Tempat Wisata

Pantai Bandengan Jepara – atraksi, aktivitas liburan, lokasi dan harga tiket

Pemandangan, aktivitas liburan, lokasi & harga tiketPantai Bandengan salah satu wisata laut terpopuler di Jepang yang menyuguhkan keindahan alam yang mempesona dan banyak spot foto keren.

harga tiket: Rp 5.000, Waktu aktif: 24 jam, Alamat: Bandengan, Kec. Jepara, Kab.Jepara, Jawa Tengah; map: Cek lokasi

Berbicara tentang pantai di wilayah Jawa Tengah, khususnya Jepara, nama Tirto Samudro atau yang sekarang dikenal dengan Pantai Bandengan merupakan salah satu destinasi wisata yang paling diminati. Lokasinya yang berhubungan langsung dengan pariwisata Long Island semakin menarik wisatawan ke sana.

Begitu Anda memasuki kawasan wisata ini, Anda langsung disambut dengan pemandangan indah pepohonan yang menjulang di sekitar pantai dan udaranya yang begitu sejuk. Sebuah pemandangan seperti wisata pantai di pulau Bali, memanjakan wisatawan dengan keindahan dan kenyamanan.

Pantai Bandengan sangat bersih, jarang terlihat sampah. Hal ini tak lepas dari kinerja petugas kebersihan yang rajin menegur pengunjung jika ketahuan membuang sampah sembarangan. Para petugas ini juga secara rutin membersihkan lokasi pantai dari sampah atau puing-puing.

Daya Tarik Pantai Bandengan

Tempat Wisata di Pantai BandenganKredit foto: Bos Google Maps Badry

Wisata pantai di Jepara memang tidak setenar Pantai Kartini, khususnya Karimunjawa. Namun, pantai ini sangat populer karena memiliki banyak hal menarik untuk dijelajahi saat Anda berkunjung ke sini. Berikut beberapa tempat wisata yang ditawarkan Pantai Bandengan.

1. Taman yang indah di pantai

Salah satu daya tarik pantai ini yang tidak akan Anda temukan di pantai lainnya adalah adanya taman yang indah di tepi pantai. Suasana sejuk dan asri akan membuat Anda semakin rileks saat berada di sini. Anda akan merasa lebih tenang saat bersantai di taman ini.

2. Pesta Unik

Sebuah festival sering diadakan di pantai, yang cukup unik. Hal ini tentunya menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan domestik maupun mancanegara. Festival yang diadakan antara lain Festival Lumbon, Festival Layang-layang, Kompetisi Motocross dan Festival Perahu.

3. Perjalanan olahraga air

Salah satu spot paling populer di Pantai Bandengan yaitu fasilitasnya olahraga Air. Bagi Anda yang menyukai olahraga air, pantai ini dilengkapi dengan beberapa olahraga air diantaranya: Jet ski, jet pack, banana boat, ikan terbang air dan ombak buatan bagi pecinta selancar. Wahana yang berbeda ini menambah keseruan liburan Anda.

4. Paviliun di pantai

Bagi wisatawan yang penat setelah seharian beraktivitas di pantai, atau yang sebenarnya memiliki tujuan liburan pantai untuk bersantai menyegarkan Santai saja, gazebo di pinggir pantai bisa jadi alternatif. Anda bisa menikmati indahnya panorama di sekitar pantai sambil bersantai, merasakan semilir angin yang sejuk dan bergoyang di gazebo yang nyaman ini.

Alamat dan rute menuju lokasi Pantai Bandengan

Alamat PantaiBandenganSumber gambar: Google Maps Afrina Fajar

Pantai Bandengan terletak di Desa Bandengan, Kabupaten Jepara, 7 km dari pusat Kota Jepara, Jawa Tengah. Letak pantai ini tidak jauh dan berada di sisi timur kota Semarang. Akses menuju wisata ini sudah baik dan dapat digunakan dengan kendaraan roda dua, roda empat dan bus wisata.

Para wisatawan tidak perlu khawatir dengan keselamatan, kenyamanan dan keamanan perjalanan menuju tempat pantai ini. Karena selain kondisi jalan yang bagus, jalan menuju tempat wisata ini sudah tercover oleh aplikasi GPS dan terdapat banyak penunjuk arah.

Rute yang perlu Anda tempuh untuk menuju tempat wisata pantai ini dari pusat kota adalah menuju Jalan Jepara. Hanya dalam 10 menit Anda akan mencapai pertigaan yang mengarah ke gerbang masuk Pantai Bandengan.

