Berita Wisata

5 Pasar Terapung di Indonesia Bisa Jadi Destinasi Wisata yang Tak Biasa

2. Pasar Muara Kuin, Kalimantan Selatan

Pasar Muara Kuin adalah salah satu pasar terapung yang ikonik dan terkenal di kota Banjarmasin di Kalimantan Selatan. Pasar Muara Kuin terletak di antara sungai Kuin dan Barito.

Seperti pasar tradisional pada umumnya, di pasar terapung ini pengunjung bisa menemukan bahan kebutuhan sehari-hari seperti buah-buahan, sayur mayur, sembako, peralatan rumah tangga, lauk pauk dan masih banyak lagi. Keunikannya, para pedagang masih menggunakan sistem barter di pasar ini.

Pasar yang sudah berdiri selama 400 tahun ini merupakan pionir sekaligus pasar terapung tertua di Indonesia.

3. Pasar Terapung Langkat

Tidak hanya di Kalimantan, wisatawan juga bisa mengunjungi Pasar Terapung Langkat di Sumatera Utara. Pasar Terapung Langkat terletak di Desa Pulau Sembilan, Sumatera Utara.

Pasar Terapung Langkat di Sumatera Utara baru diresmikan oleh pemerintah pada tahun 2009, karena terinspirasi dari pasar terapung di Pulau Kalimantan. Pembuatan pasar ini bertujuan untuk menjaga kestabilan harga ikan kerapu yang menjadi bahan pokok Kabupaten Langkat.

4. Pasar Terapung Lembang, Jawa Barat

Sebagai salah satu tempat wisata di Bandung, Lembang juga memiliki pasar terapung bernama Lembang Floating Market. Pasar terapung ini merupakan pasar terapung modern.

Pasar terapung Lembang juga berhasil menarik perhatian wisatawan. Pasar Terapung ini berdiri di atas lahan seluas 7,2 km dan memiliki konsep yang cukup unik karena memadukan berbagai tema yaitu edukasi, bermain, dan gastronomi.

Selain itu, terdapat rumah rekreasi dengan gaya arsitektur unik yang menambah daya tarik Pasar Terapung Lembang. Pasar terapung ini buka setiap hari mulai pukul 08.00 hingga 21.00 dan paling banyak dikunjungi wisatawan pada akhir pekan.

5. Pasar Terapung Nusantara

Ada juga pasar terapung di Jawa Timur yaitu Pasar Terapung Nusantara yang berlokasi di Kota Batu, Malang, Jawa Timur. Layaknya pasar tradisional pada umumnya, pengunjung Pasar Terapung Nusantara dapat menemukan berbagai kebutuhan sehari-hari, seperti sayur dan buah-buahan, makanan pokok, perlengkapan rumah tangga, dan masih banyak lagi.

Di sini, pengunjung juga bisa menyewa perahu untuk berkeliling Pasar Terapung Nusantara.

Source: news.google.com

Related Articles

Back to top button