Berita Wisata

7 Tempat Wisata Di Situbondo Yang Paling Banyak Dikunjungi

Situbondo merupakan salah satu kabupaten di Jawa Timur yang memiliki beragam tempat wisata. Terutama wisata alam, karena Situbondo sendiri memiliki panorama alam yang sangat menawan.

Jika masih bingung bagaimana cara memilih tempat wisata di Situbondo, yuk simak informasi 7 tempat wisata terpopuler di Situbondo berikut ini!

1. Waduk Bajulmati

7 Tempat Wisata Terpopuler Di Situbondo: Lokasi dan Harga TiketWaduk Bajulmati (instagram.com/jatimparadise)

Waduk Bajulmati sering disebut sebagai Raja Ampat Jawa Timur karena memiliki panorama yang mirip dengan Raja Ampat. Waduk Bajulmati memiliki luas perairan berwarna biru kehijauan yang terlihat dari kejauhan. Kemudian, di tengah perairan terdapat bukit-bukit kecil seperti di Raja Ampat.

Bukit-bukit yang dilihat dari atas berbentuk seperti buaya, atau dalam bahasa Jawa disebut Bajul. Dari waduk ini Anda juga bisa melihat panorama pegunungan Baluran dan Ijen dari kejauhan.

Tempatnya sejuk dan lingkungannya masih asri. Cocok sebagai tempat wisata untuk bersantai. Pemandangannya yang memukau juga bisa dijadikan spot foto lho!

Lokasi: Baluran, Kecamatan Banyuputih, Kabupaten Situbondo.

Jam operasional: 06.00-18.00 WIB.

Harga tiket: gratis, namun ada biaya parkir motor Rp 5.000 dan biaya parkir mobil Rp 10.000.

Baca Juga: 5 Rekomendasi Hotel di Situbondo, Staycation Ayo!

2. Savana Bekol, Taman Nasional Baluran

7 Tempat Wisata Terpopuler Di Situbondo: Lokasi dan Harga TiketTaman Nasional Savana Bekol Baluran (instagram.com/savanabekol)

Savana Bekol di Taman Nasional Baluran juga dikenal sebagai Africa Van Java. Pasalnya, tempat wisata ini memiliki pemandangan hamparan sabana yang mirip dengan Afrika.

Tak hanya menyuguhkan pemandangan sabana, lokasi wisata ini juga menjadi tempat konservasi satwa yang dilindungi. Seperti macan tutul, banteng jawa, undangan, rangkong dan lain-lain. Wisatawan bisa melihat langsung hewan ini dari kejauhan.

Savana Bekol tidak hanya diminati oleh wisatawan domestik, tetapi juga banyak wisatawan asing yang singgah di tempat wisata ini, lho!

Lokasi: Taman Nasional Baluran, Sumberwaru, Kecamatan Banyuputih, Kabupaten Situbondo.

Jam operasional: 07.30-17.00 WIB.

Harga tiket:

  • Wisatawan domestik Rp 16.000.
  • Wisatawan asing Rp 18.500.

3. Pantai Bama

7 Tempat Wisata Terpopuler Di Situbondo: Lokasi dan Harga TiketPantai Bama (instagram.com/wisatasitubondo)

Di lokasi Taman Nasional Baluran juga terdapat destinasi wisata tepi laut yang tak kalah indahnya. Wisata tersebut bernama Pantai Bama. Sebelum menuju ke sana, wisatawan akan melewati kawasan Taman Nasional Baluran yang masih memiliki pepohonan rindang. Maka tak heran jika di sepanjang perjalanan wisatawan bisa bertemu dengan hewan seperti monyet.

Sesampainya disana, wisatawan akan disambut dengan hamparan pasir putih. Pantainya juga selalu bersih dan air lautnya biru. Wisatawan bisa berlibur, berfoto, bermain air di pantai. Kalau main air di pantai harus hati-hati sama ombaknya, OK!

Lokasi: Taman Nasional Baluran, Sumberwaru, Kecamatan Banyuputih, Kabupaten Situbondo.

Jam operasional: 07.30-17.00 WIB.

Harga tiket: Rp15.000.

4. Air Terjun Talempong

7 Tempat Wisata Terpopuler Di Situbondo: Lokasi dan Harga TiketAir Terjun Talempong (instagram.com/wisatasitubondo)

Situbondo memiliki wisata air terjun hits yang menjadi incaran banyak orang, yaitu air terjun Talempong. Air terjun ini memiliki ketinggian 50 meter. Meski tidak terlalu tinggi, aliran airnya cukup deras, lho!

