Berita Wisata

4 Desa Wisata di Sukabumi yang Wajib Dikunjungi Saat Liburan

Liputan6.com, Jakarta – Sukabumi memiliki budaya dan pemandangan alam yang dapat dinikmati secara bersamaan saat mengunjungi desa wisata. Dengan lokasi yang relatif dekat dengan Jakarta, Sukabumi juga bisa menjadi tempat yang asik bagi warga Jakarta.

Wisatawan bisa berkunjung ke Sukabumi dengan menggunakan sarana transportasi seperti KRL dari Bogor yang terhubung dengan jalur kereta api di Jawa Barat. Selain itu, berpetualang mengendarai mobil pribadi juga sangat memungkinkan karena jalannya yang mudah diakses.

Ingin menjadikan Sukabumi sebagai destinasi liburan favorit? Berikut daftar desa wisata pilihan yang dirangkum Liputan6.com dari jejaring desa wisata Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) pada Kamis (22/12/2022).

1. Desa Wisata Hanjeli

Tempat ini merupakan desa wisata pertama di Indonesia yang mengembangkan olahan makanan Hanjeli. Hanjeli merupakan tanaman pangan sumber karbohidrat yang biasa juga disebut jali-jali. Tanaman ini mengandung banyak kalsium dan karenanya dapat digunakan oleh orang yang menderita osteoporosis.

Desa wisata ini dibuat untuk melestarikan makanan lokal yang hampir punah dan membuat olahan hanjeli dengan pendekatan edukasi sehingga memiliki nilai tambah ekonomi masyarakat. Bahkan, tempat ini masuk dalam 50 besar Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2022.

Di desa wisata ini pengunjung dapat melihat dan mempraktekkan langsung terkait budidaya tanaman hanjeli, mulai dari menanam, memanen, menumbuk hanjeli menggunakan lesung, hingga memisahkan hanjeli dari kulitnya menggunakan tampah.

Pengunjung desa ini dapat menikmati atraksi wisata yang ditawarkan yaitu edukasi tanaman hanjeli, panen hanjeli, dan olahan pembuatan hanjeli bersama warga setempat mulai dari Rp 20.000.

Sementara pengunjung juga dapat menikmati produk kuliner olahan hanjeli dengan biaya Rp 15.000 hingga Rp 30.000. Bagi pengunjung yang ingin menginap di tempat ini, tersedia juga beberapa pilihan akomodasi dengan harga Rp 150.000. Desa wisata hanjeli ini terletak di Waluran, Sukabumi, Jawa Barat.

Source: news.google.com

Related Articles

Back to top button