Berita Wisata

7 Daya Tarik Pantai Porok Tempat Wisata Indah di Gunungkidul

Pantai Porok Gunungkidul merupakan salah satu pantai terindah yang tersembunyi di balik perbukitan. Pantai ini terletak di Desa Kemadang, Tanjungsari, Kabupaten Gunungkidul.

Letak pantai ini berdekatan dengan Pantai Sepanjang dan Pantai Lolang di sebelah barat dan Pantai Kukup di sebelah timur.

Tempat ini merupakan tempat wisata yang benar-benar indah dan patut dikunjungi karena memiliki pesona dan pesona yang luar biasa. Beberapa Pesona Pantai Porok yang Bisa Anda Jadikan Referensi Tempat Liburan Anda!

1. Pemandangan tebing dan perbukitan karst yang menghijau

7 Tempat Wisata Pantai Porok, Tempat Wisata Indah di Gunungkidul  Pantai Porok Gunungkidul (Instagram.com/inigunungkidul_id)

Seperti pantai-pantai lain di Gunungkidul, Pantai Porok dikelilingi tebing hijau dan perbukitan karst yang masih alami. Di pantai ini, Anda akan disuguhi pemandangan tebing yang menjulang tinggi. Hal inilah yang menambah pesona pantai dengan tampilannya yang sangat alami.

2. Pemandangan pepohonan di sekitar pantai yang teduh

7 Tempat Wisata Pantai Porok, Tempat Wisata Indah di Gunungkidul  Pantai Porok Gunungkidul (Instagram.com/pantai_porok)

Pantai Porok memiliki suasana yang asri dan tenang karena dikelilingi oleh pepohonan yang hijau, salah satunya di jalan pantai. Pepohonan di pantai ini menambah kesan alami dan memberikan efek menyegarkan dan sejuk bagi pengunjung.

Wisatawan bisa bersantai, berfoto dan bermain sambil berteduh di bawah pohon yang rindang. Di sepanjang pantai juga terdapat bebatuan yang bisa digunakan untuk bermain.

Baca Juga: Pantai Porok Gunungkidul: Lokasi, Rute, Harga dan Tips Liburan

3. Memiliki garis pantai yang landai

7 Tempat Wisata Pantai Porok, Tempat Wisata Indah di Gunungkidul  Pantai Porok, Gunungkidul (Instagram.com/dewi_rhmd)

Salah satu daya tarik Pantai Porok adalah memiliki garis pantai yang landai sehingga relatif aman bagi pengunjung untuk melakukan aktivitas air seperti berenang atau sekedar bermain air di pantai. Selain itu, ombak yang cukup tenang juga membuat suasana lebih nyaman untuk bersantai.

Pantai ini juga memiliki pantai pasir putih halus yang memungkinkan pengunjung untuk bermain sepak bola atau voli.

4. Memiliki area rumput laut yang bagus

7 Tempat Wisata Pantai Porok, Tempat Wisata Indah di Gunungkidul  Pantai Porok Gunungkidul (Instagram.com/ardillahrsydn)

Pantai Porok memiliki kawasan khusus ganggang hijau yang menjadi salah satu daya tarik utama. Di sini wisatawan bisa langsung melihat dan memegang rumput laut yang menempel di bebatuan di sekitar pantai. Tumbuhan ganggang ini bisa Anda lihat dengan lebih jelas saat air laut surut.

Rumput laut tersebut dimanfaatkan oleh masyarakat setempat sebagai tanaman pangan dan sarana penghidupan. Selain itu, Anda juga bisa menyaksikan langsung warga yang sedang memanen rumput laut.

5. Terdapat ruang terbuka untuk berkemah

7 Tempat Wisata Pantai Porok, Tempat Wisata Indah di Gunungkidul  Pantai Porok, Gunungkidul (Instagram.com/marselina_lika)

Jika Anda sedang mencari tempat berkemah yang sepi dan tenang bisa anda coba di pantai ini yang memiliki ruang terbuka dengan banyak pohon cemara disekitarnya. Sayangnya pantai ini belum memiliki tempat untuk menyewa perlengkapan camping, untuk itu anda harus membawa perlengkapan berkemah dari Rumah.

Baca juga: Wajib Coba! Itulah 5 makanan khas Gunungkidul

6. Bisa dijadikan tempat trekking

7 Tempat Wisata Pantai Porok, Tempat Wisata Indah di Gunungkidul  Pantai Porok Gunungkidul (Instagram.com/berandajogja)

Pantai Porok yang terletak di balik perbukitan membuat akses menuju pantai cukup sulit. Wisatawan tidak bisa memarkir kendaraannya langsung di Pantai Porok, melainkan harus ditinggal di kawasan Pantai Panjang atau Pantai Kukup. Untuk menuju pantai Porok, Anda harus berjalan menyusuri perbukitan karst yang cukup tinggi. Untuk itu, Pantai Porok cocok dijadikan sebagai lokasi melakukan perjalanan.

Selama perjalanan, Anda akan menemukan pemandangan alam yang indah berupa deburan ombak, perbukitan karst hingga perkebunan melon warga setempat.

7. Indahnya pemandangan matahari terbit dan terbenam

7 Tempat Wisata Pantai Porok, Tempat Wisata Indah di Gunungkidul  Pantai Porok Gunungkidul (Instagram.com/pantai_porok)

Seperti halnya pantai pada umumnya, pantai Porok juga menjadi salah satu incaran para pemburu matahari terbenam dan Matahari terbit di Gunungkidul. Tempat ini menawarkan pemandangan yang bagus. Selain itu, momen ini bisa lebih baik kamu abadikan karena di Pantai Porok pemandangan matahari terbit dan terbenam sangat jelas dan terlihat sangat dekat.

Itulah beberapa objek wisata Pantai Porok yang tak kalah menarik dengan pantai-pantai populer lainnya di Gunungkidul. Pantai Porok bisa menjadi tujuan wisata alternatif bagi Anda yang menginginkan suasana tenang dan asri. Selamat berlibur!

Baca Juga: 5 Objek Wisata Pantai Peyuyon, Permata Tersembunyi Eksotis di Gunungkidul

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform menulis. Semua karya tulis sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis.

Source: news.google.com

Related Articles

Back to top button