Berita Wisata

5 Tempat Wisata Dekat Masjid Sheikh Zayed Solo, Ada Pabrik Gula Legendaris

Suara.com – Sejak diresmikan oleh Presiden Joko Widodo pada Senin (14/7/2022), Masjid Sheikh Zayed Solo selalu ramai dikunjungi pengunjung yang mengagumi kemegahan bangunannya.

Masjid yang disebut-sebut sebagai replika Masjid Agung Sheikh Zayed di Abu Dhabi ini diperkirakan menelan biaya hingga Rp 312 miliar dan semua biaya tersebut ditanggung oleh pemerintah Uni Emirat Arab (UEA). Presiden Uni Emirat Arab, Mohamed bin Zayed Al Nahyan (MBZ) juga hadir dalam peresmian tersebut.

Jika ingin mengunjungi Masjid Sheikh Zayed Solo, di sekitarnya juga terdapat beberapa tempat wisata yang tak kalah menarik untuk dikunjungi.

Rekomendasi tempat wisata dekat Masjid Sheikh Zayed Solo

Baca Juga: Persiapan Pernikahan Selesai, Kaesang Akan Undang 3.000 Tamu ke Resepsi

1. Candi Mangkunegaran

Sama-sama berada di Kabupaten Banjarsari, Anda bisa singgah di Candi Mangkunegaran untuk berwisata sejarah.

Bangunan tunggal ini sudah ada sejak tahun 1757. Saat itu, KGPAA Mangkunegara II memesan tata letak yang menggabungkan gaya tradisional Jawa dan Eropa.

Di dalam Pura Mangkunegaran, Anda bisa melihat berbagai koleksi alat musik, perhiasan, wayang, dan peninggalan sejarah lainnya.

2. Kampung Batik Kauman

Baca Juga: CEK FAKTA: Presiden Turki Lebih Pilih Jabat Tangan Anies Daripada Jokowi di KTT G20, Benarkah?

Tertarik melihat bagaimana batik dibuat dari dekat? Cobalah berkunjung ke Kampung Batik Kauman.

Di sini Anda bisa menyusuri gang-gang dengan bangunan khas yang sebagian besar merupakan ruang pamer batik. Selain melihat atau mencoba melakukannya, tentunya Anda juga bisa membeli oleh-oleh batik Solo di sana.

3. Keraton Surakarta Hadiningrat

Perjalanan ke Solo tidak lengkap tanpa mengunjungi tempat ini. Di Keraton Surakarta Hadiningrat, Anda bisa mengajari si kecil tentang sejarah, beserta peninggalannya.

Kawasan Keraton Surakarta Hadiningrat meliputi Alun-alun Kidul, Alun-alun Lor, Siti Hinggil Lor dan Kidul, Kemandungan Lor dan Kidul, Sasana Sumewa, Kedaton dan Kamatangan.

Masjid Agung Sheikh Zayed di Gilingan, Solo, Jawa Tengah, Senin (14/11/2022). [ANTARA FOTO/Mohammad Ayudha/YU]Masjid Agung Sheikh Zayed di Gilingan, Solo, Jawa Tengah, Senin (14/11/2022). [ANTARA FOTO/Mohammad Ayudha/YU]

4. Pabrik Gula Tjolomadoe

Tempat wisata dekat Masjid Sheikh Zayed Solo selanjutnya adalah Pabrik Gula De Tjolomadoe. Seperti namanya, gedung yang dibangun pada tahun 1861 ini awalnya merupakan pabrik gula. Namun, selama lebih dari 20 tahun, eksploitasi kilang gula terhenti.

Saat ini, bangunan berdesain Eropa tersebut telah disulap menjadi tempat wisata yang menarik bagi wisatawan.

5.Grojogan Sewu

Rekomendasi tempat wisata di dekat Masjid Syekh Zayed Solo ini akan membawa Anda ke suatu tempat yang sejuk dan jauh dari hiruk pikuk kota, tepatnya Grojogan Sewu.

Berada di Karanganyar, air terjun ini masih cukup mudah dijangkau dengan sepeda motor. Tak hanya mendengarkan langsung gemuruh air alam, di sini Anda juga bisa menikmati pemandangan sekitar yang tak kalah indah.

Kontributor: Hillary Sekar Pawestri

Source: news.google.com

Related Articles

Back to top button