Tempat Wisata

Pantai Karanggongso Trenggalek – Atraksi, Aktivitas Liburan, Lokasi & Harga Tiket

Pemandangan, aktivitas liburan, lokasi & harga tiket – Pantai Karanggongso salah satu pantai berpasir putih dan memiliki pesona alam yang menakjubkan Trenggalek. Berbagai aktivitas menarik bisa dilakukan, mulai dari berenang hingga menikmati seluncuran air yang tersedia.

harga tiket: Rp 10.000, Waktu aktif: 24 jam, Alamat: Tasikmadu, Kec. Watulimo, Kab.Trenggalek, Jawa Timur; map: Cek lokasi

Pantai Karanggongso merupakan salah satu objek wisata pantai yang ada di Desa Tasik Madu. Wisata pantai di Trenggalek selalu ramai dikunjungi wisatawan terutama saat hari libur. Selain wisatawan dari daerah Trenggalek, pengunjung dari luar daerah juga datang ke pantai ini bahkan ada beberapa wisatawan mancanegara.

Destinasi wisata pantai yang indah ini menawarkan pemandangan pantai berpasir putih dengan suasana yang asri. Banyak pengunjung yang datang ke pantai ini secara sadar untuk mengisi waktu liburan atau untuk menenangkan diri dan jiwanya.

Berkunjung ke Pantai Karanggongso lebih menyenangkan ketika Anda bisa bermain pasir, berenang dan mencicipi kuliner di pinggir pantai. Tempat wisata ini juga menawarkan fasilitas yang cukup lengkap dengan berbagai atraksi seperti berikut ini.

Daya Tarik Pantai Karanggongso

Tempat Wisata di Pantai KaranggongsoKredit foto: Google Maps retak

1. Pantai pasir putih

Salah satu daya tarik pantai ini adalah eksotisme pemandangan pantai berpasir putih. Memiliki garis pantai yang panjang dan area pantai yang cukup luas. Keindahan pantai berpasir putih dengan air laut yang jernih menjadi pemandangan yang akan menyegarkan mata Anda.

Pantai indah ini berbatasan dengan pantai-pantai terkenal di Trenggalek seperti Pantai Mbangko’an di sebelah timur. Di sisi barat adalah Pantai Pasir Putih. Pantai-pantai ini terkenal dengan pantai berpasir putihnya yang mempesona. Pasir di pantai ini cukup lembut, sehingga wisatawan bisa duduk di atasnya dengan nyaman.

2. Dikelilingi perbukitan

Pemandangan indah yang disajikan di panti asuhan ini akan memanjakan mata siapapun yang melihatnya. Anda bisa melihat pantai yang berupa perbukitan. Pegunungan atau bukit yang menjulang tinggi dapat terlihat dari Pantai Karanggongso, yang membuat pemandangan semakin indah.

Sepanjang pantai ditumbuhi pepohonan yang rindang. Pengunjung pantai bisa berteduh di bawah pohon pantai jika tidak ingin kepanasan. Angin sepoi-sepoi memanjakan wisatawan pantai. Menyediakan istirahat dan penyegaran bagi wisatawan yang ingin bersantai.

3. Suasana yang menyenangkan

Kredit foto: Google Maps nuzulul arifin

Mata Anda akan disuguhi pemandangan indah pantai dan perbukitan di sekitarnya. Perbukitan hijau yang menjulang tinggi membentang di sekitar pantai membuat tempat ini semakin sejuk dan indah. Wisatawan bisa menikmati hijaunya perbukitan dan hamparan birunya air laut.

Suasana di pantai ini masih asri dengan pengunjung yang tidak terlalu banyak. Namun, pada akhir pekan atau hari libur, pantai ini akan lebih ramai dikunjungi wisatawan. Jika ingin menikmati pantai dengan tenang, Anda bisa datang di hari biasa.

4. Gelombang Tenang

Pantai Karanggongso merupakan salah satu pantai di Trenggalek dengan ombak yang tenang. Air lautnya begitu jernih dan bersih sehingga terlihat biru dari kejauhan. Pantai yang airnya jernih ini sering digunakan pengunjung untuk bermain air atau berenang.

5. Bebatuan di tengah pantai

Salah satu tempat wisata Karanggongso yang paling terkenal adalah batu karang di tengah pantai. Batu karang yang agak besar ini memiliki bentuk yang unik yang menambah daya tarik dan pemandangan pantai yang eksotis ini.

