung dan tentunya menawarkan beragam sumber daya alam sehingga menciptakan banyak destinasi wisata kuliner di kota semarang.

Pengikut Daftar kemungkinan wisata kuliner di Semarang mereka menikmati.

1. Es Puter Cong Lik

Es Puter Cong Likfoto dari Cigsaftercat di Twitter

Semarang memiliki udara yang sangat panas pada siang hari. Kuliner Es Puter Cong Lik sangat cocok untuk dikunjungi di siang hari. Nama unik Cong Lik sendiri merupakan singkatan dari “kacung kecil” atau pembantu kecil, kisah sang pemilik Sukimin. Saat ini Es Puter Cong Lik sudah bisa didapatkan di 4 cabang di Semarang.

Es Cong Lik bisa kamu nikmati dengan harga Rp 10.000 hingga Rp 12.000 per porsi. Setiap porsi terdiri dari 2 scoop es krim. Varian rasa yang bisa kamu pilih dengan harga Rp 10.000 antara lain coklat, kacang hijau, lengkeng, leci, sirsak, dan kopyor. Dua rasa terpopuler adalah rasa Alpukat dan rasa Durian dengan harga Rp 12.000. Cukup murah untuk melepas dahaga di siang hari yang panas di Semarang.

2. Warung Semawis

Warung Semawisfoto dari Rona Nisa di Twitter

Warung Semawis adalah sebutan untuk lokasi pasar malam di Semarang yang berada di kawasan Pecinan. Ada banyak kios di pasar malam Warung Semawis. Uniknya, pasar malam ini hanya buka pada malam hari mulai jam 9 malam.

Jika Anda menyukai wisata kuliner di malam hari, Warung Semawis tidak boleh dilewatkan. Berbagai menu kuliner bisa Anda temukan. Anda tidak perlu khawatir untuk makan saat bingung harus duduk di mana karena setiap kios menyediakan tempat duduk di depan setiap kios. Selain makanan, ada juga toko yang menjual pernak-pernik dan souvenir.

3. Mie makan siang kerikil

Mie makan siang kerikilFoto oleh Lely Setiawan di Instagram

Mie sang kie merupakan salah satu menu wajib saat berkunjung ke Semarang. Harga mie Sankie tergantung jenis topping yang disertakan, berkisar antara Rp 14.000 hingga Rp 17.000. Dengan rasa yang twister lidah, harganya sepertinya masih cukup terjangkau.

4.Paimo Leker

Paimo LekerFoto oleh Tyasindayanti di Envato Elements

Paimo Lekker terbilang istimewa dibandingkan Lekker lain di berbagai daerah yang pernah Anda temui. Lekker Paimo diisi dengan topping yang tidak hanya manis tapi juga asin. Anda bahkan bisa mencampurkan semua topping termasuk keju, coklat, sosis bahkan telur. Lekker ini merupakan lekker terpopuler di kota semarang sehingga wajib anda coba.

Harga tiap lekernya berbeda-beda, tergantung topping apa yang diinginkan. Harga termurah Rp 1.000 untuk topping coklat dan termahal Rp 16.000 untuk topping sosis keju mozzarella. Masih sangat terjangkau dengan Lekker yang bisa dibilang mewah.

5. Babat Gongso

Babat gongsofoto dari Maria. di Twitter

Babat Gongso Pak Karmin merupakan salah satu wisata kuliner Babat Gongso yang paling banyak dicari. Stand babat gongso Pak Karmin sendiri sudah ada sejak tahun 1971. Tak heran jika stand babat gongso Pak Karmin dianggap sebagai stand bebek gongso yang legendaris.

6. Kari Kambing Bustaman (Pak Sabar)

Kari Kambing Bustaman (Pak Sabar)Foto oleh Adam Prabhaswara Harianto di Google Maps

Gulau kambing ini bisa Anda temukan di kawasan pelabuhan Tanjung Emas. Kari Kambing Bustaman merupakan salah satu tempat wisata kuliner Semarang yang sangat melegenda. Bustaman Pak Sabar Gula Kambing berdiri sejak tahun 1969 hingga saat ini. Meski gulai kambing sudah ada sejak lama, namun tetap populer di kalangan pengunjung.

