Tempat Wisata

Pantai Sadranan Gunung Kidul – Atraksi, Aktivitas, Tempat dan Harga Tiket

harga tiket: Rp 10.000, Waktu aktif: 24 jam, Alamat: Pule Gundes II, Kec. Tepus, Kab.Gunung Kidul, DI Yogyakarta; map: Cek lokasi

Pantai Sadranan menampilkan pesona baharinya dalam paduan terumbu karang dan pasir putih yang lembut. Ada juga pepohonan rindang yang membuat pengunjung betah, hanya saja sampai enggan pulang. Belum lagi suasana pantai yang masih terbilang tenang, sehingga cocok sebagai tempat bersantai jauh dari hiruk pikuk perkotaan.

Memiliki karakteristik ombak yang cenderung tenang karena terhalang secara alami oleh gugusan karang dan pulau-pulau kecil di sekitarnya. Tempat ini sangat cocok terutama bagi para pecinta diving, dimana anda akan disuguhkan dengan berbagai macam karang tidak hanya di darat tetapi juga di bawah air. Pantai Sadranan bisa menjadi sarana pelepas rindu bagi Anda yang ingin menikmati segarnya kawasan air asin.

Hotel ini terletak di Desa Sidoharjo yang termasuk dalam Kawasan Pengelolaan Wisata Gunung Kidul. Tidak terlalu sulit untuk menemukannya, meski butuh sedikit usaha karena lokasinya belum terlalu populer. Berbagai aktivitas menanti Anda saat bermain di sini. Pastikan Anda mempersiapkan energi penuh Anda sehingga Anda dapat menikmatinya sepenuhnya.

Atraksi Pantai Sadranan

Pemandangan di Pantai SadrananKredit foto: Google Maps Anita Yuliani

1. Kesempatan untuk snorkeling

Anda akan berkesempatan untuk merasakan pesona ikan-ikan kecil yang lucu, berbagai biota laut yang mengesankan dan terumbu karang yang menakjubkan saat menyelam di perairan Pantai Sadranan. Hanya dengan Rp 50.000, Anda sudah bisa menikmati fasilitas snorkeling yang dilengkapi dengan peralatan keselamatan berstandar internasional.

Seolah belum cukup seru, pengelola juga sudah menyiapkan pemandu yang bisa membantu Anda menyelam di bawah air dan mengabadikan momen. Tugas pemandu adalah menunjukkan kepada pengunjung di mana pedesaan yang indah layak untuk dijelajahi.

Kabar baiknya, setelah puas berenang di sana-sini, Anda dapat meminta salinan foto melalui flash atau smartphone. Pada prinsipnya pengunjung tidak akan kesulitan sama sekali, karena fasilitas dan pelayanan yang cukup memadai. Disarankan untuk memanfaatkan waktu air pasang jika Anda ingin snorkeling.

Untuk itu, Anda harus pandai memilih kapan waktu terbaik untuk mengunjungi objek wisata bahari ini. Berkunjung pada sore hari, pemilihannya dari jam 4 pagi sampai jam 6 pagi, sedangkan pemilihan paginya dari jam 8 pagi sampai jam 10 pagi, karena berbagai ikan lucu sangat aktif saat ini.

2. Matahari terbit dan terbenam yang mewah

Hingga kapan, matahari terbit dan terbenam akan selalu menjadi fenomena yang ditunggu-tunggu oleh jutaan manusia di muka bumi, terutama para wisatawan. Selain itu, ketika mengunjungi objek wisata bahari, semua orang berharap dapat merasakan kemewahan dari dua fenomena alam tersebut.

Saat sinar matahari menunjukkan perubahan saturasi warna, dari kuning keemasan menjadi merah jingga, itu adalah momen yang mengagumkan. Selain itu, di daerah pesisir biasanya disertai dengan angin sepoi-sepoi yang hangat, namun perlahan mendingin, kemudian suara deburan ombak seperti nyanyian alam.

Kemewahan ini semakin sempurna dan mengundang Anda untuk mengaguminya saat bola raksasa merah perlahan tenggelam di balik lautan luas. Selain itu, pandangan Anda tidak terhalang oleh gedung-gedung tinggi, misalnya. Keberadaan kepulauan yang tidak jauh dari pantai juga melengkapi segala keindahan yang bisa diwujudkan.

