Berita Wisata

7 Spot Estetika Paling Favorit di Gunung Semeru 0: Infografis Foto Okezone

Jumat 09 Desember 2022 19:35 WIB

GUNUNG Semeru merupakan gunung yang sangat populer di kalangan pendaki Indonesia. Gunung yang memiliki ketinggian 3.676 meter di atas permukaan laut (mdpl) ini memiliki beberapa tempat estetika yang sangat menarik, karena itu kawasan gunung ini tidak pernah sepi dari wisatawan.

Baca juga: 5 Gunung Indonesia Berada di Tengah Laut

Selain itu, popularitas Gunung Semeru melejit saat film “5cm” diluncurkan pada tahun 2012. Film tersebut menampilkan berbagai tempat indah di kawasan Gunung Semeru sehingga menarik banyak orang untuk mengunjunginya.

Nah, berikut 7 spot estetis Gunung Semeru yang paling favorit:

1. Ranu Kumbolo

Ranu Kumbolo adalah salah satu tempat terindah dan terkenal di Gunung Semeru. Ranu Kumbolo sendiri merupakan danau yang sangat indah dengan panorama alam yang luar biasa.

Telaga seluas 15 hektar ini menjadi persinggahan para pendaki, sebelum melanjutkan pendakian untuk melihat matahari terbit yang bisa dilihat dari balik bukit.

Baca juga: 4 Gunung Terpendek di Dunia

2. Kalimat

Kalimati adalah sungai yang sudah tidak ada airnya lagi. Air tersebut hanya ada saat musim hujan dan menyatu dengan aliran lahar dari Gunung Semeru.

Kalimati menawarkan pemandangan padang rumput dengan semak belukar dan hamparan edelvis seluas 20 hektar. Daerah ini dikelilingi oleh hutan alam dan buku-buku rendah. Pesona alam yang luar biasa menjadikan Kalimati salah satu situs estetika Gunung Semeru.

3. Desa Ranupani

Desa Ranu Pani merupakan titik awal pendakian Gunung Semeru. Ranu Pani memiliki panorama alam yang sangat indah dan estetis. Selain itu, masyarakat suku Tengger yang tinggal di desa tersebut sangat ramah. Tempat ini berada di ketinggian 2.100 meter di atas permukaan laut.

4.Ranu Regulo

Ranu Regulo letaknya tidak jauh dari Ranu Pani. Apalagi Ranu Regulo juga memiliki keindahan alam yang sangat estetis. Karena Ranu dipenuhi pepohonan yang menjulang tinggi seolah-olah merupakan tonggak alam yang membuat Ranu Regulo tetap sunyi. Selain itu, di tepi danau, Anda bisa melihat begitu banyak anggrek hijau yang membuat tempat ini semakin estetis.

5. Air Terjun Tumpak Sewu

Air terjun ini terletak di Desa Sidomulyo, Kecamatan Pronojiwo. Keunikan air terjun ini adalah memiliki ketinggian sekitar 120 meter dan memiliki 1.000 mata air. Menurut beberapa informasi, Air Terjun Tumpak Sewu merupakan air terjun terindah di Pulau Jawa dan Indonesia. Karena pesonanya yang eksotik, tempat ini menjadi salah satu spot estetik favorit para wisatawan.

6. Suka Mendaki

Incline of Love merupakan salah satu spot estetik yang banyak dikunjungi pendaki. Karena selain keindahan pemandangannya, lereng yang memiliki kemiringan hampir 45 derajat ini juga memiliki mitos yang sangat unik tentang nasib cintanya.

7. Oro-oro ombo

Oro-Oro Ombo adalah tempat di mana terdapat hamparan bunga verbena yang mekar pada waktu-waktu tertentu, mengubah sabana menjadi “lautan” ungu yang indah dipandang mata.

Bunga ini tumbuh memenuhi sabana seluas 20 hektar, dimana pada pagi hari bunga verbena akan membiaskan cahaya berkilauan seperti kristal karena terbawa embun.

Source: news.google.com

Related Articles

Back to top button