Berita Wisata

23 Tempat Pengobatan Terbaik dan Termurah di Bandung

Jakarta

Bandung memang dikenal sebagai kota yang memiliki banyak tempat wisata dan kuliner yang nikmat. Maka jangan heran, saat musim perayaan dimulai, kota Bandung selalu ramai dikunjungi wisatawan.

Selain banyaknya tempat wisata untuk keluarga, Cité Fleurie juga memiliki sejumlah tempat yang kondusif untuk penyembuhan. Seperti yang detikers ketahui, istilah penyembuhan saat ini sedang populer, terutama bagi masyarakat yang tinggal di perkotaan.

Penyembuhan dilakukan untuk menghilangkan stres dan kelelahan setelah menjalani rutinitas sehari-hari. Dengan melakukan penyembuhan, suasana hati menjadi baik kembali dan stres pun bisa terobati.

PUBLISITAS

GULIR UNTUK MEMBATASI KONTEN

Jika detikers berpikir tentang penyembuhan, di Bandung ada beberapa tempat penyembuhan yang bisa dikunjungi. Biar nggak penasaran, simak pembahasannya di artikel ini yuk detikers.

Tempat Murah dan Santai untuk Meremajakan di Bandung

Detikers ingin memanjakan diri tapi budget terbatas? Jangan khawatir, di Bandung banyak tempat penyembuhan yang murah tapi bisa membuat Anda rileks. Apa saja rekomendasi tempat penyembuhan di Bandung? Lihat di bawah ini!

1. Rencanakan Upas

Peternakan Rusa Ranca UpasFoto oleh Ranca Upas: Resa Noor Fauziah/d’traveler

Rekomendasi tempat penyembuhan di Bandung yang pertama adalah Ranca Upas. Berada di Kecamatan Rancabali, Kabupaten Bandung, Jawa Barat, tempat wisata ini juga dikenal sebagai camping ground yang menjadi spot favorit para pecinta alam.

Suhu udara di Ranca Upas juga cukup dingin, sekitar 16-20 derajat Celcius. Selain menikmati udara segar, detikers juga bisa melihat puluhan rusa di penangkaran. Jangan lewatkan kesempatan berfoto ini sambil memberi makan rusa.

2. Kawah Putih

Kawasan wisata Kawah Putih.Kawah Putih. Foto: Yuga Hassani

Tak jauh dari Ranca Upas, ada lagi objek wisata penyembuhan, yakni Kawah Putih. Hal yang menarik saat berkunjung ke sini adalah gradasi warna kawah yang mempesona, yang awalnya berwarna biru, hijau keputihan, dan cokelat. Faktor ini disebabkan oleh konsentrasi belerang dan suhu di sekitar kawah.

Saat mengunjungi Kawah Putih, detikers harus siap menuruni puluhan anak tangga untuk sampai ke bawah. Lalu siapkan juga tabir surya agar kulit di wajah tidak terbakar.

3. Taman Surgawi Pangalengan

Kawasan wisata Kawah Putih.Kawah Putih. Foto: Yuga Hassani

Taman Surgawi Pangalengan Foto: Yuga Hassani/detikcom

Bagi detikers yang ingin melihat pemandangan alam yang hijau, Pangalengan Sky Park wajib untuk dikunjungi. Padahal lokasinya cukup jauh dari kota Bandung yaitu sekitar 60 km (2,5 jam perjalanan). Namun, sesampainya di sana, dijamin puas.

Berada di atas ketinggian 1.670 mdpl, detikers bisa melihat pemandangan kebun teh dan keindahan pegunungan. Namun jika cuaca kurang baik, pemandangan alam yang mempesona akan tertutup kabut tebal.

4. Orchid Forest Cikole

Hutan Anggrek Cikole LembangHutan Anggrek Cikole Lembang Foto: Rafida Fauzia

Di Bandung juga terdapat kawasan hutan pinus yang populer di kalangan wisatawan yaitu Cikole Orchid Forest. Di tempat ini, banyak wisatawan yang menghabiskan waktu bersantai, menghabiskan waktu bersama keluarga, atau mengisi tenaga sambil menikmati udara segar.

Menariknya, di Hutan Anggrek Cikole terdapat tempat berkembang biak berbagai jenis anggrek. Jadi Anda bisa berjalan melewati hutan pinus sambil melihat bunga anggrek yang indah.

5. Sang Hyang Heuleut

sanghyang heuleutFoto oleh Sanghyang Heuleut: (Putri Valentin Tamara/d’Traveler)

Tempat wisata penyembuhan di Bandung berikutnya adalah Sanghyang Heuleut. Di tempat ini, detikers akan disuguhkan dengan keindahan sebuah danau kecil dengan air yang berwarna hijau. Kemudian di sekitarnya juga terdapat bebatuan besar yang cukup tinggi.

