Tempat Wisata

5 Jalur Pendakian Gunung Merbabu, Cek Puncak Golden Sunset!

Gunung Merbabu merupakan salah satu gunung api tertinggi di Indonesia dengan ketinggian 3145 m dpl. Secara geografis gunung ini terletak di antara 4 kabupaten di Jawa Tengah yaitu Magelang, Salatiga, Boyolali dan Semarang. Gunung Merbabu menjadi favorit para pecinta alam, khususnya pendaki gunung.

Tak bisa dipungkiri, panorama dan pemandangan dari puncak Gunung Merbabu memang luar biasa. Ada hamparan padang rumput savana yang indah dengan udara yang sangat sejuk.

Dari puncak gunung tersebut Anda dapat melihat beberapa gunung lain di Jawa Tengah antara lain Gunung Lawu, Gunung Slamet, Gunung Sindoro dan Gunung Sumbing.

Pemandangan Gunung Sumbing Sindoro diselimuti lautan awan di atas Indonesia KayaPemandangan Gunung Sumbing Sindoro diselimuti lautan awan di atas Indonesia Kaya

Semua – Serbia Gunung Merbabu, Jawa Tengah

Menurut sejarah, Gunung Merbabu meletus dua kali pada tahun 1560 dan 1797. Gunung ini dikatakan sudah tidak aktif lagi. Namun warga dan wisatawan tetap harus ekstra waspada. Pasalnya, sempat tersiar kabar adanya episentrum di gunung ini pada tahun 2014 lalu.

Gunung Merbabu adalah gunung yang populer di kalangan pecinta alam. Dengan medan yang relatif mudah, ada yang mengatakan kawasan ini cocok untuk pemula. Meski merupakan jalur yang mudah, pendaki tetap harus waspada. Karena masih ada potensi bahaya yang mengintai berupa kabut tebal, udara dingin, hutan lebat dan minimnya sumber air.

Misteri Gunung Merbabu yang cukup terkenal

Masyarakat Indonesia pada umumnya tidak lepas dari hal-hal gaib. Selain itu, untuk kawasan atau kawasan alam, tidak terkecuali pegunungan. Banyak cerita mitos yang beredar di masyarakat luas tentang suatu misteri atau hal mistis yang ada di Gunung Merbabu. Berikut beberapa misteri yang beredar di masyarakat:

  • roh gadis gunung
    Kisah ini bermula dari seorang pendaki muda yang terpisah dari rombongannya. Saat hendak melanjutkan perjalanan untuk mengejar rombongan, pendaki tersebut bertemu dengan seorang gadis yang juga dirindukan rombongan. Bersama-sama mereka melanjutkan perjalanan hingga akhirnya memutuskan untuk beristirahat dan mendirikan tenda. Keesokan harinya, pemuda tersebut terbangun di tepi tebing dekat Watu Gubug dan berusaha melanjutkan perjalanannya untuk mengejar rombongan. Di tengah jalan, ditemukan tas milik gadis misterius sebelumnya. Sesampainya di atas, pemuda tersebut bertanya kepada teman-temannya tentang sosok gadis tersebut, namun ternyata tidak ada rombongan lain saat itu. Singkat cerita, pemuda itu terus mencari alamat rumah gadis itu menggunakan KTP yang ada di sakunya. Namun sesampainya di rumah, ia mendapat informasi bahwa gadis itu hilang di Gunung Merbabu sekitar tahun 2009 dan belum ditemukan hingga saat itu.
  • Sosok harimau ajaib
    Auman harimau sering terdengar, namun belum pernah ada yang melihat wujudnya. Bagi para pendaki, ini merupakan hal yang menakutkan. Juga, ada cerita bahwa tubuh salah satu pendaki ditemukan dengan luka yang mirip dengan harimau. Namun, menurut masyarakat setempat, mereka sudah lama tidak menemukan habitat harimau belang di sekitar Gunung Merbabu.
  • Penampilan genderuwo
    Genderuwo identik dengan makhluk yang bertubuh besar, tinggi, dan berbulu, serta memiliki taring yang cukup menakutkan. Konon arwah tersebut sering muncul di jalur Cunthel, lebih tepatnya di Pos Bayangan II. Tak jarang, kemunculan genderuwo membuat para pendaki ketakutan.

Tempat Wisata Puncak Merbabu

Gunung Merbabu adalah stratovolcano. Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, objek wisata alam ini secara administratif berada di antara empat kabupaten di Jawa Tengah. Secara etimologi, Merbabu berasal dari kata “meru” yang berarti gunung dan “abu” yang berarti abu dari cerobong asap.

Juga jangan lewatkan: Mendaki Andong

Jalur pendakian Gunung Merbabu, Jawa Tengah

Jalur menuju puncak Merbabu ini dikenal dengan Devil's RiseJalan menuju Puncak Merbabu yang dikenal dengan Devil’s Rise adalah melalui Indonesia Kaya

Pendakian Gunung Merbabu memiliki banyak jalur yang bisa dipilih, setidaknya ada lima jalur yang bisa dipilih. Diantaranya adalah trek Tekelan, trek Selo, trek Wekas, trek Suwanting dan trek Chuntel.

1. Jalur Merbabu lewat Suwanting

Dari base camp Suwanting, Pos 1 dapat ditempuh dalam waktu sekitar 30 menit. Perjalanan dilanjutkan dari pos 1 ke pos 2 dengan perkiraan waktu tempuh sekitar 2-3 jam. Begitu juga untuk perjalanan dari pos 2 ke pos 3. Dari pos 3 ke Puncak Kenteng Songo sebaliknya, membutuhkan waktu sekitar 1-2 jam. Total membutuhkan waktu sekitar 7-8 jam dari Basecamp Suwanting ke Puncak Kenteng Songo.