3. Pemandangan yang menakjubkan dari sudut yang berbeda

Jika Anda adalah orang yang menyukai fotografi dan cukup aktif di media sosial, maka datang ke Pantai Sadranan adalah keputusan yang tepat. Pasalnya, Anda akan dimanjakan dengan pemandangan alam yang mempesona di berbagai sudut. Tak pelak, situasi seperti itu bisa memuaskan antusiasme pengunjung untuk fotografi.

Tidak jauh dari bibir pantai Anda akan menemukan gugusan pulau yang tersebar secara acak di tengah lautan maupun di sepanjang pantai. Penggabungan pepohonan hijau di atas fondasi batu yang kokoh. Pulau-pulau kecil tidak berpenghuni, sehingga suasananya segar, meski misterius.

Seolah itu belum cukup, di area pantai Anda akan berdiri sendiri di pantai pasir putih. Butir-butirnya yang lembut dan halus saat dijelajahi, bahkan memikat wisatawan untuk berlari kesana kemari. Anda tidak perlu khawatir melepas sepatu saat berjalan di atas pasir karena lingkungan di sini masih cukup bersih.

Jika Anda datang bersama keluarga, membangun istana pasir mini bisa menjadi alternatif yang menyenangkan, terutama untuk si kecil. Mengingat ukuran pantai ini yang cukup luas, Anda bisa mencari tempat yang sepi atau jarang dilalui wisatawan lain demi kenyamanan dan ketenangan saat bermain.

Selain itu, ada daya tarik lain yang membuat hati para pengunjung Pantai Sadranan berdegup kencang, yaitu rantai batu karang di kawasan tersebut. Bebatuan itu terlihat keras tetapi rumit, sehingga mau tidak mau menarik perhatian publik. Meski sulit dan tidak disarankan untuk kamu mendakinya, namun cukup menarik jika kamu ingin bertarung di sekitar tebing.

Alamat dan Rute Menuju Pantai Sadranan

Alamat Pantai SadrananKredit foto: Google Maps Dewi Berlian

Di Dusun Pulegundes II, Desa Sidoarjo, Anda perlu berkendara sekitar 66 km atau sekitar 1 jam 55 menit jika berangkat dari Stasiun Tugu Yogyakarta. Rute yang berada di Kabupaten Gunung Kidul ini meliputi Piyungan menuju Pathuk, selanjutnya dari Sambipitu menuju Lanud Gading.

Kemudian ikuti jalan lurus menuju bundaran Tugu BPD. Menyeberangi Jalan Baron menuju Tanjung Sari akan membuat Anda semakin dekat dengan tujuan. Anda tinggal melewati Krakal dan Pantai Sadranan yang sudah di depan mata dan siap untuk dijelajahi. Anda bisa mengakses jalur tersebut dengan kendaraan bermotor, baik roda dua maupun empat.

Jika Anda mengalami masalah, andalkan Google Maps dan penduduk setempat yang mungkin Anda temui di sepanjang jalan. Walaupun jarak dari pusat kota Yogyakarta cukup jauh, namun tidak akan terlalu membosankan karena pemandangannya yang indah dan jalurnya yang relatif aman. Pastikan Anda memilih waktu terbaik dari 24 jam sepanjang minggu yang dijadwalkan penyelenggara.

Tiket Masuk Pantai Sadranan

Tiket Masuk Pantai SadrananKredit foto: Google Maps Fatika Ayu

Tidak perlu biaya banyak untuk menikmati pesona Pantai Sadranan. Anda hanya perlu membayar tiket masuk sebesar Rp 10.000 kemudian ditambah biaya parkir sebesar Rp 2.000 jika membawa sepeda motor dan Rp 5.000 untuk pengemudi mobil. Namun, ada sejumlah akomodasi lain jika Anda menginginkan pengalaman penuh.

Misalnya, untuk naik jet ski dan memacu adrenalin di atas air, Anda akan dikenakan biaya sewa peralatan hingga nominal Rp 250.000 dan sudah termasuk peralatan keselamatan berstandar internasional. Selain itu ada sejumlah pendopo yang disediakan pengelola dengan harga sewa mulai dari Rp 10.000 hingga Rp 25.000. Sewa tikar seharga Rp 20.000.

Aktivitas Seru di Pantai Sadranan

Kegiatan rekreasi Pantai SadrananKredit foto: Google Maps Anantya Pranandita N

1. Menjelajahi lautan dengan bantuan kano

Jika Anda tidak memiliki keberanian untuk menyelam di bawah air, cobalah bepergian di atas permukaan air. Perahu kano tersedia dengan harga Rp 50.000 per jam. Sebuah kano dapat menampung hingga dua penumpang. Dengan begitu, jika mengajak teman, biayanya akan lebih murah.

