Tempat Wisata

Pantai Tanjung Aan Lombok – Atraksi, Aktivitas Liburan, Lokasi & Harga Tiket

Pemandangan, aktivitas liburan, lokasi & harga tiket – Pantai Tanjung Aan salah satu pantai eksotis di Mandalika Lombok Tengah. Pantai ini cocok untuk snorkeling dan bermain air karena didukung oleh ombak yang tenang dan air yang cukup dangkal.

harga tiket: Gratis, Waktu aktif: 24 jam, Alamat: Kecamatan Kuta. Pujut, Kab.Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat; map: Cek lokasi

Pantai Tanjung Aan yang terletak di selatan pulau Lombok merupakan salah satu pantai yang menjadi tujuan wisata terkenal di Lombok. Pantai ini menawarkan banyak keindahan indah yang akan memanjakan mata Anda.

Dengan perairannya yang berwarna biru tua dan biru kehijauan, Anda akan dibuat takjub dengan surga alam yang tercipta di wisata bahari ini. Pemandangan yang ditawarkan tempat ini sangat direkomendasikan bagi anda yang berada di Lombok. Ombak yang tenang memiliki konstruksi pantai yang landai, tempat ini menjadi tujuan populer bagi sebagian orang.

Pengelola Pantai Tanjung Aan juga memberikan fasilitas yang memadai bagi wisatawan yang berkunjung ke sana. Mulai dari akomodasi, restoran, persewaan perahu hingga peralatan snorkeling yang bisa digunakan pengunjung untuk melengkapi sesi liburan mereka di pantai.

Atraksi Pantai Tanjung Aan

Pemandangan di Pantai Tanjung AanSumber Gambar: Google Maps Bayu Agung

1. Memiliki dua jenis pasir pantai

Terletak di dua bagian pantai, ada dua jenis pasir di kawasan pantai ini. Yang pertama adalah lada pasir. Pasir yang memiliki tekstur kasar, bulat dan kecil ini memiliki sensasi tersendiri saat Anda menginjaknya.

Berbeda dengan teksturnya yang kasar dan bulat, Tepung Pasir memiliki bentuk yang sangat halus dan lembut. Ini seperti tepung ketika Anda menyentuhnya. Anda bisa menemukan dua jenis pasir yang berbeda ini di Pantai Tanjung Aan.

2. Ada ayunan di pantai

Jika Anda mengunjungi pantai ini, Anda akan menemukan ayunan tinggi yang menghadap langsung ke laut. Terjebak di tengah pantai yang datar, Anda akan mendapatkan spot foto dan pemandangan yang indah dan eksotis.

Latar belakang keren ini akan menyenangkan siapa saja yang mengendarai ayunan. Meskipun banyak ayunan lain yang dipasang di pantai, yang satu ini lebih populer karena berada di tempat yang unik.

3. Pemandangan dari Bukit Merese

Objek wisata yang dimiliki oleh Pantai Tanjung AanSumber gambar: Google Maps Alessio D’Amico

Bukit Merese terkenal sebagai salah satu bukit yang mengelilingi pantai dan menjorok ke tengah laut. Untuk mendaki ke puncak bukit ini cukup mudah, namun Anda harus berhati-hati, tanah yang berbatu dan bebatuan yang keras dan tajam dapat melukai kaki Anda. Kenakan sepatu atau alas kaki lain yang dapat melindungi kaki Anda.

Ada jalur menanjak di sebelah kanan pantai Tanjung Aan, yang bisa Anda naiki sesaat sebelum matahari terbenam. Kali ini sangat direkomendasikan karena pemandangan matahari terbenam dan hamparan laut yang sangat indah dan mengesankan.

4. Bukit Payung

Situs Batu Payung sendiri sering digunakan pengunjung untuk berfoto selfie atau bermain air. Batu ini memiliki ukuran yang besar, namun bagian bawahnya lebih kecil karena sudah lama terkikis oleh air. Itulah mengapa disebut batu payung.

Untuk sampai ke tempat ini Anda perlu menyewa perahu Lo atau perahu nelayan. Harga sewa perahu ini agak mahal yaitu 300.000 rupiah dengan masa sewa tidak terbatas. Anda bisa mendapatkan harga yang lebih murah dari yang tertera di atas jika Anda pandai menawar.

Alamat, Rute, Lokasi dan Harga Tiket Pantai Tanjung Aan

Aktivitas Menarik Pantai Tanjung AanSumber gambar: Google Maps Nawrot

Terletak di Desa Lombok, Kecamatan Pjuk, Kabupaten Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat, pantai bernama Tanjung Aan ini memiliki ratusan peminat setiap harinya. Pantai ini berada di dekat Pantai Kuta Lombok, hanya membutuhkan waktu 3 kilometer dan membutuhkan waktu 15 menit untuk sampai ke sana. Hal ini membuat banyak paket wisata yang menawarkan kunjungan ke dua pantai ini.

Berkendara dari Kota Mataram menuju Cakranegara, Anda akan melewati Praya, Batunyale, Rambitan dan kemudian Pantai Kuta sebelum akhirnya tiba di Pantai Tanjung Aan. Waktu tempuh untuk rute ini adalah 1,5 jam.

Namun, jika Anda memulai perjalanan dari Senggigi Lombok, dibutuhkan waktu 1 jam 50 menit untuk jarak 72 kilometer. Sedikit saran bagi anda untuk membawa kendaraan sendiri atau menyewa mobil sendiri untuk berwisata kesana karena akan mempermudah perjalanan. Kondisi jalan menuju pantai ini bisa disebut baik, sehingga wisatawan tidak perlu khawatir.

