Tempat Wisata

8 Kuliner Legendaris Malang yang Masih Populer Hingga Saat Ini!

Berkunjung ke Kota Malang belum lengkap rasanya tanpa mengisi perut dengan mencicipi kuliner legendaris Malang yang pasti nikmat. Pasalnya Malang menawarkan banyak jenis kuliner yang sudah dikenal sejak dahulu kala dan tak lekang oleh waktu hingga saat ini.

Meski kuliner Malang banyak terdapat di setiap sudut kota, namun masih ada masyarakat yang ragu untuk menemukan kuliner di kota ini. Oleh karena itu, rekomendasi berikut ini bisa Anda jadikan referensi saat mencari kuliner legendaris saat berkunjung ke Kota Malang.

Rekomendasi kuliner legendaris di Malang yang wajib Anda coba

Bagi Anda yang berkunjung ke Kota Malang, wisata kuliner adalah suatu keharusan. Sebab di Kota Malang banyak terdapat kuliner legendaris yang mampu menggiurkan lidah dan pastinya mengenyangkan perut.

1. Sate roti

Sate Gebug merupakan salah satu legenda kuliner di Kota Malang yang sangat terkenal dan memiliki banyak pengikut. Sate ini berbeda dengan sate pada umumnya yang dikenal masyarakat umum karena mempunyai ciri khas rasa tersendiri.

Kuliner Malang yang satu ini banyak dicari karena tekstur dagingnya yang jauh lebih lembut dan berasal dari daging sapi pilihan. Setelah itu, daging sapi diolah dengan baik dan dibumbui hingga dicerna sehingga memberikan rasa yang sangat gurih.

Salah satu tempat yang menjual Sate Gebug khas Malang adalah Warung Sate Gebug yang terletak di Jl. Basuki Rachmat No. 113A Kota Malang. Warung sate legendaris ini sudah berdiri sejak tahun 1920 dan saat ini dibanderol dengan harga Rp 25.000 hingga 30.000 per porsi.

2. Puthu Lanang

Anda yang menyukai jajanan tradisional wajib mencoba salah satu kuliner legendaris di Malang yaitu Kue Puthu Lanang. Kue tradisional yang berbahan dasar tepung beras, gula merah, dan kelapa ini diolah dengan cara yang unik.

Jika ingin menikmati nikmatnya kue Puthu Lanang, datang saja ke gerai Puthu Lanang Celaket yang sudah berdiri sejak tahun 1935. Lokasi outletnya di Jl. Jaksa Agung Suprapto 73, tepat di Gang Buntu RT 03, Klojen, Kota Malang.

Meski lokasinya berada di gang yang cukup sempit, namun toko ini selalu ramai dikunjungi pembeli, baik warga lokal maupun wisatawan. Selain menjual kue puthu, gerai Puthu Lanang Celaket juga menjual berbagai jajanan tradisional seperti lupis, klepon, dan cenil.

3. Sego Resek

Kuliner legendaris di Kota Malang selanjutnya adalah Sego Resek yang dalam bahasa Indonesia artinya nasi sampah. Nama nasi sampah dipilih karena penyajian nasi dan lauknya terlihat semrawut dan tidak beraturan.

Meski penyajiannya kurang meyakinkan, namun cita rasa Sego Resek tidak perlu diragukan lagi. Pasalnya nasi tersebut dimasak dengan bumbu khusus dan disajikan dengan berbagai lauk pauk seperti mie, telur, irisan daging ayam, tauge, dan kol.

Nasi Goreng Resek Pak Man sudah ada sejak tahun 1959 dan menjadi salah satu destinasi kuliner di Malang yang masih eksis hingga saat ini. Pengalaman kuliner Nasi Resek ini bisa Anda coba dengan langsung menuju lokasi outlet di Jl. datang. Brigjen Katamso, Distrik Kasin. Klojen, kota Malang.

4. Pecel Kawi

Rekomendasi kuliner legendaris di Malang lainnya adalah Hj.Musilah yang sudah berdiri sejak tahun 1975. Warung ini merupakan salah satu destinasi kuliner terpopuler di Kota Malang dan cocok dikunjungi untuk sarapan maupun makan siang.

