Tempat Wisata

Pantai Jetis Cilacap – Atraksi, Aktivitas Liburan, Lokasi & Harga Tiket

Atraksi, Aktivitas Liburan, Lokasi & Harga Tiket – Pantai Jetis merupakan salah satu pantai yang mempesona di ujung timur Cilacap. Hijau dan asri, wisata laut menarik untuk dikunjungi pada hari libur dan akhir pekan.

harga tiket: Rp 5.000, Waktu aktif: 24 jam, Alamat: Jetis, Kec. Nusahungu, Kab.Cilacap, Jawa Tengah; map: Cek lokasi

Salah satu pantai di pesisir selatan Jawa yang memiliki pesona pemandangan alam yang menakjubkan adalah Pantai Jetis. Terletak di Cilacap, pantai ini merupakan bekas kawasan pertambangan yang telah disulap menjadi pantai yang indah.

Pantai yang terletak di wilayah selatan pulau jawa ini memiliki ciri khas pantai selatan yang khas. Yakni ombak tinggi dan perbukitan kapur. Gelombang kuat ini berasal dari aktivitas Samudera Hindia.

Salah satu hal unik yang bisa ditemukan di sini adalah keberadaan sungai di dekat pantai. Sehingga wisatawan tidak hanya menyusuri pantai, tapi juga sungai sekaligus. Vegetasi pohon yang lebat membuat suasana di sekitar Pantai Jetis sangat nyaman untuk berwisata.

Atraksi Pantai Jetis

Atraksi Pantai JetisKredit foto: Google Maps Pijar Pij

1. Pemecah ombak foto mampu

Lokasi pantai indah di wilayah selatan pulau jawa ini memiliki ombak yang besar. Untuk menjamin keamanan wilayah pesisir, terdapat fasilitas pemecah gelombang. Bentuk semrawut pemecah gelombang tepi pantai ini membuatnya tampak seperti sebuah karya seni yang menawan.

Ada juga bagian seperti jembatan yang membentang ke arah laut, dipertegas dengan lubang-lubang yang tersusun rapi. Karena itu, sebagian besar wisatawan menggunakan pemecah gelombang ini sebagai tempat untuk berfoto. Gambar-gambar dari tempat ini sangat menarik.

2. Ada sungai di dekat pantai

Sebuah sungai mengalir di dekat pantai Jetis. Sungai ini merupakan pembatas antara Kabupaten Cilacap dan Kabupaten Kebumen di sebelah timur. Berbagai jenis tanaman seperti pohon kelapa, bakau, pohon salak dan sebagainya ditumbuhi di kanan kiri sungai. Sungai ini disebut Sungai Ngijo.

3. Pantai yang teduh

Jika Anda mendambakan pertemuan dengan pantai dengan banyak pepohonan, Pantai Jetis adalah tempat yang tepat untuk Anda. Di tempat ini, wisatawan dapat menemukan berbagai jenis pohon seperti cemara dan kelapa.

Sebelum dibuka sebagai tujuan wisata, tempat ini merupakan kawasan pertambangan. Setelah berhenti beroperasi pada tahun 2007, PT ANTAM melakukan reklamasi sebagai pengelola lahan. Saat itu, masyarakat meminta pantai dihutankan kembali dengan menanam pohon cemara, udang dan kelapa serta meratakan bekas galian tambang.

Penanaman ini membuat area sekitar pantai lebih hijau dan asri. Bahkan keberadaan hutan pinus dimanfaatkan oleh pengelola untuk menciptakan tempat yang indah dan menarik bagi wisatawan.

4. Hutan cemara

Objek wisata yang dimiliki oleh Pantai JetisKredit foto: Google Maps Pijar Pij

Reboisasi setelah areal tambang ditutup dan kepedulian masyarakat terhadap kelestarian alam Pantai Jetis berdampak positif. Hal ini membuat salah satu jenis pohon yang ditanam tumbuh subur di kawasan ini.

Pohon itu adalah cemara. Pohon cemara yang tumbuh semakin banyak, membuat pemandangan area pantai semakin menarik. Karena banyaknya pohon pinus yang tumbuh di sekitar pantai, pantai ini mendapat julukan Cemara Sewu.

5. Pegunungan Batu Kapur

Dari daratan, wisatawan bisa melihat pegunungan kapur yang membentang dan diselimuti pepohonan hijau. Gunung-gunung ini tampak kokoh meski dihempas ombak keras Laut Selatan. Tentunya bagi Anda yang suka berfoto, pegunungan ini bisa dijadikan sebagai background yang sangat menarik.