2. Rute Merbabu Melalui jalur pendakian Selo

Dari Basecam ke Pos 1 membutuhkan waktu sekitar 1,5 jam. Berkendara dari pos 1 ke pos 2 sekitar 1 jam, pos 2 ke pos 3 memakan waktu 2,5 jam. Lanjutkan ke Savannah 1 dengan waktu tempuh sekitar 1 jam. Jika waktu tempuh relatif sama, silakan lanjutkan perjalanan ke Sabana 2. Setelah itu dilanjutkan menuju Puncak Kenteng Songo (triangulasi) dengan estimasi waktu sekitar 1,5 jam.

Setelah sampai di puncak triangulasi, anda masih bisa melanjutkan perjalanan menuju puncak syarif. Waktu yang dibutuhkan untuk mencapai puncak Syarif dari Triangulasi sekitar 30 menit. Jika ditotal, perjalanan dari base camp Selo ke puncak Syarif memakan waktu sekitar 8-9 jam.

3. Jalur pendakian Merbabu melalui Wekas

Total waktu yang dibutuhkan untuk mencapai puncak Kenteng Songo melalui jalur Wekas ​​sekitar 8-9 jam. Mulai dari base camp Wekas ​​hingga pos 2 membutuhkan waktu sekitar 3-4 jam. Dilanjutkan dari Pos 2 menuju pertigaan kedua selama kurang lebih 4 jam. Dari pertigaan tersebut, berkendaralah sekitar 30 menit ke puncak Syarif. Anda juga bisa melanjutkan ke puncak Kenteng Songo yang berjarak 30 menit dari puncak Syarif.

4. Jalur Merbabu lewat Chuntel

Jalur Chuntel memiliki 4 pos yang harus dilintasi, masing-masing memakan waktu sekitar 1 jam. Dari Pos 4 ke Pengirim sekitar 1,5 jam. Berkendara sekitar 1 jam menuju persimpangan. Dari pertigaan tersebut, lanjutkan perjalanan menuju puncak Syarif dengan perkiraan waktu 30 menit. Dari puncak Syarif, Anda bisa berkendara menuju puncak Kenteng Songo dalam waktu sekitar 30 menit.

5. Rute Merbabu via Jalur Thekelan

Ini adalah jalur dengan postingan terbanyak yaitu 6 postingan. Waktu yang dibutuhkan oleh setiap pos kurang lebih 1 jam. Dari Pos 5 perjalanan menuju Puncak Syarif dengan waktu tempuh 1 jam. Dari puncak Syarif, Anda bisa berkendara menuju puncak Kenteng Songo dalam waktu sekitar 30 menit.

Dari kelima jalur pendakian tersebut, jalur Selo menjadi pilihan utama bagi sebagian pendaki. Ditambah dengan medan yang relatif lebih mudah, para pendaki akan merasakan udara sejuk dan pemandangan indah disekitarnya.

Setiap jalur pendakian memiliki beberapa titik istirahat dengan jarak yang berbeda. Estimasi durasi jalur pendakian Selo total sekitar 9 jam. Untuk mencapai puncak Candi Songo terdapat 3 tiang dan 2 sabana. Waktu tempuh rata-rata untuk setiap pos adalah 1 hingga 3 jam tergantung kondisi cuaca dan kecepatan berjalan kaki.

Golden sunrise di Gunung Merbabu di atas Indonesia KayaGolden sunrise di Gunung Merbabu di atas Indonesia Kaya

Tips Mendaki Puncak Gunung Merbabu

Meski jalur pendakian ini tidak terlalu sulit, tetap diperlukan beberapa tips agar pendakian berjalan mulus. Berikut kami berikan beberapa tips yang dapat mendukung proses pendakian.

  1. Pilih saat cuaca cerah atau kering.
  2. Jika Anda memang berencana mendaki saat musim hujan, siapkan jas hujan dan pakaian ekstra agar tidak kedinginan.
  3. Bawa perbekalan yang cukup, terutama air minum.
  4. Disarankan untuk mengambil jalur Selo karena medannya relatif lebih mudah.
  5. Waktu terbaik untuk mendaki disarankan antara pukul 10.00 hingga 13.00 WIB pada siang hari.

Jejak mendaki ke puncak melalui Indonesia KayaJejak mendaki ke puncak melalui Indonesia Kaya

Saran/saran untuk para pendaki

Menjaga kelestarian alam atau tempat wisata merupakan tanggung jawab bersama. Kita tidak bisa hanya mengandalkan pembersih lokal.

Untuk itu, wisatawan sangat disarankan untuk selalu memperhatikan kebersihan terutama di tempat wisata alam seperti pegunungan. Berikut beberapa masukan yang harus dilakukan para pendaki menuju puncak Gunung Merbabu.

  • Jangan mencemari. Selalu simpan dan ambil kembali setiap limbah yang dihasilkan.
  • Hindari vandalisme terhadap apa pun yang Anda temukan di jalan.
  • Jangan memetik bunga edelweis, meskipun sangat perlu, sebaiknya diambil secukupnya saja.

Menyimpulkan

Demikian informasi tentang Gunung Merbabu yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat bagi kita semua. Masih banyak objek wisata lain yang menarik di Jawa Tengah dan akan kami bahas pada artikel selanjutnya.

Jika Anda memiliki saran atau ide tempat wisata yang perlu direview, silahkan hubungi kami melalui halaman kontak yang tersedia. Temukan informasi tempat wisata terbaik lainnya di seluruh Indonesia dan luar Indonesia dengan terus mengunjungi Tempatwisataseru.com.

Periksa juga: 14 gunung terindah dan terbaik di jawa tengah

Source: tempatwisataseru.com

Related Articles

Back to top button