Tempat Wisata

8 tips tidur nyenyak di pesawat

8 tips tidur nyenyak di pesawat

Tidur di pesawat seringkali menjadi pengalaman yang tidak menyenangkan bagi banyak orang. Keterbatasan ruang, kebisingan, dan gangguan lainnya membuat tidur di pesawat menjadi tugas yang sulit bagi sebagian besar penumpang. Namun, tidur yang cukup dalam penerbangan jarak jauh sangat penting untuk menjaga kesehatan dan kesejahteraan Anda selama perjalanan. Untuk membantu Anda tidur nyenyak di pesawat, berikut beberapa tips yang bisa Anda coba.

Di sini Anda akan menemukan tips untuk tidur nyenyak di pesawat

1. Pilih tempat duduk dekat jendela atau lorong

Saat memesan tiket pesawat, pertimbangkan untuk memilih tempat duduk dekat jendela atau lorong. Tempat duduk dekat jendela memberi Anda dinding untuk bersandar agar tidur lebih nyaman. Sebaliknya, kursi di lorong menawarkan lebih banyak ruang dan memudahkan akses ke toilet.

2. Gunakan bantal dan selimut

Sebagian besar maskapai penerbangan menyediakan bantal dan selimut bagi penumpang. Gunakan kesempatan ini untuk meningkatkan kenyamanan tidur Anda. Jika bantal dan selimut yang disediakan terlalu tipis, Anda juga bisa membawa bantal leher dan selimut sendiri.

3. Kenakan pakaian yang nyaman

Kenakan pakaian yang longgar dan nyaman. Hindari pakaian ketat yang dapat mengganggu tidur Anda. Selain itu, pastikan untuk mengenakan pakaian hangat karena suhu di pesawat sering kali lebih rendah.

4. Gunakan penyumbat telinga atau headset peredam bising

Kebisingan dari mesin pesawat dan penumpang lain dapat sangat mengganggu tidur Anda. Menggunakan penyumbat telinga atau headset peredam bising dapat membantu mengurangi gangguan kebisingan dan memastikan tidur lebih nyenyak.

5. Hindari kafein dan alkohol

Kafein dan alkohol dapat mengganggu tidur Anda. Hindari minuman berkafein seperti kopi atau minuman berenergi, terutama sebelum tidur. Alkohol juga harus dihindari karena dapat mengganggu siklus tidur Anda.

6. Gunakan obat tidur

Beberapa orang merasakan manfaat menggunakan alat bantu tidur seperti penyumbat telinga atau headphone berinsulasi. Hal ini dapat membantu mengurangi gangguan kebisingan dari penumpang lain atau suara keras mesin pesawat.

7. Istirahat sebelum penerbangan

Usahakan istirahat yang cukup sebelum penerbangan. Kurang tidur terlebih dahulu bisa membuat tidur di pesawat semakin sulit. Usahakan cukup tidur beberapa hari sebelum keberangkatan.

8. Lakukan peregangan dan gerakan ringan

Sering-seringlah berpindah selama penerbangan, terutama jika Anda memiliki penerbangan yang panjang. Peregangan ringan dan berdiri dalam jangka waktu lama dapat membantu mengurangi kekakuan otot dan meningkatkan sirkulasi darah. Anda juga bisa melakukan gerakan-gerakan kecil di kursi agar tubuh Anda tetap nyaman.

Source: travelandword.com

Related Articles

Back to top button