Tempat Wisata

30 Daftar Museum Jogja, 5 di antaranya wajib dikunjungi

Daftar Museum Jogja – Jogja bukan hanya kota pendidikan, tapi juga kota budaya. Ada beberapa museum di Yogyakarta. Namun museum yang paling banyak dikunjungi adalah Museum Monjali, Museum Benteng Vrederburg, Museum Sono Budoyo, Museum TNI AU “Dirgantara Mandala” dan Museum Bahari.

Museum adalah tempat yang mengumpulkan, merawat, menyajikan, dan melestarikan warisan budaya. Ini didasarkan pada tujuan penelitian, pendidikan dan hiburan. Contoh cagar budaya yang sering kita jumpai di museum adalah patung, tulang belulang, foto dan masih banyak lagi yang lainnya. Nah berikut ini adalah daftar museum Jogja yang wajib kamu kunjungi.

Museum Tugu Kembali Jogja (Monjali)

Museum MonjaliFoto oleh @lan_dels

Monjali atau Tugu Jogja pada gilirannya adalah Jogja Museum yang bercerita tentang perjuangan Republik Indonesia. Tugu ini terletak di sebelah utara kota Yogyakarta / lebih tepatnya Jl. Jalan Lingkar Utara No.15, RW.21, Sariharjo, Ngaglik, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Sepintas, ketika melihat museum ini berbentuk piramida, jika diperhatikan lebih dekat, struktur monumennya lebih berbentuk kerucut. Monumen ini memiliki 4 lantai dan di dalamnya terdapat peninggalan sejarah seperti mesin ketik jadul, handphone jadul, buku jadul, senjata jadul, yang dulu pernah berkisah dengan para pejuang republik Indonesia.

Museum Benteng Vredeburg

Benteng Vredeburg Foto oleh @endraprsty

Benteng Vrederburg atau Benteng Perdamaian dibangun oleh Belanda pada tahun 1765. Awal mula benteng ini dibangun untuk mempertahankan perang tentara Belanda. Tidak hanya sebagai benteng perang, namun selama keberadaan Benteng Yogyakarta ini telah terjadi beberapa perubahan fungsi selain benteng perang yaitu sebagai markas militer Jepang dan Belanda, markas militer tentara Indonesia dan sekarang menjadi Museum Jogja yang sering dikunjungi oleh turis.

Di museum ini, Anda dapat menemukan berbagai rekreasi acara pada masa kolonial, seperti pertemuan G30-SPKI, pengumuman kemerdekaan Indonesia, dan banyak lagi.

Jam buka museum dan biaya masuk

Selasa – Jumat: 08.00 – 16.00 WIB, Sabtu – Minggu: 08.00 – 17.00 WIB, Senin dan hari libur nasional: tutup. Dewasa 2000 rupiah dan anak-anak 1000 rupiah.

Museum SonoBudoyo

SonoBudoyoFoto dari Wikipedia

Museum Sono Budoyo adalah salah satu museum Jogja terlengkap yang menyimpan berbagai alat seni asli Indonesia. Di Yogyakarta museum ini terbagi menjadi 2 tempat yaitu di selatan 0 KM Jogja dan yang kedua di Ndalem Condrokiranan Wijilan Yogyakarta. Kedua tempat ini berdekatan satu sama lain, jadi Anda tidak perlu khawatir lelah jika ingin mengunjungi keduanya.

Museum ini tergolong kategori umum karena cukup banyak barang yang disimpan di museum ini yang dapat dikategorikan sebagai berikut:

  1. teknologi
  2. geologi
  3. seni
  4. biologi
  5. keramik
  6. etnografi
  7. filologi
  8. arkeologi
  9. numismatik dan
  10. cerita

Nah, dari sepuluh kategori tersebut, kategori yang paling banyak diminati adalah Fine Art berupa keris. Ada begitu banyak keris tua yang tersimpan rapi di Museum Sono Budoyo.

Jam buka dan biaya masuk Museum Sono Budoyo

Selasa – Kamis 08.00 – 15.30 WIB, Jumat 08.00 – 14.00 WIB, Sabtu & Minggu 08.00 – 15.30 WIB. Tentang biaya masuk:

  • Perorangan untuk dewasa Rp 3.000,-
  • Rombongan dewasa Rp 2.500,-
  • Anak perorangan Rp 2.500,-
  • Rombongan anak Rp 2.000,-
  • Wisatawan Asing Rp 5.000,-
  • Pertunjukan wayang kulit Rp 20.000,-

Museum Angkatan Udara Indonesia “Dirigantara Mandala”

Museum Angkatan Udara Dirgantara MandalaFoto dari Wikipedia

Jika Anda suka terbang, atau jika Anda seorang ayah atau ibu yang ingin mengajak anak Anda melihat pesawat dari dekat, maka Museum Angkatan Udara Indonesia adalah tempat yang tepat untuk Anda. Museum Jogja didirikan di Jakarta pada tanggal 4 April 1969 oleh Panglima TNI Laksamana Rusmin Nuryadin. Namun ada beberapa alasan yang membuat museum ini perlu dipindahkan ke Yogyakarta, yaitu pada tanggal 29 Juli 1978 Museum Dirganara Mandala Yogyakarta resmi dibuka.
Pangkalan Adisucipto Yogyakarta.

