Tempat Wisata

Pantai Cinta Takalar – Atraksi, Aktivitas, Lokasi & Harga Tiket

harga tiket: Rp 5.000, Waktu aktif: 24 jam, Alamat: Topejawa, Kec. Mangara Bombang, Kab.Takalar, Sulawesi Selatan; map: Cek lokasi

Pantai Cinta memang menjadi destinasi wisata bahari di Takalar yang bisa menjadi pilihan untuk liburan keluarga. Dengan hamparan pasir putih dan ombak yang tenang, pengunjung bebas bermain air. Meski terkadang air laut pasang tiba-tiba, garis pantai sepanjang 800 meter ini cukup lebar untuk dijadikan tempat bermain dan bersantai di sekitar area pantai.

Pantai ini saat ini sedang dikembangkan oleh masyarakat setempat yang tergabung dalam kelompok sadar wisata. Kementerian Pariwisata juga membantu dengan orientasi. Pengembangan destinasi wisata ini bertujuan untuk meningkatkan perekonomian masyarakat Tojawa, Takalar. Selain itu, wisata pantai ini memiliki potensi wisata yang menjanjikan.

Salah satu cara untuk mengembangkan kawasan pesisir ini adalah dengan melengkapi berbagai fasilitas dan fasilitas bagi pengunjung. Hadirnya berbagai fasilitas akan membuat pengunjung semakin betah berada di kawasan pantai ini. Tak heran, perkembangan fasilitas dan sumber daya kini menarik banyak pengunjung ke Pantai Cinta untuk liburan keluarga.

Atraksi Pantai Cinta

Objek wisata yang dimiliki oleh Love BeachKredit foto: Instagram.com @irpan_hasbikhatami

Pantai yang mempesona ini memiliki daya tarik yang menjadikannya sebagai objek wisata yang populer bagi pengunjung. Semakin berkembangnya masyarakat sekitar, sarana dan prasarana yang ada menjadi salah satu faktor banyaknya pengunjung yang datang. Tak hanya itu, pemandangan alamnya juga patut untuk dikunjungi. Berikut ini adalah tempat wisata di Pantai Cinta ini.

1. Gelombang Pantai

Ombak di pantai ini sangat tenang, sehingga Anda bisa berenang dan bermain di air yang dangkal tanpa khawatir hanyut oleh ombak. Anak-anak juga bisa berenang dan bermain air di sekitar pantai. Karena ombak dan laut yang cukup aman, ini menjadi daya tarik pengunjung sebagai pilihan liburan keluarga.

Meski ombaknya agak tenang, air laut terkadang bisa naik tiba-tiba, membuat airnya cukup dalam. Saat air pasang, pengunjung harus lebih berhati-hati dan waspada. Pengunjung tidak boleh terlalu banyak bermain di tengah, hanya di pantai. Meski tidak terendam, air laut pesisir dan pasir halusnya tetap menjadi daya tarik tersendiri.

2. Tempat menarik

Pantai Cinta memiliki banyak spot menarik yang menjadi daya tarik tersendiri. Salah satu spotnya adalah payung warna-warni yang digantung secara estetis agar terlihat bagus dan menarik. Sepintas, tempat ini terlihat seperti Pantai Kuta di Pulau Dewata. Oleh karena itu, pantai ini bisa menjadi alternatif liburan tanpa harus jauh-jauh ke Bali.

Tempat menarik lainnya adalah ayunan yang sangat bagus sebagai tempat untuk berfoto. Ayunan di dekat pantai memiliki bentuk khas pantai. Banyak pengunjung yang datang hanya untuk duduk-duduk di ayunan ini dan berfoto. Jika tidak duduk di ayunan, pengunjung juga bisa duduk di kursi pantai dan bean bag yang disediakan.

Bahkan, di area pantai juga banyak terdapat kursi pantai dan beanbag untuk bersantai dan menikmati pemandangan. Dengan warna yang eye-catching dan warna-warni, menarik pengunjung ke daerah ini. Karena banyaknya spot menarik tersebut, Pantai Cinta memiliki pesona tersendiri.

3. Matahari terbenam

Selain spot buatan, wisata alam juga termasuk. Matahari terbenam merupakan keindahan alam yang ditunggu-tunggu oleh para pengunjung. Dari pantai ini matahari dapat terlihat dengan sangat jelas di antara lautan. Terlihat sangat bagus dengan langit oranye kemerahan. Pengunjung biasanya datang pada sore hari untuk duduk santai sambil menunggu matahari terbenam.

Setelah matahari terbenam dan hari mulai gelap, area pantai dihiasi dengan lampu-lampu yang membuat suasana menjadi romantis. Pengunjung tidak perlu terburu-buru untuk pulang, karena pemandangan di malam hari tidak kalah indahnya. Ditambah dengan lampu dan suara deburan ombak membuat keindahannya begitu sempurna di malam hari.

Alamat, rute, lokasi dan harga tiket Pantai Cinta

Alamat pantai tercintaKredit foto: Google Maps (Muh Ritwan)

Pantai Cinta tidak terlalu jauh dari Kabupaten Takalar, Sulawesi Selatan. Jaraknya sekitar 15 kilometer. Anda hanya membutuhkan waktu 30 menit berkendara. Akses menuju lokasi pantai juga cukup mudah. Anda bisa pergi ke pantai ini dengan kendaraan pribadi baik roda dua maupun roda empat.

