Berita Wisata

4 Destinasi Wisata di Banda Aceh Paling Terkenal, Yuk Kita Intip!

Destinasi Wisata di Banda Aceh – Salah satu destinasi wisata unggulan Aceh tentunya termasuk kota Banda Aceh yang merupakan ibu kota provinsi. Liburan di Banda Aceh memungkinkan Anda untuk menikmati pengalaman wisata yang kaya, mulai dari wisata alam, wisata sejarah hingga berburu kuliner.

Tentunya beragamnya tempat wisata di Banda Aceh membuat setiap wisatawan sibuk dan terpesona dalam liburannya. Khusus bagi pecinta wisata sejarah, kota yang merupakan salah satu dari lima kerajaan Islam terbesar di dunia ini kaya akan situs peninggalan sejarah dari berbagai era.

Baca juga: Rekomendasi Tempat Wisata Singkawang Yang Wajib Dikunjungi

Di kota ini, wisatawan dapat melihat berbagai peninggalan sejarah dari masa kesultanan, masa penjajahan Belanda, masa ketika Aceh bergabung dengan Republik Indonesia dan konflik yang terjadi. Bahkan, kenangan kelam bencana tsunami Aceh tersemat dalam sebuah objek wisata yang menarik.

Mengingat banyaknya tempat wisata di Banda Aceh, maka perlu menyaring destinasi saat menghabiskan liburan Anda di sana. Setidaknya ketika Anda tiba di beranda kota Makkah, Anda sudah memiliki gambaran tentang tempat wisata yang akan dikunjungi. Berikut adalah daftar 8 tempat wisata di Banda Aceh yang paling terkenal.

Kunjungi Museum Tsunami Banda Aceh

Banda Aceh

Museum yang dirancang sebagai monumen simbolik bencana tsunami Aceh ini menjadi salah satu tempat yang paling menarik untuk dikunjungi wisatawan. Museum Tsunami Aceh atau Museum Tsunami Aceh yang dirancang oleh Ridwan Kamil juga berfungsi sebagai pusat pendidikan dan tempat penampungan darurat tsunami.

Tak hanya itu, museum juga berguna sebagai tempat berlindung jika terjadi bencana serupa di kemudian hari. Sesuai dengan fungsinya, sesampainya di sana, wisatawan akan memasuki suasana tegang dan panik. Pelajari tentang situasi gempa bumi dan tsunami Samudra Hindia 2004.

Di salah satu aula, setiap pengunjung bisa menemukan banyak monitor yang memajang foto-foto korban. Ada juga area Sumur Doa, Cerobong Lorong dan Jembatan Harapan. Sebagai simbol kekuatan dan religiusitas masyarakat Aceh, dinding museum dihiasi dengan gambar orang-orang yang sedang menari tari Saman.

Masjid Raya Baiturrahman Banda Aceh

Banda Aceh

Jumlah wisatawan yang berkunjung ke Aceh terus meningkat setiap tahunnya. Kebanyakan dari mereka tertarik dengan sejarah kota Islam tertua di Asia Tenggara ini. Salah satu tempat wisata di Banda Aceh yang paling menarik adalah Masjid Raya Baiturrahman yang terletak di pusat kota.

Selain sebagai landmark, masjid yang masih utuh saat diterjang tsunami tahun 2004 silam ini merupakan simbol agama, budaya, semangat juang dan nasionalisme masyarakat Aceh. Masjid yang didirikan pada tahun 1612 pada masa pemerintahan Sultan Iskandar Muda ini masih menarik untuk dikaji.

Tempat Wisata Museum Negeri Aceh

Banda Aceh

Liburan paling menarik di Banda Aceh adalah mengunjungi tempat-tempat bersejarah di kawasan istimewa ini. Salah satunya adalah kunjungan ke Museum Negeri Aceh atau Museum Aceh. Museum yang didirikan pada masa pemerintahan Hindia Belanda ini merupakan museum etnografi suku asli Aceh.

Wisatawan bisa mengunjunginya di Jalan Alauddin Mahmud Syah, Banda Aceh. Di museum ini, pengunjung dapat menikmati pernak-pernik peninggalan sejarah Aceh. Sangat lengkap, mulai dari peninggalan prasejarah, antara lain alat, alat pertanian dan rumah tangga, senjata, hingga pakaian adat.

Kunjungan ke Taman Putroe Phang di Aceh

Banda Aceh

Banda Aceh adalah kota yang penuh dengan tempat-tempat bersejarah. Salah satunya adalah kompleks Taman Ghairah, Taman Putroe Phang atau Taman Putri Pahang. Sebuah taman di kerajaan Aceh Darussalam yang menjadi bukti cinta Sultan Iskandar Muda kepada istrinya, Putroe Phang dari kerajaan Pahang.

Taman ini dibuat agar Putri Pahang tidak merasa sendirian saat sultan memerintah pemerintahan. Pinto Khop yang paling ikonik di taman ini adalah gerbang berkubah kecil yang menghubungkan taman dengan istana. Di sinilah Putri Phang beristirahat setelah berenang, mencuci rambut dan mandi bunga.

Selain itu, ada juga Gunongan sebagai tempat para dayang mencuci rambut permaisuri. Saat ini, taman yang menawan ini telah menjadi wadah kreativitas para pemuda Aceh. Sedangkan bagi masyarakat umum, Taman Putroe Phang merupakan taman kota, tempat rekreasi yang murah bagi mereka.

Source: news.google.com

Related Articles

Back to top button