Harga gulai kambing Bustaman Pak Sabar per porsinya Rp 25.000, masih terjangkau untuk gulai kambing. Sensasi rasa yang melegenda dari gulai kambing ini adalah kuahnya yang tidak terlalu kental dengan bumbu daging yang dibumbui hingga meresap sehingga terasa nikmat. Bustaman Pak Sabar Kambing Gulai yang legendaris buka mulai jam 9 pagi.

7. Geng Lumpia Lombok

Lumpia Gang Lombokfoto dari Sam Woles di Twitter

Rasanya hampir semua orang mengetahui kalau lumpia merupakan makanan khas kota semarang. Isian lumpia khas Semarang adalah rebung. Lumpia. Salah satu lumpia yang paling terkenal di Kota Semarang adalah Lumpia Gang Lombok.

Anda bisa menikmati lumpia ini dengan cara digoreng kering atau basah. Umumnya lumpia ini tidak hanya dibawa untuk disantap warga sekitar saja, namun juga dijadikan oleh-oleh khas dari Semarang.

8. Nasi Gandul Pak Memet

Nasi Gandul Pak MemetFoto oleh Bhr di Google Maps

Nasi Gandul banyak ditemukan di Semarang dan aslinya merupakan makanan khas Pati, Jawa Tengah. Salah satu Nasi Gandul yang paling populer di kota Semarang adalah Nasi Gandul Pak Mamet.

Nasi Gandul unik karena disajikan dengan bahan dasar daun pisang. Isi setiap porsinya terdiri dari nasi hangat dengan kuah santan. Lauk pauknya yang khas adalah daging sapi dan babat.

9. Mie Kopyok (Makan Bihun) Pak Dhuwur

Mie Kopyok (Makan Mie Beras) Pak DhuwurFoto oleh Mie Kopyok Pak Dhuwur di Google Maps

Mie kopyok (Mie Lontong) Pak Dhuwur merupakan menu kuliner berupa mie kuning. Cara penyajian mie kopyok adalah dengan menambahkan tauge yang disiram saus bawang.

Selanjutnya mie kopyok ditaburi daun bawang. Harganya murah yakni Rp 7.000. Menu ringan untuk mulai menjelajahi kota Semarang.

10. Soto Bangkok

Soto BangkokFoto oleh Lolingboy Fahrezi di Google Maps

Soto Bangkong merupakan salah satu destinasi wisata kuliner yang ada di Semarang. Namanya sendiri terinspirasi dari lokasi stand tersebut, dimana dulu banyak ditemukan katak Bangkok di daerah tersebut.

Soto Bangkong mempunyai cita rasa yang khas dan autentik karena kecap yang digunakan merupakan kecap yang dibuat sendiri oleh pemilik warung.

11. Tahukah anda rambut gimbal, Pak H.Edy

Tahukah anda rambut gimbal Pak H. EdyFoto oleh Kristal Sukma di Google Maps

Tahu Gimbal merupakan salah satu kuliner yang umum ada di Semarang, namun salah satu yang paling populer adalah Tahu Gimbal Pak H.Edy. Stand ini buka mulai jam 5 sore.

Tahu gimbal sendiri merupakan makanan yang setiap sajiannya terdiri dari potongan tahu, dan potongan khasnya terbuat dari udang gimbal dan kembang kol. Makanan yang dipotong-potong ini kemudian ditaburi sambal kacang yang bisa diatur tingkat kepedasannya sesuai keinginan.

12. Tahu wedang

Wedang TahuFoto oleh Ikadapurhangus di Envato Elements

Wedang Tahu merupakan salah satu menu wisata kuliner berupa minuman yang ada di Kota Semarang. Mirip dengan wisata kuliner di Surabaya yang bernama “Tahwa”. Tahu wedang disajikan dengan cara memasukkan bunga tahu ke dalam kuah jahe.

Tahu wedang sering disantap pada malam hari. Bagi Anda yang menginginkan wisata kuliner yang menyegarkan tubuh, Tahu Wedang cocok untuk Anda.

13. Wingko babat

babat WingkoFoto oleh Ikadapurhangus di Envato Elements

Wingko babat merupakan salah satu wisata kuliner khas kota semarang. Wingko dibuat dengan menguleni beras ketan dengan kelapa.

Wingko babat mempunyai rasa yang gurih karena setelah dibuat adonannya kemudian dibakar. Proses inilah yang membuat babat Wingko ini bisa bertahan hingga 3-4 hari sehingga biasa dijadikan menu oleh-oleh bagi para pelancong.

