Berita Wisata

25 wisata di Aceh yang paling populer dan wajib dikunjungi, mulai dari pantai hingga museum

Bongkar Kenangan Tsunami melalui Museum Tsunami Aceh

Memperbesar

Peristiwa tsunami telah tercatat di Museum Tsunami Aceh sekaligus sebagai sarana pendidikan dan tempat perlindungan terhadap bencana alam.

Museum Tsunami

Museum Tsunami di pusat kota Banda Aceh ini merupakan pengingat sekaligus monumen penghargaan bagi masyarakat yang berjuang bertahan hidup dan berjuang melawan tsunami yang terjadi di Aceh pada 26 Desember 2004. Museum ini dibuka untuk umum secara gratis. Di wisata Aceh ini, Anda bisa melihat foto dan cerita korban tsunami yang selamat dan situasi saat itu. Berikut juga daftar nama-nama korban bencana ini.

Pulau Aceh

Di Kabupaten Pulo Aceh, Anda bisa menemukan berbagai objek wisata di Aceh berupa pantai-pantai eksotis yang indah. Terdapat banyak pantai di kawasan ini, seperti Pantai Nipah, Pantai Deumit, Pantai Dudap, Pantai Alue Reuyeng, Pantai Pasi Raya, Pantai Meulingge, Pantai Balu, Pantai Alue Raya, Pantai Pasi Lambaro, Pantai Mata-ie, Pantai Krisek, Lapeng Pantai dan banyak lagi.

Tentunya satu hari tidak cukup untuk mengunjungi semua pantai yang ada di kabupaten Pulo Aceh. Di pantai-pantai tersebut Anda bisa menikmati keindahan pemandangan bawah laut dengan cara snorkeling. Terumbu karang dan biota lautnya masih utuh dan beragam.

Masjid Kupiah Meukotop

Masjid Kupiah Meukotop merupakan tempat ibadah umat Islam yang terletak di Jalan Teuku Umar. Masjid ini menyandang nama resmi Masjid Raya Baitul Musyahadah. Namun karena bentuk atapnya yang berbentuk kupiah, banyak orang menyebutnya Masjid Kupiah Meukotop.

Selain itu, karena letaknya di Jalan Teuku Umar, sebagian orang juga menyebutnya Masjid Teuku Umar. Keistimewaan utama masjid yang juga menjadi wisata di Aceh ini memang bentuk atapnya yang mengingatkan pada Kupiah Meukotop, topi adat Aceh. Tidak hanya atap masjid, pintu masjid juga dilengkapi dengan bentuk Kupiah Meukotop.

Pantai Lhonga

Pantai Lhoknga merupakan salah satu tempat wisata di Aceh berupa pantai yang sayang untuk dilewatkan. Pantai ini dikenal sebagai tempat selancar dan memancing yang menyenangkan. Padahal, ombak di Pantai Lhoknga memang lebih besar dan dikenal luas oleh komunitas selancar internasional. Pantai ini juga menjadi salah satu tempat favorit untuk menikmati sunset di Aceh.

Bukit Lamreh, Ujung Kelindu

Ujung Kelindu menawarkan pemandangan tebing dan pantai yang indah. Tempat ini juga tidak jauh dari pantai Lhok Mee. Selain tebing, Anda juga bisa mendekati Tanjung Ujung Kelindu yang tak kalah indahnya. Pesona hijaunya air laut berpadu dengan perbukitan savana yang memukau memberikan warna kontras yang indah. Meski harus menghabiskan waktu lebih dari satu jam dalam perjalanan, rasa lelah yang Anda rasakan akan terbayar ketika sudah sampai di tempat ini.

Source: news.google.com

Related Articles

Back to top button