Berita Wisata

7 Aktivitas Seru di Pantai Peyuyon Gunungkidul Syahdu!

Gunungkidul merupakan salah satu kabupaten Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) yang menawarkan berbagai wisata pantai eksotis. Ada banyak pantai tersembunyi dengan berbagai potensi wisata menarik, termasuk Pantai Peyuyon.

Lokasi pantai ini berada di Desa Kanigoro, Kapanewon Saptosari, Kabupaten Gunungkidul, DIY. Terletak di sebelah pantai populer lainnya di Gunungkidul. Berikut beberapa aktivitas seru yang bisa kamu lakukan di Pantai Peyuyon!

1. Surganya para pemancing

7 Aktivitas Seru di Pantai Peyuyon Gunungkidul Syahdu!Pantai Peyuyon (Instagram.com/jogjajateng)

Pantai Peyuyon merupakan salah satu pantai di Gunungkidul yang menawarkan tempat memancing eksotis. Tak heran jika pantai ini ramai dikunjungi wisatawan yang gemar memancing.

Biasanya pengunjung membawa alat tangkap sendiri. Ada tugas favorit yang biasa dipilih, seperti di dekat tebing atau di sekitar pantai. Selain wisatawan, warga setempat juga menggunakan alat khusus untuk menangkap ikan dan lobster di bawah tebing bebatuan di antara bebatuan Pantai Peyuyon.

Nah, bagi Anda yang ingin berlibur sambil menyalurkan hobi memancing, Pantai Peyuyon adalah tempat yang tepat untuk melakukan itu semua. Namun jangan lupa untuk membawa alat pancing dan umpan sendiri karena tidak ada tempat persewaan di sekitar pantai.

2. Tempat terbaik untuk berkemah dan mendirikan tenda

7 Aktivitas Seru di Pantai Peyuyon Gunungkidul Syahdu!Pantai Peyuyon (Instagram.com/pantai.jogja)

Berkemah di pantai Peyuyon adalah sesuatu yang harus Anda coba karena pantai ini menawarkan panorama alam yang sangat menawan. Lokasi pantai yang berada di lereng bukit akan memberikan pemandangan yang menyegarkan dengan banyaknya pandan di sekitar pantai.

Anda bisa berkemah di beberapa tempat di pantai Peyuyon, seperti di hamparan pasir pantai, dekat goa di sisi barat tebing atau di puncak bukit Widodaren yang tidak jauh dari bibir pantai.

Saat ombak tidak terlalu besar, Anda bisa berkemah di gua atau di pantai. Namun, jika ombaknya cukup besar, sebaiknya jangan mendirikan tenda di dekat pantai karena kemungkinan besar tenda akan diterjang ombak. Jika ombak sedang besar, yang paling direkomendasikan adalah berkemah di atas bukit.

3. Permainan pasir

7 Aktivitas Seru di Pantai Peyuyon Gunungkidul Syahdu!Pantai Peyuyon (Instagram.com/visitdiy)

Pantai Peyuyon memiliki tekstur pasir putih yang halus, sehingga Anda bisa berjalan di atasnya meski bertelanjang kaki. Apalagi pantai Peyuyon diapit oleh tebing tinggi dan perbukitan di kanan dan kirinya, sehingga memberi kesan bahwa pantai ini tersembunyi.

Di sini Anda bisa melakukan berbagai hal, seperti jalan-jalan di pinggir pantai, bermain pasir atau piknik di pinggir pantai. Tapi pastikan untuk bermain di pasir yang jauh dari air laut, ada banyak tempat yang bisa anda pilih salah satunya yang berada di dekat tebing karena aman dan tidak begitu panas.

Baca Juga: Pantai Lolang Gunungkidul: Informasi Lokasi, Harga Tiket & Tips Liburan

4. Jelajahi Bukit Widodaren

7 Aktivitas Seru di Pantai Peyuyon Gunungkidul Syahdu!Pantai Peyuyon (Instagram.com/kotawonosari)

Pantai Peyuyon terletak di sebelah pantai Widodaren. Setelah puas menjelajahi pantai dan bermain pasir, Anda bisa melakukan aktivitas lain yang cukup menantang dan menyenangkan, yaitu mendaki bukit Widodaren. Bukit ini merupakan perbatasan antara pantai Widodaren dan pantai Peyuyon.

Dari atas Bukit Widodaren, Anda akan disuguhkan pemandangan laut yang menawan, dari sini Anda bisa melihat seluruh permukaan laut dan pantai dengan lebih jelas. Selain itu, Anda juga bisa berfoto dan mendirikan tenda serta menyaksikan sunset dengan jelas

5. Cari Spot Foto Instagrammable

7 Aktivitas Seru di Pantai Peyuyon Gunungkidul Syahdu!Pantai Peyuyon (Instagram.com/ridwannur234)

Ada banyak tempat di mana Anda dapat melakukannya tempat foto di kawasan Pantai Peyuyon ini. Dari view sekitar pantai, view sunset, view di goa, view dari atas Bukit Widodaren, tempat sekitar tebing, dan masih banyak lagi tempat foto-foto menarik bisa Anda dapatkan dengan berkunjung ke sini.

Jadi tidak ada salahnya membawa beberapa perlengkapan pribadi untuk hunting foto agar lebih asyik dan estetik. Selain itu, karena pantai ini masih tergolong tenang, Anda bisa melakukan pemotretan dengan leluasa layaknya berada di pantai. pantai pribadi!

6. Jelajahi gua

7 Aktivitas Seru di Pantai Peyuyon Gunungkidul Syahdu!Pantai Peyuyon (Instagram.com/exploregunungkidul_)

Kegiatan lain yang tak kalah seru yang bisa Anda lakukan di Pantai Peyuyon adalah berjalan-jalan di sekitar gua. Gua Pantai Peyuyon memang tidak begitu dalam, namun cukup membuat penasaran.

Gua ini unik dan memiliki bentuk yang menyerupai sebuah lengkungan. Di sini Anda juga bisa berfoto hingga berkemah di dalam gua.

7. Lihat matahari terbenam

7 Aktivitas Seru di Pantai Peyuyon Gunungkidul Syahdu!Pantai Peyuyon (Instagram.com/journey_traveling)

Salah satu kegiatan yang pasti tidak boleh Anda lewatkan di pantai adalah menyaksikan matahari terbit dan terbenam, terutama jika Anda sedang berkemah di sini. Perpaduan indah pemandangan perbukitan, deburan ombak dan hamparan pasir putih serta bebatuan yang tersebar di pantai membuat pemandangan alam semakin indah dan menakjubkan. Menyaksikan sunset dengan berbagai panorama dari Pantai Peyuyon pasti akan membuat aktivitas liburan Anda semakin berkesan dan menyenangkan.

Menghabiskan liburan di pantai dengan melakukan berbagai aktivitas menarik tentunya merupakan aktivitas liburan yang diimpikan sebagian besar orang untuk menghilangkan penat dan stress. Di atas adalah beberapa aktivitas menarik yang bisa Anda coba di Pantai Peyuyon. Selamat berlibur!

Baca Juga: Pantai Peyuyon Gunungkidul: Informasi Lokasi, Harga Tiket & Tips

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform menulis. Semua karya tulis sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis.

Source: news.google.com

Related Articles

Back to top button