Sanghyang Heuleut terletak di Desa Cipanas, Rajamandala Kulon, Kecamatan Cipatat, Kabupaten Bandung Barat. Jika Anda ingin berkunjung ke sini, pastikan tubuh Anda fit dan kuat untuk mendaki karena tempat parkir dan loket masuknya cukup jauh, sekitar 5 km.

6. Situ Patenggang

Situ Patenggang merupakan tempat wisata danau yang menawarkan pemandangan alam yang indah, cocok untuk anda yang ingin mengisi tenaga. Obyek wisata alam yang berada di ketinggian 1.600 mdpl ini dikelilingi pepohonan rindang di tepi danau sehingga suasananya semakin asri.

Situ Patenggang terletak di kawasan perkebunan teh Rancabali, Ciwidey, Bandung. Di sini Anda bisa menikmati berbagai fasilitas, seperti berperahu keliling danau, bersantai di penginapan, dan berjalan-jalan menyusuri jembatan pinisi.

7. Situ Cileunca

Selain Situ Patenggang, ada satu tempat wisata di Bandung yang tak kalah populer, yakni Situ Cileunca. Tempat wisata ini cocok untuk detikers yang ingin mengisi ulang baterainya, karena suasana sejuk yang menyelimutinya menenangkan pikiran.

Selain menikmati suasana yang tenang, Anda juga bisa menikmati aktivitas lain seperti arung jeram, paintball, flying fox, off-road landrover, river tubing, dan berkebun. Atau, Anda juga bisa mengambil foto dalam konteks Situ Cileunca.

8. Air Terjun Bugbrug

Tak jauh dari Lembang, terdapat sebuah air terjun yang wajib dikunjungi untuk bersantai yaitu air terjun Bugbrug. Dilansir directorypariwisata.id, air terjun ini tingginya sekitar 50 meter dengan kedalaman air kolam sekitar 3-4 meter.

9. Air Terjun Batu Templek

Selain Air Terjun Bugbrug, di Bandung juga ada air terjun yang tak kalah ramai dikunjungi orang, yaitu Air Terjun Batu Templek. Tempat wisata ini terletak di Desa Cikadut, Kecamatan Cimenyan, Kabupaten Bandung.

Selama berkunjung ke sini, Anda akan merasakan keindahan tebing bebatuan yang terbentuk secara alami. Selain itu, di atas tebing berbatu mengalir air terjun. Pokoknya cocok banget untuk penyembuhan!

10. Gunung Putri Lembang

Tempat wisata Gunung Putri Lembang merupakan salah satu gunung yang terletak di Kecamatan Lembang Kabupaten Bandung Barat. Tempat ini banyak dikunjungi wisatawan yang ingin berkemah sambil menikmati pemandangan indah kota Bandung dari atas gunung.

11. Dataran Tinggi Nimo

Bagi detikers yang ingin menikmati pemandangan alam dari atas bukit, Nimo Highland wajib kamu kunjungi. Terletak di Desa Banjarsari, Kecamatan Pangalengan, Kabupaten Bandung, Nimo Highland berdekatan dengan Perkebunan Teh Malabar yang masuk dalam lokasi PTPN VIII.

Di tempat ini Anda bisa mencoba berjalan di atas jembatan kaca. Tempat ini menjadi daya tarik wisatawan yang berkunjung ke Dataran Tinggi Nimo, selain bisa berfoto dan melihat hamparan Kebun Teh dan Situ Cileunca,

12. Bukit Moko

Tempat unik ini juga cocok untuk detikers yang ingin mengisi ulang baterainya. Ya, dari atas Bukit Moko, Anda bisa melihat pemandangan kota Bandung yang mempesona. Jika cuaca cerah di malam hari, Anda juga bisa melihat kelap-kelip lampu kota Bandung yang indah.

13. Bobokabin Cikole

Jika detikers ingin merasakan suasana staycation yang berbeda sambil refreshing, kamu bisa menginap di Bobocabin Cikole. Konsep Bobocabin Cikole adalah hostel canggih di tengah hutan yang sejuk dan asri.

Eits, meski letaknya jauh dari pusat kota, fasilitas Bobocabin Cikole cukup memadai, mulai dari WiFi, kamar canggih, dan kamar mandi bagus. Tempat ini cocok banget buat para detikers yang ingin mengisi ulang baterainya tapi tidak lepas sama sekali dari teknologi.