Anda dapat mengambil rute Jl. Axis Takalar – Jeneponto, rute tercepat. Untuk perjalanan pertama, ambil arah barat laut ke Jl. Nuruddin Bontocinde. Kemudian belok kanan menuju Jl. Axis Takalar – Jeneponto, lalu belok kiri di jalan yang sama. Kemudian belok kanan sejauh 1,8 km sebelum berbelok sedikit ke kanan menuju lokasi.

Pantai ini bisa menjadi tujuan wisata bahari untuk liburan keluarga. Untuk masuk ke destinasi wisata ini Anda hanya perlu membayar tiket seharga Rp 5.000 per orang.

Dengan biaya masuk yang sangat murah, Anda bisa menikmati pemandangan pantai yang indah dan berfoto di spot-spot menarik di area pantai.

Aktivitas seru di Pantai Cinta

Aktivitas di Pantai CintaKredit foto: Google Maps (Muh Ritwan)

Pantai Cinta merupakan destinasi wisata dengan berbagai aktivitas yang dapat dilakukan pengunjung. Berbagai fasilitas dan fasilitas yang memadai akan membuat liburan Anda semakin menyenangkan dengan aktivitas yang seru. Beberapa aktivitas menarik yang bisa dilakukan di pantai ini adalah sebagai berikut.

1. Fitur air

Ombak yang bersahabat memastikan pengunjung dapat bermain air dengan bebas. Kegiatan ini pasti seru saat liburan di Pantai Cinta. Selain bermain air, Anda dan keluarga bisa berenang di perairan dangkal yang tidak jauh dari bibir pantai. Banyak pengunjung yang membawa keluarga dan anak-anaknya untuk bermain dan berenang di pantai ini.

2. Menikmati matahari terbenam

Memang, menunggu matahari terbenam adalah kegiatan yang sering dilakukan pengunjung. Anda juga bisa datang ke pantai indah ini pada sore hari dan duduk-duduk menikmati matahari terbenam. Cuaca cerah, sehingga matahari terlihat jelas di langit jingga. Anda tidak akan menyesal menunggu pantai ini dan menikmati matahari terbenam.

3. Bersantai

Tur ini telah menyediakan kursi pantai dan bean bag untuk Anda bersantai dan menikmati pemandangan. Selain itu, terdapat juga gazebo untuk Anda dan keluarga untuk duduk bersama menikmati suasana pantai. Banyaknya pepohonan di sekitar pendopo, membuat suasana menjadi sejuk dan rindang.

4. Berburu foto

Kegiatan yang satu ini tidak boleh terlewatkan karena tempat yang disediakan. Spot foto paling populer bagi pengunjung adalah The Old Sunset cafe. Ada berbagai spot foto di kafe ini, seperti jembatan gantung, dahan pohon yang tertata apik dan lain sebagainya. Jika Anda mengunjungi Pantai Cinta, pastikan untuk mengunjungi kafe ini.

Akomodasi murah di sekitar pantai Lokasi

Akomodasi murah di Pantai CintaKredit foto: Booking.com

1. Resor Wisata Pantai Topejawa

Penginapan ini adalah yang paling dekat dengan pantai. Kamar-kamar di resor ini sangat nyaman. Anda juga dapat melihat pemandangan pantai dan pegunungan. Fasilitas resort ini juga cukup lengkap. Anda akan menghargai fasilitas parkir, kolam renang dan juga akses ke pantai.

2. resor BATIKITE

Penginapan ini berjarak kurang lebih 32 kilometer dari pantai, kurang lebih 42 menit perjalanan. Kamar guest house sangat nyaman dan juga ada kamar mandi dengan shower dan air bersih. Fasilitas yang tersedia juga cukup memadai, seperti parkir, kolam renang dan juga sangat dekat dengan pantai.

3. Wisma Punagaya

Penginapan ini terletak di Jeneponto, sangat dekat dengan pantai. Jaraknya hanya sekitar 22 kilometer atau 28 menit. Penginapan dengan suasana yang nyaman ini juga dekat dengan tempat-tempat umum seperti masjid, warung makan dan mini market. Fasilitasnya juga memadai termasuk AC di setiap kamar.

Fasilitas di Pantai Cinta Takalar

Fasilitas pantai sayangKredit foto: Google Maps (Muh Ritwan)

Pantai Cinta memiliki fasilitas yang menawarkan kenyamanan bagi pengunjung. Dibantu dengan fasilitas dan fasilitas yang memadai, pantai ini menjadi tempat populer untuk berlibur. Salah satu fasilitasnya adalah gazebo yang bisa digunakan sebagai tempat berkumpul dan bersantai.

Ada juga spot foto yang menarik. Payung gantung yang estetis membuat tempat ini banyak dilirik pengunjung. Ada juga banyak bean bag dan kursi pantai, serta lampu hias untuk pengunjung yang ingin menikmati pantai di malam hari.

Pemerintah Kabupaten Takalar sendiri berencana membangun warung untuk menjual makanan khas Takalar dan oleh-oleh. Warung-warung ini kemudian dikelola oleh kelompok sadar wisata. Pengembangan fasilitas seperti booth cedera mata memungkinkan pengunjung untuk berbelanja oleh-oleh khusus selama kunjungan.

Pantai Cinta di Takalar yang memiliki lambang payung cantik semakin menarik pengunjung. Oleh karena itu, pengembangan fasilitas juga diperlukan agar pengunjung merasa lebih nyaman berada di kawasan pantai. Spot yang tersedia sangat cocok untuk spot foto, ombak yang tenang juga cocok untuk wisata keluarga bermain air dan berenang.

Source: www.pesisir.net

Related Articles

Back to top button