Berita Wisata

Lokasi, harga tiket dan keunikannya

Butuh referensi pantai di Bali? Anda bisa mempertimbangkan salah satu pantai yang terletak di tenggara pulau Bali, yaitu Crystal Bay Nusa Penida. Pantai ini memiliki daya tarik yang tidak kalah indahnya dengan pantai-pantai terkenal lainnya.

Apa yang unik dan lokasi tepatnya? Simak artikel berikut ini!

Sekilas tentang Crystal Bay Nusa Penida

Ilustrasi Crystal Bay Nusa Penida.Foto: Dini Rosyadah Tridya/Wikimedia Commons

Crystal Bay Nusa Penida merupakan pantai dengan panjang sekitar 200 meter dan lebar 15 meter. Pantai satu-satunya ini terletak di sebelah tenggara pulau Bali yang dipisahkan oleh Selat Badung. Crystal Bay Nusa Penida sendiri memiliki segudang keindahan alam hingga dikenal sebagai salah satu pantai terbaik di Bali.

Meski bernama Crystal Bay Nusa Penida, namun pantai ini lebih dikenal atau disebut dengan Pantai Penida. Crystal Bay sendiri pada dasarnya adalah nama populer yang diberikan oleh turis asing.

Crystal Bay Nusa Penida mudah dijangkau. Anda dapat naik skuter dari Pelabuhan Toyapakeh dengan jalan baru untuk sampai ke tujuan Anda. Crystal Bay sendiri merupakan salah satu tempat terkenal yang mendominasi kegiatan scuba diving atau snorkeling, sehingga masuk dalam 5 besar tempat wisata di Pulau Nusa Penida. Anda akan dikenakan biaya Rp 10.000 untuk masuk ke Crystal Bay.

Lokasi dan rute menuju Crystal Bay Nusa Penida

Menurut situs biro perjalanan, lokasi Crystal Bay berada di Teluk Penida atau tepatnya Banjar Penida. Pantai ini termasuk dalam wilayah desa Sakti dan berjarak sekitar 15 km dari pelabuhan Nusa Penida. Berikut rute yang bisa ditempuh untuk mengunjungi Crystal Bay Nusa Penida:

  • Naik speed boat ke pelabuhan Pantai Sanur. Biaya speed boat mulai dari Rp 75.000 sekali jalan dengan waktu tempuh 30 hingga 4 menit.
  • Begitu sampai di pelabuhan Nusa Penida, gunakan jasa sewa motor. Harga sewa sepeda motor biasanya mencapai Rp 70.000 per hari.
  • Lanjutkan perjalanan dengan sepeda motor menuju Toya Pakeh.
  • Setelah meninggalkan Toya Pakeh, Anda akan menemukan jalan menanjak menuju Sebunibus dan sampai di pertigaan ajaib. Ambil jalur ke kanan menuju Banjar Sakti. Setelah itu Anda akan melihat pantai Crystal Bay.

Daya tarik dan keunikan Crystal Bay Nusa Penida sebagai lokasi wisata

Ilustrasi Crystal Bay Nusa Penida.Foto: Stryn/Wikimedia Commons

Sastrawan dan Sunarta dalam jurnal mereka berjudul Strategi Pengembangan Potensi Wisata Bahari di Pantai Crystal Bay, Desa Sakti, Kec. Nusa Penida, Kab. Klungkung memaparkan sejumlah atraksi dan keunikan Crystal Bay Nusa Penida sebagai tempat wisata. Berikut adalah atraksi yang berbeda:

1. Taman di bawah laut

The Underwater Garden merupakan salah satu keindahan dan daya tarik Crystal Bay Nusa Penida. Daya tarik yang satu ini memiliki beragam terumbu karang yang memanjakan mata sehingga cocok untuk menyelam, snorkeling atau penelitian yang berkaitan dengan terumbu karang.

