Tempat Wisata

5 Pantai Terindah di Bintan Yang Wajib Dikunjungi

ingin pergi berlibur ke Bintan? Cek daftar wisata pantainya Populer di Bintan, Kepulauan Riau. Obyek wisata laut terindah dan paling hits dikunjungi oleh wisatawan yang berlibur.

Pulau terbesar di Provinsi Kepulauan Riau bernama Bintan ini ternyata menjadi salah satu daerah yang memiliki potensi wisata yang besar. Keajaiban laut, seni memasak, dan seni sepertinya tidak mengenal batas. Namun dibalik semua itu, Pulau Bintan yang berbatasan langsung dengan Singapura dan Malaysia ini terkenal dengan pantainya yang menjadi tempat wisata utama.

Sudah siap menikmati keindahan Pantai Bintan? Yuk simak ulasan destinasi wisata bahari berikut ini.

1. Pantai Trikora

Pantai TrikoraSumber Gambar: Google Maps MR Hadytama

Pulau Bintan memang terkenal dengan kekayaan alam pantainya. Hal ini terlihat jelas di Pantai Trikora, salah satu tempat wisata yang akan selalu menjadi destinasi favorit para traveller. Bintan Primadona merupakan pantai dengan hamparan pasir yang luas dan garis pantai yang panjang menjulang. Lokasinya yang berada tepat di pesisir timur Laut Bintan menjadikannya pantai yang populer untuk menikmati momen matahari terbit.

Alamat persisnya adalah Jalan Kawal Trikora yang merupakan salah satu pusat wisata di Pulau Bintan. Deretan resor mewah juga tak jauh dari lokasi ini. Itulah mengapa banyak sekali wisatawan yang memilih pantai ini untuk liburan panjang. Selain itu Pantai Trikora sendiri dikenal dengan keindahan alamnya yang masih asri. Hamparan pasir putih yang membentang jauh kontras dengan laut biru jernih dan pepohonan di sekitarnya.

Salah satu yang menarik dari pantai ini adalah lokasi sebenarnya yang berupa rangkaian 4 pantai sekaligus. Keempat pantai tersebut memiliki nama Trikora 1, 2, 3 dan 4 yang letaknya berdekatan. Selain itu, air lautnya yang biru jernih konon semakin indah saat musim kemarau. Dengan panas terik ini, Anda bisa bersenang-senang di pantai yang terbilang datar dan tenang.

Bahkan, Anda juga bisa menikmati aktivitas snorkeling untuk melihat panorama bawah laut penuh biota laut Kerajaan Bintan yang indah. Menyusuri pantai yang diselimuti pasir putih nan lembut juga akan membuat Anda terbuai dengan keindahan alam sekitar. Ada hutan bakau, bahkan Gua Santa Maria yang sarat kisah pengungsi Vietnam. Anda bisa datang ke tempat ini dengan menyewa kendaraan pribadi.

harga tiket: Gratis; Bahan pengikat: pemeriksaan situs
Alamat: Trikora, Kawal, Kec. Gunung Kijang, Cab.Bintan, Kepulauan Riau.

2. Pantai buatan Crystal Lagoon

Pantai buatan Crystal LagoonSumber Gambar: Google Maps Treasure Bay Bintan

Ternyata tak hanya Pantai Trikora yang selalu mengundang wisatawan, tapi juga Crystal Lagoon, resor laut buatan pertama di Asia Tenggara. Penasaran dengan keindahan pasir putih buatan dan samudra biru ini? Kemudian sempatkan untuk mengunjungi Treasure Bay di Kawasan Wisata Terpadu Lagoi. Lokasi tepatnya Jl Raja Haji KM 01, Teluk Sebong, Lagoi.

Saat memasuki resort yang terletak tepat di tengah pulau dan dikelilingi oleh pepohonan hijau yang lebat ini, Anda akan disuguhkan dengan laut buatan yang luasnya mencapai 6,3 hektar. Hal ini tentu menjadi daya tarik tersendiri, karena danau buatan ini didesain layaknya pantai sungguhan. Ada hamparan pasir putih halus serta pantai yang cukup luas.

