Berita Wisata

5 Pantai di Purworejo, Alternatif Wisata Saat di Jogja

Purworejo adalah salah satu kabupaten di Jawa Tengah, bersebelahan dengan Daerah Istimewa Yogyakarta. Kawasan ini terkenal dengan wisata pantainya.

Kabupaten yang berbatasan dengan Kulon Progo ini memiliki banyak pantai yang menarik untuk dikunjungi, terutama saat musim liburan. Selain sebagai destinasi wisata, Pantai Purworejo juga bisa menjadi tempat refreshing, lho! Berikut 5 pantai yang bisa Anda kunjungi saat berkunjung ke Purworejo.

1. Pantai Ketawang

5 Pantai di Purworejo, Alternatif Wisata Saat di JogjaPantai Ketawang (instagram.com/juliusbagass)

Pantai Ketawang terletak di Desa Ketawangrejo, Kecamatan Grabag, Kabupaten Purworejo. Saat berkunjung ke Pantai Ketawang, Anda bisa menikmati keindahan laut sambil berjalan-jalan di sepanjang pantai. Bagi penyuka fotografi, Pantai Ketawang menawarkan banyak spot foto yang Instagramable.

Selain keindahan lautnya, pengunjung Pantai Ketawang bisa menemukan mercusuar yang berdiri di tengah rawa pantai. Dari atas mercusuar pengunjung dapat melihat pemandangan kota Purworejo yang luas dan menarik.

2. Pantai Jetis

5 Pantai di Purworejo, Alternatif Wisata Saat di JogjaPantai Jetis (instagram.com/aisyahnkh)

Pantai Jetis terletak di Desa Patutrejo, Kecamatan Grabag, Kabupaten Purworejo. Jalan menuju pantai ini mudah diakses. Pengunjung dapat menggunakan jalan raya Kutoarjo-Ketawang atau melalui Jalan Daendels.

Untuk memasuki kawasan Pantai Jetis, pengunjung tidak dipungut biaya (kecuali pada hari raya Idul Fitri). Pengunjung hanya akan dikenakan biaya penitipan kendaraan sebesar Rp3.000 untuk sepeda motor dan Rp6.000 untuk mobil.

Di pantai Jetis terdapat beberapa spot foto yang menarik. Selain keindahan pantainya, Pantai Jetis juga memiliki taman untuk bersantai dan bercengkrama bersama teman dan keluarga. Di sekitar pantai juga terdapat fasilitas seperti warung toilet.

Baca Juga: Pantai Congot Kulon Progo: Informasi Rute, Lokasi, Harga dan Tips

3. Rentang kerja

5 Pantai di Purworejo, Alternatif Wisata Saat di JogjaRentang Kebutuhan (instagram.com/emi.zone)

Pantai Keburuhan terletak tidak jauh dari Pantai Jetis tepatnya di Desa Keburuhan, Kecamatan Ngombol, Kabupaten Purworejo. Pantai Keburuhan tidak jauh berbeda dengan pantai Purworejo. Yang unik dari Pantai Keburuhan adalah adanya deretan pohon cemara di pinggir pantai.

Deretan pohon pinus bisa menjadi tempat berteduh saat mengunjungi pantai di siang hari. Keberadaan deretan pohon cemara ini juga bisa menjadi spot foto yang bagus instagramable. Anda juga bisa menemukan spot foto lainnya seperti laut lepas dan sunset sore hari.

4. Pantai Jatimalang

5 Pantai di Purworejo, Alternatif Wisata Saat di JogjaPantai Jatimalang (instagram.com/journey_traveling)

Pantai Jatimalang merupakan salah satu pantai yang wajib dikunjungi ketika berkunjung ke Purworejo. Lokasinya berada di Desa Jatimalang, Kecamatan Purwodadi, Kabupaten Purworejo. Saat berkunjung ke Pantai Jatimalang, Anda akan merasakan keindahan pantai dengan gradasi warna biru dan toska yang cantik.

Pantai Jatimalang juga punya nama lain lho. Pantai ini sering disebut Pantai Dewaruci. Disebut Dewaruci karena pada saat anda berkunjung ke pantai ini anda akan menemukan patung Dewa Ruci. Patung ini merupakan icon dari pantai Jatimalang yang terkenal itu. Anda bisa mengabadikan momen di Pantai Jatimalang dengan berfoto di sekitar patung.

5. Pantai Roro Inten

5 Pantai di Purworejo, Alternatif Wisata Saat di JogjaPantai Roro Inten (instagram.com/evvaant)

Pantai Roro Inten terletak di Desa Pagak, Kecamatan Ngombol, Kabupaten Purworejo. Meski namanya tidak seterkenal pantai lain di Purworejo, pantai ini bisa menjadi destinasi wisata keluarga yang menarik. Pasalnya, pantai Roro Inten menawarkan persegi memancing yang bisa dipraktekkan dengan mengunjungi pantai ini.

Selain memancing, Anda juga bisa menikmati keindahan pantai dengan berjalan-jalan menyusuri pantai. Seperti pantai lainnya di Purworejo, Pantai Roro Inten juga memiliki ombak yang besar. Karena itu, Anda harus berhati-hati jika ingin berenang di pantai.

Nah itulah lima pantai di Purworejo yang bisa menjadi alternatif wisata Jogja. Jangan lupa mampir jika berkunjung ke Purworejo!

Baca Juga: 6 Pesona Desa Wisata Widosari yang Diunggulkan di Kulon Progo

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform menulis. Semua karya tulis sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis.

Source: news.google.com

Related Articles

Back to top button