Tempat Wisata

Daftar harga, menu dan alamat Sate Klathak Pak Pong Jogja

Sate Klathak Pak Pong – Sobat traveler, berikut ini saya sajikan daftar harga, menu, fasilitas dan alamat/lokasi stand Sate Klathak Pak Pong yang terkenal dan melegenda. Rasanya enak banget, tekstur dagingnya lembut banget, cocok disantap hangat-hangat dengan nasi putih. Semakin enak dengan saus kari pedas.

Berbicara tentang suguhan lezat dari Yogyakarta, tentunya Sat Klatak tidak ada habisnya. Warga Jogja, khususnya Kecamatan Pleret, Kabupaten Bantul, mungkin sudah tidak asing lagi dengan Sate Klatak. Tapi bagi pendatang baru, rasanya asing.

Sate Klatak adalah olahan sate kambing yang dibumbui dengan garam dan merica. Tusuk sate tidak terbuat dari bambu/kayu tetapi menggunakan besi jari-jari/jari-jari sepeda. Mengingat besi sebagai penghantar panas, penggunaan batang besi memiliki pengaruh yang merata ke dalam terhadap tingkat kematangan daging sate.

Sate Klathak Pak PongSate Klathak Pak Pong Jogja

Daftar Harga, Menu, Fasilitas dan Alamat/Lokasi Sate Klathak Pak Pong Jogja

Jika Anda berkunjung ke daerah Wonokromo, Kec. Pleret, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta maka Anda akan menemukan banyak penjual sate klatak. Salah satu stand sate klatak jogja yang paling enak adalah sate klathak pak pong. Hampir setiap hari toko ini selalu dipadati pembeli, bahkan mungkin harus rela mengantri untuk mendapatkan kursi dan meja makan jika lewat di akhir pekan atau hari libur.

Kisah Warung Sate Klathak Pak Pong Jogja

Awal berdirinya stand Sate Klathak Pak Pong dimulai oleh kakeknya yang mulai berjualan pada tahun 1960-an. Pada tahun 1997 Pak Pong melanjutkan usaha warung sate kakeknya dan pada tahun 2007 Pak Pong berhasil mendirikan warung sate seperti sekarang ini.

Dulu, sate klatak sebenarnya hanya menu tambahan, karena menu utamanya terdiri dari tongseng dan gulai. Namun seiring berjalannya waktu, banyak orang yang memesan sate klatak hingga akhirnya menjadi menu utama. Resep sate klatak Pak Pong diturunkan secara turun temurun dari kakeknya, termasuk penggunaan jeruji besi sepeda.

Ciri dan Keunikan Sate Klathak Pak Pong Jogja

Tentu saja, ciri khas Sate Klathak Pak Pong terletak pada jari-jari sepeda yang digunakan untuk tusuk sate. Penggunaan batang besi dimaksudkan agar panas dapat terdistribusi dengan baik ke bagian dalam daging sehingga sate daging dapat matang secara merata.

Selain itu, keunikan Sate Klatak Pak Pong terletak pada pilihan daging kambing yang digunakan yaitu kambing muda. Hal ini membuat tekstur daging sate empuk dan tidak alot. Berbeda dengan sate kambing pada umumnya, sate klatak ini diberi sejumput bumbu dari bahan bumbu seperti kemiri, bawang putih, dan garam sebelum dibakar.

Daftar Harga dan Menu Sate Klathak Pak Pong Jogja

Warung sate Pak Pong tidak hanya menjual sate klatak, tapi juga menu olahan daging kambing lainnya yang tak kalah enak. Di bawah ini Anda akan menemukan menu makanan dan minuman serta daftar harganya.

Sat Klathak

Seporsi Sate Klathak isi 2 tusuk sate dan kuah gulai dibanderol Rp 24.000,00. Rasa daging satenya asin dan gurih. Buat kamu yang suka kecap, ada kecap asin dan sambal pedas. Tekstur dagingnya sendiri begitu empuk, tidak kenyal, dan tidak berbau apek. Sate Klatak ini lebih enak dinikmati dalam keadaan hangat.

