Berita Wisata

6 Tempat Terbaik Melihat Ombak di Gunungkidul

Ada begitu banyak pantai di Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Namun, diantara banyaknya pantai tersebut terdapat beberapa tempat terbaik untuk melihat deburan ombak dari ketinggian.

Tak hanya ombak, dari tempat ini pengunjung juga disuguhi pemandangan alam yang menawan dan sunset yang cantik bak lukisan lho. Dimana dia? Inilah lima destinasi favorit untuk melihat ombak di Gunungkidul!

1. Bukit Paralayang Watu Gupit

6 Tempat Terbaik Untuk Melihat Ombak Di Gunungkidul, Rasanya BedaBukit Paralayang Watugupit (instageam.com/gulu_girapah)

Tempat paling populer di kalangan wisatawan untuk mencari pemandangan pantai yang indah dan romantis adalah Bukit Paralayang Watugupit. Bukit ini berhadapan langsung dengan pantai Parangtritis, sehingga Anda bisa leluasa melihat deburan ombak dan panorama alam yang menakjubkan saat berada di sini.

Bukit Paralayang selalu ramai terutama di sore hari, karena banyak pemburu senja yang setia menunggu matahari terbenam untuk mengikuti kontes.

Lokasi: Watugupit, Giricahyo, Purwosari, Gunungkidul.

2. Pantai Kesirat

6 Tempat Terbaik Untuk Melihat Ombak Di Gunungkidul, Rasanya BedaPantai Kesirat (instagram.com/nrlfebry2)

Berbeda dengan pantai-pantai lain di Gunungkidul, Pantai Kesirat/Tanjung Kesirat sama sekali tidak memiliki wilayah berpasir. Sehingga ombak dari pantai langsung menghantam dinding tebing yang mengelilingi pantai ini. Banyak pengunjung yang datang ke sini untuk mengabadikan indahnya panorama pantai di kawasan Girikarto ini. Keunikan lain dari pantai ini adalah adanya satu pohon yang bertengger di tepi tebing. Pohon ini merupakan objek foto yang menarik, terutama saat matahari terbenam.

Selain sebagai tempat wisata, disini juga dijadikan sebagai spot memancing batu oleh nelayan. Bukan hanya nelayan di Yogyakarta, tapi juga di luar daerah.

Lokasi: Girikarto, Panggang, Gunungkidul

3. Pantai Widodaren

6 Tempat Terbaik Untuk Melihat Ombak Di Gunungkidul, Rasanya BedaPantai Widodaren (instagram.com/ganyadisurya)

Pantai Widodaren merupakan pantai di Gunungkidul yang masih asri karena belum terpengaruh pembangunan. Pantai ini terdiri dari pasir putih, tebing yang ditumbuhi rerumputan hijau dan rimbunnya pepohonan di tepi pantai.

Pantai Widodaren sering menjadi tempatnya berkemah, karena suasananya masih tenang. Ditambah dengan pemandangan ombak laut yang cukup tenang dan semilir angin yang sepoi-sepoi. Tak heran banyak yang betah disini mengabadikan pemandangan alam Pantai Widodaren atau nongkrong menunggu sunset.

Lokasi: Kanigoro, Saptosari, Gunungkidul, Yogyakarta.

Baca Juga: Pantai Kayu Arum Gunungkidul: Informasi Lokasi, Harga Tiket & Tips

4. Bukit Karang Pantai Indrayanti

6 Tempat Terbaik Untuk Melihat Ombak Di Gunungkidul, Rasanya BedaBukit Karang (instagram.com/dianpradita77)

Coral Hills merupakan tebing tinggi yang memisahkan Pantai Indrayanti dengan pantai-pantai lain di kawasan Gunungkidul. Untuk mendaki bukit tersebut telah ditata jalan setapak untuk memudahkan para wisatawan mendaki.

Selain itu kamu bisa melihat pantai dari atas, kamu bisa duduk-duduk santai di gazebo-gazebo yang ada di sini. Banyak juga spot foto keren yang dibuat pengelola untuk menambah daya tarik bukit kecil ini. Mengunjungi Coral Hills adalah alternatif aktivitas lain yang bisa Anda lakukan saat mengunjungi Pantai Indrayanti.

Lokasi: Ngasem, Sidoharjo, Tepus, Gunungkidul

5. Pantai Wediombo

6 Tempat Terbaik Untuk Melihat Ombak Di Gunungkidul, Rasanya BedaPantai Wedi Ombo (instagram.com/bayupanjifirmansyah)

Pantai Wediombo tidak hanya memiliki pasir putih, tetapi juga terumbu karang dan laguna yang indah. Laguna merupakan genangan air laut yang diapit oleh bebatuan dan letaknya tidak jauh dari pantai. Banyaknya bebatuan di pantai Wediombo bukan tanpa alasan karena dulunya tempat ini merupakan kawasan vulkanik tua.

Tak heran jika pantai ini menjadi salah satu tujuan wisata yang eksotik dan indah karena keunikannya. Selain itu, banyaknya bebatuan di Pantai Wediombo membawa berkah tersendiri bagi para pecinta memancing batu yang sering menangkap ikan disini.

Lokasi: Pendowo, Jepitu, Girisubo, Gunungkidul

6. Pantai Kukup

6 Tempat Terbaik Untuk Melihat Ombak Di Gunungkidul, Rasanya BedaPantai Kukup (instagram.com/mawarins)

Pantai Kukup sering disebut mirip dengan Tanah Lot, Bali, lho. Karena terdapat sebuah bukit kecil di tengah laut yang di atasnya terdapat gazebo atau gubuk. Untuk menuju ke sana, pengunjung harus melewati jembatan panjang berwarna biru. Tempat ini sering digunakan pengunjung untuk berfoto dan singgah sejenak mengagumi pemandangan alam Pantai Kukup yang menawan.

Selain objek wisata tersebut, Pantai Kukup juga memiliki pasir putih dan ombak yang tidak terlalu besar sehingga cukup menyenangkan untuk dijadikan tujuan liburan.

  • Lokasi: Kemadang, Tanjungsari, Gunungkidul

Karena letaknya yang cukup tinggi dibandingkan dengan daratan lainnya, tempat-tempat ini menjadi tempat terbaik untuk berburu pemandangan laut khas pantai selatan Yogyakarta. Dari semua tempat di atas, mana yang pernah kamu kunjungi?

Baca Juga: 7 Pantai Dengan Spot Mancing Terbaik Di Gunungkidul, Hidden Gems!

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform menulis. Semua karya tulis sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis.

Source: news.google.com

Related Articles

Back to top button