Tempat Wisata

5 Daya Tarik PASAR MALAM NGARSOPURO Surakarta Agustus 2023

Pasar Malam Ngarsopuro Biaya masuk: Bebas. Jam buka: 5 sore – 11 malam. Nomor telepon: . Alamat/Lokasi: Jl. Diponegoro, Banjarsari, Surakarta, Jawa Tengah, Indonesia, 57131

Kota Surakarta atau Solo terkenal dengan warisan budaya tradisional Jawa yang sangat kaya. Keberadaan Keraton Mangkunegaran di Surakarta semakin menegaskan posisinya sebagai kota budaya. Namun yang menjadi pokok bahasan artikel ini adalah kawasan di depan Keraton Mangkunegaran, yaitu Pasar Malam Ngarsopuro.

Pasar ini terletak di Jalan Diponegoro. Di mana itu dulunya adalah area yang tidak teratur. Jalanan menjadi semrawut saat kios barang antik dan toko elektronik berpotongan. Namun sekarang kawasan ini lebih baik dan berkembang.

Biaya masuk ke pasar malam Ngarsopuro

Tidak ada tiket masuk yang harus dibayar pengunjung di sini. Pengunjung hanya membayar biaya parkir.

Tiket masuk pasar malam Ngarsopuro
tiket masuk Bebas

Baca: Tiket Masuk dan Pesona Keraton Surakarta Hadiningrat.

Jam buka Pasar Malam Ngarsopuro

Berbeda dengan pasar pada umumnya, pasar ini buka dari sore hingga larut malam. Dan hanya buka dua kali seminggu.

jam operasi
Jumat Sabtu 5 sore – 11 malam

Daya tarik pasar malam Ngarsopuro

Meski sebelumnya tidak tertata, Jalan Diponegoro direnovasi pada 2009. Pasar Triwindu di Jalan Diponegoro yang menjual barang antik juga direnovasi. Sedangkan Jalan Diponegoro sendiri telah disulap menjadi kawasan city walking yang lebih menarik.

Pasar dadakan diadakan di sepanjang Jalan Diponegoro pada Sabtu malam. Pasar Tiban atau pasar dadakan disebut pasar malam Ngarsopuro.

1. Pasar Malam Ngarsopuro bukanlah pasar biasa

Pengunjung pasar malam NgarsopuroRamai di pasar malam surakata ngarsopuro. Foto: Google Maps/Andi Tama.

Meski mengandung kata pasar yang berarti pasar, pasar ini bukanlah pasar biasa. Pasar ini bukanlah pasar tempat para pedagang bebas menjajakan dagangannya. Barang yang bisa dijual harus memiliki karakter.

Karakternya adalah barang yang dijual harus mengandung karakter kota Solo. Jadi, barang yang dijual di sini seperti batik, mainan tradisional yang terbuat dari batu akik. Dan penjual harus memiliki KTP Surakarta.

2. Hanya buka selama empat jam

Berada di dekat Keraton Mangkunegaran dan Keraton Kasunanan Surakarta, pasar ini ramai pengunjung. Pengunjung tidak hanya bisa melihat hasil kreasi UKM yang ada di kota Solo, tetapi juga melihat pagelaran budaya. Salah satunya adalah pertunjukan keroncong.

Yang perlu diketahui pengunjung adalah jam buka pasar malam Ngarsopuro. Pasar ini memiliki jam buka yang sangat terbatas, yakni hanya empat jam. Oleh karena itu, pengunjung harus datang tepat waktu untuk menikmati suasana pasar ini.

3. Pusat Barang Antik

Barang Antik di Pasar Malam Ngarsopuro - O PalmBarang Antik di Pasar Malam Ngarsopuro. Foto: Google Maps/O Palm.

Pasar malam Ngarsopuro sangat cocok bagi pengunjung yang gemar mengoleksi barang antik. Ada pasar barang antik di Jalan Diponegoro. Pasar ini disebut Pasar Triwindu.

Karena keduanya terletak di Jalan Diponegoro, Pasar Triwindu seolah menyatu dengan Pasar Malam Ngarsopuro. Di sini pengunjung bisa menemukan berbagai barang antik khas budaya Jawa. Mulai dari tembikar, lampu gantung, payung, cermin hingga wayang kulit.

4. Pembeli dapat menawar harga

Kios penjual pakaian di pasar malam NgarsopuroPengunjung memilih pakaian mereka di kios pakaian Pasar Malam Ngarsopuro. Foto: Google Maps / Yang Mulia Essa.

Daya tarik lain dari pasar malam Ngarsopuro adalah pengunjung dapat menawar hadiah. Barang yang dijual dapat ditawar oleh pembeli. Selain itu, ketegangan tawar-menawar antara pembeli dan penjual menambah daya tarik pasar ini.

5. Mencicipi kuliner khas kota Solo

Kuliner sendirian di Pasar Malam NgarsopuroTamu memilih makanan yang disajikan. Foto: Google Maps / ezimple Entertainment.

Puas melihat berbagai barang yang dijual, saatnya mencicipi kuliner khas Solo. Di sepanjang Jalan Diponegoro terdapat penjaja makanan khas Solo. Aneka makanan seperti sosis solo, nasi liwet atau sate kere patut dicoba pengunjung.

Pengunjung dapat terlebih dahulu bertanya kepada penjual tentang harga sembako. Tapi jangan takut dengan harganya, karena jajanan di Solo sangat terjangkau.

Baca: Tiket Masuk dan Wahana Pandawa Water World.

Fasilitas pasar malam Ngarsopuro

Meski fokus memberdayakan UMKM di Kota Solo, tempat ini menawarkan fasilitas yang cukup untuk pengunjung. Fasilitas tersebut antara lain tempat parkir kendaraan roda dua dan mobil yang cukup luas, toilet dan Masjid Muhammadiyah terdekat.

Lokasi Pasar Malam Ngarsopuro Surakarta

Terletak di jantung Kota Solo, pasar ini sangat mudah dijangkau. Lokasinya juga strategis karena masih dekat dengan jalur utama Jl. Selamat Riyadi. Alamat lengkapnya adalah Jl. Diponegoro, Keprabon, Kec. Banjarsari, Kota Surakarta, Jawa Tengah 57131.

Source: travelspromo.com

Related Articles

Back to top button