Kondisi ini tentu menguntungkan bagi wisatawan usia kuliah atau kuliah. Apalagi bagi Anda yang sudah memiliki pasangan. Momen menyebrangi laut biru, bertahan dari deburan ombak dan mendekati perbukitan karang merupakan pengalaman tak terlupakan yang dapat berkontribusi pada keharmonisan.

2. Gunakan Arena Berkemah

Ada sebidang tanah yang dimaksudkan untuk melakukan berkemah. Pengunjung sering menggunakan arena untuk bermalam dan melakukan berbagai aktivitas menyenangkan di Pantai Sadranan. Tenda permanen dengan kompor api unggun di mana-mana adalah pemandangan biasa saat Anda berada di sini.

Bukan hanya saat malam tiba, tapi sudah dimulai saat matahari masih bersinar terang di atas kepala. Karena dalam rombongan wisatawan tidak sedikit yang berharap bisa melihat keindahan matahari terbit dan terbenam secara bersamaan. Jadi jika Anda memiliki waktu luang, menjadi bagian dari berkemah bukanlah pilihan yang buruk.

3. Berjemur

Dengan garis pantai yang cukup panjang, objek wisata bahari ini sangat menggoda untuk dijadikan sarana berjemur. Anda bisa langsung memposisikan diri di pantai berpasir putih atau menggunakan persewaan tikar sebagai alas badan. Sambil menikmati udara yang hangat, alangkah baiknya juga mendengarkan musik yang upbeat tergantung selera Anda.

Anda juga akan ditemani oleh suara deburan ombak dan pemandangan air laut yang naik turun. Jangan lupa untuk menggunakan tabir surya untuk melindungi diri, meski harus melengkapinya dengan sunglasses atau topi lebar. Agar semakin sempurna, siapkan minuman manis seperti es krim untuk melepas dahaga yang muncul nanti.

Akomodasi murah terdekat ke pantai

Nenek Sundak 2Kredit foto: Google Maps Omah Sundak

1. Akomodasi Rumah BoB

Akomodasi dasar yang cocok untuk backpacker. Fasilitas umum berupa tempat parkir dan area merokok. Lokasinya sangat strategis karena berada di antara pantai favorit di Gunung Kidul. Anda hanya perlu berjalan kaki 100 meter ke pantai Sadranan jika ingin menginap di tempat ini. Tarifnya mulai dari Rp 220.000.

2. Homestay di Omah Sundak

Tarif kamar per malam diperkirakan Rp 400.000. Kelebihan dari penginapan ini adalah letaknya yang langsung menghadap laut, sehingga anda disuguhkan pemandangan yang menyegarkan setiap kali anda berdiri di teras. Tujuan Anda berjarak sekitar 350 meter. Meski bentuknya sederhana, namun sangat nyaman untuk ditinggali, apalagi karena bersih dan rapi.

3. Nenek Sundak 2

Fasilitas umumnya meliputi bagian penerima tamu 24 jam, AC, dan tempat parkir. Kamar tidurnya dilengkapi dengan meja, TV, dan kamar mandi dengan shower. Tujuan Anda berjarak sekitar 326 meter, jadi menginap di sini adalah keputusan yang bijak. Sewa per malam adalah Rp 400.000. Sangat mudah untuk menemukan patung-patung suvenir di sekitar sini.

Fasilitas yang tersedia di Pantai Sadranan Gunung Kidul

Fasilitas di Pantai Sadranan Gunung KidulKredit Foto: Google Maps Ni’am Abdul Kharim

Fasilitas di kawasan wisata pantai juga lengkap. Kebutuhan dasar para pengunjung diperhitungkan. Ada paviliun, warung makan, ruang ganti, kamar mandi bahkan persewaan alat snorkeling. Jika Anda ingin mengambil foto terbaik tetapi tidak membawa perlengkapan yang memadai, ada juga layanan foto di sini.

Mengingat pesona unik yang telah terpancar di Pantai Sadranan, alangkah baiknya jika Anda bisa ikut melestarikan manfaat tersebut selama berwisata ke sini. Mudah saja, pastikan Anda tidak membuang samba sesuka hati atau meninggalkannya di tempat tertentu. Toh pengelola sudah menyiapkan wastafel agar tidak bingung.

Source: www.pesisir.net

Related Articles

Back to top button