Namun, jika Anda berangkat dari Semarang, percepat kendaraan menuju Jalan Yos Sudarso lalu lanjutkan menuju Demak dengan mengambil jalur kiri yaitu jalur Kudus-Semarang yang merupakan jalan ramai terutama pada saat musim liburan.

Ikuti jalan Demak Welahan menuju jalur Jepara-Kudus. Dari sini Anda bisa melihat rambu-rambu yang dipasang di beberapa titik jalan dan menuju tempat wisata. Rute dari Semarang ini memakan waktu sekitar 2 jam perjalanan.

Harga Tiket Masuk Pantai Bandengan Jepara

Harga Tiket Masuk Pantai Bandengan JeparaSumber Gambar: Google Maps Kang Antok

Untuk bisa masuk ke resort pantai tersebut, harga yang diperhitungkan bisa dibilang cukup terjangkau. Harga tiket untuk anak-anak dan dewasa berbeda-beda. Selain itu, harga tiket juga dipengaruhi oleh waktu kunjungan, misalnya Sabtu-Minggu dan Senin-Jumat yang memiliki harga tersendiri.

Tiket masuk untuk anak-anak adalah Rp 2.000 pada hari kerja dan Rp 3.000 pada hari Sabtu dan Minggu. Untuk dewasa, tiket masuknya Rp 5.000 di hari biasa dan Rp 7.000 di akhir pekan.

Harga tiket masuk yang ditawarkan belum termasuk biaya lain seperti sewa wahana, termasuk biaya parkir kendaraan. Untuk biaya parkir kendaraan roda dua yaitu sekitar Rp 2.000, Rp 4.500 untuk mobil dan Rp 10.000 untuk bus.

Jika ingin menikmati wahana seperti banana boat, Anda hanya perlu menyiapkan Rp 30.000/orang. Selain itu, ada wahana jet ski yang bisa disewa dengan tarif Rp 60.000/15 menit dan Rp 10.000 untuk donat ban. Dengan harga yang masih relatif terjangkau, bisa mengunjungi pantai ini pasti akan membuat Anda puas bukan?

Hal menarik yang bisa dilakukan di Pantai Bandengan

Hal menarik yang bisa dilakukan di Pantai BandenganSumber gambar: Google Maps Virra Ariez

1. Berenang

Keindahan pantai dengan air yang jernih dan cukup tenang serta pasir putih akan menggoda Anda untuk berenang dan bermain pasir di destinasi ini. Berkat airnya yang jernih, Anda bisa melihat ikan berwarna-warni dan biota laut lainnya saat berenang di Pantai Bandengan.

Pengelola pantai juga menawarkan penyewaan pelampung. Ada dua jenis pelampung yang disewakan, pelampung ban yang terbuat dari ban dalam bekas dan pelampung bebek. Harga sewanya cukup murah, hanya sepuluh ribu rupiah.

2. Berlayar dengan ATV dan kano

Pantainya yang cukup panjang dan area yang cukup luas membuat wisata pantai ini sangat menarik. Anda bisa berkeliling pantai menggunakan ATV yang disewakan di sekitar pantai.

Puas menjelajahi daratan, Anda juga bisa mengelilingi perairan pantai dengan sampan, yang juga tersedia untuk disewa di pantai ini. Anda bahkan bisa menyeberang ke pulau tak berpenghuni yang sering disebut Pulau Panjang.

3. Berburu foto

Pantai Bandengan memiliki banyak tempat menarik yang bisa dijadikan objek atau background foto. Anda dapat menjelajahi keindahan alam seperti saat-saat matahari terbenam melalui rekaman kamera. Selain itu, di pantai ini Anda juga bisa berfoto dengan latar tempat atau wahana menarik seperti gazebo, banana boat, gelombang laut dan lainnya.

4. Wisata kuliner

Selain keindahan pantainya, Anda juga bisa berwisata kuliner laut di waktu senggang dengan wisata pantai yang indah ini. Karena banyak sekali warung makan yang berada di sekitar lokasi pantai. Harganya cukup terjangkau, menu yang disajikan juga enak. Jadi, saat Anda berkunjung ke pantai ini, jangan takut kelaparan karena banyak sekali kuliner yang menarik untuk dicoba.