6. Jalan menuju pantai

Bepergian bisa menjadi bagian paling menarik dari sebuah tur. Jalan menuju Pantai Jetis menawarkan keistimewaan yang menarik, yaitu taman semangka, melon, dan mentimun suri yang tersebar di kanan dan kiri jalan. Petani berbaris di sepanjang jalan menawarkan kebun mereka.

Alamat, Rute, Lokasi & Harga Tiket Pantai Jetis

Alamat Pantai JetisKredit foto: Google Maps Ridho Dwi Mardiyanto

Pantai ini terletak di ujung timur Kota Cilacap, sekitar 40 km jauhnya. Memiliki garis pantai 3km, ujung timur pantai berbatasan langsung dengan Kabupaten Kebumen. Secara administratif, pantai ini termasuk dalam wilayah Desa Jetis, Kecamatan Nusahungu, Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah.

Untuk menuju Pantai Jetis, pengunjung dapat menggunakan kendaraan roda dua atau empat baik pribadi maupun umum. Jalan menuju pantai ini cukup bagus dan mudah dinavigasi.

Hanya saja jalanan ramai, terutama pada saat berangkat dan pulang kerja. Jadi, bagi yang ingin berwisata ke sini perlu mengatur waktu keberangkatan sesuai jadwal yang telah disiapkan, agar tidak terjebak dalam kepadatan kendaraan. Apalagi jika Anda berniat untuk pergi berlibur atau akhir pekan.

Untuk memasuki kawasan pantai di perbatasan Cilacap dan Kebumen, wisatawan harus membayar tiket untuk membeli tiket. Harga tiketnya sangat terjangkau. Setiap wisatawan dikenakan tiket seharga Rp 5.000 pada hari biasa dan Rp 10.000 pada hari libur.

Biaya parkir sendiri dibedakan untuk kendaraan roda dua dan empat. Mobil seharga Rp 5.000 sedangkan sepeda motor seharga Rp 3.000.

Aktivitas menarik di Pantai Jetis

Aktivitas menarik di Pantai JetisKredit foto: Google Maps AzeeSgy

1. Naik perahu kecil

Salah satu aktivitas menarik yang bisa dilakukan di pantai ini adalah mengendarai perahu kecil di tengah laut. Perahu-perahu ini disediakan oleh para penggiat pariwisata setempat. Pengunjung diajak menikmati suasana antara dua pantai yaitu Pantai Jetis dan Pantai Logending. Pada kesempatan ini, wisatawan dipandu menyusuri sungai.

Perahu kecil itu dapat mengangkut sepuluh penumpang dalam satu kali perjalanan. Harga untuk sekali perjalanan adalah Rp100.000 untuk satu perahu atau jika dipecah menjadi Rp10.000 per orang.

2. Mengejar

Wilayah pesisir sendiri memiliki ekosistem yang sangat kaya. Ada pegunungan kapur, pantai dan air laut, banyak pohon dan sungai di dekat pantai. Keragaman ini menawarkan kesempatan kepada wisatawan untuk mengeksplorasi keunikan setiap sisi Pantai Jetis.

penganiayaan menjadi pilihan yang sangat menarik selama menginap di kawasan wisata ini. Berjalan dapat memungkinkan Anda untuk melihat dengan jelas apa yang sebelumnya tidak jelas. Pastikan Anda membawa perbekalan yang cukup sebelum memulai aktivitas penganiayaan Ini.

3. Joging di pantai

Pantai Jetis memiliki garis pantai sekitar 3 km. Dengan panjang tersebut, wisatawan bisa memanfaatkannya untuk jogging menyusuri pantai dari ujung ke ujung. Pasir pantai yang hitam di tepi pantai akan menambah tantangan berlari. Pastikan Anda berpakaian dengan benar dan membawa sesuatu untuk diminum.

4. Ambil foto

Ada banyak tempat bagi wisatawan untuk berfoto di kawasan pantai ini. Wisatawan dapat menggunakan pemecah gelombang, gunung, menaiki perahu, melacak dan berjalan kaki, dan semua aktivitas lain yang Anda lakukan. Jangan menyesal tidak mengabadikan momen di pantai cantik ini.

5. Piknik

Jika Anda berwisata bersama keluarga, piknik menjadi pilihan yang bisa Anda lakukan di Pantai Jetis. Anda bisa membawa tikar, makanan favorit, snack favorit dan minuman dingin untuk dinikmati bersama keluarga atau teman.