Anda akan dikenakan biaya parkir saat memasuki kawasan wisata Pantai Tanjung Aan. Jika Anda membayar 10.000 rupiah untuk mobil dan 5.000 rupiah untuk tempat parkir sepeda motor, Anda dapat dengan aman meninggalkan kendaraan Anda di sana.

Hal menarik yang bisa dilakukan di pantai Tanjung Aan

Aktivitas Menarik Pantai Tanjung AanKredit Foto: Google Maps Ida Nur Farida

1. Bermain pasir

Ada dua jenis pasir di pantai Tanjung Aan, pasir merica dan pasir tepung. Sesuai dengan namanya, bentuk dan rasa yang didapat saat menginjak atau meraih pasir adalah sama.

Dengan pasir tepung Anda bisa bermain seperti pasir di pantai lain, mis. B. membangun istana pasir, mengubur mayat dan sebagainya. Sementara itu, dengan pasir merica kasar, Anda bisa membangun lapangan voli dan bermain di atasnya.

2. Berjemur di bawah payung jerami

Kegiatan berjemur sering dilakukan oleh orang-orang yang berkunjung ke pantai. Apalagi dengan cuaca yang cukup panas di sana, jangan lupa untuk memakai tabir surya atau krim lain yang sesuai dengan kulit Anda dan dapat melindungi kulit Anda dari radiasi sinar UV yang berbahaya.

Jika Anda masih ingin berjemur, tetapi dengan paparan sinar matahari yang tidak langsung mengenai kulit Anda, Anda dapat memanfaatkan payung jerami di pantai. Jumlahnya cukup besar dan Anda bisa bersantai sambil menikmati sejuknya angin pantai.

3. Tangkap nyale

Merupakan tradisi resmi untuk berburu Nyale Mandalika di pantai Tanjung Aan setiap bulan Februari. Nyale sendiri merupakan cacing laut, memiliki tubuh seperti cacing tanah namun lebih kecil dan berwarna hijau atau coklat.

Nyale ini hanya muncul pada waktu-waktu tertentu. Banyak resep yang menggunakan nyale sebagai bahan utamanya.

4. Melihat matahari terbenam

Nikmati tidak hanya pemandangan pantai, tetapi juga pemandangan matahari terbenam. Mendaki bukit-bukit yang mengelilingi laut, Anda bisa menemukan tempat yang cocok untuk duduk dan menghabiskan waktu.

Batu Payung, tempat yang bisa dijangkau dengan perahu nelayan, sangat cocok untuk berfoto dan bermain air. Tempat ini sangat cocok untuk menghabiskan waktu bersama teman-teman Anda.

Sementara itu, ada Bukit Merese. Bukit yang berada di sebelah kanan Tanjung Aan Strand dapat dicapai dengan mengikuti jalan setapak dan sedikit menanjak di tanah berbatu. Dengan medan seperti ini, cukup melukai kaki Anda jika tidak memakai sepatu.

5. Snorkeling dan Menyelam

Arus ombak yang tenang dapat digunakan untuk menyelam dan snorkeling. Tempat ini cocok bagi anda yang ingin menghabiskan waktu mengamati keindahan alam bawah laut, agar liburan anda lebih berwarna.

Akomodasi murah dekat Pantai Tanjung Aan

Akomodasi murah dekat Pantai Tanjung AanSumber gambar: Google Maps Arled

1. Novotel Lombok Resort and Villas

Guesthouse dengan kamar mewah dan villa tepi pantai sangat direkomendasikan bagi Anda yang ingin menginap dengan pemandangan pantai yang indah. Lokasi ini memiliki restoran tepi pantai dengan spa dan beberapa kolam renang outdoor.

2. Hotel Segara Anak

Ada kamar dengan pemanas yang melindungi Anda dari dingin di malam hari. Terdapat sebuah kolam renang outdoor dan restoran yang nyaman di pantai. Sambil menikmati makanan Anda bisa menikmati pemandangan pantai yang indah.

3. ILLIRA Lite Praya Lombok

Jika Anda ingin bermain tenis meja bersama teman-teman di sebuah penginapan, Anda bisa memilih tempat ini sebagai tempat peristirahatan. Beberapa fasilitas disediakan untuk para tamu penginapan secara gratis, termasuk jaringan WiFi, sarapan, parkir dan transportasi gratis ke bandara.

4. Bungalo Puri Rinjani

Di tempat ini Anda akan menemukan banyak kamar yang ditawarkan dengan harga murah dan tentunya kualitasnya tidak masalah. Anda akan mendapatkan fasilitas kolam renang, wifi gratis, parkir dan restoran di dekat penginapan.

Fasilitas yang tersedia di Pantai Tanjung Aan Lombok

Fasilitas Pantai Tanjung Aan LombokSumber gambar: Google Maps Tia Indra

Fasilitas di pantai ini tentunya memenuhi kebutuhan pengunjung dan lengkap. Fasilitas penunjang wisata seperti persewaan perahu, snorkeling, surfing, berjemur di bawah payung hingga ayunan yang dapat menghibur pengunjung juga tersedia.

Ada juga fasilitas tambahan seperti tempat parkir yang luas, WC umum berbayar, restoran atau rumah makan di sekitar pantai, dan akomodasi dengan harga yang bervariasi yang tentunya bisa Anda pilih sesuai dengan isi dompet Anda.

Demikian ulasan mengenai wisata pantai di Tanjung Aan yang bisa dijadikan referensi untuk menginap di Lombok Tengah. Semoga bisa menjadi pertimbangan Anda untuk memilih pantai eksotis ini sebagai tempat liburan Anda.

Source: www.pesisir.net

Related Articles

Back to top button