14. Presto Bandeng

Bandeng prestoFoto oleh Ikadapurhangus di Envato Elements

Ibarat lumpia berbahan rebung, bandeng presto menjadi salah satu wisata kuliner andalan Kota Semarang. Semarang merupakan kota pesisir, sehingga tentunya terdapat menu wisata kuliner yang berbahan dasar laut yaitu ikan bandeng. Berkat kemasan steril berbahan plastik kedap udara, bandeng dapat disimpan hingga berhari-hari.

15. Bebek Panggang Pak Thoris

Bebek Bakar Pak ThorisFoto oleh Choirur Rozikin di Google Maps

Bebek Panggang Pak Thori merupakan salah satu bebek panggang yang dianggap paling populer di kota Semarang. Bebek Thori yang terkenal dan legendaris terkenal dengan dagingnya yang empuk dan kaya akan bumbu.

Harga per porsi bebek panggang Thori adalah Rp 25.000. Jam buka mulai pukul 08.30 hingga tengah malam. Karena buka hingga larut malam, Anda tidak perlu khawatir toko akan tutup.

16. Pesta Keboen

Pesta KeboenFoto oleh Yuslian Nafiah di Google Maps

Partai Kebun merupakan restoran bergaya vintage pertama di Kota Semarang. Banyak menu yang ditawarkan, antara lain udang masak bawang bombay, sop bola jamur dan lain-lain. Harga setiap menunya berkisar antara Rp5.000 hingga Rp20.000 per porsi tergantung menu yang Anda pilih.

17. Ayam Goreng Pak Ne Hesna

Ayam goreng Pak Ne HesnaFoto oleh Hardi S di Google Maps

Ayam Panggang Pak Ne Hesna merupakan menu ayam goreng dengan daging yang empuk, dengan bumbu yang nikmat dan gurih. Seperti menu Kremes pada umumnya, cocok sekali disantap dengan ayam goreng sambal cobek.

18. Koh Lien Asem-Asem

Koh Lien Asam JawaFoto oleh Heryani Susanto di Google Maps

Asem-asem Koh Lien adalah menu di Restoran Koh Liem. Asem-asem Koh Lien sendiri merupakan makanan khas etnis Tionghoa.

Asem-asem Koh Lien disajikan dengan cara memotong daging sapi lalu disiram saus asam manis di atasnya.

19. Nasi Babat Goreng Pak Taman

Nasi babat goreng pak TamanFoto oleh Rudyanto A. Wibisono di Google Maps

Nasi goreng babat Pak Taman memiliki keunikan dibandingkan dengan jenis nasi goreng lainnya. Nasi goreng babat Pak Taman dimasak dengan tambahan telur asin.

Telur asinnya memberikan rasa amis. Sesuai dengan namanya, nasi goreng ini disajikan dengan potongan babat di dalam nasi gorengnya. Warung nasi goreng ini buka dari jam 7 pagi sampai jam 4 sore.

20. Bakmi Jowo Pak Gareng

Bakmi Jowo Pak GarengFoto oleh Astrid Gani di Google Maps

Warung Bakmi Jowo Pak Gareng merupakan warung legendaris yang sudah berdiri sejak tahun 1970. Harga per porsi Bakmi Jowo adalah Rp 14.000 dan jam buka antara pukul 11.00 hingga 23.00.

21. Pisang Plenet

Pisang Plenetfoto dari Berita Cendana di Twitter

Pisang planet memiliki keunikan dibandingkan menu olahan pisang lainnya. Pisang planetary diperoleh dengan cara membakar pisang hingga menjadi lemas dan berwarna coklat. Selanjutnya setelah matang siplenet pisangnya.

Harga per bungkus pisang Planet adalah Rp 10.000. Harga Planet Banana sendiri tergantung dari jenis topping yang Anda pilih. Kios pisang Planet buka mulai pukul 1 siang hingga 7 malam

Itulah macam-macam wisata kuliner yang ada di kota semarang. Ada hingga 21 pilihan wisata kuliner yang bisa dipilih saat berkunjung ke Semarang. Jadi jangan lupa untuk mampir ke beberapa tempat makan yang disebutkan di atas ya.

Source: www.itrip.id

Related Articles

Back to top button