Berita Wisata

Delegasi PEMSEA PNLG mengunjungi zona Pantai Indah Kosambi 2 Tangerang

Tangerang, Banten (ANTARA) – Sejumlah delegasi negara-negara anggota International Forum for Regional Governmental Partnerships in Coastal and Oceanic Environmental Management in East Asia (PNLG) mengunjungi kawasan perumahan Pantai Indah Kosambi 2 (PIK 2) di Kabupaten Tangerang, Banten.

“Yang dulu dibangun adalah kawasan budidaya yang sudah tidak produktif lagi dan tidak bisa ditanami udang. Dan sekarang bisa kita lihat setelah dialihfungsikan menjadi kawasan produktif dan menciptakan lapangan kerja,” kata Bupati Tangerang Ahmed Zaki Iskandar saat mendampingi delegasi ke Tangerang. , Kamis.

Baca Juga: KLHK: Ada Empat Provinsi di Indonesia dengan Air Laut Berkualitas Tinggi

Kunjungan tersebut merupakan bagian dari program pelaksanaan kegiatan PEMSEA PNLG yang secara resmi diselenggarakan oleh Pemerintah Kabupaten Tangerang sebagai daerah percontohan dalam pengembangan kawasan pesisir.

Dalam kunjungan tersebut, para delegasi dihadapkan langsung dengan proses pembangunan dan penunjukan titik-titik di kawasan pesisir oleh pihak swasta yang merupakan pengembang kawasan tersebut.

Bertepatan dengan PIK 2 Pantai Pasir Putih, Bupati Zaki juga menyampaikan kepada delegasi hasil penataan kawasan pesisir menjadi kawasan produktif sebagai pengembangan ekonomi daerah.

Kemudian melalui kunjungan ini, beliau juga berharap agar delegasi PEMSEA PNLG dapat memperoleh pengalaman berharga dalam penataan dan pengembangan kawasan pesisir yang sama.

“Seperti sekarang di kawasan PIK 2, hampir 200.000 lapangan kerja telah diciptakan dan diselamatkan langsung oleh pekerja bangunan, jasa, dll. Dari 200.000 tersebut, mereka juga telah menciptakan efek domino terhadap lingkungan”, ungkapnya.

Sebagai agenda selanjutnya, kata Zaki, pada Jumat (29/10), pihaknya akan kembali menampilkan anggota International Forum on Regional Governmental Partnerships in Coastal and Ocean Environment Management in East Asia untuk melihat urban aquaculture di kawasan pesisir Ketapang, Kabupaten Mauk yang dikelola langsung oleh pemerintah.

“Besok menjadi agenda pemerintah daerah bekerjasama dengan kementerian terkait. Dengan mempertahankan lebih banyak kawasan pemukiman nelayan dan menambah fasilitas atau opsi pergerakan UMKM. Baik ekonomi biru maupun ekonomi hijau bagi masyarakat setempat,” ujarnya.


Berita ini disiarkan di Antaranews.com dengan judul: Delegasi PEMSEA PNLG berkunjung ke zona PIK 2 Tangerang

Source: news.google.com

Related Articles

Back to top button