Alamat, Rute, Lokasi dan Harga Tiket Pantai Karanggongso

Alamat Pantai KaranggongsoKredit foto: Google Maps Al Alnory

Pantai indah ini terletak sekitar 53 km dari pusat kota Trenggalek di Jawa Timur. Lokasi pantai ini akan lebih mudah diakses untuk penggunaan pribadi. Jika Anda dari arah Trenggalek, ambil jalan menuju pertigaan Tulungagung ke Bandung. Selanjutnya, ikuti penunjuk arah yang mengarah ke Pantai Prigi.

Pantai Karanggosong memang dekat dengan Pantai Prigi. Sekitar 3 km sebelah timur Pantai Prigi Anda akan menemukan pantai pasir putih yang tidak lain adalah Pantai Karanggongso.

Wisatawan yang menggunakan angkutan umum bisa turun di terminal terdekat dan melanjutkan perjalanan ke pantai dengan menggunakan ojek. Lokasi pantai ini sudah terkenal di masyarakat sekitar, sehingga tidak terlalu sulit untuk menuju ke sana walaupun menggunakan kendaraan umum.

Wisatawan yang ingin berlibur ke tempat wisata tidak perlu khawatir dengan tiket masuk. Biaya masuk ke kawasan wisata ini sangat terjangkau, Rp 10.000 per orang. Setelah masuk dan membayar tiket, wisatawan bisa mengunjungi pantai ini secara gratis.

Aktivitas menarik di Pantai Karanggongso

Aktivitas menarik di Pantai KaranggongsoSumber gambar: Google Maps Kumaida ida

1. Nikmati suasana pantai

Bersantai sambil menikmati suasana pantai sepertinya tidak membosankan. Apalagi bagi Anda yang bosan dengan suasana di rumah dan suasana di tempat kerja. Istirahat di pantai adalah terapi untuk menyegarkan pikiran.

Ombak yang tenang dan suasana pantai yang asri menjamin ketenangan bagi wisatawan yang datang. Anda bisa duduk santai atau berjalan-jalan di sepanjang pasir pantai yang putih dan halus. Jika Anda datang pada siang hari atau saat cuaca panas, Anda bisa menikmati suasana pantai sambil minum es krim kelapa yang sangat menyegarkan.

2. Pengejaran Matahari Terbenam

Jika Anda datang ke Pantai Karanggongso dan memiliki banyak waktu, luangkan waktu untuk menunggu sore hari. Pemandangan matahari terbenam di pantai ini sangat indah dan mempesona. Menjelang sore, saat matahari terbenam, warna-warni senja menghiasi langit dan permukaan laut pantai ini.

Suasana romantis semakin syahdu dengan adanya perbukitan yang menjadi siluet alam yang mengiringi momen sunset di pantai ini. Bagi Anda yang menyukai matahari terbenam, pemandangan matahari terbenam di lokasi tepi pantai tidak boleh dilewatkan.

3. Perjalanan dengan kapal

Salah satu kegiatan yang paling mengasyikkan bagi wisatawan di pantai ini adalah berkeliling dengan perahu. Pengunjung dapat melihat laut di sekitar Pantai Karanggongso dari dekat. Lautnya jernih, jadi di atas perahu sesekali Anda bisa melihat ikan di bawah air.

Wisatawan yang ingin naik perahu bisa menyewanya dari nelayan setempat. Dengan perahu-perahu nelayan yang sudah tersedia untuk wisatawan, Anda bisa mengelilingi laut tidak jauh dari pantai di sekitar perbukitan karang. Perjalanan laut ini biasanya dikenakan biaya Rp 10.000 per orang.

Wisatawan diajak jalan-jalan sekitar 30 menit untuk menikmati pemandangan laut dan bukit. Anda dapat melihat lebih dekat Bukit Karang, yang sering disebut sebagai Pulau Mutiara oleh penduduk setempat.

4. Bersantai di dermaga

Pantai Karanggongso memiliki dermaga kecil yang biasa digunakan wisatawan untuk berjalan-jalan. Dermaga yang menjorok ke laut di ujungnya merupakan beranda yang sering digunakan wisatawan untuk menikmati pemandangan pantai hingga matahari terbenam.

5. Berenang

Lautnya begitu bersih sehingga tanpa berenang di Pantai Karanggosong, liburan terasa kurang lengkap. Ombak yang tidak terlalu besar membuat kawasan ini aman untuk aktivitas mandi wisatawan di pantai eksotis ini.

Jika Anda tidak bisa berenang, jangan khawatir, Anda bisa menyewa tabung atau pelampung karet. Pengunjung bisa menikmati sensasi berenang di air laut yang biru. Namun jangan lupa untuk menghormati batasan keamanan untuk berenang di kawasan pantai ini.

