Berita Wisata

5 Rekomendasi Wisata Curug di Banyumas yang Sering Menarik Perhatian Pengunjung Solopos.com

Solopos.com, BANJUMAS — Banyumas merupakan salah satu kabupaten di Jawa Tengah yang menawarkan berbagai wisata menarik. Secara geografis Kabupaten Banyumas merupakan daerah berbukit atau berbukit, salah satunya Gunung Slamet yang terkenal.

Berkat keunggulan letak geografisnya, menciptakan berbagai destinasi wisata alam yang menakjubkan. Tak sedikit di antaranya menarik perhatian wisatawan domestik maupun mancanegara.

Promo Promosi Menarik, Menginap di Loa Living Solo Baru Bisa Nonton Netflix Sepuasnya!

Di Banyumas terdapat banyak cascade atau air terjun dengan keunikan keindahan alamnya. Diantara sekian banyak air terjun, sangat cocok sebagai alternatif untuk menghabiskan liburan bersama teman dan keluarga.

Berikut beberapa rekomendasi destinasi wisata air terjun di Banyumas yang bisa Anda kunjungi.

1. Air Terjun Ceheng

Wisata alam di Curug Ceheng banyak diminati kalangan remaja yang suka camping dan sangat nyaman untuk rekreasi keluarga. Terletak di kabupaten Sumbang, di ujung timur kota Purwokerto, tepatnya di kabupaten Sumbang, sekitar 9 kilometer jauhnya.

Ketinggian Curug Ceheng sekitar 600 meter di atas permukaan laut membuat suhu udara di sekitarnya sangat sejuk. Daya tarik air terjun ini memiliki keindahan alam yang luar biasa.

Air di Curug Ceheng sangat jernih sehingga airnya sangat sejuk dan dapat menambah keseruan saat bermain air. Apalagi tumbuhan pakis di sekitar air terjun membuat pemandangan semakin menawan.

Di sekitar Curug Ceheng banyak pedagang yang menjajakan aneka jajanan kepada wisatawan. Makanannya pun beragam, mulai dari pecel, minuman ringan, dan aneka jajanan lainnya.

2. Air Terjun Carang

Berbeda dengan Curug Ceheng, Curug Carang ini masih cukup tersembunyi. Hal ini membuat tempat wisata ini sedikit dikunjungi wisatawan.

Solopos Quiz - Asah Otak Asyik

Air Terjun Carang ini terletak di Desa Kemutung Kidul, Kecamatan Baturaden, Kabupaten Banyumas, Provinsi Jawa Tengah.

Meski tersembunyi, pesona keindahan Curug Carang memang tak tertandingi. Air terjun ini juga memiliki dua jenis air terjun dengan ketinggian yang berbeda. Air terjun pertama tingginya sekitar 30 meter. Sedangkan yang kedua sekitar 10 meter.

Selain itu, tumbuhan lumut yang hidup liar di sekitar lokasi air terjun sangat memanjakan mata bagi semua orang yang melihatnya.

3. Air Terjun Cipendok

Air Terjun Cipendok terletak di Dusun II Lebaksiu Karanganyar, Karangtengah, Kecamatan Cilongok, Kabupaten Banyumas. Jarak dari pusat kota sekitar 25 km dan dapat ditempuh menggunakan kendaraan roda dua atau empat.

Air Terjun Cipendok merupakan salah satu air terjun yang paling banyak diminati wisatawan. Ada banyak spot foto yang menarik untuk dicoba di sini.

Air terjun ini sudah dikelola dengan baik sehingga fasilitas yang didapatkan juga sangat memuaskan antara lain tempat parkir yang nyaman, mushola, cottagedaerah keluar, dan lain-lain.

Tak hanya itu, air terjun ini juga memiliki banyak hewan langka di sekitarnya. Anda bisa melihat burung elang Jawa berputar-putar di sekitar tempat ini atau hewan endemik Purwokerto yaitu monyet abu-abu.

Flashback 2022 - Emagz Solopos

Di sini Anda juga bisa merasakan sensasi segarnya udara pegunungan. Wisatawan yang datang bisa menikmati kesejukan air terjun Cipendok sambil mandi atau bermain di tepi kolam.

4. Air Terjun Gomblang

Curug Gomblang terletak di Desa Kalisalak, Kecamatan Kedungbanteng, Kabupaten Banyumas. Air terjun ini menawarkan keindahan air terjun yang jatuh dari ketinggian dan kemudian Anda akan disambut oleh angin sejuk dan air jernih yang mengalir dari ketinggian.

Pihak pengelola Curug Gomblang sudah banyak melakukan pengembangan di berbagai fasilitas. Dalam berbagai tempat selfie untuk wisatawan, misalnya dibangun jembatan ke tempat selfie atau foto dengan teman yang berkunjung.

Curug Gomblang merupakan salah satu objek wisata alam yang masih terjaga kelestariannya. Hal ini terlihat pada keadaan airnya yang tidak pernah surut sepanjang tahun. Selain itu, airnya sangat jernih dan tanpa limbah.

Dengan ketinggian sekitar 50 meter dan kolam utama yang tidak terlalu dalam, pengunjung bebas bermain air di bawah air terjun.

5. Air Terjun Baturaden

Seperti namanya Curug Telu, di sini pengunjung bisa menikmati tiga air terjun sekaligus dengan pemandangan alam yang sungguh memanjakan mata. Air terjun ini memiliki tiga aliran yang terdiri dari satu air terjun besar dan dua air terjun kecil.

Anda akan menyaksikan keindahan air terjun yang saling berbatasan dan dihiasi dengan tumbuhan hijau, hijau lumut dan tumbuhan paku yang menghiasi kawasan Curug Telu.

Cerita tunggal

Ditambah dengan adanya batu-batu kecil yang bisa digunakan untuk bermain batu korek api dan ada batu-batu besar untuk melompat di sisi air terjun. Ada juga kolam renang dengan kedalaman enam meter jika ingin berendam.

Uniknya, di balik air terjun ini juga terdapat tebing yang menjadi tempat berlindung kelelawar liar untuk tidur sambil berlindung dari terik matahari.

Lokasi wisata air terjun Telu ini berada di desa Karangsalam, kecamatan Baturaden, Kabupaten Banyumas.

Lihat berita dan artikel lainnya di berita Google

Simak berbagai berita pilihan dan update dari Solopos.com di grup Telegram “Berita Solopos.com Terbaru”. Klik tautannya kemudian bergabung/bergabung. Pastikan Anda telah menginstal aplikasi Telegram di ponsel Anda.

Source: news.google.com

Related Articles

Back to top button