Jika berkesempatan mengunjungi tempat ini, bisa melihat dari dekat pesawat, terdapat 36 koleksi pesawat, 1000 foto, 28 diorama, lukisan, pakaian dinas, upeti dan sejumlah koleksi buku tua. Yang paling populer di lokasi ini adalah replika pesawat Dakota VT-CLA, pesawat buatan India yang ditembaki pasukan Belanda saat hendak mendarat di Maguwo.

Jam buka Museum Dirgantara Mandala dan harga tiket masuk

Buka setiap hari mulai pukul 08:00 – 15:00 WIB dan tiket masuk untuk perorangan sebesar 4000 rupiah.

Museum Laut Yogyakarta

Museum Laut YogyakartaFoto dari gudeg.net

Wisata edukasi museum terbaik berikutnya adalah Museum Bahari Yogyakarta. Museum ini ada pada tanggal 25 April 2009 diresmikan oleh Laksamana Madya TNI Didik Heru Purnomo. Di Museum Jogja ini Anda bisa melihat benda-benda yang berhubungan dengan laut. Koleksi Museum Bahari adalah sebagai berikut:

  • Setir mobil
  • Miniatur berbagai jenis kapal perang
  • pesawat mini
  • peralatan militer
  • komunikasi radio
  • bom dan ranjau laut
  • meriam
  • torpedo
  • Radar dan kedalaman sounder
  • Kompas magnet
  • Dll

Lokasi museum ini berada di Jalan RE Martadinata No. 69, Wirobrajan, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta 55182

Jam buka dan harga tiket Museum Bahari Yogyakarta

Museum ini buka setiap hari Selasa – Minggu: 08.30 – 16.00 WIB Senin & Hari Libur TUTUP dan tiket masuk hanya 2000 rupiah.

Diatas adalah Jogja Museum yang wajib anda kunjungi. Tapi kamu juga tidak bisa mengumpulkan informasi tentang museum Jogja lainnya, kan. Dan berikut adalah 25 Museum Jogja yang bisa Anda kunjungi sebagai alternatif saat museum populer di atas tutup atau lokasinya jauh dari tempat tinggal Anda.

25 Daftar Museum Jogja

– Museum Tembi (Rumah Budaya Tembi), Jalan Parangtritis, Bantul.
– Museum Biologi UGM, Jalan Sultan Agung.
– Museum Geoteknologi Mineral, Kompleks UPN “Veteran” Babarsari, Sleman.
– Museum Kayu Wanagama, Playen, Gunungkidul, Museum Affandi, Jalan Solo.
– Museum Boneka Kekayon, Jalan Wonosari, Piyungan.
– Museum Ullen Sentalu, Kaliurang, Sleman.
– Museum Pahlawan Pancasila, Kentungan, Sleman.
– Museum Kereta Keraton Ngayogyakarta, Rotowijayan, Ngasem.
– Museum Puro Pakualaman.
– Museum Batik Yogyakarta, Jalan Dr. Sutomo.
– Museum Dewantara Kirti Griya, Jalan Taman Siswa.
– Museum Peringatan Pangeran Diponegoro “Sasana Wiratama”, Tegalrejo, Yogyakarta.
– Museum Gerakan Wanita, Kompleks Mandala Bhakti Wanitatama, Jalan Adisutjipto.
– Museum Tempur Yogyakarta, Jalan Kolonel Sugiono.
– Museum Pusat TNI-AD “Dharma Wiratama”, Jalan Jenderal Sudirman.
– Museum “Sasmitaloka Pangsar Sudirman”, Bintaran Wetan.
– Museum Kebun Raya Gembiraloka, Gedongkuning.
– Museum Klinik Mata “Dr. Yap”, Jalan Cik Di Tiro, Yogyakarta.
– Museum Candi Prambanan, Kalasan, Sleman.
– Museum Batik “Ciptowening”, Imogiri, Bantul.
– Museum Anak “Kolong Tangga”, Sriwedani.
– Museum Karbol Angkatan Udara, Kompleks AAU.
– Museum Petani, Bantul.
– Museum Kata Sandi, Gedung Museum Pertempuran.

Informasi tentang Jogja Museum cukup sampai disini dulu. Semoga bisa menambah wawasan dan bermanfaat. Buat dan rencanakan jalan Anda di sini. Selain memberikan ilmu yang bermanfaat, Anda juga akan semakin mencintai budaya Indonesia, mencintai teknologi dan tentunya mencintai laut. Jika kamu tidak di sini, perhatikan, aku sedang menggambar hehehe

Source: dolanyok.com

Related Articles

Back to top button