6. Makanan

Liburan pantai bersama rombongan keluarga atau teman akan lebih menyenangkan jika membawa bekal makanan sendiri. Di Pantai Karanggosong, Anda bisa makan di bawah pohon kelapa sambil menikmati panorama alam yang indah.

Meski bisa dibeli di warung-warung di sekitar pantai, tentu lebih memuaskan dan murah jika membawa bekal sendiri. Wisatawan yang ingin makan di pinggir pantai tetap wajib menjaga kebersihan kawasan pantai dengan tidak membuang sampah sembarangan dan tidak meninggalkan sisa makanan di pinggir pantai.

7. Belanja oleh-oleh

Selama berada di objek wisata Pantai Karanggongso, Anda akan menemukan banyak penjual ikan di pantai. Pengunjung dapat membeli ikan segar sebagai oleh-oleh di pantai ini.

8. Ambil foto

Jangan lupa membawa kamera karena keindahan pantai ini sayang jika tidak diabadikan dalam foto. Wisatawan dapat menggunakan beberapa tempat menarik untuk bebas berfoto. Spot foto yang bisa Anda coba antara lain di dermaga, di pantai berpasir, atau di tengah laut sambil berenang dan berperahu.

9. Lihat upacara pelabuhan

Labuh Laut merupakan salah satu tradisi nelayan pesisir sebagai bentuk rasa syukur. Upacara adat ini dilakukan dengan mengadakan acara Larung Samudera. Wisatawan dapat hadir untuk melihat keramaian upacara ini. Namun Anda tidak selalu bisa melihatnya karena berlabuh di laut hanya terjadi pada hari-hari tertentu.

Penginapan murah dekat Pantai Karanggongso

Akomodasi di Pantai KaranggongsoKredit Foto: Google Maps Jianata Inannggayu Purnanean

1. Oyo 2978 Hotel Karanggongso Indah

Penginapan pelayanan yang ramah ini berpusat di sekitar pantai yang eksotis ini. Fasilitas yang ditawarkan antara lain kamar dengan AC, tempat parkir, restoran, akses WiFi gratis dan resepsionis 24 jam.

2. Prigi Hut

Salah satu hotel di sekitar pantai Karanggongso menyambut tamunya dengan pelayanan yang baik dan ramah. Menawarkan kamar-kamar yang nyaman dengan Wi-Fi gratis, parkir, dan restoran.

3. Temukan 2375 Agbil Homestay

Homestay di Karanggongso Prigi ini menawarkan kamar yang nyaman bagi wisatawan. Hotel ini memiliki bagian penerima tamu 24 jam dan berbagai fasilitas seperti parkir dan akses Wi-Fi gratis.

Fasilitas yang tersedia di Pantai Karanggongso Trenggalek

Fasilitas di Pantai Karanggongso TrenggalekKredit Foto: My Google Maps Nolep

Pengelola Pantai Karanggongso menyediakan beberapa fasilitas penunjang untuk memberikan kemudahan kepada para wisatawan yang datang. Berikut beberapa fasilitas yang sudah tersedia di pantai ini.

1. Tempat parkir

Tempat parkir di pantai ini cukup luas. Wisatawan bisa memanfaatkan area pantai yang kosong untuk parkir kendaraan.

kamar mandi ke-2

Wisatawan yang kebasahan saat bermain di laut bisa berganti pakaian di kamar mandi yang disediakan. Biasanya, menggunakan kamar mandi di akhir pekan atau saat banyak pengunjung menghabiskan biaya sekitar Rp 3.000.

3. Restoran

Wisatawan yang tidak membawa makanan sendiri dari rumah tidak perlu khawatir. Ada banyak restoran yang bisa ditemukan di sekitar pantai ini. Aneka makanan laut atau seafood dan makanan tradisional bisa Anda nikmati setelah bermain di pantai.

4. Masjid

Fasilitas di pantai ini bisa dibilang cukup lengkap. Wisatawan bahkan bisa menemukan mushola bagi Anda yang akan mengadakan ibadah.

5. Pusat Suvenir

Toko oleh-oleh Pantai Karanggoso dapat ditemukan di sepanjang jalan pantai. Anda bisa menemukan banyak pedagang yang menjual oleh-oleh seperti ikan laut segar, ikan asin dan berbagai olahan ikan lainnya.

Itulah beberapa informasi menarik tentang Pantai Karanggongso di Trenggalek. Pantai yang eksotis dan asri dengan fasilitas lengkap ini bisa menjadi alternatif liburan saat Anda berada di Trenggalek, Jawa Timur.

Source: www.pesisir.net

Related Articles

Back to top button