Tempat Wisata

7 Gudeg Jogja yang terkenal rasanya enak

Pencinta kuliner pasti sudah tidak asing lagi dengan makanan khas yang menjadi icon kota Jogja. Gudeg Jogja selalu menjadi pilihan utama saat berkunjung ke Jogja. Makanan yang agak manis ini terbuat dari nangka muda yang dipadukan dengan telur, suwiran ayam, sambal krecek, tahu dan tempe. Pasti sangat menggugah selera bukan?

Nah, kali ini ada rekomendasi Gudeg Jogja yang terkenal dan tentunya wajib kamu kunjungi untuk sekedar mencicipi atau dijadikan oleh-oleh. Mari kita lihat beberapa di antaranya sekarang.

1

Rasa gudegnya manis dan gurih dengan berbagai macam lauk pauk, tempatnya juga nyaman untuk bersantap. Foto: Gmaps/Rudyanto A. Wibisono

Gudeg Yu Djum Wijilan 167 Jogja

Sebagian besar warga Yogyakarta pasti sudah tidak asing lagi dengan gudeg yang satu ini. Gudeg Yu Djum terkenal dengan keasliannya yang menjaga cita rasa resep dari generasi ke generasi. Tersedia dalam kemasan besek atau kendil, Gudeg Yu Djum dikenal tidak cepat basi.

Ada telur dadar, ati ampela, ayam, dan tempe tahu. Masakan legendaris ini juga digemari wisatawan hingga tokoh dan artis nasional. Rasa gudegnya manis dipadukan dengan krecek pedas yang khas. Ada juga berbagai lauk pauk yang bisa dipilih yang tak kalah enaknya.

Baca: 7 Angkringan Jogja Enak dan Murah

2

Salah satu tempat makan yang menawarkan pengalaman bersantap yang berbeda di mana pembeli berbaris tepat di dapur. Foto: Gmaps/Mutia Putri

Gudeg Pawon

Restoran ini sudah ada sejak tahun 1958 dan sudah dijalankan secara turun-temurun. Tidak di etalase toko, uniknya gudeg ini disajikan langsung di dapur. Makanya disebut Gudeg Pawon. Pawon dalam bahasa Jawa berarti dapur. Dapurnya juga masih tradisional dengan tungku kayu bakar.

Anda harus segera mencium aroma harum rempah-rempah di sini. Berbeda dengan Gudeg Jogja yang umumnya memiliki rasa manis, Gudeg Pawon memiliki rasa gurih. Warnanya coklat kemerahan seperti gudeg lainnya, namun rasanya tidak terlalu manis. Setiap porsi Gudeg Pawon disajikan dengan sambal krecek goreng.

Baca: 7 Wisata Kuliner Jogja Legendaris yang Wajib Kamu Coba!

3

Gudegnya pasti enak, rasa krecek pedasnya selalu bikin ketagihan. Foto: Gmaps/Wen Suwanto

Gudeg Permata Bu Narti Jogja

Jika Anda mencari Gudeg dengan rasa yang sedikit pedas, Gudeg Permata Bu Narti bisa menjadi pilihan yang tepat. Rasa sedikit pedas berasal dari Krecek. Meski begitu, rasa asli gudeg yang gurih dan manis masih bisa dirasakan di lidah. Gudeg ini sudah ada sejak tahun 1961 dan menjadi salah satu yang legendaris di Yogyakarta.

Gudeg Permata menyajikan gudeg basah yang spesialnya ada pada kuahnya. Kuah gudeg di sini gurih, ditambah sambal krecek dengan kuahnya. Ada juga daun singkong hijau dan sambal tempe.

4

Berbeda dengan gudeg pada umumnya, gudeg di sini sangat pedas, sehingga rasanya lebih enak. Foto: Gmaps/Linda Sastradi

Gudeg Mercon istri Tinah

Diketahui bahwa restoran ini sudah ada sejak tahun 1992. Tempat makan mungkin hanya warung kecil, tapi tidak pernah sepi pembeli. Rasa manis gudeg masih bisa dirasakan, ditambah kuah areh yang gurih.

Namun, sensasi pedasnya langsung terasa saat mencicipi petasan yang ditaburkan di atas nasi. Nah petasan ini jadi andalan tempat ini. Yaitu tempe sayur dengan potongan cabai hijau. Apalagi ditambah dengan bumbu krecek dan cabai rawit yang rasanya sangat pedas. Pokoknya cocok buat pecinta makanan pedas!

5

Tempat makannya nyaman dan bersih, ayam bakar atau bebek panggangnya enak, cocok untuk lauk makan gudeg. Foto: Gmaps/Bernard Bernard

Gudeg Sagan Jogja

Gudeg sagan adalah gudeg basah yang menyajikan ayam kampung sebagai lauk utamanya. Untuk memperkuat rasa, Gudeg mendapatkan cukup banyak areh di tempat ini. Rasa pedas kreceknya juga pas banget.

Lauk lainnya di Gudeg Sagan adalah hati ampela, tahu, tempe, telur dan uritan. Bahkan, ada juga pilihan bubur krecek. Tidak seperti tempat lain, semua hidangan di sini tidak menggunakan MSG sama sekali.

6

Rasa gudeg disini tidak terlalu manis tapi gurih, tempatnya leshan, cocok disantap bersama teman-teman sambil menikmati suasana Jogja. Foto; Gmaps/ahmad waskitho aji

Gudeg Bromo Bu Tekluk

Rasa gudeg di tempat ini agak gurih dan tidak terlalu manis. Meski rasanya umumnya berbeda dengan Gudeg Jogja, warung makan ini tidak pernah sepi pembeli. Bahkan, pengunjung harus rela mengantre untuk mencicipi cita rasa gurih yang menjadi ciri khas gudeg ini.

Harga gudeg bervariasi tergantung pilihan lauknya, namun tentunya tetap ramah di kantong. Gudeg Bromo Bu Tekluk buka dari pukul 23.00 WIB hingga subuh. Bahkan, pembeli biasanya mengantri karena toko belum buka.

7

Tempatnya sederhana tapi rasanya dijamin juara. Menariknya, pembeli bisa memilih menikmati gudeg dengan nasi atau bubur. Foto: Gmaps/Elsi Rumawati

Gudeg ibu kota

Makan empat buah ini bisa menjadi pilihan saat Anda tiba-tiba merasa lapar di malam hari. Pasalnya, Gudeg di ibu kota buka pada pukul 20.30-05.00 WIB.

Disini ada gudeg basah dengan kuah yang gurih dan banyak pilihan lauk pauknya. Selain ayam dan telur, ada juga ceker ayam dan aneka sate khas Jogjas Angkringan. Pembeli dapat memilih untuk disajikan dengan nasi atau oatmeal. Hebat, bukan?

Source: travelspromo.com

Related Articles

Back to top button