Tengkleng

Tengkleng adalah salah satu masakan khas Jogja yang terbuat dari tulang kambing (catatan: daging dan koyor masih menempel di tulang). Tulangnya dimasak dengan bumbu seperti tongseng atau gulai. Rasa tengkleng dari pak pong agak manis dan gurih. Buat kamu yang suka pedas, makan tengkleng sepertinya kurang pas karena rasanya yang manis.

tongseng

Tongseng merupakan salah satu olahan daging kambing yang sangat populer di Yogyakarta. Hidangan ini dibuat dengan potongan daging kambing yang dipotong dadu lalu ditumis dengan bawang putih, bawang bombay, paprika, tomat, kecap, saus kari dan bumbu lainnya. Kalau mau pedas biasanya ditambah cabai rawit.

Di Jogja, ada banyak tongseng enak yang bisa Anda cicipi. Salah satunya tentunya kambing Tongseng di stand sate Pak Pong. Rasa tongsengnya agak manis dan gurih. Tekstur dagingnya lembut, tidak kenyal dan jauh dari bau amis/bau.

Gulai / Gule

Untuk menu kari di stand sate Pak Pong, saya tidak sempat mencobanya sendiri, jadi saya tidak yakin dengan rasanya. Pada umumnya gulai/gule mengandung daging dan berbagai jeroan seperti babat, isi perut, paru-paru dan lain-lain. Sausnya cenderung lebih pekat karena biasanya menggunakan santan agar terasa lebih enak.

Nasi goreng kambing

Tidak jauh berbeda dengan daging kambing nasgor pada umumnya, nasi goreng kambing disini juga berisi nasi dan potongan daging kambing. Rasanya tentu enak, bisa jadi alternatif nasgor kambing di Bantul atau Jogja bagian selatan.

minum

Untuk menu minuman, stand Pak Pong menawarkan es teh, teh panas, jeruk beku, dan jeruk panas. Sedangkan untuk daftar harga makanan/minuman dapat dilihat dari daftar berikut ini:

  • Sate Klathak : Rp.24.000,-
  • Tengkleng : Rp29.000,-
  • Tongseng Daging : Rp.24,000,-
  • Tongseng Otak : Rp.20.000,-
  • Tongseng Kepala : Rp29.000
  • Kari Daging : Rp.24,000,-
  • Gulai Babat : Rp.20.000,-
  • Nasi goreng kambing : Rp.29.000,-
  • Es teh : Rp 5.000,-
  • Teh hangat : Rp 5.000,-
  • Es krim jeruk: Rp 5.000
  • Jeruk panas: Rp 5.000

Fasilitas yang tersedia di Warung Sate Klathak Pak Pong Jogja

Sebagai salah satu tempat makan paling populer di Jogja bagi wisatawan dan penduduk lokal, booth Sate Klathak Pak Pong terus berkembang dengan menyediakan berbagai fasilitas yang wajar untuk kenyamanan pembeli. Beberapa fasilitas tersebut antara lain:

  • ruang makan yang luas
  • ruang sholat
  • mukena
  • tempat cuci
  • Taman bermain anak (playground)
  • Toilet
  • tempat parkir luas

Alamat/lokasi dan jam buka Warung Sate Klathak Pak Pong Jogja

Warung Sate Klathak Pak Pong terletak di Jl. Sultan Agung No.18, Jejeran II, Wonokromo, Kec. Pleret, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Jam buka mulai pukul 09.00 – 23.30 WIB. Mengingat tempat ini sangat ramai dengan pembeli dan merupakan tujuan wisata, pastikan untuk datang sekitar pukul 09.00 WIB di hari biasa saat warung baru buka agar tidak kehabisan menu. Anda dapat menemukan lokasi yang tepat di Google Map berikut.

Itulah gambaran singkat tentang Stand Sate Klathak Pak Pong Jogja yang meliputi sejarah, fitur, price list, menu, fasilitas, lokasi/alamat dan jam operasional. Di sebelah booth Pak Pong, di sepanjang Jl. Imogiri Timur juga memiliki banyak penjual sate klatak lainnya yang tak kalah enak. Mungkin lain kali akan saya bahas sebagai perbandingan. Sekian dari saya, semoga bermanfaat.

Source: www.anekawisata.com

Related Articles

Back to top button