Dalam satu porsi Pecel Anda mendapatkan menu lengkap yang terdiri dari nasi, sayur mayur, dan tempe mendol yang di atasnya diberi bumbu kacang spesial. Jangan lupa untuk menambahkan peyek sebagai pelengkap yang semakin menambah cita rasa kuliner Malang.

Untuk makan lengkap, harga seporsi kuliner pecel kawi ini cukup murah yakni mulai dari Rp 10.000. Jangan lupa luangkan waktu untuk mengunjungi stand Pecel-Kawi Hj. musik di jl Kawi Atas No. 43B Kauman, Kec. Klojen, Kota Malang, buka mulai pukul 06:00 hingga 18:00 WIB.

5. Toko Oen Es Krim

Toko Oen merupakan salah satu kuliner legendaris di Malang yang sayang untuk dilewatkan. Restoran ini sudah berdiri sejak tahun 1930 dan menjual es krim yang rasanya tidak berubah sejak saat itu. Tak heran, kedai es krim Oen tetap populer di kalangan warga Malang hingga saat ini.

Kebohongan Jl Jenderal Basuki Rachmat 5, Kec. Kauman. Klojen, Kota Malang, restoran ini masih memiliki suasana nyaman dengan ciri khas masa lalu. Jam buka mulai pukul 08.00 hingga 20.00 WIB. Jadi jangan sampai terlambat untuk menikmati menunya.

Selain es krim, restoran ini menyajikan berbagai menu lezat seperti banana split, loempia, Vleeskrotje met Senf (kroket dengan saus mustard) dan Kippen Brood Met Senf (adonan ayam dengan saus mustard).

6. Rawon Gulung

Restoran kuliner legendaris Rawon Nguling terletak di Jl. Zainul Arifin No.62, Kec. Klojen, kota Malang. Tempat ini sudah berdiri sejak tahun 1942 dan masih menjadi kuliner favorit hingga saat ini. Tak heran, Depo Rawon selalu ramai dikunjungi pengunjung yang ingin menikmatinya.

Dengan racikan bumbu yang unik, cita rasa kuliner Malang ini sangat kaya akan bumbu, sehingga siapapun yang mencobanya pasti akan ketagihan. Depot Rawon Nguling menawarkan dua pilihan menu, Rawon reguler dan Rawon Dhengkul.

7. Kurva dan sudut titoni

Rekomendasi kuliner legendaris di Malang berikutnya adalah Ronde dan Angsle Titoni yang sudah ada sejak tahun 1948. Kuliner khas ini juga cocok disantap malam hari karena khasiatnya yang mampu menghangatkan tubuh dari dinginnya angin malam.

Dari pukul 18.00 hingga 12.00, toko Titoni selalu dipenuhi pelanggan yang ingin menikmati putaran dan sudutnya. Toko Ronde dan Angsle Titoni berlokasi di Jl. Zainul Arifin No. 17, Sukoharjo-Klaten, Kota Malang.

8. Lontong Tahu Lonceng

Didirikan pada tahun 1935, Lontong Tahu Lonceng masih menjadi pilihan kuliner legendaris di kota Malang dan masih digemari hingga saat ini. Karena lokasinya yang berada di kawasan Alun-Alun Kota Malang, toko ini selalu ramai dikunjungi pecinta kuliner.

Satu porsi tahu lontong terdiri dari lontong, potongan tahu, telur, tauge, ketimun, dan kerupuk, di atasnya diberi kuah terasi yang memiliki cita rasa khas. Perpaduan seluruh komponen rasa yang terkandung di dalamnya membuat siapapun yang mencobanya langsung jatuh hati.

Jika anda berkunjung ke kota Malang, anda wajib mampir untuk mencicipi kuliner malang yaitu tahu dan lonceng lonceng. Datang saja ke lokasi di Jl. RE Martadinata No. 66, Kotalama, Kec. Kedungkandang, kota Malang.

Menutup

Malang merupakan kota dengan seribu satu kuliner yang tak pernah gagal menggoda lidah dan perut Anda. Bagi wisatawan, rekomendasi kuliner legendaris Malang yang disebutkan di atas bisa menjadi referensi untuk mencari kuliner terbaik di Kota Malang.

Source: www.tempatwisata.pro

Related Articles

Back to top button