2. Ikan Mola-Mola

Nama Mola berasal dari bahasa Latin meule yang berarti “batu kilangan”. Ikan ini diberi nama Mola karena bentuknya seperti batu dan berwarna abu-abu dengan tekstur kasar dan bentuk tubuh bulat. Dalam bahasa Inggris, ikan ini disebut sunfish. Ikan Mola-Mola sering terlihat di Crystal Bay karena mereka suka berjemur di bawah sinar matahari dan di permukaan laut.

3. Keindahan alam di sekitar Pantai Crystal Bay

Crystal Bay Nusa Penida memiliki berbagai keindahan alam yang meliputi perkebunan masyarakat setempat, mulai dari mangga, ubi jalar, jagung, kenari hingga jambu biji. Belum lagi, pemandangan matahari terbit dan terbenam yang ditawarkannya menambah nilai lebih dari Crystal Bay.

4. Batu Jineng (batu kristal)

Selain itu, Crystal Bay juga memiliki keindahan Batu Jineng yang berada di tebing kanan pantai. Potensi Batu Jineng sebagai daya tarik Crystal Bay cukup besar dan layak untuk dikembangkan.

Kegiatan yang menyenangkan untuk dilakukan

Ilustrasi Crystal Bay Nusa Penida.Foto: Miles Hardacre/pexels.com

Ada berbagai aktivitas yang bisa Anda lakukan saat mengunjungi Crystal Bay Nusa Penida, seperti:

Menyelam atau snorkeling

Menurut website biro perjalanan, Crystal Bay memiliki air laut yang jernih, yang membuat aktivitas scuba diving dan snorkeling di pantai ini semakin menyenangkan. Anda akan melihat keindahan bawah laut yang biru, mulai dari flora laut seperti terumbu karang, alga dan satwa liar yang menyambut pengunjung. Semua isi laut akan terlihat jelas karena airnya yang jernih dan bersih.

Titik Teluk Kristal

Kegiatan selanjutnya yang bisa dilakukan adalah mengunjungi Crystal Bay Point. Lokasinya merupakan titik yang memungkinkan pengunjung untuk melihat pemandangan teluk yang indah secara utuh. Namun, pengunjung harus menaiki ratusan anak tangga terlebih dahulu untuk sampai ke titik ini. Meski begitu, Anda bisa melihat keindahan tempat itu secara keseluruhan, mulai dari perbukitan hingga sejuknya air laut biru.

Menikmati sunset di Crystal Beach Nusa Penida

Kemudian anda bisa menikmati sunset di Crystal Beach Nusa Penida sebagai bagian dari aktivitas anda. Aktivitas ini akan menciptakan kesan romantis dan hangat yang memanjakan mata, apalagi Crystal Bay sendiri memiliki sunset yang dipadukan dengan perbukitan hijau, tebing di tengah laut, air laut yang biru dan bentuk teluk yang melengkung sempurna.

Tempat wisata di dekat Crystal Bay Nusa Penida

Meski Crystal Bay sendiri sudah menjadi tempat wisata yang indah, namun masih banyak tempat wisata lain di dekat Crystal Bay yang tak kalah menarik. Tempat wisata di dekat Crystal Bay adalah:

  • Pantai Kelingking (38 menit)
  • Angel Billabong (44 menit berkendara)
  • Broken Beach (42 menit dengan mobil)

Itu beragam informasi tentang Crystal Bay, mulai dari lokasi, harga tiket, hingga keunikannya. Crystal Bay adalah salah satu pantai yang terletak di tenggara Pulau Bali, terkenal dengan aktivitas scuba diving dan snorkeling karena lautnya yang berwarna biru jernih. Kamu bisa masuk Crystal Bay seharga Rp 10.000

Saksikan Video “Sensasi Makan Raos Pisaan Euy, Kuliner Istana Cimahi”
[Gambas:Video 20detik]
(des/fds)

Source: news.google.com

Related Articles

Back to top button