Tempat Wisata

Air Terjun Guruh Gemurai, pesona air terjun 7 lantai yang eksotis di Riau

harga tiket: Rp3.000, Waktu aktif: 24 jam, Alamat: Lubuk Jambi, Kec. Kuantan Mudik, Kab f, Riau; map: Cek lokasi

Pesona alam Air Terjun Guruh Gemurai merupakan objek wisata yang populer di daerah Riau. Udara yang sejuk disertai dengan riak air membuat suasana begitu alami. Banyak pengunjung telah melihat wisata ini karena keindahan alamnya yang mempesona. Air yang datang langsung dari pegunungan memiliki dua tingkatan tempat air jatuh.

Nama tur tersebut kabarnya berasal dari bahasa setempat, Kuantan Singing. Guntur, yang berarti air terjun yang jatuh, terdengar menggelegar. Sedangkan Gemurai berarti suara gemericik air yang menenangkan. Pengelola melestarikan destinasi ini sehingga menjadi wisata alam yang menarik.

Air terjun ini memiliki ketinggian sekitar 20 m. Air terjun ini juga tampak bertempat di sebuah kolam di bawahnya. Kawasan wisata yang masih alami membangkitkan minat banyak wisatawan untuk mengunjunginya. Pemerintah setempat juga sedang mengembangkan wisata ini agar lebih baik dan menambah pendapatan warga setempat.

Atraksi Air Terjun Guruh Gemurai

Daya Tarik Air Terjun Guruh GemuraiKredit foto: Instagram Novri Yanto

Setiap tempat wisata pasti memiliki daya tarik tersendiri yang dapat menarik wisatawan. Begitu juga dengan Air Terjun Guruh Gemurai menjadi salah satu destinasi yang paling banyak dikunjungi. Wisata ini merupakan salah satu tempat paling populer yang memiliki berbagai keunikan.

1. Memiliki banyak pemandangan alam

Destinasi alam yang berada di kawasan hutan lindung Bukit Betabuh ini memiliki segudang keindahan alam di dalamnya. Perbukitan mengelilingi sisi air terjun dengan warna hijau segar. Di sepanjang jalan dari pintu masuk hingga pintu keluar juga terdapat banyak pepohonan. Pada siang hari tidak terasa panas terik karena tanaman hijau subur di seluruh area.

Pengunjung bisa melihat pegunungan menjulang di balik air terjun. Bebatuan yang tersusun dalam pola hitam seolah melengkapi derasnya air yang mengalir. Kawasan ini mungkin masih alami, karena belum banyak mengalami perubahan struktural. Selain itu, jalan yang masih belum beraspal menghiasi keindahan alamnya.

2. Air terjun yang jernih

Air Terjun Guruh Gemurai dikenal memiliki air yang sangat jernih karena jatuh langsung dari pegunungan. Ada juga peringatan tentang sampah di daerah tersebut. Ada 7 ketinggian air dan tentunya dengan ketinggian yang berbeda-beda. Pengelola membuat tangga beton agar wisatawan bisa aman sampai ke lokasi bawah laut.

Namun setiap level sebenarnya bisa dilewati oleh pengunjung. Jika Anda ingin sampai ke tingkat atas, Anda harus hati-hati melalui tangga batu. Wisatawan bisa melihat keindahannya dari atas dan bawah karena air terjun yang bercabang tidak hanya satu.

3. Suasana wisata yang menenangkan

Suasana tempat wisata yang jauh dari keramaian membuat wisatawan nyaman berlibur ke sini. Jika di perkotaan banyak terdengar suara bising kendaraan, maka di sini hanya terdengar suara gemericik air. Kehijauan dan air terjun yang jernih memastikan udara sangat segar dan tidak tercemar. Pengunjung bisa sekedar bersantai sambil bercengkrama dengan keluarga.

Tidak ada rumah di daerah itu, hanya gubuk kecil tempat beberapa petugas berhenti. Hal ini memberikan perasaan tenang bagi pengunjung saat mengunjungi destinasi alam ini. Pada siang hari, kicau burung melengkapi suasana wisata. Wisatawan dapat menikmati angin sepoi-sepoi di cuaca cerah.

Alamat dan rute menuju lokasi

Lokasi Air Terjun Guruh GemuraiKredit foto: Instagram Frederick Tarigan

Destinasi alam Air Terjun Guruh Gemurai ini berada tepat di Desa Kasang, Kecamatan Kuantan Mudik, Kabupaten Kuantan Senggigi, Riau. Dari Bandara Internasional Sultan Syarif Kasim 2 arah menuju wisata ini memakan waktu sekitar 4,5 jam. Wisatawan lokal dan asing dapat melakukan perjalanan ke lokasi dengan kendaraan pribadi atau menggunakan transportasi umum yang tersedia.

Pengunjung yang baru pertama kali berkunjung disarankan untuk bertanya langsung kepada warga sekitar tentang keberadaan air terjun ini. Meski lokasinya jauh dari pemukiman penduduk, aksesnya mudah dilalui baik sepeda maupun mobil. Jalan beraspal sudah mulus, namun beberapa masih memiliki jalan berbentuk batu saat mendekati tempat wisata.

Selama perjalanan, wisatawan melewati pasar tradisional Lubuk Jambi yang terlihat ramai terutama pada pagi hari. Setelah itu belok kiri melewati desa Koto yang jalannya cukup menanjak. Setelah 15 menit berkendara, Anda akan sampai di desa Kasang untuk sampai ke tempat-tempat wisata. Di pintu masuk, pengunjung akan disambut dengan Welcome Gate.

