Berita Wisata

5 tempat bermain yang dulunya ramai sekarang sepi jadi kuburan

Jakarta, CNBC Indonesia – Taman bermain atau theme park kerap menjadi pilihan destinasi wisata bagi sebagian orang. Taman bermain ini menawarkan banyak tema, mulai dari wisata bahari hingga tema permainan untuk menguji adrenalin.

Sayangnya, pandemi Covid yang melanda dunia pada tahun 2020 berdampak pada sektor taman bermain. Beberapa taman bermain terpaksa ditutup secara permanen karena mereka tidak mampu lagi membayar biaya operasional ketika mereka kehilangan pengunjung

Berikut sejumlah tempat wisata yang dulunya ramai dan kini sepi seperti makam.

IKLAN

Gulir untuk melanjutkan konten

1. Taman Air Snowbay





Pekerja melakukan desain proyek revitalisasi Taman Mini Indonesia Indah (TMII), Senin (24/1/2022).  Waterpark Snowbay dulunya dikenal sebagai wahana favorit anak-anak, sayangnya karena COVID-19 kolam dengan berbagai wahana harus ditutup selama hampir 2 tahun.  Beberapa kondisi fisik yang terabaikan dapat diamati di lokasi ini, mulai dari pintu masuk tiket dan rak penyimpanan.  Kondisi Snowbay Water Park saat ini memang terabaikan karena sudah lama ditutup.  Sejumlah kolam dibiarkan saja hingga airnya keruh.  Ditemukan juga toko-toko yang menjual peralatan renang dan memasak juga tutup.  Dikutip dari tamanmini.com, Snowbay Waterpark awalnya dirancang khusus sebagai taman rekreasi petualangan kelas dunia dengan konsep gunung salju.Taman seluas 3 hektar ini dibangun pada tahun 2008 dan diresmikan oleh Presiden Yayasan Harapan Kita, Hj.  Siti Hardiyati Rukmana pada 19 April 2009. Sebelumnya, taman ini adalah Taman Rekreasi Ambar Tirta.  (CNBC Indonesia/Tri Susilo)Foto: State of SnowBay Water Park di Taman Mini Indonesia Indah (TMII), Senin (24/1/2022). (CNBC Indonesia/Tri Susilo)

Destinasi waterpark yang berada di kawasan Taman Mini Indonesia Indah ini terpaksa dihentikan operasionalnya setelah merebaknya pandemi Covid-19 dan TMII resmi diambil alih oleh pemerintah.

Saat masih beroperasi, Snowbay Water Park sangat ramai karena fasilitas bermainnya lengkap. Di antara mereka, dua wahana yang paling terkenal adalah Hurricane slide dan Cool Running.

Seiring dengan renovasi TMII, informasinya, waterpark Snowbay yang sudah 2 tahun tidak beroperasi akan dialihfungsikan menjadi area parkir.

2. Desa Gajah





Keadaan desa gajah terbengkalai Wonderland tahun 2019. (Yudha Maulana/detikcom)Foto: Keadaan desa gajah terbengkalai Wonderland tahun 2019. (Yudha Maulana/detikcom)
Keadaan desa gajah terbengkalai Wonderland tahun 2019. (Yudha Maulana/detikcom)

Tempat wisata Kampung Gajah Wonderland yang terletak di Kabupaten Bandung Barat ini ditutup sejak 2017 karena pailit. Daerah itu dibiarkan begitu saja.

Alhasil, taman hiburan unik yang sempat hits di zamannya ini kini terlihat terabaikan dan angker. Hal ini tak ayal dimanfaatkan oleh para wisatawan pecinta horor untuk mencari spot foto di sana.

Kawasan wisata keluarga seluas 60 hektar ini pernah dipagari patung gajah di pinggir jalan sebagai ikonnya. Tempat ini juga menawarkan wahana hiburan dan taman air.

3. Taman Remaja Surabaya





Taman Remaja Surabaya.  (Deny Prastyo Utomo/detikcom)Foto: Taman Remaja Surabaya. (Deny Prastyo Utomo/detikcom)

Surabaya Youth Park sempat menjadi kebanggaan warga Surabaya. Pengunjung dapat menikmati 20 wahana di sini. Kini taman hiburan yang berdiri sejak tahun 1971 ini ditutup oleh pemerintah kota setempat karena kerjasama dengan pengelola telah berakhir.

Eksistensi Taman Pemuda Surabaya sudah benar-benar berakhir sejak tahun 2018. Namun menurut kesaksian warga sekitar, mereka masih senang mendengar riuhnya keramaian dan alunan musik TRS di malam hari yang seakan hidup kembali.

4. Taman Air Fantasi Depok





Kendaraan melintas di kawasan pembangunan perumahan di GDC, Depok, Jawa Barat, Selasa (10/8).  Taman rekreasi air yang dulunya Aladin Waterpark ini berhenti beroperasi dan menggantikan pembangunan Cluster baru.  Dampak pandemi telah memukul pemain taman hiburan dan water boom dengan sangat keras.  Sektor ini memang sangat dekat dengan keramaian dan tidak menjaga jarak sosial.  Tempat wisata yang mengusung nuansa Timur Tengah telah mengubah konstruksi rumah.  Depok Fantasy Waterpark adalah pelopor taman hiburan air di kota Depok.  Demikian penjelasan resmi di halaman Facebook Grup SMR 2019, selaku pengelola.  Destinasi ini didirikan pada tanggal 8 Agustus 2008, dengan berbagai atraksi mulai dari perosotan besar, perosotan anak-anak, ember jebakan dan lain-lain.  Menurut salah satu pedagang yang berjualan di depan kawasan tersebut, pembangunan rumah ini baru dilakukan beberapa bulan lalu. Foto: Proyek pembangunan perumahan yang dulunya merupakan Game Center, Aladdin Waterpark. (CNBC Indonesia/Muhammad Sabki)

Depok Fantasi Water Park atau yang juga dikenal dengan Aladdin Water Park dikabarkan ditutup setelah tersandung akibat pandemi. Pelopor taman rekreasi air di Kota Depok Jawa Barat ini bahkan sudah diruntuhkan karena akan dialihfungsikan menjadi kompleks bangunan.

Padahal, sebelum ditutup, taman air Aladdin yang didirikan pada 2008 silam ini selalu ramai dikunjungi pengunjung, terutama anak-anak. Mengusung nuansa Timur Tengah, waterpark yang luas ini memiliki beragam wahana mulai dari seluncuran, air mancur, ember terbalik dan masih banyak lagi.

5. Taman Festival Bali

Dulu, Taman Festival Bali ramai dikunjungi wisatawan lokal maupun mancanegara, kini tempat rekreasi ini lebih populer dijadikan sebagai spot foto tempat-tempat terbengkalai. Tanaman rambat, semak belukar, dan coretan yang memenuhi tempat ini memberikan kesan seram sekaligus eksotis.

Terletak tidak jauh dari Pantai Sanur, Bali, tempat ini dianggap sebagai taman festival yang populer saat itu. Namun, karena krisis, Festival Taman harus ditutup pada 1999 ketika baru dibuka selama dua tahun.

Menariknya, setelah terbengkalai, Bali Festival Park justru menjadi tempat wisata horor karena suasananya yang mencekam. Bahkan, pengunjung yang ingin wisata horor di sini dikenakan biaya masuk sebesar Rp 10.000.

[Gambas:Video CNBC]

(hsy/hsy)

Source: news.google.com

Related Articles

Back to top button