Pemandangan di sekitar air terjun selalu sangat indah. Ada pepohonan hijau. Menariknya, sebagian besar jalur pendakian telah ditata, yang terbuat dari kayu, dan di sebelahnya ada bunga berwarna-warni yang indah.

Mandi di air terjun sambil menikmati keindahan alam sekitar bisa dijadikan sarana sembuh kegiatan sehari-hari. Di area sekitar air terjun juga terdapat bebatuan alam yang bisa dijadikan spot foto ala alam.

Lokasi: Desa Talempong, Kecamatan Banyuglugur, Kabupaten Situbondo.

Jam operasional: 06.00-17.00 WIB.

Harga tiket: Rp2.000.

5. Puncak Rengganis Argopuro

7 Tempat Wisata Terpopuler Di Situbondo: Lokasi dan Harga TiketPuncak Rengganis Argopuro (instagram.com/rifqi_pratama__)

Tak hanya wisata bahari, Situbondo juga menawarkan wisata yang menawarkan keindahan pegunungan lho! Namanya Puncak Rengganis Argopuro. Tempat wisata ini memiliki ketinggian 3.088 mdpl dan berada di salah satu puncak Gunung Argopuro.

Dari puncak ini, wisatawan bisa menikmati pemandangan di bawah, serta keindahan Gunung Argopuro itu sendiri. Tidak hanya menawarkan keindahan alam, di puncak Rengganis Argopuro juga terdapat situs bersejarah peninggalan purbakala yaitu teras bertingkat.

Lokasi: Desa Baderan, Kecamatan Sumbermalang, Kabupaten Situbondo.

Jam operasional: 24 jam.

Harga tiket: Gratis.

6. Desa Kerapu

7 Tempat Wisata Terpopuler Di Situbondo: Lokasi dan Harga TiketKampung Kerapu (instagram.com/kampungkerapusitubondo)

Desa Kerapu merupakan salah satu pilar wisata bahari di Situbondo. Desa ini terletak di dermaga terapung, dengan puluhan kandang kerapu menghiasi sekelilingnya.

Tempat ini digunakan sebagai tempat budidaya ikan. Jadi selain melihat pemandangan desa laut, wisatawan juga bisa memancing di sini lho! Wisatawan juga bisa menyewa perahu untuk berkeliling desa kerapu ini.

Lokasi: Jl. Gundil, Klatakan, Kecamatan Kendit, Kabupaten Situbondo.

Jam operasional: 08.00-22.00 WIB.

Harga tiket: Rp35.000.

7. Kayu Mas – Perkebunan Kopi

7 Tempat Wisata Terpopuler Di Situbondo: Lokasi dan Harga TiketPerkebunan Kopi Kayu Mas (instagram.com/morin_tasha99)

Situbondo merupakan salah satu sentra produksi kopi di Jawa Timur. Ada perkebunan kopi yang lebih besar di Situbondo, yaitu perkebunan kopi Kayu Mas. Selain sebagai tempat budaya kopi khas Situbondo, tempat ini juga terbuka untuk wisata dan pendidikan.

Wisatawan bisa menikmati keindahan alam perkebunan kopi, ditemani aroma harum pohon kopi. Di sini sangat dingin, lol! Selain berwisata, pengunjung juga bisa belajar tentang kopi, seperti cara menanam dan mengolahnya.

Lokasi: Jl. Desa Kayumas, Kecamatan Arjasa, Kabupaten Situbondo.

Jam operasional: 08.00-17.00 WIB.

Harga tiket: Gratis.

Itulah tadi informasi mengenai 7 Tempat Wisata Terpopuler di Situbondo. Situbondo menawarkan berbagai wisata yang sangat menawan, mulai dari pantai hingga taman nasional hingga air terjun. Secara tidak langsung, jika kita mengunjungi salah satu tempat wisata tersebut, kita juga akan memperkuat sektor pariwisata di Situbondo. Jadi, kalau ada kesempatan jangan lupa berkunjung ya!

Baca juga: 7 oleh-oleh khas Situbondo untuk dibawa pulang!

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform menulis. Semua karya tulis adalah tanggung jawab penulis sepenuhnya.

Source: news.google.com

Related Articles

Back to top button