Airnya berwarna biru jernih seperti air laut asli. Tentunya dari segi kedalaman dan ombak, tempat ini dinilai lebih aman dari pantai alami. Pada dasarnya, pantai buatan ini hanyalah salah satu dari berbagai keistimewaan Treasure Bay, namun tempat ini cukup menyenangkan. Karena pantai ini juga dilengkapi dengan berbagai jenis fasilitas, seluncuran air, olahraga air, dan aktivitas hiburan lainnya. Anda bisa menikmati keindahan alam dengan bersantai di tepi pantai atau mencoba sesuatu yang menantang.

Beberapa kegiatan yang memacu adrenalin antara lain paddle boarding, kayak, sport water park, mencoba wakeboard dan menaiki Segway sambil berkeliling resort. Berada di tempat ini sepertinya membuat Anda lupa bahwa Crystal Bay hanyalah sebuah pantai buatan. Namun tentunya Anda tidak akan kecewa dengan semua yang ditawarkan, apalagi mengingat harga tiket masuknya yang berkisar antara 75.000 hingga 150.000.

harga tiket: Rp120.000; Bahan pengikat: pemeriksaan situs
Alamat: J L. Raja Haji No.KM.01, Sebong Lagoi, Kec. Teluk Sebong, Kabin Bintan, Kepulauan Riau.

3. Pulau Pasir Putih

Pulau Pasir PutihKredit foto: Google Maps Francis Jauw

Pantai ini disebut Pulau Pasir Putih dalam bahasa Indonesia. Benar saja saat memasuki tempat ini Anda akan disuguhi hamparan pasir putih halus membentuk pulau kecil. Pulau ini juga disebut Pulau Pasir karena suatu alasan. Pasalnya, hampir seluruh bagian pulau ini berpasir putih dengan deretan pepohonan hijau lebat di tengahnya.

Tak hanya itu, pulau kecil yang terletak di Teluk Bakau KM 37 ini dilengkapi dengan fasilitas yang cukup lengkap. Dimulai dengan kursi geladak di tepi pantai, penjaga pantai, sarana transportasi, pilihan hiburan dan diakhiri dengan warung makan berupa kantin dengan struktur kayu. Bahkan pulau pasir putih ini juga memiliki penginapan dengan harga mulai dari 350.000 per malam.

Lalu apa yang bisa kamu lakukan di pulau ini? Anda tidak hanya bisa menikmati keindahan alam, beristirahat di hammock atau bersantai di pantai, tetapi Anda juga bisa menyelam atau snorkeling. Pantai ini dikelilingi lautan yang indah, sehingga biota lautnya masih sangat alami. Anda juga bisa menyewa kayak transparan atau sekadar menikmati kuliner lokal. Untuk mencapai pantai ini anda harus bersiap membayar biaya penyeberangan sekitar 150.000 per orang.

Biaya tur: Dari Rp 150.000; Bahan pengikat: pemeriksaan situs
Alamat: Teluk Bakau, Kec. Gunung Kijang, Cab.Bintan, Kepulauan Riau.

4. Pantai Senggiling

Pantai SenggilingSumber gambar: Google Maps Alfino Bintano

Pantai Senggiling merupakan objek wisata yang jarang diketahui wisatawan. Ini membuatnya menjadi pantai yang masih asli dan bahkan lebih indah. Namun, seiring berjalannya waktu surga pantai tersembunyi ini mulai diminati wisatawan lokal maupun mancanegara. Nilai utama dari obyek wisata bahari ini adalah hamparan pasir putih yang menyelimuti pantainya yang luas.

Sebagai spot favorit, pengunjung tentu disuguhkan pesona alam yang layak untuk diabadikan. Anda bisa mencari foto sunset, berfoto selfie bersama keluarga, atau memotret hamparan laut biru yang tenang. Ombak di pantai ini cenderung lebih tenang sehingga Anda tetap bisa menikmati kesegaran air sambil berenang. Selain itu, Anda juga bisa bersantai di pantai dan menikmati angin segar.

