Tempat Wisata

8 Tips Memilih Kursi Kereta Api Agar Tidak Menyerah

8 Tips Memilih Kursi Kereta Api Agar Tidak Menyerah

Kereta api merupakan moda transportasi yang populer di seluruh dunia. Baik dalam perjalanan sehari-hari, perjalanan jarak jauh, atau petualangan liburan, kursi kereta yang nyaman dan praktis sangatlah penting. Bagi sebagian orang, memilih tempat duduk di kereta bisa menjadi hal yang penting, apalagi jika ingin menghindari tempat duduk yang terkesan mundur.

Saat ini kereta api di Indonesia juga semakin ditingkatkan dengan menawarkan kualitas dan kenyamanan terbaik. Namun, perjalanan seringkali terhenti karena pemilihan kursi yang salah. Pada beberapa jenis kereta api, khususnya Kelas Ekonomi, tempat duduknya tidak dapat ditukar. Tempat duduknya sering kali sejajar dengan kecepatan kereta. Hal ini membuat kereta terasa seperti berjalan mundur.

Tips memilih tempat duduk di kereta agar tidak berjalan mundur

Untuk menghindari kursi menghadap ke belakang, harap perhatikan tips berikut ini:

Perhatikan nomor tempat duduk dan arah perjalanan kereta

Hal pertama dan terpenting untuk menghindari kereta yang terkesan berjalan mundur adalah dengan mengetahui terlebih dahulu arah kecepatan kereta. Untuk kereta tujuan timur, pilih kursi bernomor ganjil, mis. B.1, 3, 5 dst.

Sebaliknya, jika kereta menuju ke barat, pilihlah nomor kursi genap. Seperti 2,4,6 dan seterusnya. Biasanya, ada pertentangan antara bilangan ganjil dan genap. Misalnya angka 24 mengacu pada 23, angka 20 mengacu pada 19, dan seterusnya.

Pesan tiket sesegera mungkin

Salah satu cara terbaik untuk mendapatkan kursi yang tidak akan dipindahkan adalah dengan memesan tiket kereta api Anda sesegera mungkin. Memesan tiket jauh sebelum keberangkatan biasanya memberi Anda akses lebih baik untuk memilih kursi yang sesuai dengan preferensi Anda. Selain itu, jika Anda memesan tiket lebih awal, Anda akan memiliki lebih banyak kursi yang tersedia.

Gunakan aplikasi dan situs resmi operator kereta

Sebagian besar operator kereta memiliki situs web dan aplikasi resmi tempat Anda dapat memilih sendiri tempat duduk Anda. Ini adalah cara efektif untuk menghindari seringnya kursi mundur. Pada saat melakukan pemesanan, Anda dapat melihat peta kursi dan memilih kursi yang strategis. Beberapa situs web bahkan menyediakan informasi ketersediaan kursi secara real-time.

Pilih tempat duduk di dekat mobil pertama atau terakhir

Tempat duduk di dekat gerbong pertama atau terakhir kereta cenderung lebih stabil dibandingkan tempat duduk di tengah. Sebab, getaran yang dihasilkan mesin dan roda biasanya kurang terasa di bagian depan dan belakang. Cobalah untuk memilih tempat duduk di salah satu dari dua tempat ini untuk menghindari perasaan tidak nyaman saat mundur.

Hindari kursi di dekat toilet atau dapur

Duduk di sebelah toilet atau dapur kereta api dapat menyebabkan ketidaknyamanan. Penumpang sering beraktivitas di kawasan ini dan berisiko menimbulkan bau tak sedap. Selain itu, ruang duduk di dekat toilet seringkali terbatas. Oleh karena itu, sebaiknya hindari kursi-kursi tersebut jika ingin menghindari rasa bungkuk.

Pertimbangkan kursi kelas premium atau bisnis

Kereta biasanya menawarkan kelas yang berbeda, termasuk Ekonomi, Premium, dan Bisnis. Kursi kelas premium atau bisnis cenderung lebih lebar, nyaman, dan kecil kemungkinannya untuk direbahkan karena jumlah penumpang dalam gerbong yang sama lebih sedikit. Sekalipun harganya lebih tinggi, pengalaman perjalanan yang lebih nyaman akan sepadan.

Manfaatkan ulasan dan rekomendasi online

Sebelum Anda memesan tiket kereta api, gunakan ulasan dan rekomendasi online. Banyak penumpang kereta api berbagi pengalamannya saat memilih tempat duduk dan memberikan saran tempat duduk mana yang sebaiknya dihindari. Situs web dan forum perjalanan adalah sumber informasi yang bagus untuk memahami kondisi tempat duduk di berbagai rute dan maskapai penerbangan.

Pertimbangkan kebutuhan pribadi

Setiap orang mempunyai kebutuhan yang berbeda-beda. Misalnya, jika Anda memiliki mobilitas terbatas atau memerlukan akses mudah ke toilet, Anda mungkin perlu memilih tempat duduk lain. Pertimbangkan kebutuhan pribadi Anda dan pastikan kursi yang Anda pilih memenuhi preferensi dan kenyamanan Anda.

Saat memilih tempat duduk di kereta agar tidak melorot, rumus nomor kursi ganjil genap menjadi poin terpenting. Pilih angka ganjil atau genap tergantung arah kecepatan kereta. Beberapa pengguna kereta api mengklaim bahwa rumus tersebut cukup akurat.

Dengan mempertimbangkan faktor-faktor seperti waktu pemesanan, lokasi tempat duduk, kelas tiket, dan rekomendasi online, Anda dapat membuat perjalanan kereta Anda lebih nyaman dan menyenangkan. Ingatlah untuk selalu memeriksa kebijakan dan fasilitas operator kereta Anda sehingga Anda dapat mengambil pilihan yang tepat berdasarkan kebutuhan Anda. Kami harap tips ini akan membantu Anda dalam perjalanan kereta Anda berikutnya!

Source: travelandword.com

Related Articles

Back to top button