6. Berkendara

Ada persewaan kuda di pantai ini. Pengunjung yang menyewa akan diantar dan diajak berkeliling di sekitar pantai.

7. Mengendarai ATV

Bagi anak-anak, berlari-lari di pantai dengan ATV tentu merupakan kegiatan yang sangat menyenangkan.

Akomodasi murah dekat Pantai Jetis

Akomodasi murah dekat Pantai JetisSumber gambar: Google Maps Choerul Umam

1. Hotel Favorit Cilacap

Fave hotel ini terletak di Jalan Budi Utomo No. 38, Cilacap Selatan, Cilacap. Dengan harga mulai 300.000, pengunjung mendapatkan fasilitas berupa parkir, lift, restoran, room service, brankas, kolam renang dan WiFi di area umum. TV kabel, meja, pengering rambut, brankas kamar, dan shower dirancang khusus untuk setiap kamar.

Selain itu, ada juga area merokok dan area khusus merokok. Layanan lain yang dapat dinikmati di hotel ini adalah layanan pijat dan spa, serta fasilitas rapat.

Hotel bintang 3 ini menawarkan berbagai tipe kamar dengan tipe dan ukuran yang berbeda-beda. Kamar yang dipilih adalah tipenya Kamar standar, kamar deluxe, dan kamar suite.

2. Hotel Dafam Cilacap

Hotel Dafam merupakan salah satu hotel di Cilacap yang menawarkan fasilitas dan perlengkapan bagi penyandang disabilitas. Penginapan ini juga menawarkan bagian untuk keluarga. Fasilitas yang tersedia adalah parkir, coffee shop, layanan kamar 24 jam, restoran, brankas dan WiFi. Ada juga ruang keluarga, area bebas rokok, dan area khusus merokok.

Layanan hotel meliputi pelayan, keamanan 24 jam, binatu, penyimpanan bagasi, dan meja depan 24 jam. Kegiatan lain yang dapat dilakukan di hotel ini adalah pijat, kolam renang luar ruangan, sauna, biliar, dan spa. Hotel dafam juga menawarkan fasilitas bisnis dan rapat.

3. Hotel yang tenang

J L. Rambutan No. 52, Pendowo, Tegalreja, Cilacap Selatan adalah alamat Hotel Damai. Salah satu akomodasi yang cocok untuk backpacker ini hanya seharga 60.000 untuk kamar per malam. Sangat cocok bukan, bagi wisatawan yang mengutamakan budget namun ingin tidur dengan nyaman.

Ada berbagai jenis kamar yang bisa dipilih pengunjung. pria itu adalah Tempat di Saver, Tempat di Twin dan Titik pada ganda. Fasilitas yang tersedia adalah AC, area bebas rokok, parkir, WiFi, dan staf multibahasa. Setiap kamar memiliki meja, shower, dan televisi.

4. Hotel Tanjung Permata

Penginapan memiliki berbagai fasilitas yang dapat digunakan pengunjung, seperti; B. Fasilitas pertemuan, ruang pertemuan, proyektor. Tersedia juga ruang keluarga, area merokok, area bebas rokok, dan teras. Fasilitas lain yang dapat Anda gunakan antara lain penyewaan sepeda dan penyewaan mobil.

Harga yang ditawarkan untuk satu kali menginap mulai dari 240.000 untuk satu kamar. Tipe kamar yang tersedia Kamar VIP dan kamar suite.

Fasilitas di Pantai Jetis Cilacap

Fasilitas di Pantai Jetis CilacapKredit foto: Google Maps Pijar Pij

Pantai Jetis memiliki berbagai fasilitas untuk menunjang kegiatan wisata. Fasilitas tersebut meliputi tempat parkir mobil, mushola, kamar mandi dan akomodasi. Ada juga paviliun yang berjejer rapi di sepanjang pantai. Gazebo ini bisa digunakan untuk bersantai atau sekedar beristirahat.

Akses menuju pantai juga cukup baik. Di sini juga terdapat penjual makanan dan minuman, baik makanan berat maupun makanan ringan. Ada juga pancuran yang bisa digunakan untuk membilas tubuh.

Pantai Jetis merupakan tempat yang cocok untuk dijadikan tujuan wisata bagi keluarga maupun individu. Ada berbagai institusi yang mendukung kegiatan wisata. Lingkungan sekitarnya juga sangat indah.

Source: www.pesisir.net

Related Articles

Back to top button