Berita Wisata

Hindari Gesekan di Lapangan, Bawaslu Pekanbaru Harus Lakukan Tiga Tugas Besar – Bicara

PEKANBARU (BICARA) – Sebanyak 45 Panitia Pemantau Pemilihan Umum Daerah (Panwascam) se-Pekanbaru dilantik Jumat lalu. Bawaslu Pekanbaru menghimbau kepada semua pihak untuk mendukung Panwascam dalam menjalankan tugasnya agar tidak terjadi gesekan di lapangan.

Ketua Bawaslu Kota Pekanbaru Indra Khalid Nasution berharap Panwascam bisa mengawal seluruh tahapan pemilihan umum sesuai dengan undang-undang.

“Kami berharap dengan diresmikannya Panwascam di Pekanbaru, tahapan-tahapan Pilkada yang telah dan akan berlangsung dapat dikendalikan sehingga dilaksanakan sesuai dengan peraturan perundang-undangan,” kata Indra Khalid, Sabtu. 29/10/2022).

Dikatakannya, Panwascam yang terpilih adalah putra-putri terbaik Pekanbaru diantara yang terbaik, yang telah lolos dari berbagai seleksi yang kami lakukan di Bawaslu Kota Pekanbaru.

Ia melanjutkan, untuk menghindari gesekan di lapangan, kata dia, Bawaslu memiliki tiga tugas pokok, yakni pencegahan, pengawasan, dan penindakan.

Bawaslu melakukan pencegahan dengan melakukan sosialisasi kepada masyarakat tentang pengawasan partisipatif untuk memberikan kekebalan, kekuatan dan kekebalan kepada masyarakat agar tidak menerima atau menyetujui hal-hal yang tidak patut atau yang merusak demokrasi.

Kemudian pengawasan, yang bisa dari berbagai sistem. Ada pengawasan inheren yang diawasi oleh penyelenggara, dalam hal ini KPU dan jajarannya, bisa juga peserta, baik calon anggota DPR, partai politik, calon presiden maupun calon bupati/gubernur.

“Tiga tindakan. Jika dua tugas ini sudah dijalankan secara maksimal, ternyata masih ada pelanggaran, Bawaslu juga punya kewenangan untuk bertindak sesuai aturan yang berlaku,” katanya.

Untuk pihak kejaksaan, ia menjelaskan bentuk tindakan akan disesuaikan dengan pelanggaran yang dilakukan.

“Kami penegak hukum, kami bertindak sesuai peraturan perundang-undangan. Di Bawaslu, jenis pelanggaran pemilu berbeda-beda, jadi kami menindak berdasarkan pelanggaran yang dilakukan,” kata Indra.

Ia juga meminta dukungan seluruh masyarakat agar Panwascam dapat menunaikan tugas dan kewajibannya selama tahapan pemilu.

“Untuk itu, kami mohon dukungan semua pihak agar nantinya dapat memenuhi tugas dan kewajiban kewenangannya dalam melakukan pengawasan di setiap tahapan kecamatan masing-masing,” ujarnya.

Untuk saran dan memberikan informasi kepada CAKAPLAH.com, silahkan hubungi melalui email: [email protected]

Source: news.google.com

Related Articles

Back to top button