Biaya masuk objek wisata

Tiket Masuk Air Terjun Guruh GemuraiKredit Foto: Instagram BEGAYA PRODUCTION

Salah satu tempat liburan yang tidak menguras budget adalah wisata Air Terjun Guruh Gemurai. Wisatawan dikenakan harga tiket sebelum masuk, untuk anak-anak Rp 2.000 dan untuk dewasa Rp 3.000. Namun, tur ini tidak buka 24 jam sehari, sehingga banyak orang berduyun-duyun pulang pada sore hari.

Akan dikenakan biaya tiket bagi wisatawan yang membawa kendaraan pribadi. Untuk sepeda motor tarifnya Rp 2.000 dan Rp 5.000 untuk mobil. Tarif yang berbeda berlaku untuk mereka yang membawa kendaraan besar seperti bus. Harga berlaku untuk hari kerja dan hari libur.

Ada beberapa warga sekitar kawasan wisata yang menjual jajanan ringan. Pengunjung tidak perlu khawatir karena harga yang ditawarkan sangat terjangkau, mulai dari Rp 5.000 saja. Biaya liburan yang ramah kantong ini membuat destinasi wisata ceria ini selalu ramai dikunjungi. Biasanya hari biasa pun tidak tenang, sepertinya 5 sampai 10 turis datang.

Hal menarik yang bisa dilakukan di Guruh Gemurai

Kegiatan menarik Badai PetirSumber gambar: Google Maps Bernard Satriady

1. Abadikan momen

Wisatawan yang sedang berlibur selalu membawa kamera. Selain itu, Anda akan menemukan banyak spot foto menarik di Air Terjun Guruh Gemurai. Wisatawan bisa menggunakan background dari air jernih, pepohonan, jembatan hingga kursi kayu, yang bisa mempercantik foto. Mengabadikan momen seperti ini memang sangat mengasyikkan, apalagi bersama teman atau keluarga.

2. Fitur air

Tidak lengkap rasanya jika mengunjungi wisata ini namun tidak bermain air di sekitarnya. Ada kolam penampungan yang bisa digunakan sebagai taman bermain air. Pengunjung juga bisa langsung duduk di bawah air terjun untuk menikmatinya dari dekat. Yang terpenting adalah berhati-hati saat bermain air karena bebatuannya sangat licin.

3. Tonton pertunjukan

Di sudut tempat rekreasi terdapat pertunjukan yang biasanya disewakan. Mulai dari pertunjukan tari, musik dan pertunjukan budaya lainnya bisa dinikmati pada hari-hari tertentu. Banyak wisatawan yang mengabadikannya melalui foto atau video di kamera. Pertunjukan ini biasanya tidak berlangsung lama, hanya sampai siang hari.

Hal menarik yang bisa dilakukan di Guruh GemuraiKredit foto: Instagram Rizki Kurniawan

4. Bersantai

Memang liburan ke tempat wisata alam sangat cocok untuk bersantai dan merilekskan pikiran. Lokasi air terjun Guruh-Gemurai yang jauh dari hiruk pikuk kota sangat memudahkan wisatawan untuk berlama-lama di sini. Anda dapat berjalan-jalan atau duduk di kursi untuk mendapatkan udara segar. Perbukitan dan pepohonan hijau juga memanjakan mata saat melihat.

5. Berkemah

Cukup banyak pengunjung yang berlibur di kawasan wisata ini sambil berkemah. Anda bisa mendirikan tenda kecil di area yang telah ditentukan. Saat berkemah, banyak wisatawan yang membawa sejumlah jajanan yang terlalu berat. Suara gemericik air dan keindahan alamnya akan terasa sangat menenangkan.

6. Lihat Festival Runway

Festival Pacu Path merupakan kegiatan rutin yang dilakukan oleh Pemerintah Kota Kuantan Sengingi. Bisa dibilang kegiatan ini satu-satunya dan tidak ada di tempat lain. Para pendayung berlomba mendayung perahu untuk mencapai garis finis. Namun sebelum festival ini diadakan upacara ritual terlebih dahulu.

Fasilitas yang tersedia di kawasan wisata

Fasilitas Air Terjun Guruh GemuraiKredit foto: Instagram Frederick Tarigan

Meskipun Air Terjun Guruh Gemurai jauh dari pemukiman penduduk, wisata ini menawarkan beberapa fasilitas. Pengunjung yang ingin mandi setelah bermain air bisa menggunakan kamar mandi yang disediakan. Fasilitas ini biasanya hanya dikenakan biaya Rp 2.000 per orang saat digunakan. Penjaga juga akan memeriksa bahwa kamar mandi selalu bersih.

Wisatawan yang ingin berdoa dapat mengunjungi mushola kecil di dekat air terjun. Biasanya ada juga orang yang sedang istirahat. Di bagian luar mushola juga terdapat kamar kecil yang dipisahkan antara laki-laki dan perempuan. Pengunjung diharapkan membawa pernak-pernik keagamaan sendiri dari rumah karena tidak disediakan di sini.

Selain itu, di area luar kawasan wisata juga terdapat tempat parkir yang cukup luas. Tempat duduknya juga terlihat banyak berjejer bagi wisatawan yang ingin bersantai. Pengunjung diharapkan memanfaatkan fasilitas dengan baik dan tidak mencemarinya. Manajemen juga berupaya membangun fasilitas penunjang lainnya agar lebih lengkap.

Itulah beberapa penjelasan mengenai destinasi Air Terjun Guruh Gemurai yang bisa dijadikan rekomendasi tempat liburan. Anda bisa mendapatkan perasaan yang berbeda saat melihat keindahan alamnya. Sebelum berkunjung, pastikan tubuh Anda fit dan kendaraan yang Anda bawa tidak ada masalah.

Source: www.itrip.id

Related Articles

Back to top button