Jika ingin menjelajahi bahkan lokasi pantainya mungkin pantai ini adalah kawasan yang tepat. Ini karena pantainya landai dan datar, sehingga Anda bisa mengendarai Jeep dan ATV, atau sekadar berjalan kaki. Dibandingkan dengan pantai-pantai lain di Bintan, Senggiling memang masih sepi, namun itu menjadi nilai plus tersendiri. Sayangnya, akses jalan menuju pantai masih sangat sulit dilalui sehingga membutuhkan bantuan pemandu jalan.

harga tiket: Rp8.000; Bahan pengikat: pemeriksaan situs
Alamat: Sebong Lagoi, Kec. Teluk. Sebon, Cab.Bintan, Kepulauan Riau.

5. Pantai Teluk Lagoi

Pantai Teluk LagoiKredit foto: Google Maps Radi El Guitarista

Ingin mencari objek wisata pantai yang terkenal dan mudah dijangkau? Maka pilihan utama yang bisa menjadi solusi adalah pantai Lagoi Bay. Padahal pantai yang satu itu jelas menjadi primadona wisatawan. Lokasinya yang berada di Lagoi sering menjadi pertimbangan, karena merupakan kawasan di mana resor-resor mewah bertebaran. Apalagi, Lagoi ini sudah menjadi kawasan eksklusif.

Kesan eksklusif dan tertutup inilah yang membuat kawasan tersebut menjadi sangat mahal. Namun sejak dibuka untuk umum, wisatawan juga bisa menikmati keindahan Pantai Lagoi Bay yang private. Namun, Anda tetap harus menyewa kamar terlebih dahulu untuk memasuki kawasan Lagoi Bay. Setelah itu Anda akan memiliki akses gratis ke pantai eksklusif ini. Jadi apa yang membuatnya begitu menarik?

Jawabannya terletak pada pesona pantainya yang diselimuti pasir putih halus dan air laut berwarna biru kehijauan. Tentunya kebersihan dan perlengkapannya juga sangat mumpuni sebagai lokasi yang stylish. Mulai dari warung makan, bean bag hingga berbagai water sport. Disini kamu bisa mencoba bermain kayak bareng dengan membayar 50.000 selama 1 jam. Atau Anda juga bisa mencoba snorkeling di pantai Lagoi Bay.

Bersantai dan bermain pasir putih bersama keluarga juga menyenangkan. Air lautnya juga terbilang tenang sehingga cocok untuk berenang dan bermain air. Namun, perhatikan baik-baik keselamatan Anda sendiri dan keluarga Anda saat melakukan aktivitas air laut. Karena gelombang laut bisa dalam kondisi tinggi, kondisi ini umumnya ditandai dengan papan peringatan.

Setelah puas dengan pantainya, Anda bisa menikmati Lagoi Bay sepuasnya. Lagoi Bay sendiri merupakan kawasan wisata terpadu dengan berbagai resort dan fasilitas lainnya. Contohnya adalah Imaginary House, sebuah museum ilusi optik, dengan harga tiket masuk mulai dari 25.000 hingga 100.000. Ada juga Lagoi Bay Lantern Park yang berisi lampion warna-warni dan berbentuk unik.

harga tiket: Rp50.000; Bahan pengikat: pemeriksaan situs
Alamat: Teluk, Kec. Teluk Sebong, Kabin Bintan, Kepulauan Riau.

Sebagai kepulauan Riau, tak heran jika Pulau Bintan dikenal dengan keindahan objek wisata pantainya. Padahal, letaknya yang sangat strategis menjadi salah satu alasan mengapa pulau ini tidak pernah sepi pengunjung. Pastikan untuk memasukkan beberapa tempat wisata pantai ini dengan pesona alam asli dan buatannya dalam liburan panjang bersama keluarga atau kerabat Anda.

Source: www.pesisir.net

Related Articles

Back to top button