Penginapan murah dekat Pantai Bandengan

Penginapan murah dekat Pantai BandenganSumber gambar: Google Maps Afrina Fajar

Lokasi pinggir pantai yang tidak terlalu jauh dari pusat kota, cukup memudahkan wisatawan untuk mencari penginapan. Bahkan di kawasan pantai terdapat beberapa penginapan yang cukup nyaman dengan harga yang terjangkau. Berikut beberapa penginapan di sekitar Pantai Bandengan.

1. Hotel Pantai Bandengan

Hotel ini terletak di kawasan pantai. Jaraknya hanya sekitar 408 meter dari pantai, yaitu di Jalan Tirto Samudro, Bandengan. Hotel 3 lantai ini mengusung konsep modern minimalis. Harga yang ditawarkan juga murah, mulai dari Rp 175.000,00/malam.

Lokasi hotel ini juga dekat dengan tempat wisata lainnya, pusat kota dan PS Alta Resto yang sudah begitu populer. Hotel dengan harga murah namun menawarkan banyak fasilitas untuk menawarkan kenyamanan pengunjung. Beberapa fasilitas tersebut adalah layanan kamar dan keamanan 24 jam, ruang pertemuan dan lain-lain.

Hotel ini sangat direkomendasikan untuk anda yang sedang berlibur backpacker. Tetap nyaman meski dengan harga murah.

2. Premiere Hotel d’Season

Terletak di Jalan Wisata, Jepara, hotel ini hanya berjarak 231 meter dari Pantai Bandengan. Dapatkan pemandangan pantai yang menakjubkan dari kamar sewaan Anda dengan istirahat hotel ini.

Hotel yang mengutamakan kenyamanan, kebersihan dan ketertiban ini memiliki harga mulai dari Rp 675.000,00/malam. Agak mahal memang tapi sepadan dengan kenyamanan dan kepuasan yang akan Anda dapatkan selama Anda tinggal di sini.

Fasilitas d’season Premiere Hotel antara lain: spa, fitness center, outdoor pool dan masih banyak lagi yang lainnya. Jika Anda mencari liburan ala sultan maka hotel ini bisa menjadi pilihan.

3. Palm Beach Resort Jepara

Berada di Jalan Tirta Samudra, Jepara, bisa menjadi rekomendasi menarik saat Anda berada di Pantai Bandengan. Hotel ini terletak pada jarak yang sangat dekat dengan pantai, yaitu hanya sekitar 100 meter. Menawarkan akses yang mudah dan dekat dengan Alun-Alun Jepara dan beberapa objek wisata menarik lainnya di kota ini.

Resor Palm Beach yang cantik ini menawarkan fasilitas yang cukup lengkap. Di sini Anda dapat menikmati fasilitas seperti fasilitas pertemuan, WiFi gratis, resepsionis, keamanan 24 jam, layanan binatu, kolam renang, biliar, dan banyak lainnya.

Dengan berbagai fasilitas yang ditawarkan, hotel ini mematok harga mulai dari Rp 472.500,00/malam. Cukup terjangkau untuk sebuah hotel dengan kualitas yang cukup baik.

Fasilitas yang tersedia di Pantai Bandengan Jepara

Fasilitas Pantai Bandengan di JeparaKredit foto: Google Maps Vania Hugeng

Wisata pantai populer di Jepara ini telah menyediakan fasilitas umum yang cukup lengkap. Hal ini bertujuan untuk memberikan kenyamanan kepada para wisatawan yang datang. Adanya fasilitas tersebut tidak hanya memberikan kenyamanan tetapi juga kemudahan bagi wisatawan untuk memenuhi segala kebutuhannya selama berlibur di pantai ini.

Fasilitas yang tersedia di tempat wisata ini bisa dibilang cukup lengkap. Di sini Anda akan menemukan fasilitas seperti kamar kecil, fasilitas pencuci piring yang jumlahnya cukup banyak, mushola, persewaan sajadah, restoran, akomodasi, pusat oleh-oleh, tempat penitipan anak dan lain-lain.

Demikian ulasan tentang Wisata Pantai Bandengan Jepara. Tempat wisata yang wajib dikunjungi saat berkunjung ke Jawa Tengah, khususnya Jepara. Semoga ulasan ini cukup memberikan informasi untuk Anda dan bisa menjadi referensi salah satu destinasi wisata yang akan Anda kunjungi nanti.

Source: www.pesisir.net

Related Articles

Back to top button