14. Taman Lembah Para Dewa

Rekomendasi tempat penyembuhan di Bandung selanjutnya adalah Taman Lembah Dewata. Taman ini mengusung konsep seperti di Bali, hal ini terlihat dari keberadaan pura Ulun Danu Bratan yang terkenal.

Taman Lembah Dewata terletak di Jalan Raya Tangkuban Perahu, Kecamatan Lembang, Kabupaten Bandung Barat. Di tempat ini Anda bisa berjalan-jalan di taman, duduk di tepi danau atau menunggang kuda.

15. Puncak Eurad

Tak jauh dari taman Valley of the Gods, terdapat sebuah tempat wisata yang tak kalah sering dikunjungi wisatawan, yaitu Puncak Eurad. Di tempat ini anda bisa bersantai sambil melihat pemandangan alam yang indah, selain itu juga ada seekor kambing bernama Timmy yang seharusnya menjadi maskot Puncak Eurad.

16. Bukit Senyum Cipada

Bukit Senyum adalah objek wisata yang kurang dikenal oleh banyak orang. Meski begitu, saat Anda berkunjung ke sini, Anda akan disuguhkan pemandangan alam berupa pegunungan hijau yang asri. Karena jauh dari pusat kota Bandung, Cipada Smile Hill menjadi tempat penyembuhan.

17. Perkebunan Teh Sukawana

Bandung saat ini memiliki beberapa kebun teh yang dijadikan tempat wisata, diantaranya Kebun Teh Sukawana. Jika detikers berkunjung ke sini, Anda akan disuguhkan dengan hamparan kebun teh yang hijau, udara segar dan segar. Sambil menenangkan pikiran, kamu bisa mengambil foto untuk diunggah ke media sosial.

18. Pondok Maribaya

Tempat wisata ini sudah terkenal di kalangan wisatawan khususnya warga Jakarta yang ingin berlibur ke Bandung. Lodge Maribaya awalnya merupakan tempat wisata dan kegiatan berkemah, namun pada tahun 2016 tempat ini kembali ditingkatkan untuk menarik lebih banyak wisatawan.

Selain udaranya yang segar, di Lodge Maribaya Anda juga bisa melihat pemandangan pegunungan yang hijau. Jika perut Anda mulai lapar, ada juga berbagai kuliner lezat yang akan membuat Anda kenyang.

19. Taman Impian Dago

Tak jauh dari The Lodge Maribaya, ada sebuah tempat wisata yang juga ramai dikunjungi wisatawan, yaitu Dago Dream Park. Selain bisa menyembuhkan, detikers juga bisa menjajal berbagai atraksi seru seperti bermain ATV, paintball, dan flying fox.

20. Taman Begonia

Apakah Anda ingin mengisi ulang baterai Anda dengan melihat taman bunga yang indah? detikers wajib mengunjungi Taman Begonia yang terletak di Lembang, Bandung Barat. Jika cuaca di Bandung sedang cerah, kamu bisa berfoto dengan background bunga yang cantik sambil menghirup udara segar.

21. Bukit Bintang

Tidak hanya Moko Hill, Bandung juga memiliki spot foto yang bagus untuk melihat pemandangan kota, namanya Bukit Bintang. Selain melihat lampu kota Bandung yang indah, Anda juga bisa berkemah, berjalan-jalan melewati hutan pinus atau bersantai menyaksikan matahari terbenam.

22. Puncak Ciumbaleuit

Puncak Ciumbuleuit atau sering disebut Punclut merupakan tempat wisata yang cukup populer dikunjungi banyak orang. Terletak lebih dari 1.000 meter di atas permukaan laut, di Puncak Ciumbuleuit ini Anda bisa menikmati udara segar sambil mengagumi pemandangan kota Bandung yang mempesona.

23. Taman Hutan Raya Djuanda

Tempat terakhir yang direkomendasikan untuk mengisi ulang tenaga di Bandung adalah Taman Hutan Raya Djuanda atau dikenal juga dengan Tahura. Di tempat ini anda bisa menikmati pemandangan hutan yang indah, cocok untuk anda yang ingin bersantai sambil bersantai namun tidak ingin pergi jauh dari kota bandung.

Nah itulah tadi pembahasan detikers mengenai 23 tempat penyembuhan terbaik dan termurah di Bandung. Jadi tunggu apalagi, manfaatkan waktu luang di akhir tahun untuk mengisi ulang bateraimu, detikers!

Simak video “Nikmati Enaknya Soto Tangkar Khas Ibu Kota Jakarta”
[Gambas:Video 20detik]
(ilf/des)

Source: news.google.com

Related Articles

Back to top button